production

Ide Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil Tapi Beromzet Besar

 

 
 
 
 

Ide Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil Tapi Beromzet Besar

 

Seperti diketahui, ada banyak ide bisnis rumahan yang bisa segera Anda jalankan. Anda tinggal pilih ide bisnis rumahan tersebut dan segera membukanya bahkan hanya dengan modal yang tak begitu besar. Penghasilan yang didapat dari ide bisnis rumahan ini tentu akan menambah penghasilan Anda setiap bulannya mengingat harga kebutuhan pokok melonjak dan diperparah dengan krisis akibat pandemi virus corona selama hampir dua tahun belakangan.

Beberapa hal yang Anda butuhkan sebelum menentukan ide bisnis rumahan yang tepat untuk Anda jalankan tentu adalah ketersediaan modal. Namun, Anda tak perlu khawatir, artikel ini mencoba memberikan Anda inspirasi untuk memilih ide bisnis rumahan apa yang cocok untuk Anda. Bahkan dengan modal yang tak begitu besar dan Anda akan memperoleh omzet yang besar seiring berkembangnya bisnis tersebut.

Ide Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil

Sebenarnya, ada banyak sekali ide bisnis rumahan yang peluangnya bisa membuat Anda untung besar. Meskipun tentu saja, tidak semua usaha akan bertahan lama seiring dengan perubahan yang terus terjadi di dunia ini. Simak beberapa peluang usaha rumahan yang tidak lekang oleh waktu.

Membuka Jasa Tempat Cuci Motor

Ide bisnis rumahan yang satu ini memang telah dilirik banyak orang. Sebab, Anda tak perlu menaruh modal yang besar untuk menjalankan bisnis ini. Lagipula, jasa tempat cuci motor adalah jenis usaha rumahan yang sangat menjanjikan. Terlebih saat musim hujan tiba, pelanggan akan terus berdatangan dengan sepeda motor atau mobilnya yang kotor. Beberapa alat yang dibutuhkan seperti kompresor, ember, kanebo, sampo mobil/motor, selang, hingga listrik dan air. Perkiraan modal untuk membuka usaha ini kurang lebih sekitar Rp8 jutaan.

Membuka Jasa Laundry Kiloan

Di masa pandemi ini, banyak orang yang tetap beraktivitas meski hanya di dalam rumah. Beberapa di antaranya adalah orang yang super sibuk dengan aktivitasnya sehari-hari. Dan mungkin saja mereka tak punya cukup waktu luang untuk mencuci pakaian-pakaiannya. Karena itu, membuka jasa laundry kiloan bisa menjadi ide bisnis rumahan yang Anda pilih. Membuka usaha laundry kiloan di area seperti dekat kost atau kompleks perumahan bisa membantu Anda memberikan tambahan pendapatan.

Berjualan Camilan atau Makanan

Ide bisnis rumahan selanjutnya adalah berjualan makanan atau camilan yang tidak pernah ada matinya. Ada potensi besar dari bisnis ini, misalnya dengan berjualan aneka kue atau jajanan pasar, atau camilan yang digemari orang Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa membuka warung makan. Dengan modal yang tak begitu besar, Anda bisa membantu banyak orang mengatasi rasa lapar setelah seharian beraktivitas. Usaha ini sangat cocok jika rumah Anda berlokasi di daerah yang ramai seperti yang dekat dengan kampus, perkantoran, atau sekolah. 

Jual Pulsa Elektrik dan Paket Internet

Di era ini, smartphone adalah kebutuhan pokok yang tak bisa ditawar lagi keberadaannya. Anda pun bisa membuka jasa jual pulsa elektrik dan paket internet melihat besarnya peluang tersebut. Ide bisnis rumahan ini juga tak membutuhkan modal yang besar. Anda pun hanya perlu mendaftarkan diri sebagai agen ke distributor pulsa dan paket internet yang bahkan bisa diakses secara online.

Jasa Penjahit Pakaian

Jika Anda punya hobi menjahit, Anda bisa menekuni ide bisnis rumahan ini. Jangan salah, usaha ini selalu menjadi incaran banyak orang karena ada banyak sekali peluang bisnis darinya. Anda bisa membuka jasa ini untuk menjahitkan pakaian untuk pernikahan atau acara formal tertentu. Cobalah hitung berapa seragam pernikahan yang bisa Anda jahit dalam setahun. Menjanjikan, bukan?

Membuka Jasa Foto dan Video

Ide bisnis rumahan yang satu ini bisa menjadi peluang yang cukup menjanjikan juga. Semua orang mungkin bisa mengambil gambar atau merekam video, namun tidak semuanya bisa melakukannya secara profesional. Jasa foto dan video yang Anda buka bisa melayani bermacam-macam keperluan seperti acara pernikahan, foto wisuda, dan masih banyak lagi.

Membuka Warung Kopi

Kopi adalah salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia. Meski kini kafe telah menjamur dan menawarkan berbagai jenis kopi di setiap sudut kota, ide usaha rumahan ini bisa Anda pilih juga dengan bermodalkan teras dan beberapa alat peracik kopi. Namun, perlu diingat juga bahwa diperlukan juga sedikit latihan untuk mengolah kopi dengan baik. Jika dikelola dengan baik, bukan tidak mungkin bisnis rumahan ini bisa berkembang menjadi bisnis yang menjanjikan di masa depan.

Selain ide bisnis rumahan di atas, ada beberapa ide bisnis lain yang bisa Anda geluti seperti membuka jasa desain grafis, jasa pemberi feedback untuk website baru, konsultan SEO, jasa penulis lepas, jasa agen PPOB, jasa potong rambut, jasa servis barang elektronik, membuka kursus masak, dan masih banyak lagi ide bisnis rumahan lainnya.

Tips Menjalankan Ide Bisnis Rumahan

1. Jangan Takut Gagal

Setiap pebisnis akan berhadapan dengan dua pilihan, sukses atau gagal. Meski masih pemula, Anda harus bisa mengatasi rasa takut gagal ini. Tentunya, perasaan ini hanya akan menghantui setiap keputusan yang Anda buat dan bisnis bisa berakhir gagal karenanya. Bangkitkan mental pemenang dan yakinkan bahwa Anda memiliki segala sesuatu untuk membuat bisnis sukses.

2. Mempelajari Pengelolaan Administrasi yang Baik

Meskipun ide bisnis rumahan berlangsung secara kecil-kecilan, penting untuk mempelajari hal dasar dari pengelolaan administrasi yang baik. Hal penting yang harus Anda perhatikan adalah jangan pernah mencampurkan keuangan bisnis dengan pribadi. Pengelolaan administrasi yang tertib akan mempermudah kelangsungan usaha rumahan yang sedang Anda jalani.

3. Pilih Ide Bisnis Rumahan Sesuai dengan Minat

Membangun bisnis adalah hal yang sulit. Namun bisnis yang sesuai passion akan membuat segala hal terasa mudah karena Anda benar-benar menyukai apa yang Anda lakukan. Jika Anda suka memasak, buka usaha kuliner di rumah. Intinya, pilihlah usaha yang benar-benar membuat Anda lebih hidup dan bahagia.

4. Tentukan Visi dan Misi

Menentukan visi dan misi akan membantu Anda menentukan tujuan dan arah ide bisnis rumahan. Dengan memiliki target, Anda akan mempunyai tujuan yang ingin Anda capai sehingga bisnis akan terus berkembang.

5. Hitung Kebutuhan Modal

Hitunglah juga apakah Anda punya modal yang cukup untuk memulai usaha yang akan dipilih. Hindari membeli barang-barang yang belum perlu agar Anda bisa mengalokasikannya ke hal yang benar-benar esensial.

6. Tentukan Waktu yang Tepat untuk Memulainya

Bisnis yang sukses selalu bermula dari perencanaan yang baik. Salah satu perencanaan yang harus Anda pikirkan adalah kapan waktu untuk memulai bisnis rumahan. Jika melakukannya tanpa perhitungan yang cermat, bisa-bisa usaha yang terbentuk dengan modal tidak sedikit malah berujung kegagalan.


Itulah beberapa ide bisnis rumahan yang bisa Anda lakukan. Anda pun bisa terus mengembangkan bisnis Anda, tentunya dengan tambahan modal dari bank yang tepat. Dapatkan kemudahan pinjam uang di bank lewat layanan Pinjaman dengan Agunan. Beberapa keuntungan Pinjaman dengan Agunan di antaranya tujuan pinjaman multiguna, proses mudah dan cepat, suku bunga kompetitif serta agunan berupa tunai atau surat berharga. Dapatkan informasi lengkapnya di sini.

Produk Terkait

Pinjaman dengan Agunan

Deposito, Tabungan Berjangka, Market Linked Deposit dan Obligasi

XTRA Savers Non Individu

Menjadi seorang usahawan besar dan sukses harus memililiki mental sekuat baja, percaya diri serta memiliki visi dan misi yang besar

GOAL Savers

Sekarang bisa nabung HARIAN/MINGGUAN/BULANAN untuk raih GOAL impian

OCTO Card

Praktis, Menguntungkan, Tanpa Plastik