production

Fitur Kartu Debit

 

 
 
 
 

Fitur Kartu Debit

Kartu Debit CIMB Niaga memberikan beragam kemudahan, kenyamanan serta keamanan untuk bertransaksi di manapun dan kapanpun

Miliki Kartu Debit GPN CIMB Niaga untuk beragam kemudahan transaksi di seluruh Indonesia dan sebagai #Kebanggaan_Indonesia

Klik Di Sini

 

Bentuk Kartu Debit CIMB Niaga

  • Bebas biaya tarik tunai di ATM MasterCard & MEPS*
    Bebas biaya tarik tunai di seluruh jaringan ATM MasterCard/ Cirrus yang tersebar di seluruh dunia serta jaringan ATM MEPS yang tersebar di seluruh Malaysia.

  • Bebas biaya tarik tunai di ATM Bersama/ Prima*
    kamu juga dapat menikmati bebas biaya tarik tunai di lebih dari 77.000 ATM Bersama dan lebih dari 100.000 ATM Prima yang tersebar di seluruh Indonesia.

  • Gratis biaya tarik tunai di Arab Saudi
    Melalui Kartu Debit Haji & Umroh, kamu dapat menikmati bebas biaya tarik tunai di beragam jaringan ATM MasterCard di Arab Saudi serta layanan bahasa Indonesia di lebih dari 200 jaringan ATM Al Rajhi Arab Saudi untuk keleluasaan perjalanan ibadah Haji & Umroh kamu.

  • Nilai tukar yang kompetitif
    Nikmati nilai tukar yang kompetitif saat kamu melakukan tarik tunai serta belanja di berbagai merchant Maestro/ Cirrus / Mastercard di luar negeri.

  • Aman dengan teknologi Chip & PIN
    Kartu Debit CIMB Niaga dilengkapi dengan teknologi Chip dan PIN 6 digit yang melindungi dan memberikan tingkat keamanan yang tinggi

  • SMS Alert
    Fasilitas registrasi SMS Alert dari transaksi nominal satu juta rupiah ke atas dengan Kartu Debit CIMB Niaga kamu untuk mengetahui aktivitas rekening tabungan serta melindungi dari transaksi yang mencurigakan.

  • 3D Secure Online Shopping/e-Commerce
    Nikmati kenyamanan transaksi pembayaran belanja online di beragam merchant online/ e-commerce kapanpun dengan mudah dan aman. Kamu akan menerima SMS One-Time Password (OTP) Authentication saat melakukan pembayaran online. Pastikan sebelum melakukan pembelanjaan e-Commerce, Kartu Debit kamu telah mendaftarkan nomor Ponsel untuk pengiriman SMS One-Time Password (OTP). Pendaftaran dapat dilakukan melalui ATM CIMB Niaga dengan memilih Registrasi kemudian pilih Branchless Banking dan e-commerce, kemudian masukan no ponsel kamu.

  • Lebih mudah bertransaksi
    Kamu tak perlu report membawa uang tunai saat berpergian, cukup pakai Kartu Debit CIMB Niaga kapanpun kamu perlu tanpa tambahan biaya serta nikmati juga berbagai layanan transaksi lainnya melalui ATM CIMB Niaga.

  • Hemat dan diskon sepanjang tahun*
    Beragam penawaran menarik saat berbelanja di berbagai merchant mitra CIMB Niaga di seluruh Indonesia dan mitra MasterCard di seluruh dunia sepanjang tahun.

*Syarat dan ketentuan berlaku

  • OCTO Clicks
    www.octoclicks.co.id biar kamu bertransaksi mudah tanpa token dengan menggunakan mPin. Keamanan setiap transaksi-mu sudah pasti terjamin!

  • OCTO Mobile
    Apapun gadget-mu (iPhone, BlackBerry, Android & Java), Go Mobile solusi transaksi mudah, cepat dan aman!

  • Phone Banking 14041
    Butuh bantuan mendadak? Tenang! Agen kami siap membantu 24 jam x 7 hari di 14041. Dimanapun kamu berada, kami akan selalu siap sedia!

  • ATM Network
    Kami akan selalu terhubung dengan kamu dengan 680 cabang di seluruh Indonesia dan di jutaan jaringan ATM di seluruh dunia (ATM CIMB Niaga, ATM Bersama/Prima, ATM CIMB Bank dan MEPS serta jaringan MasterCard/Cirrus). Nikmati fasilitas setor tunai kapan saja yang tersedia di beberapa cabang CIMB Niaga dan CIMB Niaga Digital Lounge.
Jenis Transaksi Jenis Kartu
CIMB Niaga Debit (Rp) CIMB Preferred Debit (Rp) CIMB Niaga Private Banking Debit (Rp)
ATM
Tarik Tunai 15 Juta
15 Juta
15 Juta
Transfer antar rekening CIMB Niaga 50 Juta 75 Juta 100 Juta
Transfer ke rekening bank lain 25 Juta/ 50 Juta
25 Juta/ 50 Juta
25 Juta/ 50 Juta
Pembayaran tagihan/ Pay Bills atau pembelian 2 Miliar sesuai saldo sesuai saldo
Isi ulang Prabayar HP/ Prepaid reloads 1 Juta sesuai saldo sesuai saldo
EDC/Merchant
Belanja** 25 Juta  50 Juta 50 Juta

*Limit transaksi khusus untuk Kartu Debit CIMB Junior Maksimum Rp.2 Juta
**Limit transaksi khusus untuk Kartu Debit Indie Maksimum Rp.5 Juta / Hari (berlaku akumulasi untuk seluruh transaksi)

Biaya penggantian kartu debit:

Jenis Permintaan Kondisi Biaya (Rupiah)
Kartu debit baru
(bukan kartu pengganti)
Kartu GPN Free
Kartu MasterCard Free
Ganti Kartu
(mengganti kartu debit lama)
Atas inisiatif Bank melalui pengiriman Free
Kartu lama masih berlaku ≤ 3 bulan Free
Kartu Non GPN menjadi Kartu GPN Free
Kartu lama masih berlaku > 3 bulan 20.000
Kartu lama rusak/hilang 20.000
  • Apabila saldo sebelum penarikan < Rp 10 Juta dikenakan biaya tarik tunai Rp 7.500,- (jaringan ATM Bersama & Prima), Rp 16.500,- (jaringan MEPS) dan Rp 30.000,- (jaringan MasterCard / Cirrus).

  • Khusus Kartu Debit Haji & Umroh, Apabila saldo sebelum penarikan < Rp 1 Juta, maka akan dikenakan biaya tarik tunai sebesar Rp 30.000,- (jaringan MasterCard/ Cirrus Arab Saudi)

  • Mekanisme gratis biaya tarik tunai di seluruh dunia melalui jaringan ATM Mastercard / Cirrus , MEPS, Prima atau Bersama (bila saldo sebelum penarikan min. Rp 10 Juta) adalah langsung gratis / tidak didebet dari rekening pada saat melakukan transaksi.
    Apabila ada biaya tambahan yg dikenakan oleh ATM Bank bersangkutan (seperti connection fee / access fee / withdrawal fee), maka biaya tersebut ditanggung oleh nasabah

  • Limit transaksi khusus untuk Kartu Debit CIMB Junior Maksimum Rp.2 Juta

  • Limit transaksi khusus untuk Kartu Debit Indie Maksimum Rp.5 Juta / Hari (berlaku akumulasi untuk seluruh transaksi)

  • Cara transaksi belanja di e-commerce
    • Masukkan informasi pada Kartu Debit sebagai berikut: Nomor Kartu Debit CIMB Niaga yang kamu miliki, Masa berlaku Kartu Debit, 3 angka CVV yang terdapat di belakang Kartu Debit
    • Keamanan transaksi dengan OTP. Masukkan 6 digit One-Time Password (OTP) Authentication yang dikirimkan ke nomor ponsel untuk digunakan pada situs khusus untuk transaksi pembelanjaan kamu.
    • Validasi transaksi pembayaran
    • Ikuti langkah penyelesaian transaksi seperti biasanya. CIMB Niaga akan melakukan verifikasi entri dan transaksi akan selesai setelah validasi berhasil.
  • Lindungi Kartu Debit kamu
    • Jaga kerahasiaan PIN kamu saat memasukkan nomor PIN di mesin ATM ataupun mesin EDC. Gunakan ATM yang telah memakai PIN cover atau yang telah di lengkapi dengan anti skimming
    • Tandatangani bagian belakang Kartu Debit Anda.
    • Ubah PIN Anda di ATM CIMB Niaga di mana saja secara berkala.
    • Pastikan PIN Anda aman.
  • Sebelum aktivasi, pastikan bahwa  nomor handphone yang terdaftar di Bank masih Anda gunakan sekarang. Hubungi Contact Center 14041 atau cabang terdekat jika Anda ingin melakukan  pengkinian data nomor handphone.

  • Aktivasi Kartu Debit dengan kirim SMS ke 1418 dengan format : PIN <spasi> 4 Digit Terakhir Nomor Kartu Debit <spasi> Nomor Rekening

  • Kunjungi ATM CIMB Niaga terdekat 

  • Masukkan kartu debit Anda, kemudian masukkan 6 Digit PIN yang anda terima melalui SMS

  • Masukkan 6 digit PIN baru Anda kemudian masukkan kembali 6 digit PIN baru tersebut sebagai konfirmasi.

  • PIN baru berhasil dibuat, kartu dapat digunakan untuk bertransaksi

  1. Pemegang Kartu berhak untuk dapat mempergunakan kartu sesuai fungsinya yaitu Kartu Debit berikut seluruh fasilitas lainnya yang diberikan Bank pada kartu.
  2. Pemegang Kartu berkewajiban untuk :
    1. Membubuhkan tanda tangan di bagian belakang kartu pada saat menerima kartu tersebut.
    2. Dalam hal Rekening Kartu ditutup, Pemegang Kartu wajib mengembalikan Kartu (termasuk Kartu tambahannya) ke cabang Bank terdekat dalam keadaan terpotong dua pada bagian Chip dan Garis Magnetik.
    3. Bertanggung jawab atas segala akibat penggunaan kartu atau fasilitas yang diberikan oleh Bank berkenaan dengan kartu, termasuk tetapi tidak terbatas pada kewajiban yang timbul dan semua biaya terkait lainnya.
    4. Pemegang Kartu dengan ini berjanji dan menyanggupi untuk melakukan pembayaran kepada Bank sesuai dengan syarat, biaya dan denda yang tertera pada Ketentuan dan Persyaratan ini, juga termasuk biaya pengacara, yang dikeluarkan untuk tujuan meminta dan/atau menuntut didapatkannya kembali setiap kewajiban Pemegang Kartu.
    5. Bank tidak bertanggung jawab atas penolakan suatu Merchant untuk menerima kartu dan Bank juga tidak bertanggung jawab untuk pemasokan barang dan jasa kepada Pemegang Kartu. Keluhan Pemegang Kartu diselesaikan sendiri oleh Pemegang Kartu langsung kepada Merchant tersebut.
    6. Berhati-hati dalam penggunaan dan/atau penyimpanan kartu dan/atau PIN, antara lain untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan dan/atau pelanggaran dan/atau kejahatan oleh pihak ketiga yang tidak bertanggung jawab terhadap kartu dan/atau Pemegang Kartu, antara lain dengan tidak memberikan kartu dan/atau PIN kepada pihak mana pun dengan alasan apapun dan tidak menuliskan PIN pada media apapun, serta senantiasa berhati-hati dalam melakukan transaksi pada mesin ATM.
    7. Pemegang Kartu wajib melakukan pengkinian data yaitu alamat pengiriman tagihan kartu debit dan atau pengiriman kartu debit (kartu baru dan/kartu pengganti), nomor telepon rumah, nomor handphone, dan alamat email untuk korespondensi Bank. Pengkinian data penting dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan transaksi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, terutama seiring dengan perkembangan teknologi digital.
    8. Dengan memperhatikan ketentuan Pasal 2.6 dan 2.7 tersebut diatas, Pemegang Kartu dengan ini menyatakan bertanggung jawab penuh terhadap seluruh transaksi yang telah dilakukan dengan menggunakan Kartu Debit dan akan mengikat Pemegang Kartu untuk segala tujuan, termasuk bertanggung jawab sepenuhnya akan kerugian yang ditimbulkan oleh penyalahgunaan dan/atau pelanggaran dan/atau kejahatan dan/atau pemalsuan atas kartu tersebut, termasuk tetapi tidak terbatas atas kerugian yang timbul dikarenakan kelalaian dan/atau kesalahan Pemegang Kartu sendiri, termasuk atas segala akibat, bilamana kartu dan/atau PIN-nya diketahui oleh orang lain, baik yang diakibatkan atau yang tidak diakibatkan oleh kelalaian Pemegang Kartu atau sebaliknya baik dengan atau tanpa ijin Pemegang Kartu.
  3. Pemegang Kartu dengan ini memberikan persetujuan dan kewenangan kepada Bank untuk memberikan data Pemegang Kartu dalam hal terdapat permintaan data Pemegang Kartu dari instansi terkait termasuk namun tidak terbatas adalah pihak Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kantor Pajak, dan/atau pihak berwenang lainnya.

Bagaimana mengetahui masa berlaku kartu debit Anda?

Anda dapat melihat 4 digit angka (MM/YY) pada Poin D untuk mengetahui masa berlaku kartu.

Contoh : 09/25 🡪 masa kartu debit berlaku sampai September 2025

 

  1. Kartu berlaku sampai dengan hari terakhir pada bulan dan tahun yang tercantum pada bagian depan kartu (4 Tahun) kecuali terjadi pembatalan oleh Bank atau atas permintaan Pemegang Kartu sendiri atau sebab lain. Apabila masa berlaku kartu belum habis, namun Pemegang Kartu tidak lagi berkeinginan untuk menjadi Pemegang Kartu atau Pemegang Kartu bermaksud mengakhiri penggunaan kartu, maka Pemegang Kartu dapat mengunjungi kantor cabang CIMB Niaga pembuka rekening dengan membawa KTP asli, buku tabungan (jika ada) dan kartu debit fisik. Informasi detail terkait penutupan akan diinformasikan oleh pihak cabang. Selanjutnya Bank akan segera menghentikan/menutup kartu.
  2. Untuk penggantian kartu yang expired/ Akan expired untuk periode berikutnya, nasabah harus melakukan pengajuan kepada Bank CIMB Niaga melalui cabang / DL terdekat atau menghubungi contact centre.
  3. Pergantian kartu debit yang expired/ Akan Expired bisa dilakukan melalui Contact Center 14041 / 1500800 dengan syarat sebagai berikut :
    • Kartu debit saat ini status aktif (tidak terblokir)
    • Informasi data alamat dan nomor ponsel terdaftar di bank adalah yang berlaku saat ini (jika tidak, maka lakukan pengkinian data terlebih dahulu). 
    • Kartu debit pengganti akan dikirimkan ke alamat surat menyurat yang terdaftar pada sistem Bank dalam 14 Hari Kerja.
    • Kartu debit pengganti akan dikirimkan dalam kondisi tidak aktif
    • Nasabah akan menerima PIN kartu debit melalui SMS yang dikirimkan ke nomor handphone terdaftar dalam 5 hari kerja.
    • Aktivasi kartu debit dapat dilakukan dengan mengganti PIN kartu debit di OCTO Mobile/ ATM/ CDM/ Contact Center 14041.
  4. Penggantian juga dapat dilakukan melalui Cabang CIMB Niaga terdekat dengan membawa KTP asli, buku tabungan (jika ada)
  5. Penggantian kartu debit expired tidak dikenakan biaya.

Apa saja kondisi yang menyebabkan kartu debit tidak dapat digunakan transaksi?

  1. Terblokir

    Walau kondisi fisiknya baik-baik saja, kartu debit yang terblokir tidak akan dapat digunakan untuk melakukan transaksi.

  2. Kedaluwarsa / Expired

    Jangan lupa cek secara berkala masa berlaku yang tercetak pada kartu debit anda! Apabila telah melewati masa berlaku, Anda tidak dapat melakukan transaksi dengan kartu debit.

  3. Terjadinya kerusakan pada fisik kartu debit:
    1. Kartu debit patah, terlipat, melengkung dan retak yang menyebabkan kartu debit kehilangan fungsinya
    2. Kerusakan pada smart chip pada kartu debit.
      Kartu debit CIMB Niaga sudah dilengkapi dengan teknologi chip yang berufungsi menjamin keamanan data & transaksi nasabah. Kerusakan pada chip ini mengakibatkan chip tidak terbaca untuk transaksi yang bisa disebabkan oleh goresan, chip dalam keadaan kotor, terkena tumpahan air atau panas. 

Bagaimana menjaga kartu debit Anda agar tidak mudah rusak?

  1. Manfaatkan metode Cardless Withdrawal OCTO Mobile

    Tidak perlu membawa kartu debit Anda kemanapun, manfaatkan metode cardless.
    Dengan memanfaatkan metode Cardless melalui OCTO Mobile, Anda dapat menyimpan kartu debit di rumah dan menghindari kartu debit Anda untuk cepat rusak.
    Untuk cara penarikan tunai dengan menggunakan aplikasi OCTO Mobile.

    Cardless
    Tarik dan setor tunai tanpa kartu di ATM.
    Tutorial

     

  2. Perawatan Kartu Debit

    Rutin bersihkan smart chip kartu debit Anda. Jangan dibersihkan dengan benda tajam.
    Smart chip cukup dibersihkan dengan cotton bud dan alkohol, serta tisu kering untuk membersihkan magnetic stripe. Jika terdapat kotoran yang menempel, cukup dibersihkan dengan penghapus pensil dan jangan sekali-kali menggunakan kuku atau benda tajam lain untuk menghilangkannya.

  3. Penyimpanan kartu debit:
    1. Simpan di dompet khusus.

      Upaya ini membuat seluruh kartu yang Anda miliki terjaga dari goresan dan kotoran yang disebabkan oleh penempatan kartu debit yang tercampur dengan hal lain.

    2. Jangan Pernah menempel dengan besi berani!

      Hal tersebut dikarenakan besi berani yang mengandung magnet berdaya kuat dan menempel dalam jangka waktu lama akan dapat merusak kartu debit Anda.

    3. Hindari penyimpanan sbb:
      • Di dalam saku celana belakang & saku dompet yang sempit.

        Menyimpan dompet berisi kartu debit di saku celana belakang dapat menimbulkan risiko kartu debit Anda untuk terlipat, bengkok, atau patah. Begitu juga halnya dengan penyimpanan kartu debit di dalam saku dompet yang terlalu sempit.

      • Bersamaan dengan kartu lainnya.

        Kartu debit yang disimpan bersamaan dengan kartu lain berisiko untuk saling menggores satu sama lain, yang dapat merusak magnetic stripe atau smart chip pada kartu debit.

      • Bersamaan dengan uang koin logam.

        Sama seperti kartu, uang koin logam bisa memicu goresan pada kartu yang akhirnya dapat menyebabkan kerusakan pada kartu debit.

      • Jangan Pernah menempel dengan besi berani!

        Hal tersebut dikarenakan besi berani yang mengandung magnet berdaya kuat dan menempel dalam jangka waktu lama akan dapat merusak kartu debit Anda.

      •  Jauhkan dari jangkauan anak-anak.

        Anak-anak dapat mengira kartu debit Anda sebagai mainan dan dapat digesek ke sembarang tempat.