www.cimbniaga.co.id production

5 Manfaat Surat Pengalaman Kerja

 

Surat pengalaman kerja dibutuhkan untuk beberapa kepentingan. Mulai dari untuk pengajuan di bank hingga saat melamar pekerjaan baru. Mengetahui fungsi dari surat ini dapat membantu Anda untuk lebih siap saat ingin mengajukan sesuatu.

Secara umum, surat pengalaman kerja memiliki beberapa keterangan meliputi; deskripsi pekerjaan yang dilakukan pekerja tersebut selama bekerja, periode atau lama hubungan kerja antara karyawan dan perusahaan, kinerja karyawan selama bekerja dan alasan hubungan kerja tersebut berakhir.

Oleh sebab itu, penting untuk memastikan kita menerima surat pengalaman kerja di setiap perusahaan tempat kita bekerja sebagai dokumen otentik dan nyata yang menunjukkannya.

Fungsi Surat Pengalaman Kerja

Secara umum, fungsi dari surat pengalaman kerja ini secara tidak langsung menjadi rekomendasi dan petunjuk awal bahwa karyawan telah bekerja dengan baik. 

Surat ini menjadi dokumen yang penting apalagi di masa sekarang ini lapangan pekerjaan yang tersedia tidak sebanding dengan jumlah pencari kerja, dan di lain sisi perusahaan ingin mendapatkan karyawan yang siap kerja dan cocok dengan perusahaan. Surat pengalaman kerja jadi dokumen pendukung bukti pengalaman kerja untuk setiap kandidat.

Selain membuktikan pengalaman bekerja, surat pengalaman kerja ini bisa menjadi administrasi saat akan mengajukan pinjaman ke bank, mencairkan BPJS, hingga pengajuan kartu kredit. 

Manfaat Surat Pengalaman Kerja

Tidak hanya sebatas pada bukti pernah bekerja di sebuah perusahaan, tapi surat pengalaman kerja punya manfaat lainnya yang beragam tergantung dari kebutuhannya. Mari simak satu persatu manfaatnya:

  1. Sebagai syarat untuk mencairkan Dana Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan

    Surat pengalaman kerja bisa berguna untuk mereka yang ingin mencairkan dana Jaminan Hari Tua BPJS. Seperti yang tertulis berikut:

    Berdasarkan Permenaker Nomor 4 Tahun 2022 Pasal 10 mengenai Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua, peserta yang terkena PHK dapat dibayar tunai dan sekaligus dengan masa tunggu satu bulan terhitung sejak tanggal pemutusan hubungan kerja. 

    Selain Kartu Peserta BPJSTK, dan KTP, peserta juga perlu memberikan tanda terima laporan PHK, atau pemberitahuan pemutusan hubungan kerja dan pernyataan tidak menolak PHK.

    Sedangkan bagi peserta yang mengundurkan diri, berdasarkan Permenaker Nomor 4 Tahun 2022 Pasal 9, maka selain kartu BPJSTK dan KTP, peserta juga perlu memberikan keterangan pengunduran diri dari pemberi kerja. 

    Jika penerimaan surat pengalaman kerja ini dikarenakan seorang karyawan mengalami PHK dan butuh waktu untuk mencari pekerjaan lagi, dana Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan ini bisa dicairkan untuk digunakan. Selain itu penting untuk memiliki dana darurat untuk mengantisipasi kondisi seperti ini yang mungkin saja terjadi.

  2. Dokumen pendukung saat melamar pekerjaan baru

    Bukti otentik yang menunjukkan orang pernah bekerja di sebuah perusahaan tentu adalah surat pengalaman kerja. Beberapa perusahaan juga membutuhkan syarat administrasi ketika seseorang tengah melamar pekerjaan baru sekaligus menjadi nilai tambah positif dalam rekrutmennya.

    Selain itu, surat pengalaman kerja juga jadi bukti bagaimana seseorang memiliki modal pengalaman dan keterampilan kerja di tempat kerja lamanya. 

  3. Pinjaman bank

    Biasanya saat Anda akan mengajukan pinjaman kredit baik itu KTA, kredit kendaraan bermotor atau kredit kepemilikan rumah, dibutuhkan syarat surat pengalaman kerja.

    Hal ini untuk membuktikan jika yang mengajukan pinjaman adalah seorang karyawan dan membuktikan seseorang memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap. Biasanya surat pengalaman kerja ini juga didampingi dokumen pendukung seperti slip gaji.

  4. Pengajuan kartu kredit

    Surat pengalaman kerja bisa jadi dokumen pendukung untuk menunjukkan jika pemohon punya pendapatan tetap dan sanggup untuk membayar tagihan kartu kredit. Melansir laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), terdapat beberapa syarat memiliki kartu kredit menurut ketentuan Bank Indonesia, di antaranya:

    • Pemegang kartu kredit utama harus sudah berusia 21 tahun atau telah menikah. Pemegang kartu kredit tambahan berusia minimal 17 tahun.
    • Pemegang kartu kredit memiliki penghasilan minimal Rp3 juta setiap bulan.
    • Pengaturan jumlah kartu kredit dan plafon kredit bagi pemegang kartu dengan penghasilan antara Rp3 juta hingga Rp.10 juta antara lain:
      1. Satu pemegang kartu kredit maksimal mendapatkan dua kartu dari penerbit kartu kredit
      2. Jumlah total plafon kredit yang diberikan oleh penerbit kartu kepada 1 pemegang kartu kredit yaitu 3 kali penghasilan bulanan (dibuktikan dengan lampiran slip gaji, faktur pajak, dan dokumen lain)
      3. Tidak ada aturan khusus untuk pemegang kartu dengan penghasilan di atas Rp10 juta per bulan. Aturan tersebut dikembalikan kepada penerbit kartu untuk disesuaikan dengan risiko (risk appetite) masing-masing. 
  5. Pengajuan beasiswa

    Ada banyak jalur beasiswa profesional yang ditawarkan pihak swasta atau pemerintah. Bahkan banyak pula tawaran yang muncul dari pemerintah asing. Untuk mengajukannya ada banyak dokumen yang diperlukan termasuk surat pengalaman kerja sebagai data pendukung.

Itulah beberapa informasi mengenai surat pengalaman kerja. Pastikan Anda menerima surat pengalaman kerja dari HRD saat Anda resign atau mengalami pemutusan hubungan kerja. Jika Anda mengalami PHK dan membutuhkan surat pengalaman kerja untuk mencairkan Dana Jaminan Hari Tua BPJSTK, maka Anda perlu menunggu sekitar satu bulan hingga akhirnya dan tersebut cair dan kamu mendapatkan pekerjaan baru.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memiliki dana darurat. Salah satunya dengan menabung di bank yang memberikan ragam kemudahan dalam mengelola keuangan Anda seperti layanan OCTO Mobile. Selain menabung, Anda juga bisa berinvestasi reksa dana dengan lebih mudah dan praktis dengan OCTO Mobile.

Reksa dana memberikan kenyamanan berinvestasi secara berkala dengan risiko yang terukur. Bahkan, Anda bisa membeli reksa dana di OCTO Mobile mulai dari Rp100 ribu. Selain berinvestasi, di OCTO Mobile juga Anda bisa memanfaatkan beragam fitur lain yang lengkap, mulai dari buka rekening secara online dengan cashback menarik, transfer dana, bayar dengan QR Code, top up e-wallet, bayar tagihan kartu kredit, KTA, PLN, tarik dan setor tunai tanpa kartu, investasi, ubah cicilan, top up & voucher, dan lain sebagainya. 

Agar dana darurat yang Anda kumpulkan dapat memberikan keuntungan lebih, Anda bisa mengelolanya dengan menggunakan sebagian dana darurat Anda untuk membeli reksa dana saham. 

Untuk membeli reksa dana saham hanya dengan menggunakan aplikasi OCTO Mobile dari CIMB Niaga. Berikut ini beberapa langkah mudahnya:

  • Buka aplikasi OCTO Mobile
  • Buka menu Daftar & Investasi dan pilih Subscribe Reksa Dana
  • Pilih Reksa Dana sesuai keinginan Anda
  • Pilih jenis produk sesuai keinginan Anda
  • Pilih dot tiga di kanan atas untuk mengetahui risiko profil
  • Lengkapi detail pembukaan rekening reksa dana dengan mengisi jenis subscription dan jumlah transaksi
  • Pilih jenis subscription sesuai keinginan Anda
  • Untuk mengetahui profil risiko, klik tanda dot tiga di kanan atas
  • Kemudian baca dan beri tanda checklist pada bagian Prospectus, Fund Fact Sheet, dan Terms and Conditions
  • Baca kembali surat prospektus, fact sheet, dan terms and conditions
  • Periksa kembali detail transaksi dan konfirmasi
  • Masukkan PIN OCTO Mobile Anda
  • Transaksi berhasil. Klik Save untuk menyimpan bukti transaksi Anda

Informasi selengkapnya dapat Anda temukan di sini