www.cimbniaga.co.id production

15 Peluang Usaha yang Menjanjikan untuk Masa Depan

 

“Anda penasaran apa saja peluang usaha yang menjanjikan di masa depan? Simak artikel ini lebih lanjut untuk mengetahuinya.”

Dalam dunia bisnis yang terus berkembang, mencari peluang usaha yang menjanjikan menjadi langkah strategis bagi para pengusaha yang ingin meraih kesuksesan. Memiliki usaha sendiri tentu menjadi dambaan banyak orang. 

Peluang usaha yang menjanjikan dapat menjadi pintu gerbang menuju kesuksesan, baik sebagai tambahan penghasilan maupun sebagai sumber utama. Bagi para wirausahawan yang jeli dan memiliki semangat pantang menyerah, ada banyak sekali peluang usaha yang menjanjikan dan berpotensi berkembang di masa depan.

Untuk memulai usaha sendiri, penting untuk mempersiapkan modal. Anda bisa memanfaatkan pinjaman tanpa agunan Xtra Dana CIMB Niaga sebagai fasilitas pembiayaan. Dengan persiapan modal yang memadai, Anda bisa memaksimalkan peluang usaha yang menjanjikan.

Karakteristik Usaha yang Menjanjikan

Sebelum melangkah lebih jauh, penting untuk memahami seperti apa karakteristik usaha yang menjanjikan itu. Usaha dikatakan menjanjikan bukan hanya dilihat dari keuntungannya saja, namun juga keberlanjutan dari usaha yang Anda jalankan.

Berikut beberapa karakteristik yang umumnya dimiliki oleh usaha yang menjanjikan:

  1. Menyediakan kebutuhan banyak orang
  2. Usaha yang menjanjikan seringnya menyediakan atau menjual suatu barang atau jasa yang dibutuhkan banyak orang. Jadi, pastikan produk yang Anda tawarkan dalam usaha Anda dibutuhkan banyak orang.

  3. Memiliki jangka waktu yang panjang
  4. Meski banyak usaha yang terlihat menjanjikan, namun jarang dari usaha tersebut yang dapat berlangsung lama. Biasanya hal tersebut terjadi karena produk yang ditawarkan tidak memberikan banyak nilai lebih bagi pelanggan.

  5. Memiliki potensi untuk berkembang
  6. Seiring berjalannya waktu, usaha yang menjanjikan adalah usaha yang berpotensi untuk berkembang. Usaha dapat berkembang dalam berbagai aspek, mulai dari pengembangan dan inovasi produk hingga perkembangan sisi bisnis dari usaha itu sendiri seperti membuka cabang.

  7. Menyediakan produk yang berkesinambungan
  8. Pastikan produk yang ditawarkan dari usaha Anda dapat selalu tersedia. Hal tersebut untuk menghindari beralihnya pelanggan Anda ke produk dari usaha lain akibat terbatasnya ketersediaan produk usaha Anda.

Karakteristik usaha yang menjanjikan di atas dapat berubah seiring dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk selalu mempelajari tren pasar agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan pasar.

Baca juga: Pahami 3 Komponen Perencanaan Usaha dan Manfaatnya

15 Peluang Usaha yang Menjanjikan

Perkembangan zaman dan teknologi membuat banyak peluang usaha baru terus bermunculan. Berikut ini macam-macam usaha yang menjanjikan untuk Anda jalankan:

  1. Affiliate marketing
  2. usaha yang menjanjikan dari affiliate marketing - CIMB Niaga

    Affiliate marketing adalah salah satu peluang usaha yang menjanjikan bagi Anda yang ingin memulai bisnis secara online. Model usaha ini menawarkan komisi kepada pihak (affiliator) yang mempromosikan produk atau layanan dari merchant tertentu, sehingga tidak membutuhkan modal.

    Seorang affiliator tidak perlu membeli produk atau layanan yang akan dipromosikan. Cukup dengan mendaftar ke program affiliate dari merchant yang dituju, maka Anda sudah bisa mulai mempromosikan produk atau layanan tersebut dan mendapatkan komisi dari transaksi pembelian.

  3. Usaha skincare
  4. usaha yang menjanjikan dari bisnis skincare - CIMB Niaga

    Tingginya permintaan produk skincare saat ini juga menjadi peluang usaha yang memiliki potensi untuk terus berkembang. Usaha skincare saat ini termasuk salah satu bisnis yang sedang booming di Indonesia.

    Produk skincare dibutuhkan oleh hampir semua orang, sehingga membuat bisnis ini memiliki potensi dan bisa menjangkau target pasar yang beragam. Namun, trend kecantikan yang terus berubah-ubah membuat Anda harus melakukan riset untuk mengetahui produk skincare apa yang paling diminati.

  5. Bisnis franchise
  6. usaha yang menjanjikan dari bisnis franchise - CIMB Niaga

    Bisnis franchise termasuk salah satu peluang usaha yang banyak peminatnya. Sebab, bisnis franchise menawarkan berbagai keuntungan, seperti merek yang sudah terkenal, sistem operasional yang teruji, dan dukungan dari franchisor.

    Bisnis franchise menawarkan peluang usaha yang menjanjikan bagi para pengusaha yang ingin memulai usaha dengan risiko yang lebih terukur. Beberapa ide bisnis franchise diantaranya franchise kedai kopi, franchise minuman kekinian, franchise makanan cepat saji, dan masih banyak lagi.

  7. Dropshipper
  8. usaha yang menjanjikan dari dropshipper - CIMB Niaga

    Anda tidak memiliki modal yang mencukupi untuk memulai bisnis? Dropshipper bisa menjadi sebuah peluang usaha yang menjanjikan meskipun tanpa modal sekalipun. 

    Dropship adalah model bisnis di mana Anda menjual barang milik pihak lain tanpa menyimpan banyak stok terlebih dahulu. Beberapa jenis barang yang bisa dijual diantaranya produk fashion, produk kecantikan, hingga produk elektronik. 

    Jika tertarik untuk memulai bisnis dropship, pastikan Anda memilih supplier yang terpercaya dan memiliki reputasi baik. Hal ini untuk menghindari risiko penipuan yang merugikan

  9. Wedding organizer
  10. usaha yang menjanjikan dari wedding organizer- CIMB Niaga

    Jasa wedding organizer (WO) juga termasuk peluang usaha yang menjanjikan, mengingat pesta pernikahan merupakan salah satu tradisi di Indonesia yang masih banyak dilakukan.

    Meski usaha WO memiliki potensi untuk berkembang, namun untuk membangun bisnis ini tidaklah mudah. Diperlukan perencanaan matang dan tim yang solid untuk memanfaatkan jasa wedding organizer menjadi sebuah peluang usaha yang menjanjikan.

  11. Make up artist (MUA)
  12. usaha yang menjanjikan dari make up artist - CIMB Niaga

    Kebutuhan akan jasa make up artist (MUA) semakin meningkat seiring dengan berkembangnya industri kecantikan. Seorang MUA bertugas untuk merias wajah seseorang agar terlihat lebih cantik, elegan, atau sesuai dengan tema tertentu.

    Peluang bisnis MUA tidak hanya untuk sebatas untuk acara pernikahan dan wisuda, melainkan juga acara pemotretan, fashion show, dan acara-acara formal lainnya.

    Tertarik untuk mencoba peluang usaha yang menjanjikan ini? Pastikan Anda memiliki keterampilan make up yang mumpuni. Anda dapat belajar make up secara profesional di berbagai lembaga kursus kecantikan. 

  13. Bisnis laundry
  14. usaha yang menjanjikan dari katering bisnis laundry - CIMB Niaga

    Bisnis laundry merupakan salah satu jenis usaha yang tidak pernah sepi, terutama di kota-kota besar. Hal ini dikarenakan jasa cuci pakaian akan tetap dibutuhkan seiring dengan kesibukan masyarakat modern. 

    Dengan modal yang tidak terlalu besar, Anda bisa menjadikan bisnis laundry sebagai salah satu peluang usaha. Meskipun begitu, Anda perlu melakukan survei terlebih dahulu untuk mengetahui kebutuhan dan persaingan bisnis laundry di daerah Anda.

  15. Usaha kuliner
  16. usaha yang menjanjikan dari usaha kuliner - CIMB Niaga

    Indonesia memiliki beragam kuliner khas dari berbagai daerah. Hal ini menjadikan usaha kuliner menjadi salah satu jenis usaha yang menjanjikan dan banyak peminatnya. 

    Anda bisa menjual makanan tradisional, makanan kekinian, atau bahkan makanan sehat sekalipun. Namun, memulai usaha kuliner sendiri membutuhkan kerja keras untuk menghadapi persaingan yang ketat dan perubahan tren.

  17. Rental mobil
  18. usaha yang menjanjikan dari katering rental mobil - CIMB Niaga

    Bisnis rental mobil dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin memulai usaha di bidang transportasi. Namun, Anda perlu mempersiapkan modal yang cukup dan melakukan perencanaan yang matang untuk memulai bisnis ini.

    Modal awal yang dibutuhkan untuk memulai usaha rental mobil bervariasi, tergantung dari jumlah mobil yang ingin Anda sewakan. Untuk memulai dengan satu atau dua unit mobil, Anda membutuhkan modal sekitar Rp 100 juta hingga Rp 200 juta.

  19. Usaha sembako
  20. usaha yang menjanjikan dari usaha sembako - CIMB Niaga

    Usaha sembako termasuk peluang usaha yang menjanjikan, karena kebutuhan sembako selalu ada setiap harinya. Hal ini membuat usaha sembako memiliki peluang yang cukup besar untuk bertahan lama.

    Selain itu, modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha sembako juga relatif kecil. Anda bisa memulai usaha sembako di rumah dengan modal sekitar Rp 5 juta hingga Rp 10 juta.

    Untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama, Anda bisa melakukan promosi melalui media sosial, brosur, atau menyebarkan selebaran.

  21. Tour and Travel
  22. usaha yang menjanjikan dari tour and travel - CIMB Niaga

    Bisnis tour and travel merupakan bisnis yang menyediakan jasa perjalanan wisata, mulai dari penjualan tiket pesawat, hotel, transportasi, hingga paket wisata. Peluang bisnis tour and travel didukung oleh perkembangan teknologi digital

    Saat ini, masyarakat sudah semakin familiar dengan penggunaan internet untuk mencari informasi dan melakukan pemesanan perjalanan wisata. Dengan begitu, bisnis ini dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

    Jika tertarik dengan bisnis ini, Anda perlu membangun jaringan dengan berbagai pihak terkait, seperti agen perjalanan, hotel, dan maskapai penerbangan.

  23. Barbershop
  24. usaha yang menjanjikan dari barbershop - CIMB Niaga

    Tren gaya rambut pria yang berkembang dari waktu ke waktu membuat para pria selalu ingin tampil dengan gaya rambut yang terkini. Hal ini tentu saja menjadi peluang usaha yang menjanjikan untuk Anda coba.

    Barbershop tidak lagi hanya sekedar tempat untuk mencukur rambut. Barbershop modern menawarkan berbagai layanan perawatan rambut yang lengkap, seperti potong rambut, cuci rambut, pewarnaan rambut, dan lain-lain.

  25. Pet shop
  26. usaha yang menjanjikan dari pet shop - CIMB Niaga

    Memiliki hewan peliharaan telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. Peningkatan jumlah pemilik hewan peliharaan menciptakan peluang usaha yang menjanjikan bagi pemilik pet shop.

    Usaha pet shop menawarkan berbagai produk dan layanan untuk hewan peliharaan, mulai dari makanan, peralatan, mainan, obat-obatan, hingga jasa perawatan dan penitipan hewan. 

    Ketatnya persaingan membuat Anda perlu menyediakan produk dan layanan berkualitas. Hal ini penting untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan.

  27. Toko ritel
  28. usaha yang menjanjikan dari toko ritel - CIMB Niaga

    Peluang usaha yang menjanjikan berikutnya adalah toko ritel. Toko ini menawarkan berbagai macam produk dan jasa kepada konsumen, mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga barang-barang elektronik.

    Ada berbagai jenis toko ritel yang dapat Anda pilih, mulai dari skala kecil hingga besar. Beberapa contoh toko ritel adalah toko kelontong, minimarket, supermarket, atau hypermarket.

    Sebelum memulai usaha, Anda perlu melakukan riset pasar untuk mengetahui kebutuhan dan tren pasar. Hal ini akan membantu Anda untuk menentukan jenis produk yang akan dijual dan lokasi toko yang tepat.

  29. Katering makanan sehat
  30. usaha yang menjanjikan dari katering makanan sehat - CIMB Niaga

    Peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya makanan sehat menciptakan peluang usaha yang menjanjikan, yaitu bisnis katering makanan sehat.

Untuk mengembangkan bisnis katering makanan sehat, diperlukan strategi yang tepat. Berikut ini beberapa tips sukses mengembangkan bisnis katering makanan sehat:

  1. Menyediakan berbagai menu makanan yang menarik dan menggugah selera.
  2. Menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dan segar.
  3. Memerhatikan kebersihan dan higienitas dalam proses pengolahan makanan.
  4. Mempromosikan usaha Anda melalui media sosial dan marketplace agar dapat menjangkau lebih banyak konsumen.
  5. Memberikan pelayanan yang memuaskan kepada konsumen.

Peluang usaha yang menjanjikan tidak hanya terbatas pada bidang-bidang di atas. Masih banyak peluang usaha menjanjikan lainnya yang dapat ditemukan dengan menggali potensi diri, mengamati kebutuhan pasar, dan memanfaatkan perkembangan teknologi.

Baca juga: Ini 11 Faktor Keberhasilan Wirausaha yang Wajib Dimiliki

Tips Menemukan Peluang Usaha yang Menjanjikan

Jika Anda tertarik merintis usaha sendiri baik itu hanya untuk aliran dana tambahan atau sebagai pemasukan utama, sebaiknya cermati terlebih dahulu bagaimana tips membangun usaha dari awal. 

Sebelum itu, berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan ketika ingin menemukan peluang usaha yang menjanjikan:

  1. Mulai dari passion
  2. Merintis sebuah usaha diperlukan waktu serta tenaga yang tidak sedikit. Untuk itu, pastikan usaha yang Anda bangun berkaitan dengan passion Anda. 

    Dengan begitu, Anda tidak akan jenuh dan putus asa ketika menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk membangun usaha yang Anda rintis.

  3. Meriset pasar terlebih dahulu
  4. Sebelum membuat keputusan untuk memulai usaha Anda, sebaiknya pelajari dan cermati terlebih dahulu dinamika pasar khususnya di bidang usaha yang Anda rintis. 

    Dengan melakukan riset secara menyeluruh dan dalam, Anda dapat menentukan peluang mana yang strategis untuk usaha Anda. Dengan langkah ini, Anda dapat membangun usaha Anda dengan target pasar yang jelas dan terarah.

  5. Menganalisis persaingan
  6. Setelah melakukan riset pasar, Anda perlu menganalisis persaingan dengan mempelajari kekuatan dan kelemahan pesaing Anda sebagai salah satu tips membangun usaha. Analisis ini akan membantu Anda menentukan strategi yang tepat untuk memenangkan persaingan.

  7. Membuat business plan
  8. Business plan adalah salah satu kunci penting dalam keberhasilan sebuah usaha. Anda harus memetakan rencana bisnis Anda beberapa tahun ke depan, tujuan yang ingin diraih, serta bagaimana cara Anda untuk meraih tujuan tersebut.

  9. Mulai dengan skala kecil
  10. Jika belum memiliki pengalaman dalam berbisnis, Anda bisa memulai dengan skala kecil terlebih dahulu. Hal ini akan membantu Anda untuk mengurangi risiko kerugian. Setelah Anda memiliki pengalaman dan kepercayaan diri, Anda bisa mengembangkan usaha Anda dalam skala yang lebih besar.

Tips di atas umumnya menjadi acuan utama seseorang ketika ingin merintis sebuah usaha. Dengan persiapan yang matang serta perencanaan yang tepat, Anda bisa memiliki arah dan tujuan yang jelas dalam membangun usaha.

Langkah terakhir yang perlu Anda persiapkan dalam membangun bisnis adalah modal usaha. Saat ini, terdapat berbagai fasilitas pinjaman dana seperti pinjaman tanpa jaminan yang dapat Anda manfaatkan untuk mendanai modal awal usaha Anda.

Baca juga: Apa Itu Start-Up? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Salah satu penyedia fasilitas KTA adalah CIMB Niaga. Ada banyak fasilitas pembiayaan, seperti pinjaman tanpa jaminan yakni Xtra Dana yang merupakan pinjaman tanpa agunan untuk memenuhi berbagai kebutuhan pendanaan Anda. 

Xtra Dana merupakan produk pinjaman tanpa jaminan yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti biaya pendidikan, biaya kesehatan, biaya pernikahan, atau kebutuhan lainnya. Dengan jangka waktu pinjaman hingga 5 tahun, Anda bisa mendapatkan plafon pinjaman hingga Rp 300 juta.

Jadi, sudah siap untuk memulai bisnis Anda sendiri? Pelajari lebih lanjut kedua produk pinjaman tanpa agunan dari CIMB Niaga untuk modal awal usaha Anda dengan klik di sini.

Produk Terkait

Xtra Dana: Solusi pinjaman dengan beragam kemudahan

Apapun kebutuhan Anda, kami hadir melalui solusi pinjaman yang disertai dengan beragam kemudahan. mulai dari renovasi rumah, pendidikan pernikahan, liburan dan kebutuhan lainnya

OCTO Savers - Tabungan yang kasih 60x bebas biaya setiap bulannya!

OCTO Mobile: Banyak Bisanya, Bisa Semaunya!

Pinjaman dengan Agunan

Deposito, Tabungan Berjangka, Market Linked Deposit dan Obligasi