www.cimbniaga.co.id production

Transaksi Mudah, Promo Melimpah

Nikmati kemudahan transaksi offline maupun online dengan Kartu Debit CIMB Niaga

Mulai 1 Feb 2024

Biaya bulanan Kartu Debit Mastercard menjadi Rp 5 Ribu per bulan, dan biaya penggantian Kartu Debit menjadi Rp 30 Ribu.

Bayar sat set, tinggal tap n go!

Dengan Kartu Debit CIMB Niaga, transaksi makin mudah, tanpa PIN, tinggal TAP! Saat mau bayar, pastikan mesin EDC-nya juga berlogo Contactless ya

Sudah dilengkapi Chip dan PIN!

Kartu debit chip mengandung sistem enskripsi yang mampu mengubah segala informasi yang ada di dalam kartu Anda menjadi tidak mudah terbaca oleh sembarang pihak, sehingga lebih aman dan mengurangi resiko pencurian data nasabah dan transaksi (skimming).

Bebas Biaya Tarik Tunai

Mengacu pada ketentuan tabungan, nikmati bebas biaya tarik tunai di seluruh jaringan ATM MasterCard/Cirrus yang tersebar di seluruh dunia, serta ATM Bersama & ATM Prima yang tersebar di seluruh Indonesia.

Tak perlu repot bawa uang tunai saat bepergian

Nikmati transaksi cashless dan banyak promo di berbagai merchant!

Untuk meningkatkan layanan terhadap Nasabah pemegang kartu debit MasterCard, bersama ini kami informasikan bahwa efektif per tanggal 1 Februari 2024 akan dilakukan penyesuaian terhadap biaya penggantian kartu dan biaya bulanan kartu debit dengan detail sebagai berikut:

 

 

 

Biaya Debit MasterCard

Kondisi Saat ini

Per Tanggal
1 Feb 2024

Biaya Penggantian Kartu
(karena rusak / hilang)

IDR 20.000

IDR 30.000

Biaya Bulanan Kartu Fisik

IDR 2.000*

IDR 5.000**

*) Berlaku untuk OCTO Savers

**) Berlaku untuk XTRA Savers, OCTO Savers, iB Pahala (Konv/iB)

 

Syarat & Ketentuan:

·      Biaya penggantian kartu dan biaya bulanan kartu tidak berlaku untuk kartu debit GPN

·       Penggantian kartu debit karena habis masa berlaku (expired) tidak dikenakan biaya penggantian kartu

·       Biaya penggantian kartu debit MasterCard berlaku untuk penggantian kartu melalui cabang, phone banking, maupun melalui OCTO Clicks, SSB Kiosk atau channel lainnya

·       Pendebetan biaya bulanan kartu fisik dilakukan pada rekening utama yang terhubung pada kartu debit pada tanggal 1 setiap bulannya

Jenis Transaksi Channel Octo Debit  Kartu Debit Reguler Kartu Debit CIMB Preferred Kartu Debit CIMB Private Banking Kartu Debit CIMB Junior Kartu Debit Indie Account
Tarik Tunai (Domestik dan overseas) ATM 15.000.000 15.000.000 15.000.000 15.000.000 2.000.000 Akumulasi 5.000.000
Transfer antar CIMB Niaga ATM / SST / CDM 50.000.000 50.000.000 75.000.000 100.000.000 2.000.000
Transfer antar bank ATM / SST / CDM 50.000.000 50.000.000 50.000.000 50.000.000 2.000.000
Pembayaran tagihan / pembelian ATM / SST / CDM 2.000.000 2.000.000 Sesuai Saldo Sesuai Saldo 2.000.000
Isi ulang Prabayar HP / prepaid reload ATM / SST / CDM 1.000.000 1.000.000 Sesuai Saldo Sesuai Saldo 1.000.000
Pembelanjaan  EDC 25.000.000 25.000.000 200.000.000 250.000.000 2.000.000
Pembelanjaan Online 3D Secure e-Commerce 25.000.000 25.000.000 200.000.000 250.000.000 2.000.000
Pembelanjaan Online non 3D Secure  e-Commerce 10.000.000 10.000.000 10.000.000 10.000.000 2.000.000
Pembelanjaan Contactless EDC 1.000.000** N/A 1.000.000** 1.000.000** 1.000.000** 1.000.000**

Note :
*Limit per transaksi mengikuti limit kartu
** Limit per tab Rp 500.000,-

Biaya Penggantian Kartu Debit

Jenis Permintaan Kondisi Biaya (Rupiah)
Kartu debit baru
(bukan kartu pengganti)
Kartu GPN Free
Kartu MasterCard Free
Ganti Kartu
(mengganti kartu debit lama)
Atas inisiatif Bank melalui pengiriman Free
Kartu lama masih berlaku ≤ 3 bulan Free
Kartu Non GPN menjadi Kartu GPN Free
Kartu lama masih berlaku > 3 bulan 20.000
Kartu lama rusak/hilang 20.000
  1. Pemegang Kartu berhak untuk dapat mempergunakan kartu sesuai fungsinya yaitu Kartu Debit berikut seluruh fasilitas lainnya yang diberikan Bank pada kartu.
  2. Pemegang Kartu berkewajiban untuk :
    1. Membubuhkan tanda tangan di bagian belakang kartu pada saat menerima kartu tersebut.
    2. Dalam hal Rekening Kartu ditutup, Pemegang Kartu wajib mengembalikan Kartu (termasuk Kartu tambahannya) ke cabang Bank terdekat dalam keadaan terpotong dua pada bagian Chip dan Garis Magnetik.
    3. Bertanggung jawab atas segala akibat penggunaan kartu atau fasilitas yang diberikan oleh Bank berkenaan dengan kartu, termasuk tetapi tidak terbatas pada kewajiban yang timbul dan semua biaya terkait lainnya.
    4. Pemegang Kartu dengan ini berjanji dan menyanggupi untuk melakukan pembayaran kepada Bank sesuai dengan ketentuan dan persyaratan, serta biaya atau denda yang timbul atas transaksi yang dilakukan dan menyediakan saldo yang cukup di rekening saat pendebetan, baik yang ditagihkan secara langsung maupun tidak langsung, termasuk biaya pengacara yang dikeluarkan untuk tujuan meminta dan/atau menuntut didapatkannya kembali setiap kewajiban Pemegang Kartu. dengan mengambil rekening sumber dana transaksi nasabah dengan mata uang yang sama. Jika dana tidak cukup, Bank akan mendebet rekening nasabah lainnya dengan saldo tertinggi.
    5. Bank tidak bertanggung jawab atas penolakan suatu Merchant untuk menerima kartu dan Bank juga tidak bertanggung jawab untuk pemasokan barang dan jasa kepada Pemegang Kartu. Keluhan Pemegang Kartu diselesaikan sendiri oleh Pemegang Kartu langsung kepada Merchant tersebut.
    6. Berhati-hati dalam penggunaan dan/atau penyimpanan kartu dan/atau PIN, antara lain untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan dan/atau pelanggaran dan/atau kejahatan oleh pihak ketiga yang tidak bertanggung jawab terhadap kartu dan/atau Pemegang Kartu, antara lain dengan tidak memberikan kartu dan/atau PIN kepada pihak mana pun dengan alasan apapun dan tidak menuliskan PIN pada media apapun, serta senantiasa berhati-hati dalam melakukan transaksi pada mesin ATM.
    7. Pemegang Kartu wajib melakukan pengkinian data yaitu alamat pengiriman tagihan kartu debit dan atau pengiriman kartu debit (kartu baru dan/kartu pengganti), nomor telepon rumah, nomor handphone, dan alamat email untuk korespondensi Bank. Pengkinian data penting dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan transaksi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, terutama seiring dengan perkembangan teknologi digital.
    8. Dengan memperhatikan ketentuan Pasal 2.f dan 2.g tersebut diatas, Pemegang Kartu dengan ini menyatakan bertanggung jawab penuh terhadap seluruh transaksi yang telah dilakukan dengan menggunakan Kartu Debit dan akan mengikat Pemegang Kartu untuk segala tujuan, termasuk bertanggung jawab sepenuhnya akan kerugian yang ditimbulkan oleh penyalahgunaan dan/atau pelanggaran dan/atau kejahatan dan/atau pemalsuan atas kartu tersebut, termasuk tetapi tidak terbatas atas kerugian yang timbul dikarenakan kelalaian dan/atau kesalahan Pemegang Kartu sendiri, termasuk atas segala akibat, bilamana kartu dan/atau PIN-nya diketahui oleh orang lain, baik yang diakibatkan atau yang tidak diakibatkan oleh kelalaian Pemegang Kartu atau sebaliknya baik dengan atau tanpa ijin Pemegang Kartu.
  3. Pemegang kartu dengan ini berjanji dan menyanggupi untuk melakukan pembayaran kepada Bank sesuai dengan ketentuan dan persyaratan, serta biaya dan denda yang timbul atas transaksi yang dilakukan, baik yang ditagihkan secara langsung maupun tidak langsung, dengan mengambil rekening sumber dana transaksi nasabah dengan currency yang sama. Jika dana tidak cukup, Bank akan mendebet rekening nasabah lainnya dengan saldo tertinggi. Pemegang Kartu dengan ini juga setuju dengan biaya pengacara yang dikeluarkan untuk tujuan meminta dan/atau menuntut didapatkannya kembali setiap kewajiban Pemegang Kartu.

Mastercard:

  1. Chip
    Chip ini sangat penting untuk kelancaran transaksi Anda. Untuk itu pisahkan Kartu Debit Anda dari benda-benda yang dapat merusak chip ini.
  2. Nomor Kartu Debit
    Nomor kartu debit ini dicetak terdiri dari 16 digit angka.
  3. Masa Berlaku
    Angka ini menunjukan masa berlaku Kartu Debit Anda.
  4. Logo Mastercard
    Kartu Debit Mastercard dapat diterima di seluruh dunia sebagai alat pembayaran di tempat belanja/merchant yang memasang logo Mastercard.
  5. Kolom Tanda Tangan
    Demi keamanan kartu debit, Anda diwajibkan untuk mencantumkan tanda tangan pada kolom tersebut yang disesuaikan dengan tanda tangan Anda pada tanda pengenal atau dokumen Identitas.
  6. CVV
    Demi keamanan kartu debit, Anda diwajibkan untuk mencantumkan tanda tangan pada kolom tersebut yang disesuaikan dengan tanda tangan Anda pada tanda pengenal atau dokumen Identitas.
  7. Jaringan ATM
    Kartu Debit Mastercard dapat digunakan untuk fasilitas pengecekkan saldo transaksi belanja, transfer, dan penarikan tunai melalui ATM dalam jaringan ATM bersama.
     

GPN:

  1. Chip
    Chip ini sangat penting untuk kelancaran transaksi Anda. Untuk itu pisahkan Kartu Debit Anda dari benda-benda yang dapat merusak chip ini.
  2. Nomor Kartu Debit
    Nomor kartu debit ini dicetak terdiri dari 16 digit angka.
  3. Masa Berlaku
    Angka ini menunjukan masa berlaku Kartu Debit Anda.
  4. Logo Mastercard
    Kartu Debit Mastercard dapat diterima di seluruh dunia sebagai alat pembayaran di tempat belanja/merchant yang memasang logo Mastercard.
  5. Kolom Tanda Tangan
    Demi keamanan kartu debit, Anda diwajibkan untuk mencantumkan tanda tangan pada kolom tersebut yang disesuaikan dengan tanda tangan Anda pada tanda pengenal atau dokumen Identitas.
  6. CVV
    Demi keamanan kartu debit, Anda diwajibkan untuk mencantumkan tanda tangan pada kolom tersebut yang disesuaikan dengan tanda tangan Anda pada tanda pengenal atau dokumen Identitas.
  7. Jaringan ATM
    Kartu Debit Mastercard dapat digunakan untuk fasilitas pengecekkan saldo transaksi belanja, transfer, dan penarikan tunai melalui ATM dalam jaringan ATM bersama.
  8. Metode transaksi
    Metode transaksi menggunakan kartu debit di luar negeri dapat berbeda, mengikuti kebijakan yang ditetapkan oleh masing-masing negara atau merchant.

Bagaimana mengetahui masa berlaku kartu debit Anda?

Anda dapat melihat 4 digit angka (MM/YY) pada Poin D untuk mengetahui masa berlaku kartu debit.

Contoh : 09/25 masa kartu debit berlaku sampai September 2025

  1. Kartu debit berlaku sampai dengan hari terakhir pada bulan dan tahun yang tercantum pada bagian depan kartu debit (Maksimum 5 Tahun) kecuali terjadi pembatalan oleh Bank atau atas permintaan Pemegang Kartu debit sendiri atau sebab lain. Apabila masa berlaku kartu debit belum habis, namun Pemegang Kartu debit tidak lagi berkeinginan untuk menjadi Pemegang Kartu debit atau Pemegang Kartu debit bermaksud mengakhiri penggunaan kartu debit, maka Pemegang Kartu debit dapat mengunjungi kantor cabang CIMB Niaga pembuka rekening dengan membawa KTP asli, buku tabungan (jika ada) dan kartu debit fisik. Informasi detail terkait penutupan akan diinformasikan oleh pihak cabang. Selanjutnya Bank akan segera menghentikan/menutup kartu debit.
  2. Untuk penggantian kartu debit yang telah expired/ akan expired, nasabah dapat melakukan pengajuan kepada Bank CIMB Niaga melalui cabang / DL terdekat atau menghubungi contact centre.
    • Pergantian juga dapat dilakukan melalui Cabang CIMB Niaga terdekat dengan membawa KTP asli, buku tabungan jika ada.
    • Pergantian kartu debit yang telah expired/ akan Expired melalui Contact Center 14041 / 1500800 dengan syarat sebagai berikut :
      1. Kartu debit saat ini status aktif (tidak terblokir)
      2. Informasi data alamat dan nomor ponsel terdaftar di bank adalah yang berlaku saat ini (jika tidak, maka lakukan pengkinian data terlebih dahulu). 
      3. Kartu debit pengganti akan dikirimkan ke alamat yang terdaftar pada sistem Bank dalam 14 Hari Kerja.
      4. Kartu debit pengganti akan dikirimkan dalam kondisi tidak aktif
      5. Nasabah akan menerima PIN kartu debit melalui SMS yang dikirimkan ke nomor handphone terdaftar dalam 5 hari kerja.
      6. Aktivasi kartu debit dapat dilakukan dengan mengganti PIN kartu debit di Octo Mobile/ ATM/ CDM.
  1. Melakukan pemblokiran terlebih dahulu demi keamanan kartu debit.
    Pemblokiran dapat dilakukan melalui :
    • Menghubungi Contact Center 14041 / 1500800
    • Melakukan pemblokiran secara mandiri melalui OCTO Mobile, berikut langkah - langkahnya :
  2. Melakukan penggantian kartu debit
    Untuk melakukan penggantian kartu debit baru dapat melalui kantor cabang CIMB Niaga terdekat dengan syarat: 
    1. Membawa KTP asli
    2. Membawa Buku Tabungan (jika ada) 
    3. Membayar biaya penggantian kartu debit Rp 20 Ribu.

Jalan-jalan menggunakan MRT Singapura, semakin mudah dan tanpa PIN, tinggal TAP! dengan kartu debit contactless CIMB Niaga Mastercard. Adapun ketentuan mengenai transaksi contactless di MRT Singapure sebagai berikut:

  • Nasabah akan dikenakan biaya tap pertama kali sebesar SGD 0.1 di mesin MRT Singapura yang didebet secara langsung ke rekening Nasabah. Biaya tap pertama (SGD 0.1) akan kembali dikenakan setelah nasabah menggunakan MRT selama 5 hari kerja atau tagihan telah mencapai SGD 15 (sesuai ketentuan masing-masing penyedia layanan).
  • Nominal transaksi di MRT Singapura akan ditagihkan dalam satu tagihan, yaitu akumulasi biaya dari beberapa trip dan akan memotong saldo rekening nasabah sesuai total akumulasi biaya perjalanan dalam waktu 5 hari kerja sejak melakukan tap pertama kali atau setelah mencapai batas minimum tagihan sebesar SGD 15 (kondisi mana yang terpenuhi lebih dahulu).
  • Penagihan mengacu pada ketentuan transaksi kartu debit dengan multicurrency yang berlaku saat ini. Jika source of fund yang digunakan oleh nasabah adalah mata uang asing yang sama maka tidak ada konversi kurs penagihan berdasarkan nominal transaksi. Namun, jika source of fund dalam menggunakan mata uang yang berbeda e.g IDR maka penagihan akan menggunakan kurs saat pendebetan rekening nasabah.
  • Untuk rincian transaksi perjalanan di MRT Singapura, Nasabah dapat mendownload aplikasi SimplyGo pada GooglePlay atau AppStore dan pastikan untuk tetap menjaga saldo di rekening sesuai dengan biaya perjalanan sampai dengan pendebetan berhasil agar kartu Debit tidak diblokir oleh MRT Singapura. Untuk pertanyaan lebih lanjut mengenai layanan MRT Singapura, Nasabah bisa mengakses https://simplygo.com.sg/.
  • Biaya dan mekanisme penagihan transaksi di transportasi umum mengikuti kebijakan masing-masing penyedia layanan transportasi, sehingga Nasabah disarankan untuk menggunakan aplikasi dari masing-masing perusahaan/penyedia transportasi umum agar dapat melihat informasi rincian biaya pada setiap perjalanan yang dilakukan.

Informasi tambahan terkait syarat dan ketentuan transaksi kartu debit dapat diakses disini

Jaga selalu keamanan Kartu Debit anda! 

Nikmati transaksi contactless di luar negeri dengan Kartu Debit Mastercard Contactless, TANPA KONVERSI KURS

Hubungkan Kartu Debit dengan Tabungan XTRA Savers Valas untuk nikmati transaksi di luar negeri tanpa konversi kurs

Info lengkap XTRA Savers Valas

1. Login ke OCTO Clicks. Pilih menu Settings & Services

 

2. Pilih Card Management, kemudian pilih menu Debit Card List

 

3. Pilih kartu debit yang akan direquest untuk diganti, klik Request New Debit Card

 

4. Masukkan tipe kartu dan alasan untuk penggantian kartu debit

 

5. Klik Next/Lanjut

 

6. Cek kembali summary informasi, klik Send OTP to Proceed untuk mendapatkan kode OTP

 

7. Masukkan kode OTP. Request penggantian Kartu Debit berhasil dilakukan. Harap tunggu Kartu Debit dikirim ke alamat

Selalu berhati-hati dalam melakukan transaksi online pada berbagai situs, aplikasi atau layanan online (merchant) menggunakan kartu debit CIMB Niaga dengan cara:

  • Pastikan transaksi dilakukan di official merchant yang memiliki reputasi baik dan terverifikasi oleh Mastercard (ditandai dengan adanya logo Mastercard Secure Code). Jika ragu, lakukan pengecekan kredibilitas lebih lanjut melalui media social atau website resmi dari merchant yang digunakan untuk transaksi online.
  • Transaksi online hanya membutuhkan informasi kartu seperti nomor kartu, masa berlaku kartu dan 3 angka CVC yang terdapat di belakang kartu debit, serta 6 digit OTP khusus transaksi pada merchant 3D Secure. Jangan bagikan data pribadi dan rahasia seperti PIN ATM/Mobile Banking/kode OTP, nama orang tua, nomor telepon atau data lainnya saat melakukan transaksi Online.
  • Pastikan informasi kartu dan OTP hanya disubmit pada situs, aplikasi atau layanan online milik official merchant dan jangan membagikan kepada pihak manapun, termasuk petugas Bank.
  • Maksimalkan keamanan transaksi Anda dengan mengaktifkan layanan 2 Factor Authentication, yang disediakan oleh merchant dan pisahkan antara rekening utama dengan rekening yang digunakan untuk transaksi guna meminimalisir kemungkinan loss jika terjadi penyalahgunaan kartu debit oleh Fraudster.
  • Jika terjadi keraguan, atau terdapat transaksi/notifikasi mencurigakan yang tidak diakukan oleh Anda. Segera lakukan pemblokiran kartu debit melalui channel Bank atau hubungi layanan contact center resmi CIMB Niaga 14041 atau layanan WhatsApp 081197814041.

Pengkinian data via OCTO Mobile:

  • Login OCTO Clicks
  • Pengaturan
  • Data pribadi (Masukan PIN OCTO Mobile)
  • Alamat
  • Ubah alamat yang tidak sesuai dan set mailing address sebagai alamat pengiriman

Pengkinian data via OCTO Clicks:

  • Login OCTO Clicks
  • Menu pengaturan & layanan
  • Data pribadi
  • Masukan no rekening, 4 digit terakhir no Kartu Debit, PIN
  • Alamat
  • Ubah alamat yang tidak sesuai dan set mailing address sebagai alamat pengiriman