production

Untuk Millennials, Begini Cara Menjawab Interview yang Benar

Untuk Millennials, Begini Cara Menjawab Interview yang Benar

Setelah dinyatakan lulus dari jenjang perkuliahan, seorang fresh graduate akan menghadapi banyak pilihan untuk menjalani masa depannya, seperti melanjutkan pendidikan S2, membangun bisnis, atau memilih untuk bekerja. Pilihan tersebut tentunya memiliki persiapannya masing-masing. Jika Anda memilih untuk melanjutkan pendidikan S2, maka Anda harus menyiapkan segala hal yang diperlukan untuk mendaftar pendidikan S2. Jika Anda memilih untuk membangun bisnis, maka Anda harus memikirkan bisnis apa yang Anda ingin dirikan. Jika Anda memilih untuk bekerja, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan, yaitu melamar pekerjaan, menyiapkan CV yang menarik, mempersiapkan diri untuk interview, dan mengetahui cara menjawab interview.

Pada saat melamar pekerjaan, apabila Anda sesuai dengan kualifikasi yang dicari oleh perusahaan tersebut, maka Anda akan dihubungi untuk mengikuti tahap interview. Tahap interview merupakan salah satu tahap yang penting untuk menentukan apakah Anda diterima atau ditolak di perusahaan yang Anda lamar. Hal ini ditentukan dari cara menjawab interview yang akan ditanyakan oleh perekrut ke Anda. Cara menjawab interview Anda adalah salah satu penilaian yang besar di mata perekrut. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan tahap interview, yaitu dengan menyiapkan cara menjawab interview yang baik dan benar.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Interview

Sebelum Anda melakukan tahap interview, Anda harus memperhatikan hal-hal yang dianggap kecil dan sepele tetapi juga tidak kalah penting. Jangan sampai karena hal yang dikira tidak penting tersebut justru yang menjegal langkah Anda untuk mendapatkan pekerjaan. Hal-hal kecil tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Menggunakan Pakaian yang Sopan dan Rapi

    Penampilan merupakan hal pertama yang akan dilihat oleh perekrut. Hal ini akan menimbulkan first impression oleh perekrut ke Anda. Cara Anda menggunakan pakaian dapat menggambarkan kepribadian diri Anda. Menggunakan pakaian yang sopan dan rapi juga termasuk ke dalam penilaian, sehingga jika Anda menggunakan pakaian yang rapi dan sopan maka Anda akan mendapatkan nilai plus dari perekrut.

  2. Gali Informasi tentang Perusahaan

    Carilah informasi yang berkaitan tentang perusahaan yang Anda lamar sebanyak mungkin sebab hal ini akan ditanya oleh perekrut ke Anda. Jika Anda mengetahui informasi tentang perusahaan tersebut, Anda dapat menjawab pertanyaan tersebut dengan baik. Ini juga merupakan salah satu hal yang perlu diketahui cara menjawab interviewnya.

  3. Percaya Diri dan Tenang

    Persiapkanlah diri Anda sebaik-baiknya dengan cara tetap percaya diri dan tenang pada saat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh perekrut. Hal ini sangat berpengaruh dengan cara menjawab interview Anda. Jika Anda tenang, maka Anda dapat menjawab pertanyaan tidak terbata-bata dan dapat menjawab pertanyaan dengan baik.

Ketahui Cara Menjawab Interview yang Baik dan Benar

Setelah menyiapkan hal-hal yang harus dilakukan sebelum interview, selanjutnya Anda harus menyiapkan cara menjawab interview yang baik terlebih dahulu. Oleh karena itu, Anda dapat menjawab pertanyaan dengan baik pada saat interview dan peluang Anda untuk diterima akan semakin besar. Jika kualifikasi diri Anda bagus tetapi cara menjawab interview kurang baik, maka peluang Anda untuk diterima akan semakin kecil. Dengan demikian, cara menjawab interview sangat penting untuk diketahui. Lantas bagaimanakah cara menjawab interview dengan baik? Berikut adalah beberapa tips cara menjawab interview yang baik dan beberapa pertanyaan yang akan ditanya oleh perekrut atau HRD.

  1. “Menurut kamu, kamu itu orangnya seperti apa?”

    Pertanyaan ini sering disepelekan oleh banyak pelamar kerja karena dianggap pertanyaan yang paling mudah. Padahal pada pertanyaan ini, perekrut akan menilai karakter dan mengukur kemampuan berkomunikasi Anda. Kemampuan berkomunikasi juga merupakan salah satu aspek penting dalam cara menjawab interview dengan baik. Deskripsikanlah diri Anda dengan baik dan tenang. Akan lebih baik jika Anda mendeskripsikan diri Anda yang tidak dicantumkan pada CV yang telah Anda buat. Cara menjawab interview pada pertanyaan ini juga jangan terlalu kaku seperti dihafalkan karena dapat membuat perekrut merasa bosan dan tidak tertarik pada apa yang Anda sampaikan. Oleh sebab itu, deskripsikan diri Anda dengan gaya yang menarik tetapi tidak melebih-lebihkan.

  2. “Apa kelebihan dan kekurangan Anda?”

    Pertanyaan ini dilakukan untuk mengetahui seberapa dalam Anda mengetahui tentang diri Anda. Sebutlah kelebihan Anda dan sertakan dengan alasan. Namun, jangan terlalu melebih-lebihkan juga. Sebutkan kekurangan Anda disertai dengan kelebihan yang mendukung, contohnya “Saya membutuhkan waktu untuk membuat keputusan karena saya harus memikirkan setiap resiko dari keputusan yang saya ambil.” Jangan menyebutkan kekurangan klise yang sebenarnya hal tersebut  adalah kelebihan, misalnya “Saya merupakan pribadi yang perfeksionis”

  3. “Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini?”

    Cara menjawab interview pertanyaan ini harus hati-hati karena pertanyaan ini termasuk pertanyaan yang menjebak. Perekrut dapat mengetahui apakah Anda bersungguh-sungguh atau tidak dengan jawaban yang Anda berikan. Jelaskan yang Anda ketahui dari perusahaan yang Anda lamar dan jawablah dengan jujur sesuai dengan yang Anda ketahui.

  4. “Apa alasan Anda melamar di perusahaan ini?”

    Jangan menjawab dengan alasan karena gaji yang tinggi, suasana kantor yang nyaman, atau bahkan karena ingin terlihat keren jika bekerja di perusahaan tersebut. Ini merupakan salah satu cara menjawab interview yang salah. Cara menjawab interview yang benar pada pertanyaan ini adalah menjawab dengan alasan yang positif dan bermotivasi, seperti posisi pekerjaan yang diminati sesuai dengan latar belakang pendidikan, ingin belajar hal baru, dan berkontribusi lebih dalam menyalurkan bakat Anda.

  5. “Berapa kisaran gaji yang Anda inginkan?”

    Cara menjawab interview pada pertanyaan ini dapat dikatakan sulit untuk dijawab. Sebelumnya ketahui terlebih dahulu kisaran gaji pada posisi yang diminati di perusahaan tersebut. Tidak dapat dipungkiri jika antara karyawan yang satu dengan karyawan yang lainnya memiliki gaji yang berbeda-beda. Jawablah dengan jujur sesuai yang Anda inginkan tetapi harus realistis sesuai dengan standar perusahaan dan posisi yang dilamar. Dengan itu, perusahaan tersebut akan menimbangi gaji yang Anda tawarkan. Cara menjawab interview yang salah adalah jika Anda menjawab dengan memberi angka gaji yang terlalu tinggi dan tidak sesuai. Selain itu, jangan menjawab dengan kata “Terserah”. Hal itu akan membuat penilaian Anda berkurang dan dianggap tidak dapat memutuskan keputusan yang penting.

Tidak dapat dipungkiri juga bahwa pasti akan terdapat perasaan tegang pada saat interview, tetapi jika Anda telah mempersiapkan diri dengan matang dan telah menyiapkan hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum interview serta menyiapkan cara menjawab interview dengan baik maka tahap interview dapat dilakukan dengan lancar. Tetaplah percaya diri dan tetap tenang. Kemudian Anda tinggal menunggu kabar dari perekrut apakah Anda diterima atau tidak di perusahaan tersebut. Jika Anda sudah dikabarkan bahwa Anda diterima di perusahaan tersebut, maka persiapkanlah diri Anda untuk mulai bekerja dan memberikan yang terbaik.

Tidak bisa dipungkiri bahwa akan ada perasaan gembira ketika menerima gaji pertama. Namun, jangan membawa perasaan senang tersebut dengan membelanjakan seluruh pendapatan Anda. Sisihkanlah gaji Anda setiap bulannya dan menyimpannya di tabungan. Hal ini bertujuan untuk dapat digunakan pada kondisi darurat atau dapat digunakan untuk keperluan Anda tersendiri.

Anda dapat menyimpan tabungan Anda di CIMB Niaga. CIMB Niaga menawarkan berbagai jenis tabungan yang dapat Anda sesuaikan dengan yang Anda perlukan. CIMB Niaga memiliki produk tabungan dengan biaya admin dan bunga yang dapat Anda sesuaikan dengan keperluan Anda, salah satunya TabunganKu. TabunganKu menawarkan keuntungan menabung bebas biaya administrasi dan bebas biaya dibawah saldo minimum. Jika Anda ingin menabung secara rutin tiap bulannya dan berlandaskan syariah, Anda dapat membuka Tabungan iB Mapan yang juga menawarkan berbagai keuntungan. Info lengkap perihal syarat dan ketentuan dapat di klik di sini.