production

Jenis-jenis Kerja Part Time dan Berbagai Manfaatnya

 

 
 
 
 

Jenis-jenis Kerja Part Time dan Berbagai Manfaatnya

 

Menjalani kerja part time semakin populer belakangan ini. Selain dilakukan oleh mahasiswa atau anak-anak muda, kerja part time juga tak jarang dilakukan oleh para pegawai kantoran atau seseorang yang sudah memiliki pekerjaan.

Kerja part time umumnya dilakukan untuk mencari penghasilan tambahan, menambah uang tabungan, memanfaatkan waktu luang, hingga mengasah skill yang dimiliki.

Kerja part time sendiri adalah pekerjaan yang memiliki setengah dari jam kerja normal atau full time. Namun tidak terbatas pada jam kerja saja, kerja part time umumnya bersifat sementara untuk periode tertentu yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Selain itu, gaji yang didapat dari kerja part time biasanya dihitung dalam waktu tertentu kemudian diakumulasikan selama hari pekerja tersebut bekerja. Saat ini banyak perusahaan dari berbagai industri mempekerjakan pegawai part time karena berbagai alasan dan kebutuhan.

Bagi Anda yang sedang mencari peluang kerja part time untuk menambah penghasilan, berikut ini beberapa jenis kerja part time yang bisa Anda lakukan. Tak hanya itu, jenis-jenis kerja part time ini juga bisa dimanfaatkan oleh Anda yang belum memiliki pekerjaan.

  1. Kerja Part Time Fotografer

    Jenis kerja part time pertama adalah menjadi seorang fotografer. Bagi Anda yang memiliki hobi fotografi, kerja part time sebagai fotografer juga bisa memberikan pemasukan yang tidak kecil. Baik fotografer panggilan untuk pernikahan atau fotografer studio, prewedding, hingga acara lain. Selain itu, waktu pekerjaan pun bisa Anda sesuaikan.

  2. Kerja Part Time Guru Les atau Privat

    Contoh jenis kerja part time selanjutnya bisa dilakukan oleh Anda yang masih berstatus mahasiswa. Tidak sedikit mahasiswa yang nyambi kerja part time sebagai guru privat. Ada banyak jenisnya yang bisa dilakukan, dari mengajar pelajaran sekolah, guru ngaji, privat baca tulis, atau bahkan mengajar musik. Penghasilan dari kerja part time sebagai guru les juga tak bisa dianggap remeh.

  3. Kerja Part Time Penulis Freelance

    Jenis kerja part time berikutnya adalah menjadi seorang penulis lepas (freelance). Kondisi di mana pembuatan konten yang berkualitas sangat ketika dunia blog mulai mendunia dan banyak digemari orang, kesempatan ini bisa diambil oleh para penulis artikel atau content writer lepas yang dapat memperoleh keuntungan.

    Kerja part time sebagai penulis freelance tentu merupakan salah satu kerja part time menjanjikan yang bisa Anda lakukan di rumah. Namun, Anda harus memiliki keterampilan menulis secara baik dan juga mempunyai sistem yang rapi. Jenis kerja part time ini cocok dilakukan oleh para mahasiswa atau Anda yang telah memiliki pekerjaan sebagai content writer.

    Namun, tidak menutup kemungkinan untuk Anda yang ingin mulai merambah dunia penulisan artikel mencoba kerja part time sebagai penulis lepas. 

  4. Kerja Part Time Membuka Jasa Desain Grafis

    Jika Anda mempunyai bakat pada bidang desain grafis, kerja part time dengan membuka jasa desain grafis bisa menjadi pilihan tepat. Anda sangat bisa memulainya di beberapa platform yang tersedia dan bisa menempatkan portofolio Anda sebagai contoh pekerjaan sekaligus keunggulan untuk menarik minat klien.

  5. Kerja Part Time Berjualan Online

    Semakin majunya teknologi dan informasi saat ini bisa Anda manfaatkan untuk menciptakan kerja part time sendiri. Salah satunya adalah dengan berjualan online yang dijalankan dari media sosial seperti di Facebook, Twitter, Instagram.

    Berjualan online tak hanya bisa dilakukan atau dipromosikan melalui media sosial, Anda juga bisa menaruh barang dagangan di marketpalce yang kini sudah banyak tersedia. Selain waktu yang fleksibel, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari hasil kerja part time berjualan online.

  6. Kerja Part Time Tour Guide

    Jika Anda senang berjalan-jalan dan mampu berbahasa asing, kerja part time ini cocok untuk Anda. Terlebih jika Anda berasal dari kawasan wisata dan memahami rute perjalanan menarik yang bisa ditawarkan kepada konsumen Anda. Namun karena waktunya yang lama, kerja part time ini mungkin bisa dilakukan di akhir pekan.

  7. Kerja Part Time Master of Ceremony

    Berbicara di depan umum memang membutuhkan kemampuan khusus, termasuk menjadi MC atau Master of Ceremony. Jika Anda memang terbiasa tampil di depan publik dan membawakan sebuah acara, kerja part time menjadi MC bisa Anda lakukan. Anda pun bisa menyesuaikan waktu kerja dengan ketersediaan waktu yang Anda miliki.

  8. Kerja Part Time Blogger atau Social Media Influencer

    Salah kerja part time ini menunjukan bahwa internet sangat membantu usaha Anda. Contohnya adalah dengan menjadi professional blogger atau social media influencer, maka Anda bisa melakukan pekerjaan di mana pun. Anda juga tentu bisa melakukan kerja part time dari rumah ketika mempunyai waktu yang luang. Anda hanya perlu memanfaatkan media sosial yang didukung dengan internet yang memadai.

Manfaat Kerja Part Time

Kerja part time mungkin tidak memiliki waktu reguler seperti pekerja kantoran, namun kerja part time juga memiliki berbagai manfaat, khususnya bagi mahasiswa. Berikut beberapa manfaat dari kerja part time.

  1. Kerja Part Time Menambah Uang Saku

    Keuntungan yang pertama jika kerja part time adalah menambah uang saku. Jika bekal dari orang tua sudah, khususnya bagi mahasiswa tentu Anda akan tenang karena akan mendapatkan gaji sebagai uang tambahan dari hasil bekerja. Biasanya para pekerja part time akan dibayar berdasarkan lama waktu bekerja misalnya per jam, per hari atau per shift.

  2. Kerja Part Time Memiliki Waktu Fleksibel

    Manfaat lain dari kerja part time adalah waktu kerja yang fleksibel, hal ini sangat membantu mahasiswa yang takut jika pekerjaan mengganggu waktu kuliahnya. Ada banyak perusahaan atau industri yang membuka lowongan kerja part time dengan fasilitas waktu fleksibel. Sehingga Anda bisa menentukan sendiri jam kerja sesuai dengan waktu senggang.

  3. Dengan Kerja Part Time Bisa Belajar Memasuki Dunia Kerja

    Kerja part time bisa menjadi jembatan bagi para mahasiswa untuk terjun langsung ke dunia kerja. Dengan memasuki dunia kerja, Anda akan belajar mengatur waktu dan belajar lebih awal agar proses belajar tidak terganggu.

  4. Kerja Part Time Menambah Pengalaman

    Keuntungan lain kerja part time untuk mahasiswa yang paling banyak memberikan manfaat adalah pengalaman. Dengan adanya pengalaman selama kuliah, saat lulus kuliah dan akan melamar pekerjaan di mana Anda sudah memiliki poin khusus berupa pengalaman kerja part time sebagai nilai tambah yang akan dicantumkan dalam CV Anda nanti.

Kerja part time memiliki banyak pilihan dan manfaat, setelah mendapat kerja part time ada baiknya untuk merencanakan keuangan atau upah Anda untuk masa mendatang. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membuka tabungan di CIMB Niaga.

Di CIMB Niaga terdapat berbagai jenis tabungan yang bisa Anda pilih dengan berbagai keuntungan dan kemudahan. Salah satunya adalah Tabungan Mapan dari CIMB Niaga sebagai tabungan berjangka bersistem setoran rutin bulanan, siap membantu kamu mempersiapkan masa depan.


Berbagai keuntungan dari membuka Tabungan Mapan CIMB Niaga antara lain bebas menentukan jangka waktu tabungan dan jumlah setoran rutin bulanan. Anda juga bisa mendapatkan hasil pengembalian dengan suku bunga menarik. Untuk informasi lebih lengkap tentang tabungan-tabungan yang tersedia di CIMB Niaga Anda bisa cek di sini.

Produk Terkait

Tabungan CIMB Niaga