www.cimbniaga.co.id production

CORPORATE CREDIT CARD UNTUK SEMUA SOLUSI BISNIS

RIPLAY PRODUK

Corporate Credit Card

Solusi tepat bagi pengelolaan pembelanjaan perusahaan.

  • Informasi Perubahan Biaya Materai Corporate Credit Card CIMB Niaga

    Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2020 tentang Bea Materai, maka mulai 1 Januari 2021 berlaku ketentuan baru mengenai pengenaan Bea Materai atas total pembayaran tagihan Corporate Credit Card CIMB Niaga sebagai berikut :

    Total Pembayaran Tagihan Berlaku hingga 31 Desember 2020 Berlaku mulai 1 Januari 2021
    Rp 250,000,- s/d Rp 1,000,000,- Rp 3,000,- Rp 0,-
    > Rp 1,000,000,- Rp 6,000,- Rp 0,-
    > Rp 5,000,000,- Rp 6,000,- Rp 10,000,-

    Tanggal berlaku perubahan mengacu pada tanggal cetak tagihan kartu kredit.

    Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi:

    1. Layanan CIMB Niaga 14041;
    2. Cabang CIMB Niaga terdekat;
    3. Relationship Manager (RM); atau
    4. TB Corporate Card Support di TBCorporateCardSupport@cimbniaga.co.id
       
  • Informasi Tarif dan Biaya lainnya

    Efektif 1 Agustus 2023, berlaku penyesuaian biaya Kartu Kredit Korporasi CIMB Niaga sebagai berikut:

    Biaya  Jumlah
    Biaya Pembukaan Fasilitas Baru Untuk pengajuan fasilitas Kartu Kredit Corporate baru per 1 Agustus 2023 1% dari limit perusahaan yang disetujui,
    Maksimum Rp 2,000,000
    Iuran Tahunan   Rp 500,000
    Biaya Pembayaran Kartu Kredit melalui: Counter CIMB Niaga  Rp 15,000
    ATM CIMB Niaga, OCTO Clicks, OCTO Mobile, SST & BizChannel Bebas Biaya
    ATM Bersama & ATM Prima Rp 6,500
    BCA & Mandiri Rp 9,000
    Pembayaran Minimum*   5%
      atau 100%
    Bunga**   1,75%
    Biaya Keterlambatan Pembayaran**   1% dari Total Tagihan yang Tertunggak
    Minimum Rp 75,000 & Maksimum Rp 100,000
    Biaya Penarikan Tunai   6% atau Minimum Rp 150,000
    Biaya Overlimit   6% dari Jumlah Overlimit
    Biaya Permintaan Salinan Sales Draft   Rp 100,000
    Kenaikan/Penurunan Limit Kartu Kredit Permanen/Temporer Bebas Biaya
    Biaya Pengiriman Billing Cetak   Rp 30,000
    Biaya Penggantian Kartu Biaya untuk Penggantian ke-2 dan seterusnya Rp 100,000
    Biaya Ringkasan Tagihan 1 tahun   Rp 150,000
    Biaya Transfer Pengembalian Dana ke Bank Lain   Rp 30,000
    Biaya SMS Notifikasi Transaksi*** Setiap Nasabah dikenakan 1x per bulan Rp 10,000

    *Biaya Pembayaran Minimum mengikuti program yang berlaku pada ketentuan bank
    **Bunga dan Biaya Keterlambatan Pembayaran mengikuti program yang berlaku pada ketentuan bank
    ***Biaya SMS notifikasi Rp 10,000 berlaku untuk SMS notifikasi April 2023 dan dibebankan pada tagihan April 2023 untuk setiap transaksi diatas 1 juta

  • Informasi Penyesuaian Suku Bunga Corporate Credit Card

    Dalam rangka mendukung Kebijakan Bank Indonesia per tanggal 25 Mei 2021 terkait Suku Bunga dan efisiensi transaksi Non-Tunai maka efektif tanggal 1 Juli 2021 CIMB Niaga akan menurunkan suku bunga Corporate Credit Card dari 2% menjadi 1.75% per bulan.

Travel and Entertainment Card
Corporate Credit Card yang digunakan untuk keperluan perjalanan dinas dan jamuan perusahaan.

Central Travel Account
Kartu kredit korporasi khusus untuk pembayaran transaksi ke biro perjalanan atau transaksi jasa perjalanan lainnya.

Fitur & Manfaat

  • Kemudahan dalam mengatur perjalanan dinas dan jamuan karyawan dengan mudah, efisien, dan nyaman.
  • Jaringan kartu kredit yang luas secara international dan domestik.
  • Nilai tukar yang kompetitif untuk transaksi retail di luar negeri.
  • Limit kartu kredit perusahaan yang fleksibel.
  • Fasilitas penarikan tunai.
  • Fasilitas executive lounge di beberapa bandara di Indonesia bagi pemegang kartu.
  • Fasilitas asuransi kecelakaan dan ketidaknyamanan bagi pemegang kartu.
  • Lembar penagihan bulanan yang terkonsolidasi bagi perusahaan dan bagi masing-masing pemegang kartu melalui email.
  • Termin pembayaran maksimum 15 hari periode bebas bunga setelah penerbitan tagihan bulanan.

Corporate Credit Card khusus untuk pembayaran pembelanjaan ke supplier melalui metode berulang baik dengan kartu fisik ataupun non-fisik. 

Fitur & Manfaat

  • Menyederhanakan proses pembayaran pembelanjaan ke supplier.
  • Mengurangi biaya-biaya transfer.
  • Proses rekonsiliasi yang mudah.
  • Termin pembayaran sampai dengan 45 hari periode bebas bunga terhitung dari tanggal transaksi.
  • Transaksi dapat dibatasi sesuai jenis merchant dan sesuai limit.

16 digit nomor kartu virtual MasterCard (tanpa fisik kartu) untuk pembayaran pembelanjaan ke supplier.

Fitur & Manfaat

  • Keamanan dalam bertransaki.
  • Kemampuan untuk mengontrol setiap transaksi.
  • Efisiensi dalam mengatur biaya-biaya.
  • Peningkatan proses pembayaran pembelanjaan perusahaan kepada supplier.
  • Nomor kartu diterbitkan secara dinamis.
  • Nomor kartu dapat digunakan untuk sekali atau beberapa kali transaksi.
  • Penerbitan VCN dapat melalui teknologi WEB, Batch, dan/atau API.

Pengajuan dan Pertanyaan Lebih Lanjut
Silakan hubungi cabang CIMB Niaga terdekat atau Transaction Banking Sales atau Relationship Manager (RM) Anda.

Fasilitas Layanan dan Pengaduan
Silakan hubungi CIMB Niaga Phone Banking 14041 atau +6221-29978888 dari luar negeri untuk semua kebutuhan informasi dan transaksi Corporate Credit Card Anda.

Kini semakin mudah! Efektif 26 Desember 2021, Card Administrator dapat menghubungi Layanan CIMB Niaga 14041 untuk mengakses layanan Corporate Credit Card.

  1. Aktivasi Kartu
  2. Pemblokiran Kartu
  3. Permohonan perihal transaksi Kartu Kredit
  4. Permohonan untuk kenaikan/penurunan limit sementara/permanen.
  5. Penutupan Kartu
  6. Pergantian Kartu
  7. Pengkinian Data Perusahaan dan Pemegang Kartu
  8. Penghapusan biaya annual fee, keterlambatan dan bunga
  9. Pengembalian Dana Kredit/Saldo Kredit
  10. Informasi gagal transaksi dan permohonan untuk dapat memperlancar transaksi.
  11. Sanggahan transaksi
  12. Permohonan copy billing statement
  13. Permohonan permintaan PIN Mailer
  14. Pendaftaran Bills Payment
  15. Pendaftaran/pembatalan e-Billing pada BizChannel@CIMB

Informasi Perubahan Layanan SMS CIMB Niaga 1418 dan 14041

Efektif 1 Agustus 2023 terdapat perubahan nomor dan nama pengirim SMS sebagai berikut:

  1. Aktivasi Kartu Kredit yang semula 1418 menjadi 81418, dengan format:
    • AKT<spasi>TCOK<spasi>4 digit terakhir nomor Corporate Card<spasi>tanggal lahir DDMMYYYY
      Contoh: AKT TCOK 1234 14041999
  2. Permintaan PIN Kartu Kredit yang semula 1418 menjadi 81418, dengan format:
    • PIN<spasi>4 digit terakhir nomor Corporate Card<spasi>tanggal lahir DDMMYYYY
      Contoh: PIN 1234 31121986
  3.  SMS OTP transaksi Kartu Kredit yang semula 14041 menjadi 84041

Setelah 1 Agustus 2023, pengiriman SMS ke nomor 1418 ataupun 14041 tidak akan mendapat balasan apapun dari sistem.

Mengacu kepada Pasal 5 ayat (2) Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia Nomor 40 /POJK.03/2019 tentang Penilaian Kualitas Aset Bank Umum, CIMB Niaga menerapkan konsep one obligor dimana kualitas yang sama terhadap seluruh Aset Produktif yang digunakan untuk membiayai 1 (satu) debitur atau 1 (satu) proyek yang sama. .

Oleh karena hal tersebut, kami informasikan mengenai pelaporan pada fasilitas Corporate Credit Card CIMB Niaga, sebagai berikut:

  1. Informasi Performa Pembayaran pada lembar tagihan Corporate Credit Card CIMB Niaga menampilkan kolektibilitas sesuai kualitas kredit Corporate Credit Card CIMB Niaga tersebut.
  2. Untuk pelaporan ke Regulator, CIMB Niaga mengacu pada kualitas kolektibilitas dari seluruh pengguna kartu dibawah Perusahaan tersebut atau atas produk/fasilitas pinjaman lainnya yg dimiliki Perusahaan di Bank CIMB Niaga.
  3. Apabila pengguna kartu memiliki Credit Card CIMB Niaga atas nama pribadi (Non-Corporate), maka status kolektibilitas yang dilaporkan ke Regulator akan diperlakukan terpisah dari kolektibilitas Perusahaandan tidak termasuk ke dalam konsep one obligor.

Status kolektibilitas dapat mengacu pada tabel di bawah:

Kualitas Kredit Kolektibilitas (KOL) Ketepatan Pembayaran
Lancar 1 Tepat waktu
Dalam Perhatian Khusus 2 Tertunggak sampai dengan 90 hari
Kurang Lancar 3 Tertunggak sampai dengan 120 hari
Diragukan 4 Tertunggak sampai dengan 180 hari
Macet 5 Tertunggak lebih dari 180 hari

Adapun simulasi terhadap status kolektibilitas Perusahaan/pengguna kartu adalah sebagai berikut:

Simulasi A

Jika hanya mempunyai fasilitas Corporate Credit Card CIMB Niaga:

Pengguna kartu Perusahaan yang mendapatkan fasilitas Corporate Credit Card CIMB Niaga:

  • Pengguna Kartu A Lancar (KOL 1)
  • Pengguna Kartu B Lancar (KOL 1)
  • Pengguna Kartu C Kurang Lancar (KOL 3)

Terdapat proses pemberitahuan dan pelaporan ke Regulator dengan kualitas kolektibilitas: Kurang Lancar (KOL 3)

Simulasi B

Jika mempunyai fasilitas/produk lainnya dari Bank CIMB Niaga:

  • Pengguna kartu Perusahaan yang mendapatkan fasilitas Corporate Credit Card CIMB Niaga: Dalam Perhatian Khusus (KOL 2)
  • Kualitas kolektibilitas fasilitas Corporate Credit Card CIMB Niaga: Dalam Perhatian Khusus (KOL 2)
  • Kualitas kolektibilitas produk lainnya di CIMB Niaga: Diragukan (KOL 4)

Terdapat proses pemberitahuan dan pelaporan ke Regulator dengan kualitas kolektibilitas: Diragukan (KOL 4)

Simulasi C

Untuk Pengguna kartu yang memiliki fasilitas Corporate Credit Card CIMB Niaga dan memiliki Credit Card CIMB Niaga atas nama pribadi (Non-Corporate) di CIMB Niaga:

  • Kualitas kolektibilitas fasilitas Corporate Credit Card CIMB Niaga dari Perusahaan tempat bekerja: Kurang lancar (KOL 3)
  • Kualitas kolektibilitas Credit Card CIMB Niaga atas nama pribadi (Non-Corporate) di CIMB Niaga: Lancar (KOL 1)
  • Terdapat proses pemberitahuan dan pelaporan ke Regulator dengan kualitas kolektibilitas: Kurang Lancar (KOL 3)

Untuk Credit Card pribadi (Non-Corporate) pelaporan ke Regulator dilakukan dengan kualitas kolektibilitas: Lancar (KOL 1) - tidak termasuk ke dalam konsep one obligor

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Layanan CIMB Niaga 14041 atau Relationship Manager Anda.