production

Seperti Apa Usaha yang Menjanjikan Itu?

Seperti Apa Usaha yang Menjanjikan Itu?

 

 

Memiliki sebuah usaha yang sukses dan menguntungkan tentu menjadi dambaan banyak orang. Mulai dari hanya sekedar sebagai tambahan aliran dana selain gaji, atau bahkan menjadi sumber pemasukan dana utama untuk sehari-hari menjadi salah satu impian yang ingin diraih dari menjalankan usaha sendiri. Potensi keuntungan yang bisa didapat dari usaha yang dijalankan tanpa harus menjalani penatnya rutinitas dan peraturan seperti bekerja di kantor juga menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Masih banyak keuntungan dari menjalankan usaha sendiri serta tahapan-tahapan dalam memulainya. Anda tertarik untuk memahami lebih jauh mengenai usaha yang menjanjikan? Yuk, simak artikel ini lebih lanjut untuk mengetahuinya.

Apa Itu Usaha?

Secara umum, usaha dapat dijelaskan sebagai kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dengan memberdayakan tenaga, upaya, kreativitas, serta kepandaian dalam mengolah bahan. Kegiatan tersebut dilakukan untuk menghasilkan sebuah produk, pemasaran, dan pengembangan produk sehingga menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai jual lebih tinggi. Sedangkan orang yang melakukan kegiatan tersebut umumnya dikenal sebagai wirausaha.

Keuntungan Menjalankan Usaha Anda Sendiri

Walaupun memiliki beragam risiko serta proses yang tidak mudah, namun merintis atau menjalankan usaha sendiri memiliki beberapa keuntungan. Secara umum, keuntungan yang didapatkan dengan menjalankan usaha sendiri antara lain:

  1. Tidak Ada Batasan Usia untuk Merintis Usaha

    Usia bukanlah halangan untuk memulai bisnis Anda sendiri. Dengan begitu, semua orang dari segala umur dapat merintis usahanya sendiri, bahkan semuda mungkin. Hal tersebut juga secara tidak langsung menjadikan Anda yang merintis usaha sebagai bosnya. Sehingga keputusan dan kendali berada di tangan Anda, bukan di tangan orang lain atau atasan seperti jika Anda bekerja sebagai karyawan.

  2. Melatih Kemampuan Berwirausaha

    Walaupun Anda tidak memiliki pengalaman dalam menjalani usaha, dengan mulai merintis usaha Anda sendiri akan melatih dan mengasah kemampuan serta menambah pengalaman Anda seiring berjalannya waktu. Sehingga segala proses yang dilewati secara tidak langsung menjadi pembelajaran Anda dalam berwirausaha.

  3. Menjadikan Anda Mandiri

    Dengan berfokus dalam menjalani usaha yang Anda rintis menjadikan Anda pribadi yang tidak bergantung pada orang lain. Karena kesuksesan atau tidaknya usaha yang dijalani bergantung pada keputusan serta tanggung jawab Anda dalam mengelola usaha. Dengan begitu, Anda akan terus terlatih untuk memberikan performa terbaik demi keberlangsungan usaha yang Anda jalani.

  4. Membuka Lapangan Pekerjaan

    Agar usaha yang dirintis dapat berlangsung secara efisien dan optimal, tentu Anda memerlukan seorang karyawan. Berapa pun karyawan yang dibutuhkan pada saat Anda menjalankan sebuah usaha, Anda sudah berkontribusi bagi orang lain dengan menyediakan lapangan pekerjaan baru. Sehingga Anda juga turut berjasa dalam mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

  5. Waktu Lebih Fleksibel

    Karena Anda memegang kendali serta keputusan terhadap operasional usaha yang Anda jalankan, hal tersebut membuat Anda memiliki waktu yang lebih fleksibel dibandingkan dengan jika menjadi karyawan. Dengan fleksibelnya waktu yang Anda miliki, menjadikan Anda lebih leluasa dalam memanfaatkan waktu yang Anda miliki sebaik mungkin. 

Berbagai keuntungan dari menjalankan usaha sendiri semakin menggiurkan banyak orang untuk mulai merintis usahanya masing-masing. Apalagi jika melihat orang lain yang sudah sukses dalam menjalankan serta mengembangkan usahanya. Namun, untuk sampai pada tahap tersebut tentu perlu melewati berbagai tahap dan proses dari awal mula dirintisnya usaha hingga berkembang dan menguntungkan.

Tips dalam Merintis Usaha Anda

Jika Anda tertarik merintis usaha Anda sendiri baik itu hanya untuk aliran dana tambahan atau sebagai pemasukan utama Anda, baiknya cermati terlebih dahulu berbagai pertimbangan dan tahapan sebelum memulainya. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan ketika ingin memulai merintis usaha:

  1. Mulai dari Passion Anda

    Merintis sebuah usaha diperlukan waktu serta tenaga yang tidak sedikit. Proses merintis usaha pun tidaklah instan. Untuk itu, pastikan usaha yang Anda bangun berkaitan dengan passion Anda. Dengan begitu, Anda tidak akan jenuh dan putus asa ketika menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk membangun usaha yang Anda rintis.

  2. Riset Pasar Terlebih Dahulu

    Sebelum membuat keputusan untuk memulai usaha Anda, sebaiknya pelajari dan cermati terlebih dahulu dinamika pasar khususnya di bidang usaha yang Anda rintis. Dengan melakukan riset secara menyeluruh dan dalam, Anda dapat menentukan peluang mana yang strategis untuk usaha Anda. Dengan begitu, Anda dapat membangun usaha Anda dengan target pasar yang jelas dan terarah.

  3. Buat Business Plan Anda

    Setelah Anda menemukan peluang yang strategis untuk membangun usaha Anda, pastikan susun business plan Anda dengan baik. Business plan adalah salah satu kunci penting dalam keberhasilan sebuah usaha. Anda harus memetakan rencana bisnis Anda beberapa tahun ke depan, tujuan yang ingin diraih, serta bagaimana cara Anda untuk meraih tujuan tersebut.

Ketiga tips tersebut umumnya menjadi acuan utama seseorang ketika ingin merintis sebuah usaha. Dengan persiapan yang matang serta perencanaan yang tepat, tentu usaha yang Anda rintis akan semakin matang untuk dibangun. Sehingga Anda memiliki arah dan tujuan yang jelas dalam membangun usaha Anda.

Karakteristik Usaha yang Menjanjikan

Selain mempersiapkan beberapa hal tersebut sebelum Anda memulai usaha Anda, sebaiknya Anda juga memahami usaha seperti apa yang menjanjikan. Usaha yang menjanjikan bukan hanya sekedar profit, tetapi kontinuitas dari usaha yang dijalankan tersebut. Lalu, seperti apa karakteristik usaha yang menjanjikan? Berikut beberapa karakteristiknya: 

  1. Menyediakan Apa yang Dibutuhkan Banyak Orang

    Usaha yang menjanjikan seringnya menyediakan atau menjual suatu barang atau jasa yang dibutuhkan banyak orang. Jadi, pastikan produk yang Anda tawarkan dalam usaha Anda dibutuhkan banyak orang.

  2. Berjangka Waktu Panjang

    Meski banyak usaha yang terlihat menghebohkan masyarakat, namun jarang dari usaha tersebut yang dapat berlangsung lama. Biasanya hal tersebut terjadi karena produk yang ditawarkan tidak memberikan banyak nilai lebih bagi pelanggan. Hindari membangun usaha berdasarkan popularitas sesaat.

  3. Memiliki Potensi untuk Berkembang

    Seiring berjalannya waktu, usaha yang menjanjikan adalah usaha yang berpotensi untuk berkembang. Usaha dapat berkembang dalam berbagai aspek, mulai dari pengembangan dan inovasi produk hingga perkembangan sisi bisnis dari usaha itu sendiri seperti membuka cabang. Dengan begitu, usaha Anda akan terus bertahan dan tidak mudah tergerus waktu.

  4. Ketersediaan Produk yang Berkesinambungan

    Pastikan produk yang ditawarkan dari usaha Anda dapat selalu tersedia. Hal tersebut untuk menghindari beralihnya pelanggan Anda ke produk dari usaha lain akibat terbatasnya ketersediaan produk usaha Anda.

Setelah melakukan berbagai persiapan serta memahami karakteristik dari usaha yang menjanjikan, kini Anda tinggal selangkah lagi untuk merintis usaha Anda. Langkah terakhir yang perlu Anda persiapkan dalam membangun bisnis Anda adalah modal usaha. Saat ini, begitu banyak solusi tepat untuk permasalahan modal usaha. Terdapat berbagai fasilitas pinjaman dana seperti pinjaman tanpa jaminan yang dapat Anda manfaatkan untuk mendanai modal awal usaha Anda. Salah satu penyedia fasilitas KTA terpercaya adalah CIMB Niaga. Menawarkan dua jenis pinjaman tanpa jaminan yakni CIMB Niaga Xtra Dana dan CIMB Niaga Xtra Dana iB, Anda dapat memilih jenis pinjaman yang sesuai dengan preferensi Anda dengan berbagai kelebihannya. CIMB Niaga Xtra Dana merupakan pinjaman tanpa jaminan untuk memenuhi berbagai kebutuhan pendanaan Anda. Sedangkan CIMB Niaga Xtra Dana iB merupakan pinjaman tanpa jaminan berbasis syariah untuk memenuhi berbagai kebutuhan Anda. Jadi, sudah siap untuk memulai bisnis Anda? Pelajari lebih lanjut kedua produk pinjaman tanpa jaminan dari CIMB Niaga untuk modal awal usaha Anda dengan klik di sini.