production

Perencanaan Keuangan: Manfaat untuk Pribadi dan Bisnis Anda

 

 
 
 
 

Perencanaan Keuangan: Manfaat untuk Pribadi dan Bisnis Anda

 

Dalam melakukan apapun, menyusun rencana akan membuat hal yang ingin dikerjakan menjadi lebih tersusun begitupun dengan perencanaan keuangan. Rencana sendiri dibutuhkan untuk siapapun yang ingin lebih cepat dan efektif dalam mencapai tujuan.

Perencanaan keuangan adalah strategi untuk mencapai tujuan hidup. Manajemen keuangan yang cermat menjadi sangat penting untuk mendukung kehidupan kita saat ini dan di masa mendatang menjadi lebih baik.

Manfaat dari perencanaan keuangan bisa dirasakan dengan adanya “arah dan arti” keputusan finansial seseorang. Melalui pengelolaan keuangan, seseorang bisa mengerti bagaimana setiap keputusan keuangan yang dibuat berdampak ke area lain dari keseluruhan situasi keuangan dirinya.

Dengan melihat setiap keputusan finansial sebagai bagian dari suatu keseluruhan, seseorang dapat mempertimbangkan efek jangka pendek dan jangka panjang atas tujuan-tujuan hidupnya. Dia dapat lebih mudah beradaptasi atas perubahan hidup dan merasa lebih aman karena tujuan-tujuannya berada di jalur yang tepat.

Dalam menyusun perencanaan keuangan, seseorang akan dipengaruhi oleh kondisi (live event) yang sedang dialaminya sehingga dengan demikian perencanaan keuangan akan bersifat spesifik. Perencanaan keuangan juga merupakan suatu proses yang berkesinambungan dan bersifat dinamis. Pada suatu saat, rencana tersebut dapat memerlukan penyesuaian.

Berikut merupakan beberapa kondisi atau kejadian yang dapat mempengaruhi perencanaan keuangan seseorang:

  • Status perkawinan (belum menikah atau sudah menikah)
  • Kondisi pekerjaan (sudah memiliki pekerjaan tetap atau belum)
  • Usianya (umur yang semakin bertambah)
  • Kondisi keluarga (jumlah anggota keluarga yang menjadi tanggungan)
  • Kondisi perekonomian nasional (kemudahan dalam mencari pekerjaan dan penghasilan)
  • Tingkat pendidikan (tingkat pendidikan mempengaruhi penghasilan), serta
  • Kondisi kesehatan (mempengaruhi biaya dan kelangsungan dari pendapatan).
  • Perubahan pada salah satu atau beberapa kondisi di atas dapat mempengaruhi perencanaan keuangan yang sudah dibuat seseorang atau keluarga. Sehingga seringkali perencanaan keuangan seseorang harus disusun kembali (bersifat dinamis).

Tak hanya digunakan untuk mencapai tujuan pribadi, perencanaan keuangan juga bisa digunakan oleh Anda yang memiliki bisnis. Memiliki rencana keuangan bisnis yang komprehensif adalah salah satu keharusan bagi setiap bisnis. Dengan perencanaan keuangan, Anda bisa menyusun strategi agar bisnis Anda bisa berkembang.

Manfaat Perencanaan Keuangan

Mengalokasikan Keuangan

Manfaat yang bisa didapatkan dari perencanaan keuangan adalah untuk mengalokasikan keuangan pribadi maupun bisnis yang Anda jalankan. Dengan membuat daftar perencanaan keuangan, maka keuangan milik perusahaan akan dialokasikan untuk membiayai segala kepentingan yang dapat memiliki manfaat dalam lini perusahaan.

Begitupun untuk kebutuhan pribadi, perencanaan keuangan bisa membantu Anda untuk membuat daftar prioritas kebutuhan. Perencanaan keuangan seperti ini juga akan mengontrol setiap pos-pos anggaran yang tidak terlalu penting atau sifatnya dapat ditunda. Sehingga kestabilan keuangan bisnis maupun pribadi tetap terjaga.

Peningkatan Produktivitas

Perencanaan keuangan dapat menjadi jembatan untuk meningkatkan produktivitas. Caranya adalah dengan merencanakan pembiayaan untuk lini produktivitas yang belum terjamah yang didahului dengan rapat atau kesepakatan bersama dari setiap pihak yang memiliki kewenangan di dalam lingkup perusahaan.

Dengan adanya kemajuan produktivitas perusahaan, maka pada waktu yang akan datang, perencanaan ini akan sukses untuk memajukan perusahaan ke posisi yang lebih unggul dan maju dari sebelumnya. Secara tidak langsung, dengan perencanaan keuangan bisnis Anda dapat membangun masa depan bisnis yang lebih baik.

Investasi

Perencanaan keuangan yang baik sudah seharusnya meliputi kehidupan pribadi, pilihan risiko, dan tujuan masa depan. Hal ini digunakan untuk memilih investasi yang tepat sesuai kebutuhan, tujuan dan kepribadian Anda. Perencanaan keuangan membantu Anda merencanakan dan menciptakan aset keuangan untuk masa depan.

Meraih Tujuan Jangka Panjang 

Kebanyakan orang memiliki tujuan jangka panjang dalam kehidupan yang sama. Misalnya seperti membeli rumah, membeli mobil, membiayai pendidikan anak dan melangsungkan pernikahan untuk buah hati ketika mereka sudah dewasa.

Tak dapat dipungkiri, tujuan-tujuan tersebut memang sangat penting untuk dicapai. Perencanaan keuangan membantumu menyusun rencana yang akurat untuk mencapai tujuan kamu dalam jangka waktu tertentu dengan mempersiapkan segala resiko yang dapat diambil untuk memperoleh hasil yang paling mendekati dengan tujuan jangka panjang.

Membuat Perencanaan Keuangan

Dengan berbagai manfaat yang bisa didapatkan dengan perencanaan keuangan, maka penting untuk Anda mengetahui bagaimana cara membuat perencanaan keuangan yang efektif. 

Catat Pendapatan Bersih Tiap Bulan

Cara membuat perencanaan keuangan pribadi adalah memulainya dengan mencatat seluruh nominal pendapatan yang diterima. Dengan mencatat pendapatan, Anda bisa menghitung pendapatan bersih yang diterima setiap bulannya.

Tentu, pendapatan ini sudah dipotong bayaran tetap seperti pajak, asuransi, dan sebagainya. Penghitungan gaji bersih dilakukan untuk meminimalisasi kesalahan pengalokasian yang berujung membuat anda gagal menabung. Pencatatan hitungan gaji bersih juga bermanfaat untuk mengetahui seberapa sehat kondisi keuangan Anda.

Terapkan Metode 3 Pos

Pakar keuangan Amerika yang juga penulis buku All Your Worth, Elizabeth Warren mempopulerkan metode menabung efisien. Metode tersebut menyarankan Anda untuk membagi gaji ke tiga pos dengan porsi berbeda:

  • 50 persen anda gunakan untuk membayar kebutuhan pokok (utang, tagihan cicilan, listrik, bahan makanan bulanan, dan lainnya)
  • 20 persen untuk tabungan jangka panjang (investasi, asuransi, atau menabung)
  • 30 persen untuk gaya hidup (belanja, liburan, dan hiburan)

Gunakan 2 Rekening yang Berbeda

Agar memudahkan Anda menabung, sebaiknya pisahkan rekening yang anda gunakan sehari-hari dengan rekening yang dipakai untuk menabung. Untuk rekening menabung, usahakan kartu ATM tidak dibawa sehari-hari guna mencegah penarikan mendadak yang membuat tabungan terpakai.

Mengetahui bahwa perencanaan keuangan memiliki banyak manfaat untuk pribadi dan bisnis yang sedang Anda jalankan, alangkah baiknya jika Anda menyimpan uang untuk ditabung. Bagi Anda yang membutuhkan rekening khusus untuk membantu perencanaan keuangan, Anda bisa memilih GOAL Savers dari CIMB Niaga.

GOAL Savers menawarkan kemudahan untuk Anda dalam membuat tabungan berjangka dengan pilihan setoran rutin harian, mingguan, dan bulanan untuk mencapai tujuan yang Anda inginkan. Anda bisa membuka dan memantau tabungan Goal Savers Anda melalui OCTO Clicks dan OCTO Mobile dengan mudah. Temukan info lengkapnya di sini.

Produk Terkait

GOAL Savers

Sekarang bisa nabung HARIAN/MINGGUAN/BULANAN untuk raih GOAL impian

GOAL Savers-iB

Sekarang bisa nabung HARIAN/MINGGUAN/BULANAN untuk raih GOAL impian

OCTO Mobile: Banyak Bisanya, Bisa Semaunya!

OCTO Clicks

Tersedia fitur transaksi lengkap mulai dari transfer, bayar tagihan hingga pembukaan deposito dan reksa dana.