production

Rekomendasi Jenis Bisnis Online dan Tips Menjalankannya

 

 
 
 
 

Rekomendasi Jenis Bisnis Online dan Tips Menjalankannya

 

Bisnis online bisa menjadi salah satu jawaban bagi Anda yang berkeinginan untuk terjun ke dunia wirausaha. Terlebih di era sekarang dengan dukungan kemajuan teknologi yang membuat masyarakat sudah tidak asing lagi dengan digitalisasi.

Dengan hadirnya banyak platform digital seperti media sosial dan e-commerce saat ini juga membuat lebih banyak medium untuk bisnis online yang ingin Anda jalankan. Anda bisa menjalankan bisnis online dengan menjual barang dagangan Anda di sosial media atau toko online.

Terlebih di situasi pandemi sekarang di mana banyak orang mulai mengalihkan cara berbelanja mereka ke toko online. Kondisi ini jelas bisa dimanfaatkan oleh Anda jika ingin menjalankan bisnis online. Anda bisa memulai beberapa bisnis kecil-kecilan dengan pendapatan yang lumayan besar.

Ide bisnis online yang bisa dijalankan memang sangat beragam, tidak harus dengan berjualan barang saja bahkan ada pula yang tak memerlukan modal. Anda juga bisa menawarkan jasa secara online sebagai salah satu jenis bisnis online. Banyak contoh kasus pebisnis yang memulai bisnis online dan sekarang telah menuai sukses dengan memiliki pelanggan tetap bahkan memiliki brand sendiri.

Ada beberapa hal yang menjadi alasan bisnis online semakin diminati, seperti bisa dilakukan di mana saja hingga berpotensi menghasilkan banyak keuntungan. Sebagai referensi untuk Anda, berikut beberapa ulasan rekomendasi bisnis online.

Jualan Masker dan Produk Kesehatan

Pandemi yang melanda dunia kini membuat kondisi kesehatan tubuh teramat sangat diperhatikan. Kondisi ini bisa dijadikan ide bisnis online dengan menjual alat-alat pelindung kesehatan. Alat pelindung kesehatan yang paling menonjol di tengah pandemi Covid-19 adalah masker. 

Hal itu lantaran sesuai protokol kesehatan yang berlaku, setiap aktivitas di luar rumah setiap orang wajib mengenakan masker. Karena itu, diperkirakan permintaan masker di pasar akan tetap stabil. Selain masker, produk kesehatan lainnya yang bisa Anda jual adalah sabun pencuci tangan atau hand sanitizer dan multivitamin. Ada juga alat pelindung wajah atau face shield.

Untuk masker dan face shield Anda bisa memproduksinya sendiri bila memiliki modal awal yang cukup dan tenaga kerja yang memadai. Namun jika tidak memungkinkan, kedua jenis usaha ini bisa Anda peroleh dari pemasok dengan harga miring untuk kemudian dijual kembali.

Bisnis Makanan Online

Tidak sedikit orang memilih untuk memulai menjalankan bisnis makanan online sebagai salah satu cara untuk kembali menguatkan kondisi finansial. Ada berbagai macam jenis makanan yang bisa Anda jadikan bisnis online. Misalnya frozen food. Harga yang ramah di kantong, praktis dalam proses pembuatannya, dan proses yang cepat dibuat jadi beberapa faktor larisnya produk makanan ini.

Inovasi frozen food juga kini semakin bervariasi, mulai dari bakso, sosis, ayam, dimsum, aneka jajanan, hingga produk daging sapi yang tinggal disajikan. Selain itu, bisnis online lainnya bisa dengan berjualan salad buah. Buah adalah favorit semua orang, sehingga tak terlalu sulit untuk menemukan pedagang buah.

Jika Anda punya hobi memasak dan ingin mendapatkan penghasilan dari sana, bisnis online dengan memulai catering masakan rumahan bisa Anda coba. Gaya hidup masyarakat yang semakin padat membuat seseorang terbiasa makan di warung/restoran. Kondisi ini bisa Anda manfaatkan untuk membuat bisnis makanan online dengan menjual aneka masakan rumahan. 

Menu makanan seperti nasi pecel, nasi campur, aneka lalapan, nasi goreng, nasi uduk, nasi kuning memiliki peminat yang tinggi di Indonesia sehingga jika Anda tawarkan secara online, peluang untuk mendapat pelanggan cukup besar.

Freelance Sebagai Penulis Artikel

Jika rekomendasi sebelumnya jenis bisnis online adalah berjualan barang, Anda juga bisa menawarkan jasa. Contohnya jika Anda suka menulis mungkin Anda bisa mencoba peluang bisnis untuk pemula yang satu ini.

Hampir sama dengan copywriter yang memerlukan skill kamu dalam cara penulisan. Saat ini banyak sekali website yang membutuhkan jasa penulisan artikel. Tarif yang diberikan pun cukup beragam, dimana Anda bisa mendapatkan 30 ribu-50 ribu per artikel.

Menjadi Reseller 

Ide bisnis online berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjadi reseller. Pekerjaan satu ini bisa Anda kerjakan secara online di rumah dan dalam beberapa hal kemungkinan Anda tidak perlu modal untuk memulai bisnis ini.

Menjadi reseller saat ini merupakan langkah tepat dan praktis sebagai cara bisnis online shop tanpa modal. Anda dapat menjual barang atau produk melalui media sosial yang nantinya supplier-lah yang akan mengirimkan barang tersebut kepada customer.

Namun dalam menjalankan cara bisnis online shop tanpa modal ini, Anda juga harus tekun dan dapat mengelolanya dengan baik serta mencari supplier yang bisa dipercaya. Anda harus memberikan servis yang baik dan ramah agar customer merasa puas membeli barang dari Anda.

Konsultan Atau Pengajar Online

Hadirnya pola hidup new normal membuat aktivitas rutin seperti bekerja dan sekolah bisa dilakukan secara daring dari rumah. Karena itu, jenis bisnis online satu ini bisa Anda manfaatkan untuk tetap meraup untung.

Anda bisa membuka kelas online sesuai dengan keahlian yang Anda miliki. Semisal, jika Anda memiliki kemampuan digital marketing yang mumpuni, tak ada salahnya untuk membuka kelas pengajaran digital marketing secara online. Melihat tren berjualan online yang kian meningkat di era new normal ini, minat pelaku usaha online untuk ikut dalam kelas digital marketing cukup tinggi. Selain digital marketing, ada juga pelatihan online untuk menulis konten dan iklan. Keduanya masih berkaitan dengan tren berjualan online yang makin banyak digeluti di era new normal.

Ide bisnis online memang sangat beragam, beberapa di antaranya mungkin bisa Anda realisasikan seperti contoh di atas. Dalam berbisnis termasuk bisnis online, Anda harus menekuni apa yang sedang Anda kerjakan untuk mendapatkan hasil yang menguntungkan. Anda harus ingat bahwa tidak ada suatu hal yang instan. Anda mungkin harus mengeluarkan modal untuk menjalankan usaha tersebut. Mencoba sebuah bisnis online tidaklah hal yang mudah, Anda harus memikirkan secara matang ide Anda dan diskusikan ide tersebut agar dapat dijalankan secara maksimal.

Jadi, Anda sudah berpikir untuk memulai bisnis online? Sementara bagi Anda yang sudah mulai menjalankan bisnis online dan butuh suntikan dana pinjaman untuk mengembangkan bisnis online yang Anda kelola, jangan khawatir karena Anda bisa mengikuti program Kredit Tanpa Agunan (KTA). 

CIMB Niaga memiliki program KTA yang akan membantu Anda dengan mudah. Layanan pengajuan aplikasi dapat dilakukan di semua cabang, call center, atau website CIMB Niaga. Persyaratan dokumen yang sederhana tentunya akan memudahkan Anda dalam mendaftarkan KTA, proses yang dilakukan juga tidak memakan waktu yang lama. Anda juga dapat melakukan transaksi dengan mudah kapanpun dan dimanapun melalui OCTO Clicks, OCTO Mobile, Phone Banking, ATM Network. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa klik di sini.

Produk Terkait

Xtra Dana: Solusi pinjaman dengan beragam kemudahan

Apapun kebutuhan Anda, kami hadir melalui solusi pinjaman yang disertai dengan beragam kemudahan. mulai dari renovasi rumah, pendidikan pernikahan, liburan dan kebutuhan lainnya

Pinjaman dengan Agunan

Deposito, Tabungan Berjangka, Market Linked Deposit dan Obligasi

OCTO Clicks

Tersedia fitur transaksi lengkap mulai dari transfer, bayar tagihan hingga pembukaan deposito dan reksa dana.