www.cimbniaga.co.id production

Kuliah Di Luar Negeri? Ikuti 3 Tips Penting Ini

 

Sebagai orang tua, Anda tentu menginginkan yang terbaik untuk sang anak. Pendidikan jadi salah satu fokus penting dalam hal tersebut. Kuliah di luar negeri cukup dianggap sebagai pilihan yang tepat dalam memupuk masa depan gemilang bagi anak. 

Kuliah di luar negeri bukan hanya menawarkan tingkat kualitas pendidikan yang berbeda. Hidup di negara orang juga dapat membuka wawasan dan memperluas sudut pandang anak. Hal tersebut diharapkan bisa membantu Anak tumbuh menjadi mandiri dan memiliki kepribadian yang tangguh.

Keuntungan Kuliah di Luar Negeri 

Tingkat pendidikan yang bisa anak Anda serap ketika memutuskan kuliah di luar negeri tentu akan terasa berbeda dengan apa yang ada di Indonesia. Hal tersebut merupakan salah satu keuntungan yang bisa anak Anda rasakan. Setidaknya, anak Anda dapat memperluas pengetahuan dan sudut pandang dari sisi yang berbeda. 

Di luar itu, masih banyak keuntungan yang bisa anak Anda rasakan selama melanjutkan sekolah di luar negeri. 

  1. Kemampuan adaptasi meningkat 

    Salah satu hal yang perlu segera teratasi sesaat melanjutkan kuliah di negeri orang adalah dengan beradaptasi. Budaya di Indonesia dan budaya di luar negeri cenderung memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Oleh karena itu, kemampuan ini perlu jadi satu hal yang Anda persiapkan kepada anak. 

    Kemampuan adaptasi yang terus meningkat tidak hanya mempengaruhi gaya hidup seseorang. Di luar itu, anak Anda juga bisa menumbuhkan rasa percaya diri. Hal tersebut terjadi karena, mereka bisa merasa baik-baik saja berkat melewati proses yang asing selama masa-masa awal kuliah di luar negeri. 

  2. Kesempatan magang di perusahaan bergengsi 

    Kemampuan adaptasi yang baik serta tingkat kepercayaan diri yang meningkat juga dapat membantu anak untuk memiliki motivasi dalam pengembangan dirinya. Salah satu aspek pengembangan diri adalah pola pikir yang mengarah kepada karier. Pihak universitas di luar negeri biasanya memiliki program magang yang bermanfaat. 

    Dengan mengikuti program magang ini, anak Anda bisa memiliki kesempatan untuk bekerja di perusahaan yang bergengsi. Bahkan jadi perusahaan impian dari sang anak. Dengan kemampuan adaptasi dan rasa percaya diri yang sudah ada pada dalam diri, Anak anda akan lebih mudah untuk mengubah sudut pandangnya dari seorang mahasiswa menjadi seorang profesional dalam waktu singkat. 

    Dengan kemampuan personal yang anak Anda miliki, hal tersebut dapat memberikan kesempatan dalam mempersiapkan kariernya ketika lulus dari bangku kuliah. 

  3. Menguasai lebih dari satu bahasa 

    Bahasa Inggris hal yang perlu jadi bekal ketika pergi melanjutkan sekolah di luar negeri. Namun, perlu Anda pahami bahwa banyak negara di luar negeri yang cenderung menggunakan bahasa lokal mereka saat berkomunikasi. Dengan kata lain, membekali diri dengan kemampuan bahasa asing lainnya bisa membantu adaptasi anak Anda ketika kuliah di luar negeri. 

Tips mempersiapkan anak untuk kuliah di luar negeri 

Membekali anak dengan belajar bahasa asing jadi salah satu cara baik untuk mempersiapkan kelanjutan studinya di luar negeri. Namun di luar itu, Anda sebagai orang tua juga perlu memastikan aspek lainnya. Mulai dari motivasi anak, persiapan tabungan, hingga melakukan riset untuk memilih universitas dan jurusan yang berkualitas. 

  1. Pahami keinginan anak 

    Meskipun Anda menyadari bahwa kuliah di luar negeri merupakan hal baik yang bisa ditawarkan kepada anak. Sebagai orang tua, Anda perlu juga memahami keinginan anak. Saat ini, anak sudah mulai bisa menentukan impiannya di usia muda. Jadi jangan terpaku untuk meminta anak memilih jurusan yang sesuai dengan keinginan Anda. 

    Di luar aspek pendidikan, keputusan untuk melanjutkan kuliah di luar negeri juga bisa datang dari negara atau kota yang memang anak Anda inginkan. Jika Anda merasa negara pilihannya terlalu jauh, Anda coba dengarkan alasannya terlebih dahulu. 

    Pastikan anak juga mengetahui kekhawatiran yang Anda miliki sebagai orang tua terkait keputusannya untuk melanjutkan kuliah di luar negeri. Ajak diskusi untuk bisa menghadirkan jalan tengah atau opsi studi lainnya di negara yang bisa Anda sepakati bersama anak.

  2. Persiapkan Tabungan 

    Sebagaimana yang Anda ketahui, biaya kuliah di luar negeri tidaklah mudah. Sebagai orang tua, alangkah baiknya jika Anda sudah mempersiapkan biaya pendidikan ini sejak anak masih duduk di bangku sekolah dasar. Dengan kata lain, Anda bisa mulai berinvestasi baik itu melalui saham, obligasi, serta reksa dana. Opsi lainnya juga bisa dengan membuka rekening deposito atau tabungan berjangka lainnya. Pastikan tabungan tersebut menawarkan opsi valuta asing untuk transaksi yang lebih mudah 

  3. Riset universitas dan jurusan 

    Di luar itu, Anda juga perlu membimbing perkembangan pendidikan anak. Salah satunya adalah dengan ikut serta dalam proses riset universitas dan jurusan. Anak Anda mungkin telah mengetahui universitas dan jurusan apa yang jadi pilihannya dalam melanjutkan kuliah di luar negeri. 

    Namun, sebagai orang tua dan orang dewasa, Anda mungkin bisa membantu memberikan opsi lain. Hal tersebut dapat meningkatkan rasa penasaran anak yang juga berdampak positif bagi motivasinya dalam melanjutkan kuliah di luar negeri. 

Daftar negara terbaik untuk kuliah di luar negeri 

Dengan melakukan proses riset bersama anak, Anda bisa membagikan pengetahuan mengenai negara mana saja yang punya kualitas baik terkait pendidikan kuliah di luar negeri. Negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris, serta Australia dikenal memiliki kualitas pendidikan yang tinggi. Mari cari tahu lebih lanjut. 

  1. Amerika Serikat 

    Terkait universitas, Amerika Serikat memang memiliki berbagai nama yang cukup populer. Popularitas tersebut datang dari kualitas pendidikan dan juga keberhasilan para lulusannya untuk memiliki karier yang cemerlang setelah menyelesaikan pendidikan kuliah di luar negeri. 

    Massachusetts Institute of Technology (MIT), Stanford University, dan Harvard University merupakan tiga kampus yang punya predikat sebagai universitas terbaik dunia. Untuk jurusan seni, Amerika Serikat juga memiliki Berklee College of Music yang bisa jadi pilihan tujuan kuliah di luar negeri anak Anda. 

  2. Inggris

    Cambridge dan Oxford University juga tidak kalah populer di kalangan para akademisi. Tidak jarang para pelajar di Indonesia ingin melanjutkan kuliah di luar negeri di kampus tersebut. Lulusan universitas yang ada di Inggris ini juga terkenal memiliki jenjang karier yang baik. 

  3. Australia 

    Australia juga memiliki kampus yang masuk ke dalam daftar terbaik di dunia. Australia National University merupakan salah satunya. Berlokasi di Ibukota Australia, Canberra, destinasi kuliah di luar negeri ini juga menawarkan kualitas hidup yang baik karena berada di kawasan pusat pemerintahan negeri Kangguru. 

Siapkan tabungan kuliah di luar negeri sejak dini 

Salah satu cara untuk mempersiapkan biaya anak kuliah di luar negeri adalah dengan cara menabung. Dalam memilih rekening tabungan, keuntungan perkembangan bunga adalah salah satu hal penting dalam mempersiapkan masa depan. Untuk itu, CIMB Niaga memiliki Tabungan iB Pendidikan sebagai tabungan berjangka yang tepat bagi Anda dalam mempersiapkan kebutuhan finansial pendidikan.

Sebagai opsi tambahan, CIMB Niaga juga memiliki tabungan GOAL Savers. Dirancang khusus untuk memenuhi impian, Anda bisa menabung dengan mudah tanpa batas harian, mingguan, maupun bulanan. Tersedia dalam mata uang asing untuk memudahkan transaksi ketika berada di luar negeri. Cari tahu tentang GOAL Savers di sini.

Produk Terkait

Tabungan Berjangka Goal Savers

XTRA Savers Valas - Transaksi di luar negeri tanpa konversi kurs!

Deposito Berjangka Personal

Buka deposito berjangka udah ga perlu ribet datang ke bank lagi, karena hanya perlu beberapa klik saja pakai OCTO Clicks atau OCTO Mobile

Xtra Dana: Solusi pinjaman dengan beragam kemudahan

Apapun kebutuhan Anda, kami hadir melalui solusi pinjaman yang disertai dengan beragam kemudahan. mulai dari renovasi rumah, pendidikan pernikahan, liburan dan kebutuhan lainnya