production

Investment

INVESTMENT

Investment

Pilihan investasi yang tepat untuk meraih keuntungan maksimal

Fitur & Manfaat

Market Linked Deposit adalah jawaban bagi Anda yang memerlukan tingkat pengembalian tetap dengan jangka waktu menengah atau panjang dalam mata uang asing.

Market Linked Deposit merupakan Structured Product, yaitu kombinasi antara instrumen non-derivatif (penempatan dana) dan instrumen derivatif, seperti IRS (Interest Rate Swap) dan Option.

Segera manfaatkan fasilitas ini, karena bank umum di Indonesia hanya dapat melakukan transaksi Structured Product yang berhubungan dengan variabel dasar berupa nilai tukar (kecuali yang melibatkan mata uang IDR) dan/atau suku bunga.

Mengapa Market Linked Deposit?

  • Jaminan 100% nominal pokok dalam mata uang jika ditahan sampai dengan jatuh tempo.
  • Dapat berpartisipasi ke dalam instrumen pasar dengan tingkat risiko yang terbatas.
  • Dapat dicairkan setelah melewati periode tertentu sesuai harga pasar yang berlaku.
  • Dapat digunakan sebagai jaminan untuk menarik pinjaman.

Istilah Market Linked Deposit

•  Nilai Pokok : Jaminan 100% pokok pada saat jatuh tempo oleh Bank atau pada saat Bank melakukan Call Back (Penarikan Kembali)

 

•  Tingkat Kupon : Selama jangka waktu produk jika tingkat suku bunga USD LIBOR 3M berada di dalam batas/range (Termasuk Batas Bawah dan Batas Atas) yang telah ditentukan di awal transaksi maka Nasabah akan menerima keuntungan yang lebih tinggi dari bunga deposito konvensional.

 

•  CALL BACK : Bank memiliki hak untuk melakukan Call Back (Penarikan Kembali) pada setiap Tanggal Pembayaran Kupon Kuartal yang dimulai dari Tanggal Pembayaran Kupon Kuartal ke - 2.

 

•  Bila Bank mengeksekusi hak ini, maka Bank akan mengembalikan 100% nominal yang ditempatkan (dikurangi dengan nominal Penarikan Awal oleh Nasabah) beserta kupon periode tersebut.

 

•  Call Back dapat terjadi dalam kondisi (namun tidak terbatas) pada adanya penurunan signifikan tingkat suku bunga yang berlaku di pasar dalam periode serupa dengan sisa waktu jatuh tempo ataupun penurunan signifikan tingkat suku bunga TD USD

 

•  Jangka waktu : sampai dengan 5 Tahun, umumnya diterbitkan dalam jangka waktu 3 Tahun dan 5 Tahun

•  Jumlah penempatan : Penempatan dana minimum adalah USD 5,000 dan kelipatan USD 1,000 setelahnya

 

•  Penarikan awal : Penarikan Awal (Early Redemption) oleh Nasabah diperbolehkan setelah 6 bulan dari

tanggal penerbitan produk

Catatan Penting Untuk Diperhatikan

Produk ini TIDAK dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Kupon yang diterima Nasabah dibebankan pajak penghasilan sesuai dengan ketentuan pajak yang berlaku dan pemotongan pajak tersebut dilakukan oleh Bank CIMB Niaga.

Fitur & Manfaat

Obligasi merupakan pilihan tepat bagi Anda yang memerlukan tingkat pengembalian tetap, baik untuk jangka menengah maupun panjang.

Dalam istilah keuangan, obligasi adalah pernyataan utang dari penerbit kepada pemegang obligasi. Pemegang obligasi berjanji untuk mengembalikan pokok utang dan bunganya pada saat jatuh tempo.  

Obligasi adalah instrumen pasar modal yang tepat bagi para investor yang memiliki profil risiko konservatif sampai berimbang yang ingin mendapatkan pendapatan secara periodik dari kupon obligasi dan potensi kenaikan harga obligasi di pasar sekunder.

Keuntungan berinvestasi di obligasi:

Pengembalian Tetap

Pendapatan kupon secara berkala.

Menguntungkan

Potensi kenaikan/apresiasi terhadap modal awal.

Obligasi Yang di Tawarkan

Obligasi yang ditawarkan adalah obligasi yang ada di pasar perdana dan pasar sekunder, seperti:

1. Obligasi Negara dalam mata uang IDR.

2. Obligasi Negara dalam mata uang USD.

Yang Dapat Berinvestasi Pada Obligasi Ini

1. Warga Negara Indonesia berusia minimal berusia 17 tahun

2. Perusahaan yang beroperasi di Indonesia

3. Warga Negara Asing yang memiliki KITA

4. Memiliki rekening di Bank CIMB Niaga

Pertimbangan Investasi

1. Jangka waktu dan tujuan investasi

Tentukan target jangka waktu obligasi Anda. Waktu jatuh tempo tergantung pada kapan harga nominal obligasi akan dibayarkan kembali dan berapa target investasi yang diinginkan, sesuai dengan toleransi risikonya.

2. Imbal hasil sampai jatuh tempo (yield to maturity)

Imbal hasil sampai jatuh tempo ini adalah jumlah yang akan diterima oleh investor, sejak pembelian obligasi hingga saat jatuh tempo.

3. Risiko

Risiko yang terkait dengan investasi obligasi antara lain adalah:

a. Risiko kredit.

b. Risiko suku bunga.

c. Risiko perubahan kondisi ekonomi dan politik.

d. Risiko pasar.

e. Risiko pelunasan lebih awal.

f. Risiko likuiditas.

g. Risiko pihak-pihak terkait.

h. Risiko peubahan peraturan.

Fitur & Manfaat

Strike Currency merupakan pilihan yang cocok bagi Anda yang memerlukan tingkat pengembalian tetap dalam jangka waktu pendek dengan menggunakan mata uang asing.

Strike Currency adalah investasi non-tradisional yang berhubungan dengan opsi mata uang. Bank berhak untuk membayar jumlah pokok dan imbal hasil pada saat jatuh tempo dalam mata uang dasar atau mata uang alternatif.

Berbeda dengan deposito berjangka biasa, dengan Strike Currency Anda bebas menentukan mata uang dasar dan mata uang alternatif yang diinginkan sehingga memungkinkan Anda meraih hasil investasi (yield) yang menarik.

Mengapa Strike Currency?

Tingkat Bunga Menarik

Tingkat bunga lebih tinggi daripada bunga deposito berjangka biasa

Alat Konversi

Dapat digunakan sebagai alat untuk mengkonversikan satu mata uang ke mata uang lain berdasarkan tingkat harga yang diharapkan.

Investasi Fleksibel

Besarnya investasi yang fleksibel dengan jumlah minimum USD 20.000 atau setara dalam mata uang asing lainnya (kecuali untuk JPY sebesar 2,000,000).

Jangka Waktu Pendek

Jangka waktu investasi yang pendek mulai dari 1 minggu hingga 6 bulan.

Tersedia dalam delapan pilihan mata uang asing

USD, AUD, NZD, EUR, GBP, JPY, SGD dan CHF. Sesuai dengan peraturan Bank Indonesia, produk Strike Currency tidak dapat melibatkan mata uang Rupiah.

Cara Kerja Strike Currency

•  Tentukan mata uang dasar Strike Currency

•  Pilihlah salah satu mata uang alternatif yang dapat diterima sesuai dengan kondisi yang diinginkan.

•  Tentukan level konversi yang disepakati (strike price) pada saat penempatan produk STRIKE CURRENCY.

•  Jika mata uang dasar melemah pada saat jatuh tempo maka Anda akan mendapatkan jumlah pokok dan bunga dalam bentuk mata uang dasar.

•  Jika mata uang alternatif yang melemah maka Anda akan mendapatkan jumlah pokok dalam bentuk mata uang alternatif tapi bunga tetap dalam mata uang dasar

• Anda tidak diperbolehkan melakukan penarikan dana sebelum jatuh tempo.

Skenario

Skenario 1

Jika Spot pada tanggal Penetapan DI ATAS LEVEL STRIKE, Pokok dan Bunga akan dibayarkan dalam mata uang dasar

Contoh:

Spot pada saat Tanggal Penetapan = 0,9750

Maka pada Tanggal Jatuh Tempo, Anda akan menerima Pokok dan Bunga:

= USD 500.000 + (USD 500.000 X 8% X 14/365 X 80%)

= USD 501.227,40

Skenario 2

Jika Spot pada Tanggal Penentuan SAMA DENGAN ATAU DI BAWAH LEVEL STRIKE, Pokok akan dibayarkan dalam mata uang Alternatif menggunakan Level Strike tetapi Bunga tetap dalam mata uang dasar

Contoh:

Spot pada saat Tanggal Penetapan = 0,9600

Maka pada Tanggal Jatuh Tempo, Anda akan menerima Pokok dan Bunga:

= USD 500.000 / 0,9700 + (USD 500.000 X 8% X 14/365 X 80%)

= AUD 515,463.91 + USD 1,227.39

Beberapa Pertanyaan Umum

1. Apakah Strike Currency memiliki risiko?

   Ya, yakni risiko pergerakan mata uang yang dapat menimbulkan kerugian apabila Anda melakukan konversi ke mata uang lainnya.

2. Apakah tingkat pengembalian (yield) yang telah disepakati bisa berubah sewaktu-waktu?

   Tidak. Setelah transaksi dijalankan dan diinformasikan kepada Anda maka tingkat pengembalian (yield) tidak akan mengalami perubahan.

3. Apakah penarikan dana dapat dilakukan sebelum jatuh tempo, baik secara keseluruhan ataupun sebagian?

   Anda tidak diperkenankan untuk melakukan penarikan seluruh ataupun sebagian dana sebelum jatuh tempo. Produk ini tidak dapat dicairkan setiap saat atau dibatalkan. Anda harus mengikuti jangka waktu yang telah disetujui.

4. Bagaimana jika nilai tukar mata uang dari dua mata uang yang telah dipilih bergerak relatif stabil?

   Pergerakan nilai tukar mata uang yang tidak terlalu fluktuatif akan membantu Anda memperoleh keuntungan yang lebih tinggi dari diferensiasi suku bunga antara kedua mata uang pilihan Anda tersebut dengan risiko terkonversi lebih kecil.

Catatan Penting Untuk di Perhatikan

Strike Currency mengandung risiko nilai tukar mata uang. Produk ini tidak dijamin oleh Bank CIMB NIAGA  atau afiliasinya, serta tidak termasuk dalam cakupan program penjaminan simpanan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Republik

Strike Currency adalah investasi non-tradisional dan bukan merupakan tabungan dan/atau deposito konvensional/biasa. Strike Currency berhubungan dengan opsi mata uang yang memberi Bank hak untuk membayar jumlah pokok dan imbal hasil pada saat jatuh tempo dalam mata uang dasar atau mata uang alternatif. Semua atau sebagian dari bunga yang diterima dalam Strike Currency merupakan premium dari opsi mata uang.

Dengan berinvestasi dalam Strike Currency, Anda memberikan hak kepada Bank untuk dapat membayar pada suatu tanggal di masa depan dalam mata uang alternatif yang berbeda dari mata uang awal investasi, tanpa melihat apakah Anda bermaksud untuk dibayar dalam mata uang asing tersebut pda saat itu. Strike Currency tergantung pada fluktuasi nilai tukar mata uang asing yang dapat mempengaruhi  tingkat pengembalian investasi Anda. Anda harus merasa nyaman untuk memiliki mata uang alternatif pada saat jatuh tempo, jika tidak, dan Anda ingin menukarkan dananya kembali ke mata uang dasar, jumlah yang diterima dapat berkurang sangat besar dari jumlah investasi awal. Dalam keadaan terburuk, penurunan yang sangat besar dalam mata uang alternatif terhadap mata uang dasar dapat mengakibatkan kerugian total investasi awal dan imbal hasil.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami.

Strike Currency bukan merupakan tabungan dan/atau deposito biasa/konvensional dan/atau pengganti dari tabungan dan/atau deposito biasa/konvensional. Calon nasabah disarankan untuk memperoleh pendapat dari penasihat keuangan profesional sebelum berinvestasi dalam Strike Currency. Jika Anda memilih untuk tidak melakukannya, Anda harus mempertimbangkan, memahami dan mengerti bahwa Strike Currency memang sesuai untuk Anda.

Calon nasabah diwajibkan memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup serta telah mendapatkan saran terpisah dari penasihat keuangan profesional untuk melakukan penilaian sendiri atas manfaat-manfaat dan risiko-resiko dari transaksi jenis ini dan tidak diperkenankan sama sekali untuk bergantung pada informasi, nasehat atau saran dalam bentuk apapun dari Bank CIMB NIAGA  (”Bank”), para pejabat dan karyawannya termasuk pihak-pihak yang terkait dengan Bank.

Fitur & Manfaat

Produk Swap Depo adalah produk yang sangat sesuai bagi Anda yang memiliki tingkat penerimaan resiko yang rendah dan menginginkan imbal hasil yang lebih tinggi dari pada deposito berjangka konvensional

MengapA Swap Depo?

Kepastian Keuntungan

Kepastian memperoleh tingkat pengembalian yang lebih tinggi dibandingkan deposito berjangka biasa.

Keamanan Pokok Deposito

Kepastian menerima pokok deposito dalam mata uang yang sama pada saat jatuh tempo (Principal Protected)

Pilihan Mata Uang

Penempatan dalam berbagai mata uang yang dapat ditransaksikan di PT. Bank CIMB Niaga Tbk. Sesuai dengan kondisi pasar pada saat penempatan (kecuali mata uang USD dan IDR)

Jangka Waktu Pendek

Jangka waktu penempatan dana mulai dari 1 bulan s/d 6 bulan.

Ketentuan Swap Depo

•  Anda wajib memahami karakteristik, mekanisme transaksi serta resiko yang terkandung dalam produk Swap Depo sebelum bertransaksi

•  Penempatan Swap Depo harus berdasarkan keputusan Anda sendiri sesuai dengan tujuan, kondisi keuangan dan kebutuhan nasabah.

•  Anda tidak dapat membatalkan aplikasi Swap Depo yang telah disetujui oleh bank.

•  Penarikan awal sebelum jatuh tempo berpotensi mengurangi pokok investasi awal Anda dan terhadap segala biaya yang timbul akibat penarikan ini akan dibebankan sepenuhnya kepada Anda.

•  Anda akan dijamin menerima 100% pokok investasi dalam Mata Uang Awal pada saat jatuh tempo.

• Anda wajib melengkapi seluruh dokumen yang diperlukan, antara lain: Aplikasi Swap depo, Ketentuan dan Syarat Swap Depo, Customer Risk Profile bagi Anda yang belum mengisi kuisioner tersebut.

Mekanisme dan Proses Transaksi

•  Anda setuju untuk menempatkan dana sebesar AUD 100,000 pada Swap Depo selama 1 bulan (30 hari) dengan mendapatkan bunga sebesar 3% p.a (gross).

•  Pada awal kontrak, dana Anda dalam Mata Uang Awal akan ditukar menjadi mata uang Alternatif dengan menggunakan kurs konversi yang telah disepakati.

Contoh:

Anda memiliki dana AUD 100,000. Kurs Jual AUD/USD yang disepakati adalah 0.9200 maka pada saat tanggal efektif, bank akan mengkonversi Mata Uang Awal (AUD) ke Mata Uang Alternatif (USD) sehingga Anda akan menerima dana sebesar USD 92,000 (AUD 100,000 x 0.9200)

•  Dana dalam Mata Uang Alternatif akan ditempatkan sebagai deposito berjangka selama jangka waktu yang telah disepakati

•  Anda setuju untuk menempatkan dana sebesar AUD 100,000 pada Swap Depo selama 1 bulan (30 hari) dengan mendapatkan bunga sebesar 3% p.a (gross).

•  Pada awal kontrak, dana Anda dalam Mata Uang Awal akan ditukar menjadi mata uang Alternatif dengan menggunakan kurs konversi yang telah disepakati.

Contoh:

Anda memiliki dana AUD 100,000. Kurs Jual AUD/USD yang disepakati adalah 0.9200 maka pada saat tanggal efektif, bank akan mengkonversi Mata Uang Awal (AUD) ke Mata Uang Alternatif (USD) sehingga Anda akan menerima dana sebesar USD 92,000 (AUD 100,000 x 0.9200)

•  Dana dalam Mata Uang Alternatif akan ditempatkan sebagai deposito berjangka selama jangka waktu yang telah disepakati