www.cimbniaga.co.id production

10 Kampus Terbaik di Dunia Tahun 2022

 

 
 
 
 

10 Kampus Terbaik di Dunia Tahun 2022

 

Untuk beberapa orang, bisa kuliah di kampus terbaik di dunia adalah hal yang mereka impikan. Tidak heran jika beberapa anak tampak sangat ambisius dalam belajar untuk berkompetisi dengan banyak orang lainnya untuk bersaing bisa masuk dalam kampus impiannya. 

Bukan hal yang mustahil juga jika anak Anda punya target kampus terbaik di dunia yang mereka impikan. Hal yang sangat membanggakan jika mereka berhasil lulus tes masuknya sehingga nantinya diharapkan mereka menjadi lulusan kampus terbaik di dunia dan masa depan pekerjaan mereka akan lebih terjamin.

Lembaga pemeringkatan universitas, Times Higher Education (THE) telah merilis daftar kampus terbaik di dunia dalam World University Rankings 2022. Kampus terbaik di dunia ternyata masih didominasi oleh negara Inggris dan Amerika. Ada beberapa indikator yang dipakai oleh THE untuk mengukur kampus terbaik di dunia, yaitu; pengajaran, penelitian, transfer pengetahuan dan pandangan internasional.

10 Kampus Terbaik di Dunia

Berikut daftar kampus terbaik di dunia pada tahun 2022 versi Times Higher Education:

  1. University of Oxford, Inggris

    University of Oxford adalah peringkat pertama pada daftar kampus terbaik di dunia dengan total perolehan skor 95,7 poin. Kampus tempat artis Indonesia Mikha Tambayong mengenyam pendidikan S2 yang telah lulus pada tahun 2021 ini mendapat skor 91,0 untuk indikator pengajaran, 99,6 untuk indikator penelitian, 98,0 untuk kutipan, dan 96,3 poin untuk indikator pandangan internasional.

    Kampus yang dipercaya berdiri sejak 1096 ini membagi keilmuan yang diajarkan ke dalam empat divisi, yaitu Humanities, Mathematical, Physical and Life Sciences, Medical Sciences, dan Social Sciences. Totalnya, terdapat sekitar 100 jurusan yang dimiliki universitas yang didapuk sebagai kampus terbaik di dunia pada tahun 2022 oleh THE.

  2. California Institute of Technology (Caltech), Amerika Serikat

    California Institute of Technology adalah peringkat kedua dalam daftar kampus terbaik di dunia. Kampus ini punya perolehan skor 95 poin dengan rincian skor 93,6 untuk indikator pengajaran, 96,9 untuk indikator penelitian, 97,8 untuk kutipan, 90,4 untuk pendapatan industri, dan 83,8 untuk indikator pandangan internasional.

    Sesuai namanya, Caltech merupakan salah satu kampus teknologi yang kuat di bidang sains dan teknologi. Beberapa jurusan yang dimiliki kampus ini meliputi Biologi, Kimia dan Teknik Kimia, Teknik dan Sains Terapan, Ilmu Geologi dan ilmu Planet, Humaniora dan Ilmu Sosial, Fisika Matematika dan Astronomi.

  3. Harvard University, Amerika Serikat

    Harvard University adalah peringkat ketiga dalam daftar kampus terbaik di dunia. Kampus ini punya perolehan skor 95,0 dengan rincian skor 94,5 untuk indikator pengajaran, 98,9 untuk indikator penelitian, 99,2 untuk kutipan, 48,9 untuk pendapatan industri, dan 79,8 untuk indikator pandangan internasional. Kampus yang menjadi tempat mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama menempuh pendidikan ini punya 40 departments.

  4. Stanford University, Amerika Serikat

    Stanford University adalah peringkat keempat dalam daftar kampus terbaik di dunia. Kampus ini punya perolehan skor 94,9 dengan rincian 92,3 untuk indikator pengajaran, 96,8 untuk indikator penelitian, 99,9 untuk kutipan, 91,0 untuk pendapatan industri, dan 79,7 untuk indikator pandangan internasional. Kampus yang berdiri sejak 1952 ini bahkan sudah memenangkan hadiah Nobel hingga 20 kali.

  5. University of Cambridge, Inggris

    University of Cambridge adalah peringkat kelima dalam daftar kampus terbaik di dunia. Kampus ini punya perolehan skor 94,6 dengan rincian skor 90,9 untuk indikator pengajaran, 99,5 untuk indikator penelitian, 96,2 untuk kutipan, dan 95,8 untuk indikator pandangan internasional. Didirikan pada tahun 1209, University of Cambridge memiliki lebih dari 100 departments hingga saat ini.

  6. Massachusetts Institute of Technology, Amerika Serikat

    Massachusetts Institute of Technology (MIT) adalah peringkat keenam dalam daftar kampus terbaik di dunia. Kampus ini punya perolehan skor 94,6 dengan rincian skor 90,9 untuk indikator pengajaran, 94,4 untuk indikator penelitian, 99,7 untuk kutipan, 93,7 untuk pendapatan industri, dan 89,9 untuk indikator pandangan internasional. MIT memiliki 5 departemen utama, yaitu The Department of Architecture, The Department of Urban Studies + Planning, The Media Laboratory, The Center for Real Estate dan The Program in Art, Culture and Technology.

  7. Princeton University, Amerika Serikat

    Princeton University adalah peringkat ketujuh dalam daftar kampus terbaik di dunia. Kampus ini punya perolehan skor 93,6 dengan rincian 89,5 untuk indikator pengajaran, 96,0 untuk indikator penelitian, 99,0 untuk kutipan, 88,8 untuk pendapatan industri, dan 80,7 untuk indikator pandangan internasional. Kampus yang terletak di salah satu kota bersejarah ini menempati peringkat keempat perguruan tinggi paling tua di Amerika Serikat dengan dua program sarjana, yakni Bachelor of Science in Engineering (B.S.E.) dan Bachelor of Arts (A.B.)

  8. University of California, Amerika Serikat

    University of California (UCLA) adalah peringkat kedelapan dalam daftar kampus terbaik di dunia. Kampus ini punya perolehan skor 92,2 dengan rincian skor 85,7 untuk indikator pengajaran, 96,0 untuk indikator penelitian, 99,1 untuk kutipan, 84,7 untuk pendapatan industri, dan 77,6 untuk indikator pandangan internasional. Beberapa jurusan yang populer pada UCLA yaitu Biology, Business Economics, Film & Televisions, Political Science, dan Psychology.

  9. Yale University, Amerika Serikat

    Yale University adalah peringkat kesembilan dalam daftar kampus terbaik di dunia. Kampus ini punya perolehan skor 90,8 dengan rincian skor 90,7 untuk indikator pengajaran, 93,0 untuk indikator penelitian, 97,0 untuk kutipan, 56,2 untuk pendapatan industri, dan 69,9 untuk indikator pandangan internasional. Kampus yang termasuk dalam Ivy League atau kampus bergengsi di Amerika Serikat ini memiliki lebih dari 100 departments.

  10. University of Chicago, Amerika Serikat

    University of Chicago adalah peringkat kesembilan dalam daftar kampus terbaik di dunia. Kampus ini punya perolehan skor 89,8 dengan rincian skor 87,2 untuk indikator pengajaran, 90,6 untuk indikator penelitian, 98,3 untuk kutipan, 56,3 untuk pendapatan industri, dan 74,4 untuk indikator pandangan internasional. Kampus yang terletak di negara bagian Illinois ini memiliki 14 jurusan yang bisa Anda sesuai minat dan bakat.

Tips Memilih Kampus 

Ada beberapa hal yang bisa menjadi tips dasar saat Anda memilih kampus baik di dalam maupun luar negeri:

  1. Memilih jurusan

    Hal penting sebelum menentukan kampus adalah untuk memilih jurusan terlebih dahulu. Karena nantinya, fokus inilah yang akan dipelajari selama 4 tahun berpendidikan di kampus manapun yang nantinya Akan dipilih.

  2. Memeriksa peringkat kampus

    Pastikan peringkat kampus cukup memuaskan. Jangan lupa pula untuk cari tahu akreditasi jurusan yang ingin dituju. Karena akreditasi dan peringkat ini akan menentukan kualitas tenaga pengajar dan lulusan.

  3. Aktivitas, organisasi dan komunitas

    Selain fokus dalam belajar di dalam kelas, sebagai mahasiswa dianjurkan untuk juga terlibat aktif dalam kegiatan kampus. Kegiatan organisasi dan semacamnya ini bisa menjadi nilai tambah pengalaman Anda sebagai modal untuk melamar pekerjaan nantinya.

  4. Akomodasi

    Riset dulu akses transportasi yang tersedia di kampus pilihan Anda. Buat rute yang dipilih jika seandainya nanti sudah diterima di kampus tersebut sehingga bisa memperhitungkan biaya saat kuliah.

  5. Perpustakaan

    Meski saat ini lebih banyak orang mencari sumber referensi apapun dari internet, perpustakaan kampus tetap perlu dipastikan kualitasnya sebagai penunjang Anda nantinya dalam berkuliah. Perpustakaan yang lengkap menjadi indikator dukungan kampus kepada mahasiswanya dalam belajar.

  6. Biaya Kuliah

    Perencanaan kuliah di atas tentu akan menjadi paripurna jika sudah disiapkan dana yang cukup dan memadai sehingga impian anak untuk kuliah di kampus terbaik di dunia bisa terfasilitasi dengan baik. Sebagai orang tua, penting untuk menyiapkan dana kuliah sejak anak masih kecil. 

Agar rencana belajar di kampus terbaik di dunia semakin lancar berjalan, Anda bisa lakukan transaksi valas/forex dengan mudah dan cepat menggunakan layanan Xtra Savers Valas. Simpan valas sekarang jadi lebih gampang, tersedia lebih dari 10 valuta asing dengan kurs yang kompetitif di CIMB Niaga. Xtra Savers Valas juga kasih banyak bebas biaya untuk transaksi pakai OCTO Clicks, OCTO Mobile, maupun melalui cabang CIMB Niaga terdekat. Xtra Savers Valas memiliki sejumlah keunggulan seperti tersedia dalam 10 valas, nilai tukar kompetitif, bebas biaya administrasi, akses 24/7, dan suku bunga/nisbah yang menarik.

Produk Terkait

Deposito Berjangka Personal

Buka deposito berjangka udah ga perlu ribet datang ke bank lagi, karena hanya perlu beberapa klik saja pakai OCTO Clicks atau OCTO Mobile

Obligasi

Cara tepat berinvestasi untuk pertumbuhan uang dan keuntungan yang maksimal

GOAL Savers

Sekarang bisa nabung HARIAN/MINGGUAN/BULANAN untuk raih GOAL impian

Xtra Dana: Solusi pinjaman dengan beragam kemudahan

Apapun kebutuhan Anda, kami hadir melalui solusi pinjaman yang disertai dengan beragam kemudahan. mulai dari renovasi rumah, pendidikan pernikahan, liburan dan kebutuhan lainnya