production

Tabungan Pendidikan Anak yang Bagus Seperti Apa?

Tabungan Pendidikan Anak yang Bagus Seperti Apa?

Setiap orang tua tentu ingin memberikan yang terbaik bagi anaknya. Memastikan buah hati mendapatkan pendidikan yang terbaik serta berkualitas hingga jenjang perguruan tinggi adalah salah satunya. Pendidikan yang terbaik serta berkualitas adalah salah satu langkah utama dalam membangun kualitas diri anak agar kelak dapat menjalani hidup dan karier yang lebih baik. Namun, untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak tentu memerlukan perencanaan dan persiapan yang matang. Hal tersebut penting dilakukan agar orang tua dapat mempersiapkan dana pendidikan anak hingga jenjang yang lebih tinggi, khususnya biaya pendidikan yang dibutuhkan. Apalagi biaya pendidikan semakin terus meningkat setiap tahunnya. Sehingga perencanaan dan persiapan orang tua untuk memenuhi biaya pendidikan anak di masa mendatang sangat diperlukan sejak dini.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan dan merencanakan kebutuhan pendidikan anak sejak dini, mulai dari berinvestasi hingga memilih program tabungan untuk pendidikan anak. Namun, program tabungan anak umumnya banyak dipilih karena beberapa pertimbangan. Beberapa pertimbangan yang membuat program tabungan pendidikan anak lebih dipilih daripada investasi adalah minimnya pemahaman dan pengalaman orang tua untuk berinvestasi, tidak memiliki waktu lebih untuk memantau investasi, hingga risiko yang harus dihadapi. Sedangkan program tabungan pendidikan memiliki berbagai kelebihan tersendiri. Salah satu kelebihan dari tabungan pendidikan adalah proses keikutsertaannya yang mudah dan cepat. Mulai dari proses pendaftaran hingga fasilitas pengumpulan dana tabungan pendidikan dapat dilakukan dengan mudah. Selain itu, kelebihan lainnya adalah dengan mengikuti program tabungan pendidikan anak membiasakan Anda untuk menabung secara disiplin. Dengan ditentukannya kapan dana tabungan harus disetorkan secara rutin, secara tidak langsung memaksa Anda untuk mendisiplinkan diri Anda untuk terus menabung. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk memilih program tabungan pendidikan anak, sebaiknya Anda melakukan berbagai persiapan serta memahami seperti apa tabungan pendidikan anak yang baik. Untuk mengetahuinya, simak artikel ini lebih lanjut.

Apa yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memilih Tabungan Pendidikan Anak?

Sebelum Anda memutuskan untuk memilih tabungan pendidikan anak, pastikan Anda mempertimbangkan dan mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu, seperti:

1. Periksa Seluruh Dana yang Anda Miliki

Sebelum merencanakan tabungan pendidikan untuk anak, pastikan Anda memeriksa kembali seluruh dana yang Anda miliki. Dengan memeriksa kembali seluruh sumber pemasukan serta pos-pos dana yang Anda miliki, Anda dapat memperhitungkan berapa kemampuan Anda untuk memenuhi tabungan pendidikan untuk anak Anda.

2. Hitung Estimasi Biaya Pendidikan yang Dibutuhkan di Masa Depan

Lakukan riset mengenai biaya pendidikan yang dibutuhkan anak di setiap jenjangnya. Apalagi jika Anda memiliki preferensi lembaga pendidikan yang Anda rencanakan untuk anak Anda. Kemudian hitung estimasi biaya pendidikan yang dibutuhkan di masa mendatang sesuai dengan estimasi kenaikan setiap tahunnya. Dengan begitu, Anda akan mengetahui berapa biaya pendidikan anak yang perlu Anda persiapkan dari sekarang.

3. Atur Strategi Keuangan Anda

Walaupun menabung untuk pendidikan anak itu penting, tetapi hal yang lebih penting adalah memastikan seluruh kebutuhan biaya hidup Anda dan keluarga saat ini terpenuhi. Jangan sampai angsuran tabungan pendidikan anak yang Anda pilih justru menghambat biaya hidup Anda yang lainnya. Salah satu perhitungan yang sering digunakan dalam mengatur keuangan adalah 50% untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk gaya hidup, serta 20% untuk tabungan atau investasi. Namun perhitungan tersebut tentu perlu disesuaikan dengan kondisi serta kebutuhan Anda.

Dengan melakukan persiapan tersebut, Anda memiliki pertimbangan dalam memilih tabungan pendidikan anak yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain besaran biaya yang Anda butuhkan untuk dana pendidikan anak di masa mendatang, Anda juga dapat lebih bijak dalam memilih program tabungan pendidikan anak sesuai preferensi Anda. Namun, ketika Anda memilih program tabungan pendidikan anak, perhatikan beberapa hal untuk memastikan bahwa tabungan pendidikan anak tersebut bagus. Beberapa kriteria tabungan pendidikan yang bagus adalah sebagai berikut:

1. Bunga Tabungan Kompetitif

Pastikan bunga yang ditawarkan dari tabungan pendidikan tersebut kompetitif. Hal tersebut untuk memaksimalkan tujuan dari tabungan pendidikan itu sendiri yaitu mengumpulkan dana untuk kebutuhan biaya pendidikan anak di kemudian hari. Bunga yang kompetitif dan stabil akan memberikan keuntungan lebih dibandingkan dengan bunga yang cenderung kecil, mengingat biaya pendidikan yang tentunya akan semakin meningkat.

2. Menawarkan Proteksi Asuransi Jiwa

Proteksi asuransi jiwa bisa menjadi pertimbangan Anda ketika memilih tabungan pendidikan. Dengan adanya proteksi asuransi jiwa, maka dana tabungan yang Anda setorkan akan tetap aman. Pastikan Anda mengetahui ketentuan mengenai proteksi asuransi jiwa tambahan untuk tabungan pendidikan yang Anda pilih. Selain itu, cari tahu mengenai premi untuk proteksi tambahan tersebut, apakah Anda harus membayarkan biaya premi tambahan atau tidak.

3. Ketentuan Penarikan Dana Tabungan

Hal ini penting Anda pastikan ketika memilih tabungan pendidikan anak. Pastikan Anda mengetahui secara jelas mengenai ketentuan kapan dana tabungan dapat ditarik. Beberapa tabungan pendidikan memiliki keleluasaan untuk penarikan dana sebelum kontrak berakhir, namun beberapa tabungan pendidikan juga tidak memiliki keleluasaan tersebut. Jadi, pastikan pilih tabungan pendidikan dengan ketentuan penarikan dana tabungan yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

4. Jumlah Dana yang Harus Disetorkan

Besaran dana yang harus Anda setorkan setiap bulannya dalam periode tabungan pendidikan untuk anak Anda perlu menjadi pertimbangan. Cermati secara rinci perhitungan jumlah dana yang harus Anda setorkan sehingga Anda mengetahui secara pasti berapa total dana tabungan yang akan Anda dapatkan dengan dana yang akan Anda setorkan setiap bulannya. Selain itu, pastikan besarnya dana yang harus Anda setorkan sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan sampai Anda memaksakan besaran dana yang harus disetorkan setiap bulannya sehingga mengganggu kebutuhan finansial Anda yang lainnya. Hal lainnya yang tidak kalah penting Anda cari tahu adalah berapa besar dana yang harus Anda siapkan baik di awal, selama periode menabung, hingga akhir. Sehingga Anda akan lebih siap dalam mengatur keuangan Anda.

Jika Anda sudah melakukan persiapan serta mengetahui bagaimana tabungan pendidikan anak yang bagus, Anda dapat lebih yakin dan mudah dalam memilih tabungan pendidikan yang terpercaya untuk anak Anda. CIMB Niaga merupakan salah satu bank yang memiliki produk tabungan pendidikan anak terpercaya yang dapat menjadi pilihan Anda. Produk tabungan pendidikan yang dimiliki CIMB Niaga pun beragam. Salah satunya adalah tabungan Mapan Pendidikan dan Tabungan Pendidikan Xtra yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan Anda. Selain beragam, produk tabungan pendidikan CIMB Niaga juga memiliki penawaran yang menarik seperti suku bunga yang kompetitif, dana pendidikan yang terjamin dengan adanya jaminan asuransi, hingga kemudahan dan kenyamanan lainnya yang bisa Anda dapatkan. Pelajari lebih lanjut mengenai beragam produk tabungan pendidikan anak CIMB Niaga di sini.

Jadi, sudah siap untuk merencanakan pendidikan terbaik untuk anak Anda di masa depan?