production

Rekomendasi Bisnis Makanan Online yang Cocok di Tahun 2021

 

 
 
 
 

Rekomendasi Bisnis Makanan Online yang Cocok di Tahun 2021

 

Bisnis makanan online bisa menjadi salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan finansial saat kondisi perekonomian masih belum stabil akibat pandemi yang hampir satu tahun ini melanda.

Tidak sedikit orang memilih untuk memulai menjalankan bisnis makanan online sebagai salah satu cara untuk kembali menguatkan kondisi finansial. Meski begitu, karena kondisi ekonomi yang tidak stabil, memulai bisnis berskala besar dianggap memiliki risiko tinggi.

Maka dari itu, banyak orang mulai berkreasi membangun bisnis makanan online dengan modal kecil untuk menambah penghasilan atau menjadi sumber penghasilan utama selama masa pandemi ini.

Memulai bisnis makanan online di saat pandemi COVID-19 seperti sekarang bisa menjadi waktu yang tepat. Pandemi yang kini melanda hampir di seluruh dunia membuat perekonomian ikut terguncang. Berikut beberapa contoh jenis bisnis makanan online yang bisa Anda jalankan.

Bisnis Makanan Online: Frozen Food

Bisnis makanan online pertama yang bisa Anda lakukan adalah bisnis frozen food. Saat anjuran untuk di rumah saja diberlakukan, konsumsi frozen food atau makanan beku serta produk siap makan juga ikut meningkat.

Harga yang ramah di kantong, praktis dalam proses pembuatannya, dan proses yang cepat dibuat jadi beberapa faktor larisnya produk makanan ini.

Inovasi frozen food juga kini semakin bervariasi, mulai dari bakso, sosis, ayam, dimsum, aneka jajanan, hingga produk daging sapi yang tinggal disajikan. Bagi Anda yang berminat memulai bisnis frozen food, tidak ada salahnya melakukan inovasi di segi layanan hingga produk untuk membuat konsumen semakin tertarik.

Bisnis Makanan Online: Salad Buah

Jenis bisnis makanan online berikutnya yang bisa Anda jalankan adalah berjualan salad buah. Buah adalah favorit semua orang. Tak heran untuk menemukan pedagang buah tidak sulit. Anda bisa berjualan buah dalam bentuk yang lebih inovatif, salah satunya salad buah.

Anda bisa berjualan aneka jenis buah yang sudah dipotong kecil lalu diberi saus mayonaise, susu kental dan parutan keju. Kemas dalam mangkuk plastik sehingga daya jualnya lebih mahal.

Salad buah sebagai jenis bisnis makanan online memang jadi salah satu pilihan untuk mengolah buah lebih berkelas. Pastikan memilih buah-buah segar dengan kualitas terbaik agar salad buah Anda laris di pasaran. Pasarkan produk secara online dan berikan layanan pesan kirim untuk mempermudah konsumen.

Bisnis Makanan Online: Aneka Kreasi Donat

Donat juga masuk ke dalam salah satu jenis bisnis makanan online yang bisa Anda jalankan. Donat juga masuk ke dalam makanan yang trennya tak pernah surut dan menjanjikan keuntungan bagi Anda.

Anda bisa membuat berbagai macam kreasi donat, salah satunya donat kentang yang memiliki tekstur lebih lembut, empuk, dan renyah. Anda juga bisa membuat berbagai macam kreasi isian atau topping untuk donat yang akan dijual.

Bisnis Makanan Online: Minuman Kekinian

Bisnis makanan online tidak hanya makanan, Anda bisa saja memulai bisnis minuman kekinian yang cukup populer di kalangan masyarakat. Bisnis minuman kekinian ini memang bisa terbilang banyak. Namun Anda bisa melakukan inovasi atau mengekspansi usaha yang sedang Anda jalani saat ini agar tetap jadi pilihan pelanggan serta selalu memenuhi kebutuhan konsumen terhadap minuman kekinian favoritnya.

Bisnis minuman kekinian memang sudah cukup ramai dan mudah ditemukan di mana saja. Oleh karena itu, jika Anda menginginkan untuk tetap mengembangkan bisnis minuman kekinian yang Anda jalani, inovasi serta langkah-langkah out of the box perlu Anda jalani.

Anda juga bisa menambah daftar menu bisnis minuman kekinian Anda agar para pelanggan lebih mudah memesan minuman kekinian favorit mereka atau mencoba minuman varian baru hanya kepada Anda.

Bisnis Makanan Online: Katering Bento

Kembali dengan menu makanan, jenis bisnis makanan online yang bisa Anda jalankan adalah katering bento. Perbedaan antara katering rumahan dan katering bento adalah pada pengemasannya.

Seperti namanya, katering bento mengemas aneka makanan dalam bentuk bento ala Jepang. Katering bento ini biasanya lebih menyasar konsumen anak-anak kecil karena penampilannya yang menggemaskan. Makin kreatif Anda mengemas dan memajang fotonya di media sosial, akan memperbesar peluang katering bento Anda dilirik konsumen.

Bisnis Makanan Online: Katering Masakan Rumahan

Gaya hidup masyarakat yang semakin padat membuat seseorang terbiasa makan di warung/restoran. Kondisi ini bisa Anda manfaatkan untuk membuat bisnis makanan online dengan menjual aneka masakan rumahan. 

Menu makanan seperti nasi pecel, nasi campur, aneka lalapan, nasi goreng, nasi uduk, nasi kuning sangat tinggi di Indonesia sehingga jika Anda tawarkan secara online, peluang untuk mendapat pelanggan cukup besar.

Tips Memulai Bisnis Makanan Online

Menjalankan wirausaha salah satunya bisnis makanan online bisa menjadi pilihan untuk berinvestasi dan menambah pemasukan. Namun, dibutuhkan beberapa faktor agar bisnis makanan online yang Anda jalankan bisa berjalan maksimal.

Self Starter dan Komitmen

Menjadi seorang pengusaha dibutuhkan karakter yang proaktif, penuh semangat, dan bisa memulai sesuatu sendiri. Jiwa perintis ini menjadi bagian penting untuk Anda bisa sukses memulai usaha.

Setelah memulai bisnis makanan online Anda, faktor keberhasilan wirausaha yang dibutuhkan selanjutnya adalah komitmen untuk mampu bertahan di dunia bisnis. Butuh waktu untuk mengembangkan usaha, sehingga komitmen untuk berjuang dan terus berupaya hingga mencapai kesuksesan sangat dibutuhkan.

Berani Mengambil Tindakan

Setelah memiliki pengetahuan, faktor keberhasilan wirausaha selanjutnya adalah bernai mengambil tindakan. Anda harus mengambil tindakan dan tidak membiarkan bisnis Anda hanya berkutat dalam konsep saja.

Faktor keberhasilan wirausaha selanjutnya adalah bernai mengambil risiko. Setelah mengambil tindakan, Anda pun harus berani mengambil risiko dari kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi di dalam bisnis Anda ke depan.

Mungkin bisnis yang Anda jalani merupakan sesuatu yang baru dan belum diketahui banyak orang. Namun, ketika Anda tetap berani mengambil risiko dan menjalankan bisnis Anda sesuai konsep yang telah ditentukan, bisnis Anda bisa saja dikenal luas oleh masyarakat.

Kesabaran dan Kegigihan

Kesabaran dan kegigihan menjadi faktor keberhasilan wirausaha selanjutnya. Anda dituntut untuk bisa bersabar menghadapi berbagai masalah yang muncul di kemudian hari. Selain itu, sabar dibutuhkan untuk menghadapi konsumen, klien, bahkan untuk hal-hal finansial seperti pengeluaran.

Kegigihan punya wujud serupa kesabaran dalam menjalankan usaha rumahan. Anda harus bisa menghadapi segala macam kondisi yang terjadi seperti bisnis yang tengah sepi, belum menemui keuntungan signifikan dan sederet hal lain.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda memiliki cukup banyak pilihan untuk memulai bisnis makanan online. Namun, selain modal, Anda juga membutuhkan pengelolaan uang yang baik.

Jika Anda sudah mulai menjalankan bisnis makanan online dan berencana untuk menambah modal, Anda bisa memilih jenis pinjaman dari CIMB Niaga. Untuk mendukung usaha yang ingin Anda jalankan, Anda bisa mengajukan pinjaman melalui program KTA dari CIMB Niaga Bersama program KTA CIMB Niaga, Anda berkesempatan untuk dapat menikmati fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari CIMB Niaga dengan persyaratan dan ketentuan yang mudah untuk dipahami dan dipenuhi.

Dapatkan akses mudah dengan layanan pengajuan aplikasi di semua cabang, melalui OCTO Mobile, call center atau website CIMB Niaga.Temukan info selengkapnya mengenai produk KTA CIMB Niaga di sini

Produk Terkait

KTA CIMB Niaga

OCTO Mobile: Banyak Bisanya, Bisa Semaunya!

One stop mobile financial solution untuk memenuhi kebutuhan finansial Anda dengan beragam fitur canggih dan keunggulan produk. Download OCTO Mobile :

Pembiayaan

Tabungan Usaha - Personal

Menjadi seorang usahawan besar dan sukses harus memililiki mental sekuat baja, percaya diri serta memiliki visi dan misi yang besar Bunga tinggi hingga setara deposito, bebas transfer via counter cabang, CIMB Clicks, dan OCTO Mobile, bebas pick up service untuk melakukan setor tunai tanpa datang ke kantor cabang!