www.cimbniaga.co.id production

Inilah Tahap Buat Paspor Online di Masa Pandemi Covid-19

 

Bepergian atau melangsungkan liburan ke luar negeri di masa pandemi di tahun 2020 ini memang masih bisa dilakukan. Meskipun begitu, aktivitas bepergian ini pun tidak lagi menawarkan kemudahan seperti tahun-tahun sebelumnya. Apalagi jika paspor Anda mendadak sudah mendekati batas masa berlaku, jika tidak segera dilakukan pembaruan maka mau tidak mau Anda harus mengulangi lagi proses buat paspor online.

Penyesuaian layanan buat paspor online di masa pandemi

Di tahun ini, jika Anda ingin menikmati fasilitas buat paspor online, akan Ada penyesuaian yang dilakukan demi menjaga keberlangsungan protokol kesehatan secara optimal. Secara umum, proses buat paspor online di masa pandemi seperti saat ini masih sama, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mulai mendaftar buat paspor online.

  1. Pendaftaran di hari Jumat

    Bagi Anda yang ingin buat paspor online, baik untuk pembuatan baru atau perpanjangan, Anda harus pahami bahwa layanan pendaftaran kuota buat paspor online hanya dibuka pada hari Jumat saja. Selain itu, pembukaan pendaftaran baru bisa dilakukan pada jam 2 siang waktu setempat. Untuk dapat mendaftar, pastikan Anda telah mengunduh Aplikasi Layanan Paspor Online keluaran Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia yang tersedia di layanan penyedia aplikasi di setiap sistem operasi pada smartphone Anda.

    Oleh karena itu, agar Anda tetap mendapatkan kesempatan untuk buat paspor online sesuai dengan yang diinginkan, pastikan bahwa Anda telah menyiapkan rencana dengan matang, termasuk dengan pemilihan tanggal untuk mengunjungi kantor Imigrasi untuk melakukan pencatatan dalam pengajuan pembuatan paspor Anda.

  2. Pembatasan jumlah layanan

    Perencanaan merupakan hal penting untuk buat paspor online di masa pandemi seperti saat ini. Pasalnya, Direktorat Jenderal Imigrasi mengumumkan tentang regulasi pembatasan kuota pelayanan per harinya. Setiap harinya, kantor Imigrasi hanya akan menerima kuota pendaftaran buat paspor online sebanyak 50 pendaftar saja. Hal ini diperlukan sebagai salah satu langkah untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19 di masyarakat dengan meminimalisasi tingkat kerumunan. 

  3. Menjaga protokol kesehatan

    Dengan arahan yang terus digalangkan mengenai protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19, Anda pun harus bertanggung jawab dalam menjaga keberlangsungan protokol kesehatan secara optimal di kawasan kantor Imigrasi saat menghadiri antrean buat paspor online. Pengunjung yang memiliki kepentingan untuk buat paspor online diwajibkan untuk selalu menggunakan masker serta mencuci tangan dengan baik dan benar sebelum memasuki kawasan kantor Imigrasi.

    Selanjutnya, pendaftar pun diwajibkan untuk menjaga jarak mulai dari 1 hingga 2 meter ketika berada di dalam kantor imigrasi. Imbauan untuk membawa alat tulis pribadi pun dianjurkan guna mengurangi penyebaran virus melalui tangan ke tangan. Langkah lainnya yang dilakukan oleh pihak kantor Imigrasi untuk mengurangi penyebaran virus adalah menginformasikan kepada para pendaftar buat paspor online menggunakan fasilitas pengiriman paspor melalui pos.

Cara mendaftar buat paspor online dan persyaratannya

Setelah mengetahui penyesuaian yang dilakukan oleh pihak kantor Imigrasi kepada para pendaftar buat paspor online, selanjutnya Anda hanya perlu mempersiapkan persyaratan yang dibutuhkan untuk membuat paspor baru atau melakukan perpanjangan masa berlaku paspor. Namun sebelum itu, bagi Anda yang masih awam dengan cara buat paspor online, Anda perlu memerhatikan tahap-tahapnya sebagai berikut;

Cara daftar buat paspor online melalui aplikasi

  • Pertama, Anda bisa mengunduh aplikasi Layanan Paspor Online (APAPO) yang tersedia di layanan penyedia aplikasi pada smartphone Anda
  • Selanjutnya, daftarkan diri Anda melalui aplikasi tersebut dengan cara membuat akun baru serta melengkapinya dengan mengisi data pribadi, seperti nama lengkap, alamat, Nomor Induk Kependudukan, nomor seluler, alamat surat elektronik atau email, username, dan password 
  • Setelah melakukan registrasi akun, segera lakukan verifikasi dengan cara membuka tautan pemberitahuan yang masuk ke dalam surat elektronik Anda 
  • Setelah berhasil melakukan verifikasi akun, kembali masuk ke dalam aplikasi Layanan Paspor Online menggunakan akun yang telah Anda buat sebelumnya
  • Pada aplikasi Layanan Paspor, Anda bisa langsung mulai memilih kantor imigrasi mana yang Anda akan tuju sebagai tahap merealisasikan buat paspor online
  • Setelah memilih kantor Imigrasi, segera pilih daftar dan waktu kedatangan yang Anda inginkan. Perlu diperhatikan karena jumlah kuota yang terbatas, maka akan sulit untuk mendapatkan antrean dalam waktu dekat. Jangan lupa untuk mengisi jumlah pemohon yang akan hadir pada tanggal yang telah Anda pilih. 
  • Setelah mengisi informasi sebelumnya, Anda akan mendapatkan QR code dan informasi nomor antrean digital. Simpan dengan baik QR Code serta nomor antrean digital sebagai syarat buat paspor online. Pasalnya, kode atau nomor antrian tersebut nantinya perlu Anda lampirkan atau informasikan ketika Anda datang ke kantor Imigrasi pada jadwal yang telah ditentukan
  • Sesaat datang ke kantor Imigrasi, pastikan Anda telah mempersiapkan persyaratan dokumen yang dibutuhkan. Persyaratan tersebut nantinya perlu diserahkan kepada petugas Imigrasi untuk memvalidasi catatan permohonan pada paspor Anda. Datanglah ke kantor imigrasi yang kamu pilih sesuai dengan waktu dan tanggal yang kamu tentukan sebelumnya dengan membawa kelengkapan dokumen persyaratan pembuatan paspor
  • Setelah melampirkan persyaratan dan tidak ada kekurangan, maka tahap selanjutnya yang perlu Anda lakukan untuk merealisasi buat paspor online adalah melakukan wawancara, pengambilan foto dan sidik jari, serta pembayaran biaya pembuatan paspor ikuti proses pembuatan paspor 
  • Proses terakhir, Anda hanya tinggal menunggu pengajuan buat paspor online Anda untuk berhasil tercetak. Anda akan mendapatkan informasi melalui SMS ke nomor ponsel yang terdaftar terkait hasil cetak yang sudah bisa diambil di kantor Imigrasi atau diantarkan ke tempat tinggal Anda, sesuai dengan pilihan layanan yang Anda inginkan. Umumnya proses ini memakan waktu mulai dari 3 hingga 4 hari kerja

Cara buat paspor online melalui situs resmi Imigrasi 

  • Anda pun bisa daftar buat paspor online dengan mengunjungi situs antrian.imigrasi.go.id
  • Di dalam situs tersebut, Anda akan diarahkan untuk mendaftarkan akun baru atau masuk kembali menggunakan data yang telah Anda buat, jika sebelumnya Anda pernah menggunakan layanan buat paspor online
  • Selanjutnya ikuti prosedur yang mencakup pemilihan lokasi, jadwal, jumlah pemohon hingga sampai waktunya Anda berhasil menerima hasil cetak paspor seperti tahap-tahap yang telah diinformasikan di atas

Berikut adalah rincian persyaratan buat paspor online yang harus Anda persiapkan dan lengkapi sebelum datang ke kantor Imigrasi.

Persyaratan yang dibutuhkan buat paspor online

  • Kartu Tanda Penduduk 
  • Kartu keluarga;
  • Akta kelahiran, akta perkawinan atau buku nikah, ijazah, atau surat baptis. Perlu diperhatikan bahwa persyaratan ini bersifat untuk memastikan bahwa nama, tempat dan tanggal lahir Anda sesuai dengan yang tertera pada KTP dan KK
  • Surat pewarganegaraan Indonesia bagi WNA yang telah mendapatkan kewarganegaraan Indonesia sesuai dengan ketentuan perundang-undangan;
  • Surat penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang

Menggunakan kartu kredit sebagai alat transaksi selama di luar negeri

Setelah Anda mengantongi paspor baru, kini rencana pergi Anda ke luar negeri sudah bisa terlaksana. Salah satu cara untuk bisa bertransaksi di luar negeri setelah berhasil buat paspor online adalah menggunakan kartu kredit. Kartu kredit cukup bisa diandalkan sebagai alat transaksi selama di luar negeri. Pasalnya, pihak penyelenggara layanan kartu kredit yang tertera pada milik Anda biasanya sudah dapat mencakup transaksi lintas negara. Namun, jangan sekadar terlena dengan kemudahan yang ditawarkan oleh kartu kredit. Anda pun harus cermat dalam penggunaanya. 

  1. Pahami kurs yang digunakan

    Sebelum Anda menginjakkan kaki ke negara yang dituju, Anda perlu memahami tetang kurs yang digunakan. Pasalnya, setiap transaksi yang Anda lakukan di luar negeri akan menggunakan kurs negara setempat, sehingga akan ada selisih yang berbeda dari transaksi yang biasa Anda lakukan di Indonesia

  2. Jumlah biaya selama pemakaian

    Sebagaimana yang Anda ketahui, bahwa setiap pembelanjaan melalui kartu kredit Anda akan dibebankan dengan bunga. Namun, jika Anda menggunakan kartu kredit sebagai alat transaksi di luar negeri, akan ada biaya lainnya yang perlu Anda perhatikan. Salah satunya adalah biaya penukaran kurs atau mata uang yang digunakan di negara tersebut. Biaya tersebut nantinya akan dibebankan pada tagihan Anda di luar dari nilai pembelanjaan yang Anda lakukan.

  3. Informasikan terlebih dahulu kepada pihak bank

    Jika Anda berencana untuk menggunakan kartu kredit sebagai alat transaksi selama kunjungan ke luar negeri, Ada baiknya untuk melaporkan rencana Anda kepada pihak bank penerbit kartu kredit. Jika tidak, bisa saja bahwa Anda dianggap melakukan transaksi mencurigakan yang mengakibatkan pemblokiran pada kartu kredit Anda. 


Setelah Anda memahami penggunaan kartu kredit sebagai alat transaksi di luar negeri, sebagai pemegang kartu kredit CIMB Niaga, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya CIMB Niaga menawarkan berbagai keuntungan bagi Anda yang melakukan transaksi untuk keperluan bepergian ke luar negeri, salah satunya adalah Visa Travel Card. Sebuah kartu kredit khusus traveling yang menawarkan berbagai macam kemudahan dan keuntungan seperti fasilitas airport lounge, perlindungan asuransi saat perjalanan, bebas iuran tahunan, bonus cashback hingga Rp 500.000, kesempatan mendapatkan Poin Xtra lebih banyak dan masih ada keuntungan lainnya yang bisa Anda rasakan saat bertransaksi menggunakan Visa Travel Card dari CIMB Niaga. Anda bisa menikmati kenyamanan sembari menunggu waktu keberangkatan di bandara sebagai pemilik kartu kredit CIMB Niaga. Temukan keuntungan lainnya mengenai kartu kredit CIMB Niaga di sini.