www.cimbniaga.co.id production

Kenali 4 Manfaat Operasi Lasik

 

 
 
 
 

Kenali 4 Manfaat Operasi Lasik

 

Kesehatan mata, pada dasarnya memang rawan mengalami gangguan apalagi di tengah kemajuan teknologi saat ini yang membuat semua orang bergantung pada gadget. Gangguan penglihatan yang bisa hadir lewat penggunaan gadget biasanya diawali dengan ketegangan mata, kelelahan pada mata, mata kabur dan kering, bahkan bisa menyebabkan sakit hingga kepada leher dan pundak. Jika hal ini dibiarkan terjadi, lama kelamaan bisa merusak kornea mata dan menjadi gangguan penglihatan seperti rabun jauh atau rabun dekat, serta kondisi lainnya.

Apalagi di kondisi pandemi seperti sekarang ini, semua kegiatan yang biasanya bisa dilakukan dengan tatap muka atau secara langsung, harus dimaksimalkan secara daring. Jika biasanya bisa melakukan meeting, selama pandemi meeting harus dilakukan secara online. Bahkan hampir seluruh karyawan harus bekerja di rumah dan melakukan segala koordinasi di dalam internal maupun eksternal kantor secara online. Sehingga bisa dibayangkan dalam 24 jam sehari, berapa jam mata kita harus menatap layar gadget secara terus menerus?

Operasi Lasik untuk Memperbaiki Penglihatan

Operasi lasik adalah salah satu metode mengatasi gangguan mata yang populer belakangan ini. Prosedur ini adalah pembedahan yang menggunakan laser untuk memperbaiki fungsi penglihatan mata. Operasi lasik bertujuan untuk memperbaiki bias mata dengan membentuk kembali kornea mata. Sehingga dengan operasi lasik, cahaya akan jatuh pada kornea sehingga benar-benar fokus pada retina. Sehingga jika operasi lasik sudah dilakukan, bisa menghilangkan kebutuhan kacamata atau lensa kontak dan meningkatkan fungsi mata lebih baik lagi.

Jika melihat pada laman American Academy of Ophthalmology, operasi lasik adalah jenis operasi refraktif yang dimaksud prosedurnya menggunakan laser untuk mengobati masalah penglihatan.

Selama proses operasi lasik, tetes mata khusus digunakan untuk membuat mata mati rasa. Kemudian kornea mata diperbaiki dengan cincin hisap. Selaput tipis, bulat dan mengganjal akan dipotong di lapisan luar kornea dengan alat khusus. Lapisan ini tidak akan dihapus seluruhnya namun ditarik kembali dan dokter bedah akan memperbaiki pada jaringan yang terletak di bawahnya.

Pembentukan kornea berbeda antara satu pasien dan yang lainnya, didasarkan dengan kebutuhan dan masalah penglihatan yang mendasarinya. Setelah pembentukan ini, penutup kornea akan diposisikan kembali dan dibiarkan untuk menyembuh sendiri. Tidak ada jahitan di dalam proses operasi lasik.

Sebelum melakukan prosedur ini tentu diperlukan konsultasi awal dengan dokter mata. Karena dalam beberapa kasus operasi lasik bisa menimbulkan efek samping seperti mata melotot, penglihatan ganda atau gangguan penglihatan di malam hari. Selain itu karena ini prosedur pembedahan, tentu ada resiko komplikasi atau infeksi kornea. Kehilangan atau kerusakan permanen juga mungkin bisa terjadi. Pastikan kondisi Anda aman dan sesuai untuk melakukan prosedur operasi lasik dengan memastikannya kepada dokter terlebih dahulu.

Untuk menjalaninya terdapat persyaratan umum yang harus dipenuhi:

  • usia 18 tahun ke atas
  • kedua mata dalam keadaan sehat
  • Melepas soft contact lens setidaknya 14 hari atau hard contact lens setidaknya 30 hari sebelum operasi lasik
  • tidak sedang hamil atau menyusui
  • tidak menderita penyakit tertentu, seperti diabetes, glaukoma, lupus, rheumatoid arthritis, herpes di sekitar mata atau katarak

Manfaat Operasi Lasik

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, operasi lasik tentu sebuah prosedur bedah yang memiliki risiko dan komplikasi. Jadi meski banyak testimoni yang merasa sangat terbantu dengan operasi lasik, prosedur ini tidak sepenuhnya bebas risiko.

Tapi memahami manfaat dari operasi lasik ini tentu diperlukan supaya tujuan lebih terarah. Beberapa manfaat sekaligus kelebihan operasi lasik adalah seperti berikut:

  1. Koreksi penglihatan

    Operasi lasik sangat efektif untuk mengatasi kesalahan bias pada mata seperti rabun dekat atau rabun jauh. 

  2. Minim rasa sakit

    Prosedur operasi tentu sering dikaitkan dengan rasa sakit pasca tindakannya. Karena jika kita membayangkan proses pembedahan tentu tindakan yang cukup menakutkan untuk beberapa orang. Tapi berbeda dengan operasi lasik yang minim rasa sakit.

    Anestesi atau bius yang diberikan dalam bentuk obat tetes mata. Apalagi operasi lasik dengan teknologi yang semakin canggih tentu tidak melibatkan jahitan dalam proses tindakannya.

  3. Pemulihan yang cepat

    Dalam kebanyakan kasus, setelah melakukan lasik mata, mata pasien akan kembali stabil hanya dalam hitungan hari. Apalagi untuk masalah penglihatan yang ringan, hasilnya akan lebih cepat dirasakan oleh pasiennya.

  4. Tidak perlu kacamata atau lensa kontak

    Prosedur operasi lasik yang berhasil akan membebaskan pasien untuk tidak lagi ketergantungan dengan kacamata atau lensa kontak sebagai alat bantu penglihatan. Tindakan ini berguna bagi mereka yang punya alergi dengan lensa kontak atau mereka yang berprofesi tidak diperbolehkan menggunakan lensa kontak atau kacamata dalam proses bekerja.

Biaya Operasi Lasik

Setelah siap dengan segala proses, memahami risiko serta manfaat dari operasi lasik, tentu biaya jadi hal penting selanjutnya yang perlu dipersiapkan.

Di Indonesia, operasi lasik mata punya biaya sekitar 10 juta hingga 25 juta rupiah per mata. Sehingga jika kedua mata yang mengalami gangguan penglihatan, biaya tersebut perlu dikalikan dua.

Kisaran biaya ini biasanya sudah termasuk dengan jasa konsultasi dokter dan obat-obatan pra operasi hingga pasca tindakan lasiknya. Tapi beberapa tempat ada juga yang memisahkan harganya. Jadi perlu survei ke beberapa tempat untuk bisa menentukan mana rumah sakit yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Lokasi operasi dan jenis operasi lasik yang dipilih juga mempengaruhi besaran harganya.

Untuk mempersiapkan dana operasi lasik dengan baik, OCTO Savers dari CIMB Niaga hadir sebagai solusi tabungan yang tepat bagi Anda. Ada beragam manfaat yang bisa Anda dapatkan dari OCTO Savers, di antaranya bebas biaya bulanan, bebas biaya transfer ke bank lain, bebas biaya tarik tunai di semua jaringan ATM, bebas biaya top up e-wallet, serta kemudahan bertransaksi kapan saja dan di mana saja selama terhubung dengan jaringan internet melalui aplikasi OCTO Mobile. Selain menabung melalui OCTO Savers, Anda juga bisa menabung melalui GOAL Savers, yaitu menabung secara harian, mingguan, atau bahkan bulanan untuk meraih goal impian Anda. 

Dengan begitu, Anda jadi lebih disiplin saat menabung dana operasi lasik, setoran rutin fleksibel yang bisa disesuaikan dengan kemampuan dan goal impian, menabung secara otomatis dari rekening, dan Anda juga bisa memantau perkembangan goal impian di GOAL Savers melalui OCTO Mobile dan OCTO Clicks

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera daftarkan diri untuk bisa menabung lebih mudah dan aman bersama CIMB Niaga. Temukan informasi lengkapnya di sini.

Produk Terkait

OCTO Savers - Tabungan yang kasih 60x bebas biaya setiap bulannya!

Xtra Dana: Solusi pinjaman dengan beragam kemudahan

Apapun kebutuhan Anda, kami hadir melalui solusi pinjaman yang disertai dengan beragam kemudahan. mulai dari renovasi rumah, pendidikan pernikahan, liburan dan kebutuhan lainnya

Visa Infinite

A world of infinite privileges awaits you

OCTO Mobile: Banyak Bisanya, Bisa Semaunya!