production

Siapkan Dana Pensiun dengan Instrumen Investasi Berikut

 

 
 
 
 

Siapkan Dana Pensiun dengan Instrumen Investasi Berikut

 

Bagi Anda yang masih produktif berkegiatan dalam meningkatkan kekuatan serta kestabilan finansial, mungkin rencana untuk mempersiapkan dana pensiun masih belum mantap melekat di dalam benak Anda. Namun, perlu Anda ketahui, demi menjaga kestabilan finansial di masa depan, merencanakan dana pensiun merupakan salah satu langkah yang baik untuk dilakukan sejak dini. Sesuai dengan namanya, dana pensiun merupakan sumber dana yang Anda miliki ketika Anda tidak lagi produktif atau memilih untuk tidak lagi aktif bekerja demi memenuhi kebutuhan Anda sehari-hari di masa depan nanti.

Dalam menyiapkan dana pensiun sebagai salah satu sumber dana di masa depan, banyak hal yang bisa Anda lakukan. Rajin menabung merupakan langkah yang umum untuk dilakukan dalam mempersiapkan dana pensiun. Langkah lainnya yang saat ini cukup populer dilakukan dalam mempersiapkan dana pensiun adalah dengan cara berinvestasi. Secara skema, mungkin Anda bisa berinvestasi dengan metode yang mirip dengan menabung. Anda bisa mengalokasikan dana setiap bulannya untuk disalurkan ke dalam pos investasi Anda. Selain berguna dalam meningkatkan jumlah untuk dana pensiun, Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih baik dari persentase kenaikan aset investasi yang Anda jalankan.

Sebelum mulai berinvestasi untuk memperkuat kondisi finansial dana pensiun Anda, akan lebih baik bagi Anda untuk memahami tentang apa itu investasi. Secara mendasar, investasi adalah sebuah kegiatan yang berfungsi dalam mengupayakan penanaman modal. Penanaman modal tersebut dilakukan oleh investor dengan tujuan menghasilkan keuntungan di masa depan. Dalam merencanakan dana pensiun, Anda perlu memiliki kondisi finansial yang berkembang dan stabil dalam kurun waktu yang ditentukan. Oleh karena itu, berinvestasi dengan menanamkan modal merupakan salah satu langkah yang bisa Anda lakukan dalam meningkatkan kekuatan dan kestabilan dari dana pensiun Anda di masa depan nanti.

Secara umum, modal yang ditanamkan dalam investasi hadir dalam bentuk uang. Nantinya, uang yang Anda investasikan akan dikonversikan sebagai modal ke dalam aset finansial, seperti saham, obligasi, serta reksa dana. Ketiga aset finansial tersebut memiliki potensi untuk memberikan keuntungan dari modal awal yang Anda keluarkan untuk memulai berinvestasi.

Instrumen investasi untuk dana pensiun

Berinvestasi di Indonesia sendiri memiliki beragam instrumen investasi yang bisa Anda coba sebagai langkah dalam mempersiapkan dana pensiun. Berikut adalah beberapa instrumen investasi yang bisa Anda pahami terlebih dahulu:

  1. Saham

    Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang bisa Anda gunakan sebagai pos untuk dana pensiun Anda. Saham merupakan instrumen investasi yang menawarkan profil keuntungan yang relatif lebih besar daripada instrumen investasi lainnya. Namun, kesempatan mendapatkan keuntungan besar tersebut juga hadir dengan profil risiko yang relatif tinggi juga. Bagi Anda yang ragu untuk memulai investasi saham untuk persiapan dana pensiun, Anda tidak perlu lagi khawatir. Pasalnya, saat ini Anda sudah bisa membeli saham dengan modal yang relatif kecil.

    Selain itu, regulasi kepemilikan lembar saham juga sudah berubah dari 500 lembar menjadi 100 lembar saja. Meskipun begitu, Anda membutuhkan pertimbangan yang matang sebelum membeli saham pertama Anda untuk keperluan dana pensiun. Anda bisa menggunakan jasa pialang atau broker saham untuk membantu mengelola saham yang Anda miliki, sembari Anda mencari pengetahuan yang lebih mendalam terkait mengelola investasi saham untuk dana pensiun.

  2. Obligasi

    Selain saham, obligasi juga merupakan sarana alternatif dalam berinvestasi untuk mempersiapkan dana pensiun Anda mulai saat ini. Obligasi cenderung memberikan keuntungan investasi yang tetap sesuai dengan bunga yang sudah dipersetujui di awal pembeliannya. Jadi dari modal yang Anda salurkan di awal investasi, per tahunnya Anda akan memiliki potensi keuntungan yang dapat diprediksi. Investasi obligasi juga memiliki jangka waktu yang beragam, yaitu jangka panjang dan jangka pendek. Jika Anda memilih obligasi sebagai sarana investasi untuk mempersiapkan dana pensiun, alangkah lebih baik jika Anda menggunakan skema waktu investasi jangka panjang.

    Salah satu produk obligasi yang cukup menjanjikan sebagai investasi dana pensiun adalah ORI atau Obligasi Ritel Indonesia. Diketahui ORI dapat memberikan Anda imbal atau keuntungan hingga sekitar 8 persen setiap tahunnya. Jika nilai aset dari ORI mengalami kenaikan, Anda pun punya kesempatan untuk menerima keuntungan lebih besar dari 8 persen yang telah ditetapkan sebelumnya. Modal yang Anda keluarkan dalam bertransaksi ORI akan dikunci mulai dari dua hingga lima tahun. Jadi, Anda tidak perlu pusing untuk terus mengelola investasi Anda dalam jangka waktu yang relatif lama tersebut. Selain mendapatkan keuntungan demi meningkatkan kekuatan dana pensiun Anda, dengan berinvestasi ORI, Anda secara tidak langsung juga turut menghadirkan kontribusi pada pembangunan negara.

  3. Deposito

    Dalam mempersiapkan dana pensiun, investasi deposito merupakan salah satu instrumen investasi yang kerap kali jadi pilihan utama. Hal ini didasari karena deposito menawarkan keuntungan modal yang cukup stabil dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya. Meskipun begitu, hasil imbal yang akan didapat memang tidak akan sebesar instrumen investasi lainnya juga. Mengingat dana pensiun merupakan salah satu proyeksi rencana dalam jangka waktu yang panjang, mempersiapkan perencanaan finansial menggunakan deposito dianggap sebagai langkah yang relatif aman dari segi profil risikonya. Deposito juga bersifat seperti tabungan, jadi Anda bisa mengalokasikan modal dana pensiun setiap bulannya dalam jumlah yang tidak terlalu besar, sehingga Anda tidak perlu khawatir investasi yang Anda lakukan dalam mempersiapkan dana pensiun akan mengganggu kebutuhan sehari-hari Anda nantinya.

  4. Reksa dana

    Instrumen investasi terakhir yang bisa Anda coba dalam merencanakan dana pensiun adalah reksa dana. Reksa dana merupakan salah satu instrumen investasi yang mampu menawarkan hasil keuntungan yang lumayan baik. Selain itu, Anda juga bisa memilih jenis portofolio investasi apa saja yang ingin Anda miliki di reksa dana sebagai sarana merealisasikan rencana dana pensiun.

    Anda juga tidak perlu repot-repot mengelola investasi reksa dana Anda. Pengelolaan investasi Anda akan dijalankan oleh manajer investasi. Manajer investasi merupakan sebuah manajemen atau lembaga profesional yang memiliki tugas untuk mengelola kegiatan investasi Anda. Untuk hal ini adalah investasi reksa dana. Hadirnya peran manajer investasi ini merupakan salah satu kekuatan yang dapat menarik perhatian investor muda dalam memiliki investasi sebagai sarana perencanaan dana pensiun.

Bagi Anda yang tertarik untuk mulai berinvestasi reksa dana sebagai langkah awal dalam mempersiapkan dana pensiun, Anda bisa melakukan transaksi reksa dana bersama CIMB Niaga. Investasi reksa dana yang ada di CIMB Niaga menawarkan kenyamanan melakukan investasi jangka panjang untuk mempersiapkan dana pensiun dengan profil risiko yang dapat Anda sesuaikan. Kenyamanan berinvestasi tersebut bisa jadi pilihan menarik bagi Anda sebagai investor muda yang sedang mempersiapkan kekuatan dan kestabilan finansial di masa depan dengan perencanaan dana pensiun. Anda bisa melangsungkan investasi dengan modal yang relatif terjangkau. Mulai berinvestasi reksa dana bersama CIMB Niaga dan nikmati keuntungannya di sini

Produk Terkait

OCTO Clicks

Tersedia fitur transaksi lengkap mulai dari transfer, bayar tagihan hingga pembukaan deposito dan reksa dana. 

Tentang Reksa Dana

Sekarang bisa beli Reksa Dana di OCTO Mobile & OCTO Clicks mulai dari Rp 100 ribu!

Obligasi

Cara tepat berinvestasi untuk pertumbuhan uang dan keuntungan yang maksimal

Deposito Berjangka Personal

Buka deposito berjangka udah ga perlu ribet datang ke bank lagi, karena hanya perlu beberapa klik saja pakai OCTO Clicks atau OCTO Mobile