production

Cara Mudah Tarik Tunai Kartu Kredit

Cara Mudah Tarik Tunai Kartu Kredit


Seiring berjalannya waktu, kartu kredit kini tidak lagi sebagai alat yang hanya digunakan untuk pembayaran barang saja. Namun juga bisa digunakan untuk tujuan melakukan tarik tunai di mesin ATM, cara ini tentunya berbeda dengan gesek tunai. Untuk itu simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Perbedaan Tarik Tunai dan Gesek Tunai

Penggunaan kartu kredit kini semakin memudahkan keperluan masyarakat. Kalau biasanya penggunaan kartu kredit hanya untuk melakukan pembayaran suatu barang di toko-toko yang hanya menyediakan mesin EDC (Electronic Data Capture). Kini kartu kredit dapat digunakan untuk mengambil uang guna keperluan orang yang memiliki kartu kredit tersebut. Pada dasarnya pengertian dari tarik tunai kartu kredit adalah mengacu pada aktivitas penarikan uang dari kartu kredit melalui mesin ATM. Nantinya penarikan uang ini akan dikenakan biaya yang akan diakumulasikan dengan tagihan kartu kredit yang Anda gunakan.

Sedangkan untuk gesek tunai sendiri dilakukan bukan melalui mesin ATM melainkan melalui toko-toko yang memiliki mesin gesek yaitu EDC atau toko yang menerima pembayaran lewat kartu kredit. Namun penggunaan jasa dari gesek tunai sendiri dianggap ilegal dan menyalahi aturan yang ditetapkan dan diatur dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) No.11/11/PBI/2009 sebagaimana telah diubah dengan PBI No.14/2/2012 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK).

Saat Anda memutuskan untuk melakukan tarik tunai kartu kredit, pastikan bahwa Anda benar-benar membutuhkan uang tersebut dan dapat mengganti uang tersebut pada batas waktu yang sudah ditentukan. Karena setiap aktivitas tarik tunai yang Anda lakukan akan dikenakan fee 2%-4% dari jumlah uang yang Anda akan ambil tergantung bank mana yang Anda pilih untuk membuat kartu kredit. Selain itu hal yang perlu Anda pahami adalah walaupun Anda memiliki limit belanja dan tarik tunai yang besar, namun setiap kartu kredit memiliki batas nilai tarik tunai yang telah ditetapkan yaitu di bawah limit belanja dan tarik tunai. Hal ini disiasati agar Anda tidak kalap dengan kemudahan tarik tunai kartu kredit yang menyebabkan semakin besar tagihan yang akan Anda terima.

Tips dan Cara Tarik Tunai Kartu Kredit di ATM

Jika Anda tertarik untuk untuk melakukan tarik tunai kartu kredit di ATM, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum mulai melakukan tarik tunai kartu kredit. Berikut adalah beberapa tips sebelum Anda memulai untuk melakukan tarik tunai kartu kredit:

  1. Anda terlebih dahulu memilih bank yang akan Anda putuskan untuk membuat kartu kredit. Pahami syarat dan ketentuan serta keuntungan yang akan Anda dapatkan jika Anda memutuskan untuk membuat kartu kredit. Anda harus perhatikan berapa persen bunga kartu kredit yang akan Anda tanggung setiap bulannya. Setiap bank masing-masing memiliki ketentuan dan keuntungan yang berbeda.
  2.  Anda juga harus tau di mana saja lokasi yang aman untuk Anda jika ingin melakukan penarikan tunai kartu kredit melalui mesin ATM. Hal ini dipertimbangkan mengingat tingginya tingkat kriminalitas di Indonesia.
  3. Pastikan Anda membayar tagihan kartu kredit tepat waktu agar Anda terhindar dari besaran beban bunga kartu kredit yang akan melonjak jika Anda terlambat dalam melakukan pembayaran.
  4. Terakhir, yang sangat perlu menjadi perhatian Anda adalah untuk jangan melakukan tarik tunai kartu kredit apabila tidak dalam keadaan yang terlalu mendesak. Jika Anda menggunakan tarik tunai kartu kredit terlalu sering, akan semakin besar pula besar bunga yang harus Anda tanggung. Hal ini tentunya merugikan diri Anda sendiri.

Selanjutnya, jika Anda sudah memahami hal tersebut dan Anda ingin melakukan tarik tunai kartu kredit di mesin ATM ada beberapa hal yang menjadi catatan Anda sebelum melakukannya.

  • Pilihlah dan datangi ATM di lokasi yang aman.
  • Masukan kartu kredit Anda kelubang kartu ATM.
  • Masukan PIN Anda dan pastikan untuk menutup tangan Anda dan tidak ada orang lain didekat Anda.
  • Jika Anda sudah masuk kedalam menu pilihan, pilih nominal uang yang akan Anda tarik setelah itu pilih penarikan.
  • Jika sudah menentukan nominal uang yang Anda akan tarik, selanjutnya adalah memilih kartu kredit.
  • Cetaklah struk transaksi untuk menjadi bukti penarikan tunai.
  • Ambilah uang tunai yang keluar dari mesin ATM.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda harus pastikan bahwa bank yang Anda pilih untuk membuat kartu kredit untuk penarikan tunai adalah pilihan yang tepat buat Anda. Seperti salah satunya program kartu kredit untuk tarik tunai yang disediakan oleh CIMB NIAGA dimana Anda akan mendapatkan keuntungan yang memudahkan Anda dalam bertransaksi tarik tunai dengan kartu kredit. CIMB NIAGA memberikan gratis iuran tahunan untuk Anda jika membuka kartu kredit. Untuk kartu kredit berlogo MasterCard Platinum dan Kartu Kredit Wave n Go baik Kartu Utama maupun Kartu Tambahan akan mendapatkan gratis iuran tahunan selama menjadi Pemegang Kartu, sedangkan untuk Kartu Kredit berlogo Visa akan mendapatkan gratis iuran tahunan untuk 2 tahun pertama.

Selain itu CIMB NIAGA juga memberikan fasilitas cicilan yang tetap dengan bunga yang kecil dengan jangka waktu angsuran 3,6 dan 12 bulan. Tidak hanya itu CIMB NIAGA juga memberikan Poin Xtra yang nantinya dapat ditukarkan dengan voucher potongan harga atau hadiah menarik lainnya. CIMB NIAGA juga memberikan kemudahan kepada para nasabahnya jika ingin melakukan pembayaran tagihan bulanan seperti tagihan listrik, telepon, handphone, TV kabel hingga internet dalam satu lembar tagihan kartu kredit.

Kartu kredit dari CIMB NIAGA dilengkapi dengan fasilitas penarikan uang tunai dengan cepat dan mudah melalui ATM dan bank-bank lain berlogo MasterCard/Cirrus/VISA/Plus/JCB di seluruh dunia. Selain itu kemudahan fasilitas lainnya adalah pembayaran tagihan kartu kredit secara otomatis melalui rekening tabungan Anda di CIMB NIAGA dimana Anda akan diberikan keleluasaan untuk menentukan jumlah pembayaran kartu kredit setiap bulannya. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai penyesuaian biaya dan tarif kartu kredit CIMB NIAGA Anda bisa klik di sini.

Bagaimana? kalau Anda sudah paham mengenai apa itu tarik tunai kartu kredit dan memahami cara kerjanya Anda hanya perlu mendaftarkan untuk pengajuan kartu kredit ke bank yang Anda pilih. Jika Anda ingin membuat kartu kredit untuk penarikan tunai CIMB NIAGA bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda dengan selalu memberikan kemudahan bagi Anda yang baru memulai untuk menggunakan kartu kredit untuk melakukan penarikan tunai. CIMB NIAGA juga memberikan berbagai macam program yang berbeda sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa klik di sini.