production

5 Cara Mengelola Keuangan Secara Baik dan Optimal

 

 
 
 
 

5 Cara Mengelola Keuangan Secara Baik dan Optimal

 

Memastikan bahwa Anda memiliki kualitas finansial yang kuat serta kondisi yang independen secara finansial di masa depan merupakan niat yang baik untuk dimiliki. Namun, dalam mewujudkan impian tersebut, niat saja tidaklah cukup. Anda pun harus mulai memerhatikan serta menemukan cara mengelola keuangan yang tepat. Perlu disadari bahwa cara mengelola keuangan setiap orang itu akan berbeda. Namun dengan tujuan yang sama, Anda pun bisa mengambil esensi atau beberapa tips dan trik dalam cara mengelola keuangan yang bisa disesuaikan dengan kepribadian, kebutuhan, dan gaya hidup Anda.

Menemukan cara mengelola keuangan yang sesuai dengan Anda perlu dilakukan sedari dini. Sejak di usia Anda muda dan produktif. Pasalnya, mengelola keuangan secara baik dan sehat diperlukan agar masa depan Anda dapat terjaga dengan baik dan memudahkan Anda dalam mencukupi segala kebutuhan baik yang sifatnya direncanakan atau yang mendadak. Menemukan cara mengelola keuangan sedari usia muda juga perlu Anda perhatikan, karena menemukan cara atau metode yang sesuai bukanlah hal yang mudah. Diperlukan waktu yang cukup panjang serta usaha yang besar, sehingga Anda pun mendapatkan perasaan independen dalam kondisi finansial Anda.

 

5 cara mengelola keuangan yang baik dan mudah

Meskipun bukan urusan yang mudah, mungkin beberapa langkah dalam cara mengelola keuangan berikut bisa Anda ikuti sebagai sebuah landasan awal. Cara mengelola keuangan ini bisa Anda coba sekaligus Anda review mengenai sisi positif dan negatifnya demi mencari metode yang sesuai dengan kebutuhan serta gaya hidup yang sedang Anda jalani saat ini.

1. Selalu siapkan anggaran keuangan

Dalam memulai menemukan cara mengelola keuangan yang mudah Anda aplikasikan, Anda bisa mulai dari menyiapkan anggaran keuangan. Anggaran ini dibutuhkan sebagai sebuah acuan dalam segala perhitungan finansial Anda. Mulai dari pemasukan, pengeluaran, serta kebutuhan untuk berinvestasi dan akses terhadap layanan kesehatan. Dengan memerhatikan anggaran keuangan sebagai salah satu cara mengelola keuangan, Anda bisa menentukan aspek apa saja yang diperlukan dan dibutuhkan. Penentuan tersebut berguna agar Anda tidak mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak diperlukan atau tidak dibutuhkan, sekaligus membuat Anda lebih disiplin lagi dalam menentukan prioritas demi mengelola kondisi finansial agar selalu balance atau bahkan mendapatkan keuntungan. Anggaran ini juga berguna untuk menentukan berapa biaya yang perlu Anda keluarkan per bulannya.

2. Belajar untuk menabung

Mungkin Anda sudah bosan mendengar kata menabung. Namun, menabung hingga saat ini merupakan salah satu cara mengelola keuangan yang baik dan terbukti ampuh. Apalagi jika Anda saat ini sedang mempersiapkan kehidupan di masa depan yang lebih baik. Dengan menabung, Anda secara tidak langsung menyisihkan uang yang Anda miliki untuk kebutuhan di masa depan yang sifatnya terencana maupun tidak terencana. Sehingga Anda tidak perlu merasa kesulitan untuk memenuhi kebutuhan di masa depan nanti. Namun perlu Anda pahami, cara mengelola keuangan dengan menabung ini dibutuhkan kedisiplinan yang tinggi. Pasalnya, Anda harus rela untuk menyisihkan penghasilan Anda dengan nominal yang Anda tentukan sendiri untuk tidak bisa digunakan dalam waktu yang dekat. Demi memperlancar cara mengelola keuangan dengan menabung, Anda juga bisa mengubah gaya hidup Anda secara perlahan. Anda bisa mulai menghindari atau mengurangi pengeluaran berlebihan dan mengalokasikan dana tersebut ke dalam tabungan Anda.

3. Hindari berutang

Utang merupakan salah satu kendala dalam menentukan cara mengelola keuangan yang baik. Pasalnya dengan berutang, Anda jadi harus menyisihkan penghasilan Anda untuk mengalokasikannya dalam membayar tagihannya setiap bulannya. Demi menemukan cara mengelola keuangan yang sesuai, ada baiknya Anda perlu menyelesaikan segala bentuk utang yang Anda miliki. Menyelesaikan utang ini bisa jadi langkah awal dalam pengelolaan keuangan Anda yang kuat di masa depan. Anda bisa mengalokasikan dana yang sebelumnya dikeluarkan untuk membayar tagihan untuk hal yang bermanfaat lainnya, seperti investasi atau menabung. Dengan mengalokasikan dana untuk kebutuhan di masa depan serta menghindari kondisi di dalam utang, Anda akan bisa mempersingkat waktu menemukan cara mengelola keuangan yang baik dan sesuai dengan kepribadian Anda.

4. Buat catatan keuangan

Selain memiliki anggaran, Anda juga membutuhkan adanya catatan keuangan dalam menentukan cara mengelola keuangan yang baik. Catatan keuangan ini berguna untuk memberi rincian terhadap pengeluaran Anda dalam sehari-hari atau per bulannya. Dengan mengetahui secara rinci terkait pengeluaran yang dilakukan, maka Anda akan lebih mudah mengeliminasi pengeluaran yang tidak diperlukan untuk kemudian hari. Hal tersebut bisa mulai Anda alokasikan ke hal-hal yang lebih menguntungkan seperti menabung atau mulai berinvestasi. Kedua hal tersebut akan membantu Anda dalam merealisasikan masa depan yang lebih baik secara lebih cepat dan mudah sekaligus juga jadi hal yang baik dalam cara mengelola keuangan dalam jangka waktu panjang.

5. Atur anggaran sesuai prioritas kebutuhan

Anda tentu paham bahwa menghadirkan anggaran sebagai salah satu cara mengelola keuangan akan memudahkan Anda dalam memisahkan kebutuhan dan keinginan. Namun yang perlu Anda tambahkan adalah mengenai prioritas kebutuhan tersebut dalam jangkauan waktu. Anda bisa membagi prioritas kebutuhan dalam anggaran Anda sesuai dengan waktu yang dibutuhkan. Mulai dari kebutuhan sehari-hari, sifatnya yang perbulan, hingga di masa yang lebih panjang lagi, seperti menyiapkan keperluan dana demi membeli tempat tinggal atau memulai usaha secara mandiri. Dengan mempersiapkan anggaran jangka panjang dalam cara mengelola keuangan, Anda pun akan memiliki kesempatan yang lebih besar dalam memiliki rasa aman serta independen dalam aspek finansial di masa depan. 

6. Miliki bayangan kehidupan di masa depan

Selain melakukan kegiatan dalam melatih Anda menentukan cara mengelola keuangan yang baik, ternyata membayangkan atau memiliki impian yang jelas juga bisa membantu Anda memotivasi untuk memiliki kondisi keuangan yang sehat. Dengan membayangkan kehidupan apa yang Anda inginkan di masa depan, Anda dapat membuat rencana yang lebih baik lagi. Terutama untuk perjalanan karier Anda. Cara mengelola keuangan yang satu ini berasal dari keinginan Anda tentang kehidupan ideal yang ingin direalisasikan. Maka kekuatan dari impian ini bisa cukup besar dalam memengaruhi kebiasaan Anda dalam mengelola finansial secara lebih baik.

7Mulai berinvestasi

Investasi juga punya peran yang cukup penting dalam menghadirkan kondisi finansial yang kuat. Cara mengelola keuangan dengan mengalokasikan dana ke dalam sebuah instrumen investasi tidak hanya dapat menjaga kondisi keuangan Anda dengan baik. Investasi juga bisa membawa keuntungan sehingga kondisi finansial Anda bertambah kuat seiring waktu. Dengan kondisi keuangan yang kuat maka, Anda akan lebih mudah merealisasikan kehidupan ideal di masa depan tanpa rasa khawatir.

 

Untuk saat ini, di masa pandemi kondisi finansial yang kuat merupakan salah satu hal penting yang dimiliki oleh setiap orang. Kondisi ekonomi dunia yang fluktuatif bisa saja memberikan dampak yang kurang baik terhadap Anda. Untuk hal itu, Anda bisa mulai menabung sebagai langkah awal cara mengelola keuangan yang baik sehingga Anda memiliki rasa aman terhadap kekuatan finansial Anda. Untuk hal itu, CIMB Niaga berdedikasi untuk membantu dalam menghadirkan perencanaan finansial yang optimal melalui ragam produk tabungan yang tersedia untuk memenuhi segala kebutuhan Anda. Kemudahan transaksi secara digital serta bonus Poin Xtra merupakan keuntungan yang bisa Anda rasakan sebagai nasabah tabungan CIMB Niaga. Temukan ragam produk tabungan CIMB Niaga yang sesuai dengan kebutuhan Anda di sini.

Produk Terkait

Tabungan CIMB Niaga

Bancassurance: Berikan perlindungan untuk diri dan keluarga Anda

Reksadana CIMB Niaga

OCTO Clicks

Tersedia fitur transaksi lengkap mulai dari transfer, bayar tagihan hingga pembukaan deposito dan reksa dana.