production

Bagi pemula, begini cara menggunakan kartu kredit dan tips agar tidak terjebak hutang yang menumpuk.

Begini Cara Menggunakan Kartu Kredit yang Bijak Untuk Pemula

5-contoh-usaha-kecil-kecilan-mulai-dari-rumah

 

Kartu kredit adalah salah satu bukti kecanggihan keuangan modern saat ini, siapa yang tak kenal kemudahan menggunakan kartu kredit? Cukup gesek kartu dan transaksi berhasil dilakukan. Tidak hanya kemudahan bertransaksi saja, kartu kredit juga biasanya menawarkan banyak diskon dan cashback di setiap penggunaanya.

Begitu banyak nilai plus yang ditawarkan kartu kredit pada penggunanya, tapi tahukah Anda jika tidak bijak dalam menggunakan kartu kredit bisa menjadi boomerang pengacau keuangan? Kebanyakan orang menganggap kartu kredit adalah tempat berhutang, karena kemudahannya orang-orang yang justru kewalahan saat harus membayar tagihan.

Alasan Kartu Kredit Sangat Digemari Masyarakat

●      Cicilan 0%. Ini merupakan salah satu hal yang paling digemari oleh calon pemilik kartu kredit. Cicilan 0% akan meringankan daripada membeli barang secara kredit langsung.

●      Dapat Mengkondisikan Pembayaran Berkala. Jika Anda mempunyai tagihan listrik, telepon dan lain-lain pihak bank akan membayar seluruh tagihan Anda terlebih dahulu dengan mengurangi limit kartu kredit. Dengan demikian Anda tidak perlu repot-repot membayar satu persatu tagihan tersebut.

●      Diskon dan rewards. Semakin sering kartu kredit digunakan maka semakin banyak poin atau reward yang Anda peroleh. Poin tersebut dapat ditukar dengan hadiah langsung yang disediakan bank tempat Anda membuat kartu kredit.

●      Dapat membayar cicilan kartu kredit dengan minimum pembayaran. Tahukah Anda jika kartu kredit memberi keringanan pembayaran setiap bulan? Anda diperbolehkan membayar nilai minimum dari jumlah tagihan bulanan.

Mendapatkan kartu kredit untuk pertama kalinya adalah hal yang sangat membahagiakan. Biasanya Anda akan mempunyai seribu rencana dengan kartu kredit baru. Kesalahan dalam menggunakan kartu kredit biasanya banyak dilakukan oleh pemegang kartu kredit pemula. Nah, berikut cara penggunaan kartu kredit yang bijak untuk pemula agar Anda tidak terlilit hutang kartu kredit.

Tips Menggunakan Kartu Kredit Untuk Pemula

Pada hakikatnya kartu kredit adalah alat pembayaran yang memudahkan Anda jika digunakan dengan bijak. Kartu kredit bisa jadi salah satu alat untuk mengelola keuangan bulanan, terlebih ada banyak diskon dan cashback yang didapat jika Anda memilih pembayaran melalui kartu kredit. Begini cara menggunakan kartu kredit yang bijak untuk pemula.

Pilihlah Kartu Kredit yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Ada banyak kartu kredit yang ditawarkan lembaga keuangan perbankan dengan berbagai macam tawaran menarik. Pilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya jika Anda hendak menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran maka pilihlah kartu kredit yang menawarkan banyak diskon dan cashback belanja.

Jangan Menggunakan Banyak Kartu Kredit

Tidak masalah memiliki lebih dari satu kartu kredit. Namun yang perlu Anda ketahui, semakin banyak mempunyai kartu kredit maka semakin besar biaya yang harus dikeluarkan. Setiap kartu kredit biasanya mempunya biaya administrasi tahunan, biaya keterlambatan, biaya cetak tagihan dan lain-lain.

Jika tidak digunakan dengan bijak, mempunyai banyak kartu kredit justru akan membuat Anda semakin sering berbelanja tanpa berpikir panjang. Tagihan kartu kredit akan semakin membengkak setiap bulan, hal ini akan menjadi beban apalagi kartu kredit yang dimiliki lebih dari satu.

Tutup atau Non AKtifkan Kartu Kredit yang Jarang Digunakan

Jangan sampai Anda terjebak dengan segala kemudahan kartu kredit. Jika terlanjur memiliki lebih dari satu kartu kredit, segera tutup salah satu yang tidak dibutuhkan. Tapi sebelum itu, pastikan dulu seluruh tagihan sudah dibayar, ya.

Sesuaikan Limit Kartu Kredit Dengan Penghasilan

Pada umumnya, kartu kredit akan memberikan limit dua sampai tiga kali lipat gaji Anda. Misalnya gaji 4 juta rupiah, maka pihak bank akan menawarkan limit 8 juta rupiah. Meskipun demikian, bukan berarti Anda harus mengambil limit tersebut. Selalu gunakan kartu kredit dalam batas wajar dan pastikan tagihannya tidak lebih besar dari gaji bulanan.

Gunakan Kartu Kredit Untuk Transaksi yang Sanggup Anda Bayar

Seperti dijelaskan di awal, kartu kredit bukan tempat berhutang. Kartu kredit adalah alat pembayaran yang memudahkan transaksi. Jadi, jangan sampai membeli barang yang harganya tidak mampu Anda beli secara cash.

Sebaiknya gunakan kartu kredit untuk membayar hal-hal penting. Cara ini sangat ampuh untuk menghindari hutang kartu kredit yang terlalu besar.

Teliti Sebelum Bertransaksi

Anda mungkin akan tergiur dengan promo kartu kredit cicilan 0% atau diskon 70% dengan kartu kredit. Jangan dulu tergoda, meskipun mendapat potongan harga dan bunga rendah tetap saja limit kartu kredit akan berkurang sesuai nilai barang.

Misalnya, Anda membeli sebuah smartphone seharga 4 juta rupiah dengan promo bunga 0%. Limit Anda akan berkurang sebanyak 4 juta rupiah. Hal ini banyak tidak disadari oleh pengguna kartu kredit pemula.

Jangan Melakukan Tarik Tunai Dengan Kartu Kredit

Kartu kredit memiliki fasilitas Tarik tunai. Fasilitas ini sangat memungkinkan untuk mengambil uang cash melalui ATM seperti pinjaman kilat. Dibalik kemudahan Tarik tunai dengan kartu kredit ada bunga besar sekitar 2.5% tiap bulannya. Jika tagihan tidak dibayar tepat waktu, bunga akan terus berkembang.

Jangan Membayar Tagihan Minimum

Lagi-lagi kartu kredit memberi kemudahan pembayaran. Anda biasanya diperbolehkan membayar tagihan minimum dari total tagihan yang ada, misalnya tagihan minimum adalah 10% dari total tagihan. Artinya Anda bisa membayar 10% dari seluruh tagihan dalam satu bulan. Namun cara ini sangat merugikan untuk Anda karena bunga akan terus berjalan seiring waktu.

Periksa Tagihan Bulanan Dengan Teliti

Begitu tagihan kartu kredit diterima melalui email atau surat, pastikan Anda melakukan pengecekan terlebih dahulu. Cek seluruh transaksi dalam sebulan, jangan sampai ada transaksi yang tidak Anda lakukan namun tertera dalam tagihan.

Setelah memastikan tidak ada tagihan ‘siluman’ dalam transaksi kartu kredit Anda, catat tanggal-tanggal penting yang tertera. Tanggal penting ini biasanya adalah tanggal jatuh tempo tagihan.

Jangan Meminjamkan Kartu Kredit Pada Siapapun

Jangan sampai kartu kredit jatuh pada ke tangan orang lain. Meskipun dia adalah orang terdekat Anda, tidak menutup kemungkinan kartu kredit yang Anda miliki disalahgunakan. Hal ini akan berakibat fatal jika kartu kredit digunakan tanpa tanggung jawab. Bisa-bisa tagihan bulanan membengkak di luar rencana.

Rahasiakan Data Kartu Kredit Anda

Selalu ingat, kartu kredit adalah salah satu benda yang lekat dengan kejahatan terutama pembobolan. Hal itu akan terjadi tanpa disadari, maka dari itu sangat penting menjaga data kartu kredit yang Anda miliki seperti pin, nomor kartu kredit dan data pribadi pemilik. Selain itu, teliti sebelum melakukan transaksi, pastikan tidak ada hal yang mencurigakan dalam setiap transaksi. Jangan berikan pin kartu kredit Anda pada siapapun.

Setelah menyimak cara menggunakan kartu kredit untuk pemula, semoga Anda lebih bijak dalam menggunakannya. Bagaimanapun kartu kredit banyak memiliki manfaat untuk bertransaksi, ada banyak tawaran diskon dan promo seperti Kartu Kredit CIMB Niaga. Baca ketentuan dan syarat yang berlaku dalam setiap promosi, agar dapat menggunakan kartu kredit dengan bijak.

https://www.cimbniaga.co.id/id/personal/kartu-kredit