production

Tabungan Deposito, Investasi Minim Risiko

Tabungan Deposito, Investasi Minim Risiko

Hampir semua milenial sudah pasti mampu memenuhi hidupnya sendiri. Baik yang sudah berkeluarga ataupun belum, menyisihkan uang gaji untuk ditabung adalah suatu hal yang penting dilakukan demi keberlangsungan hidup. Jika saja di suatu saat nanti ada keadaan darurat, Kamu sudah siap karena  sudah mempunyai “kantung cadangan”. Selain dapat digunakan untuk suatu kondisi yang bersifat mendadak, uang tabungan juga dapat dimanfaatkan untuk suatu hal yang lebih menguntungkan keuangan Kamu, misalnya saja berinvestasi.

Perubahan di dunia adalah sesuatu yang tidak dapat diprediksi dan ditebak. Bahkan dalam hitungan detik pun, ada banyak kemungkinan yang bisa saja terjadi. Oleh karena itu, kebanyakan orang melakukan penanaman modal atau investasi sejak dini supaya mendapatkan timbal balik yang lebih besar. Investasi dapat digunakan untuk melindungi aset yang dimiliki dari ancaman inflasi. Di sisi lain yang tidak kalah pentingnya, investasi juga dimanfaatkan sebagai persiapan kebutuhan di masa depan, seperti anak-anak mendapatkan pendidikan yang terbaik, adanya persiapan dana ketika terdapat anggota keluarga yang jatuh sakit, dan hidup di masa tua dengan nyaman.

Ada beragam produk yang dapat digunakan untuk berinvestasi. Penggunaan produk tersebut dilihat dari durasi kebutuhan investasi. Untuk investasi jangka pendek, Kamu dapat melakukan pertukaran kurs mata uang asing. Emas murni dapat digunakan sebagai alat investasi jangka menengah. Sedangkan, investasi jangka panjang dilakukan dengan cara memiliki tabungan deposito, reksa dana, properti, dan saham. Dari berbagai produk tersebut, mata uang asing, emas, properti, dan saham merupakan produk investasi yang Kamu kelola sendiri. Sedangkan, untuk investasi dengan reksa dana dan tabungan deposito, Kamu bisa percayakan kepada pihak bank.

Untungnya Memiliki Tabungan Deposito

Setiap produk investasi memiliki resikonya sendiri. Untuk berinvestasi produk yang dapat dikelola sendiri, seperti mata uang asing, emas, properti, dan saham, Kamu harus lihai dalam membaca peluang dan kesempatan. Namun, bukan berarti investasi hanya dapat dilakukan oleh orang-orang yang pintar saja sebab ada produk investasi lainnya, seperti tabungan deposito dan reksa dana, yang dapat menjadi pilihan bagi orang awam atau pemula yang ingin mempunyai investasi.

Tabungan deposito dan reksa dana merupakan produk investasi yang bisa Kamu dapatkan dari Bank. Bedanya, reksa dana memiliki suku bunga yang tidak tetap – bisa naik dan bisa turun – karena dana yang Kamu miliki akan dikelola menjadi berbagai instrumen investasi, salah satunya ialah saham. Sedangkan tabungan deposito, suku bunganya sudah ditetapkan dari awal oleh pihak bank sehingga Kamu sudah pasti akan mendapatkan timbal balik yang menguntungkan. Oleh karena itu, dari berbagai produk investasi, tabungan deposito memiliki resiko yang paling kecil daripada produk investasi lainnya. Tidak hanya itu, ada beberapa kelebihan tabungan deposito lainnya.

  1. Dijamin Keamanannya
    Menyimpan uang dalam jumlah yang banyak di rumah memiliki tingkat resiko yang cukup tinggi. Daripada berada di bawah bayang-bayang ancaman kriminalitas yang sulit untuk dihindari, lebih baik mempercayai bank yang sudah terjamin keamanannya untuk mengelola uang Kamu sebagai tabungan deposito. Tidak hanya keuntungan yang Kamu dapatkan, keamanan juga Kamu peroleh.
  2. Keuntungan yang Stabil
    Berkat suku bunga yang sudah diketahui sejak awal, Kamu dapat memperkirakan berapa besar keuntungan yang akan Kamu terima. Kamu juga dapat merencanakan kebutuhan di masa depan sejak dini dengan mudahnya karena uang yang Kamu terima merupakan angka pasti. Tentunya hal ini berbeda dengan produk investasi lainnya yang mengikuti harga pasar sehingga keuntungan yang diterima sulit diprediksi.
  3. Dapat Digunakan sebagai Jaminan Pinjaman
    Dibandingkan dengan reksa dana dan saham, tabungan deposito dapat dijadikan jaminan pinjaman. Apabila sewaktu-waktu Kamu membutuhkan jumlah uang yang cukup besar untuk berbagai keperluan yang tersusun maupun mendadak, Kamu bisa mengajukan pinjaman ke pihak bank dengan tabungan deposito sebagai jaminannya.

Tips Memilih Tabungan Deposito yang Menguntungkan

Meskipun tabungan deposito memiliki resiko yang paling minim dibandingkan dengan produk investasi yang lain, Kamu tidak bisa sembarangan dalam memilih tabungan deposito. Apabila salah pilih, investasi yang diharapkan untung bisa berubah jadi buntung. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya tabungan deposito Kamu membuahkan hasil yang manis.

  1. Pemahaman terkait Tabungan Deposito
    Sebelum membuka tabungan deposito, alangkah baiknya untuk benar-benar mengerti produk yang hendak dimiliki. Ketahui syarat dan ketentuan yang berlaku pada produk tersebut, mulai dari berapa jangka waktu yang diberikan, bagaimana tata cara pencairan dana, dan apakah ada biaya tambahan lainnya seperti biaya administrasi. Dengan mengetahui hal-hal tersebut, Kamu dapat memilih produk tabungan deposito yang sesuai untuk Kamu.
  2. Jangka Waktu Tabungan Deposito yang Sesuai
    Semakin lama simpanan uang di tabungan deposito, semakin besar pula keuntungan yang akan diterima. Walaupun demikian, Kamu harus memperkirakan ketersediaan uang Kamu. Apakah uang tersebut aman untuk disimpan di dalam jangka waktu yang lama atau hanya cukup di jangka waktu tertentu saja. Apabila Kamu memutuskan untuk menyimpan uang di tabungan deposito di dalam jangka waktu yang panjang, pastikan Kamu mempunyai simpanan uang lainnya yang dapat digunakan sewaktu-waktu dibutuhkan. Jika Kamu tidak mempunyai perhitungan keuangan dan persiapan dana darurat sehingga terpaksa mengambil uang di tabungan deposito, Kamu akan cenderung mengalami kerugian sebab ada beberapa bank yang menjatuhkan penalti untuk nasabah yang mengambil simpanan tabungan deposito sebelum waktunya. Sebagai tambahan, Kamu juga harus memperhatikan tanggal jatuh tempo pencairan tabungan deposito karena apabila tidak dicairkan, tabungan deposito akan dilanjutkan secara otomatis.
  3. Suku Bunga Tabungan Deposito yang Tinggi
    Keuntungan yang didapat dari investasi jenis ini beriringan dengan suku bunga yang dimiliki. Jatuhkan hati pada bank yang berani menawarkan suku bunga yang tinggi agar Kamu dapat meraup keuntungan yang banyak.Perlu diketahui bahwa Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) hanya menjamin simpanan tabungan deposito yang suku bunganya tidak melampaui batas maksimal yang sudah ditentukan. Apabila Kamu tetap ingin menerima tawaran bank yang memberi suku bunga tabungan deposito yang melewati batas maksimal LPS, tidak ada larangan apapun untuk hal tersebut.
  4. Tabungan Deposito dari Bank Terbaik
    Kamu harus ingat bahwa dengan membuka tabungan deposito berarti mempercayai suatu pihak untuk mengelola uang Kamu di jangka waktu yang sudah ditentukan. Pilihlah bank yang sudah terjamin keamanan, pelayanan, dan keuntungannya. Selain itu, proses yang mudah dan cepat juga menjadi syarat wajib yang harus dimiliki oleh suatu bank yang hendak Kamu pilih.

Oleh karena itu, percayakan tabungan deposito Kamu dengan CIMB Niaga, pilihan investasi yang aman dan terpercaya. Persiapkan rencana masa depan Kamu bersama Deposito Berjangka CIMB Niaga. Dengan suku bunga terbaik, jangka waktu yang dapat disesuaikan, dan berbagai keuntungan menarik lainnya, investasi tabungan deposito Kamu akan terasa jauh lebih menguntungkan. Syarat dan ketentuan dapat dicek di sini.