production

6 Cara Mengambil Uang Di ATM Tanpa Kartu CIMB Niaga

 

 
 
 
 

6 Cara Mengambil Uang Di ATM Tanpa Kartu CIMB Niaga

 

Di zaman modern seperti sekarang ini, tentu semua orang memahami cara mengambil uang di ATM. Namun perkembangan teknologi secara umum juga memengaruhi perkembangan di dunia perbankan, yang meliputi dengan cara mengambil uang di ATM. Tahukah Anda bahwa saat ini sudah ada cara baru dalam cara mengambil uang di ATM?

Cara mengambil uang di ATM yang baru adalah dengan fitur cardless transaction. Sesuai dengan namanya, saat ini sudah ada cara mengambil uang di ATM tanpa menggunakan kartu. CIMB Niaga merupakan salah satu bank yang menjadi pelopor dalam mengaplikasikan inovasi tersebut. Cara mengambil uang di ATM tanpa kartu bukanlah satu-satunya inovasi yang ditawarkan dari sistem cardless transaction. Di luar itu, Anda juga bisa melakukan pembayaran menggunakan QR code atau QRIS sebagai fitur cardless transaction lain yang bisa Anda manfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari.

Syarat untuk mengambil uang di ATM tanpa kartu

Dalam menggunakan fitur cardless transaction ini, ada hal yang atau syarat dan kondisi yang perlu Anda pahami terkait cara mengambil uang di ATM tanpa kartu ini. Sebagai pengganti kartu ATM, Anda membutuhkan akses melalui smartphone Anda agar bisa mengambil dana yang dibutuhkan. Berikut selengkapnya:

  1. Memiliki rekening yang aktif

    Sama halnya dengan cara mengambil uang di ATM secara konvensional, Anda perlu memiliki rekening tabungan yang aktif terlebih dahulu. Rekening tabungan ini berperan sebagai pedoman transaksi keuangan Anda di bank, seperti informasi setoran, transfer, hingga penarikan uang. Dengan memiliki rekening tabungan yang aktif, seperti tabungan CIMB Niaga atau Rekening Ponsel, Anda juga akan bisa memanfaatkan fitur-fitur lengkap dan terkini yang ditawarkan, salah satunya adalah cara mengambil uang di ATM tanpa kartu. 

  2. Konektivitas smartphone

    Langkah selanjutnya agar Anda bisa memanfaatkan cardless transaction atau cara mengambil uang di ATM tanpa kartu adalah konektivitas pada smartphone yang Anda miliki. Konektivitas pada smartphone yang dimaksud adalah mengunduh layanan digital banking, seperti OCTO Mobile dari CIMB Niaga ke dalam smartphone Anda. Menggunakan OCTO Mobile, Anda bisa secara mudah menghubungkan rekening tabungan yang Anda miliki sebagai nasabah untuk melacak kegiatan transaksi perbankan Anda.

Cara mengambil uang di ATM

Setelah Anda memenuhi kedua syarat tersebut, mari pelajari cara mengambil uang di ATM tanpa kartu sebagai nasabah CIMB Niaga.

  1. Masuk ke dalam akun OCTO Mobile

    Sebelum Anda mulai beranjak menuju mesin ATM terdekat untuk mengetahui cara mengambil uang di ATM tanpa kartu, pertama Anda perlu login ke dalam akun OCTO Mobile yang Anda miliki. Anda bisa mengisi user id yang terdaftar dalam layanan tersebut maupun menggunakan otentikasi biometrik, seperti sidik jari yang terintegrasi pada smartphone.

  2. Pilih menu tanpa kartu atau cardless

    Setelah Anda login ke dalam aplikasi OCTO Mobile, pilih menu tanpa kartu atau cardless yang tertera di dalam layar. Selanjutnya, ketuk pilihan “tarik tunai” yang tertera untuk mulai memanfaatkan cara mengambil uang di ATM tanpa kartu dari CIMB Niaga.

  3. Isi nominal

    Selanjutnya Anda bisa mulai mengisi nominal kebutuhan uang yang diperlukan untuk mencoba cara mengambil uang di ATM tanpa kartu. Setelah selesai mengisi nominal, lakukan otentikasi dengan cara memasukan nomor PIN yang Anda daftarkan untuk aplikasi OCTO Mobile. Tunggu beberapa saat hingga informasi mengenai kode referensi tarik tunai muncul. Simpan baik-baik nomor kode referensi tersebut. 

  4. Menuju mesin ATM terdekat

    Setelah mendapatkan dan menyimpan kode referensi untuk cara mengambil uang di ATM tanpa kartu, Anda bisa langsung menuju mesin ATM terdekat. Anda tidak perlu terburu-buru. Persiapkan diri dan catat instruksi penting dari informasi yang tertera pada aplikasi OCTO Mobile di smartphone Anda. Pasalnya, Anda memiliki batas waktu selama 2 jam untuk menyelesaikan transaksi di mesin ATM sebelum akhirnya Anda harus kembali mengulangi tahapan di atas.

  5. Pilih menu sesuai arahan

    Sesampainya di mesin ATM CIMB Niaga terdekat, langsung tekan tombol yang sesuai dengan arahan transaksi tanpa kartu dan pilih OCTO Mobile untuk langkah selanjutnya. Setelah itu, masukkan kode referensi yang sudah Anda persiapkan sebagai bagian dari cara mengambil uang di ATM tanpa kartu. Kembali masukkan nominal yang sebelumnya telah Anda buat di aplikasi OCTO Mobile. Pastikan Anda memasukkan nominal yang sama.

  6. Terima uang

    Selesai mengikuti langkah di atas, Anda tinggal tunggu uang keluar dari mesin ATM. Selamat! Anda telah berhasil menyelesaikan cara mengambil uang di ATM tanpa kartu.

Kelebihan mengambil uang di ATM tanpa kartu

Perlu dipahami bahwa fitur cardless transaction seperti cara mengambil uang di ATM tanpa kartu ini bukan sekadar gimmick saja. Ada manfaat atau keuntungan yang bisa Anda dapatkan, terutama untuk bagian keamanan.

  1. Meminimalisasi risiko terhadap kartu

    Salah satu kendala atau permasalahan yang sering terjadi dari cara mengambil uang di ATM terdapat pada kartu. Dalam keadaan terburu-buru, ada kemungkinan tertinggalnya kartu debit di tempat tinggal sehingga Anda tidak bisa melanjutkan transaksi. Selain itu, jika berhasil menggunakan cara mengambil uang di ATM konvensional menggunakan kartu, Anda juga masih punya risiko ATM tertinggal atau tertelan. 

    Jika kartu debit Anda tertinggal atau tertelan setelah menyelesaikan transaksi, Anda perlu mengurus penerbitan kartu baru ke kantor cabang terdekat yang tentunya akan memakan banyak waktu. Oleh karena itu, fitur atau inovasi cara mengambil uang di ATM tanpa kartu ini bisa menjadi pilihan baik untuk mengurangi hadirnya risiko yang merugikan tersebut.

  2. Terhindar dari penipuan

    Ketika mendatangi mesin ATM, Anda perlu paham bahwa akan ada risiko keamanan lainnya, seperti penipuan yang mengintai, transfer ke rekening yang tidak Anda kenal. Namun, cara mengambil uang di ATM tanpa kartu akan membantu Anda terhindar dari risiko tersebut. Pasalnya, fitur yang disajikan hanya bisa digunakan untuk tarik tunai atau setor tunai melalui rekening Anda saja. Dengan kata lain, ada pembatasan transaksi yang dilakukan demi menjaga keamanan dari urusan finansial Anda.

  3. Proses transaksi jadi lebih cepat

    Antre di ATM adalah salah satu kegiatan yang cukup menyebalkan. Hal ini terjadi karena dalam proses transaksi menggunakan kartu, mesin memerlukan waktu untuk membaca kartu debit dan transaksi yang Anda perlukan. Anda pun tentu tidak mau jadi penyebab hal yang menyebalkan tersebut. Oleh karena itu, cara mengambil uang di ATM tanpa kartu jadi pilihan yang baik. 

    Pasalnya, seluruh proses transaksi sudah lebih dulu dilakukan di dalam smartphone Anda. Jadi, ketika Anda ingin menarik dana di ATM, Anda hanya perlu memasukkan arahan sederhana dan menunggu uang untuk keluar dari mesin ATM tersebut.

Sebagai nasabah CIMB Niaga, Anda bisa memaksimalkan ragam fitur cardless transaction menggunakan OCTO Mobile. Tidak hanya cara mengambil uang di ATM tanpa kartu saja, kini OCTO Mobile juga menawarkan ragam fitur transaksi dari genggaman tangan. Fitur atau manfaat lainnya yang bisa Anda rasakan antara lain adalah transaksi perbankan ke dalam dan luar negeri, bayar tagihan, isi ulang pulsa, serta menyediakan laporan keuangan elektronik atau e-statement ke alamat email hingga 6 bulan terakhir.

OCTO Mobile merupakan salah satu produk digital banking dari CIMB Niaga yang dapat membantu Anda menyelesaikan segala transaksi langsung dari tempat Anda dengan cepat dan nyaman. Tidak hanya bagi pemegang tabungan CIMB Niaga, OCTO Mobile kini tersedia bagi para nasabah kartu kredit CIMB Niaga. Temukan info lengkapnya di sini.

Produk Terkait

OCTO Mobile: Banyak Bisanya, Bisa Semaunya!

OCTO Savers - Tabungan yang kasih 60x bebas biaya setiap bulannya!

OCTO Clicks

Tersedia fitur transaksi lengkap mulai dari transfer, bayar tagihan hingga pembukaan deposito dan reksa dana. 

Rekening Ponsel

Tarik tunai atau belanja tanpa menggunakan kartu ATM, kartu kredit, ataupun rekening bank kini bukanlah khayalan. Rekening Ponsel CIMB NIAGA memberi Anda keleluasaan untuk menarik uang tunai di Indomaret, Alfamart, dan ATM CIMB NIAGA manapun tanpa kartu ATM.