production

Bekerja dari Rumah (Work From Home): 5 Keuntungan dan Tips Menjalankannya

 

 
 
 
 

Bekerja dari Rumah (Work From Home): 5 Keuntungan dan Tips Menjalankannya

 

Bekerja dari rumah (work from home) menjadi hal yang lumrah dilakukan sejak pandemi COVID-19 melanda dunia global, termasuk juga di Indonesia. Dampak dari virus ini juga terasa di berbagai sektor industri dan juga bagi seluruh lapisan manusia.

Beberapa perusahaan terpaksa untuk menutup beberapa gerainya, memutuskan beberapa karyawan untuk berhenti dan menunda pekerjaan yang mungkin sudah direncanakan untuk dijalankan. Hal ini tentunya membuat perputaran ekonomi di seluruh dunia menjadi kacau dan menurun tajam.

Untuk menekan penyebaran virus lebih besar dan cepat, pemerintah di banyak negara memberlakukan lockdown dan social distancing. Hal ini dilakukan untuk menghindarkan kontak langsung antar manusia. Oleh karena itu, banyak perusahaan memberlakukan sistem bekerja dari rumah (work from home).

Walaupun demikian, bekerja dari rumah (work from home) bukanlah menjadi hal yang sulit. Mungkin bagi sebagian orang bekerja dari rumah (work from home) bukanlah hal yang baru, tetapi bagaimana dengan beberapa orang yang baru merasakan rasanya kerja dari rumah terlebih untuk waktu yang belum dapat dipastikan?

Keuntungan Bekerja dari Rumah (Work From Home) 

  • Lebih Fleksibel Menyelesaikan Pekerjaan

    Keuntungan bekerja dari rumah (work from home) yang pertama adalah Anda bisa lebih fleksibel dan efisien dalam menyelesaikan pekerjaan. Biasanya Anda yang memerlukan waktu selama 8 jam atau lebih di kantor, kini Anda bisa saja memangkasnya.

    Pemangkasan waktu bekerja itu harus selaras dengan kinerja yang Anda berikan. Anda bisa saja menghabiskan kuota pekerjaan sehari dalam waktu lebih singkat. Keuntungan bekerja dari rumah (work from home) ini memungkinkan Anda lebih efisien dalam pengaturan waktu kerja sehingga bisa menghindarkan dari lembur.

    Selain itu, dengan kerja dari rumah, Anda juga memangkas waktu perjalanan yang kadang kala memaksa Anda untuk pulang lebih larut serta berangkat kerja lebih dini yang cukup menambah beban pada fisik Anda secara berkala.

  • Lebih Hemat

    Memungkinkan Anda menjadi lebih hemat adalah keuntungan bekerja dari rumah (work from home) lainnya. Tentu saja Anda membutuhkan biaya lebih untuk dianggarkan seperti ongkos yang mencakup untuk kendaraan umum atau pembelian bahan bakar kendaraan, serta biaya untuk makan siang atau jajanan yang Anda beli.

    Dengan bekerja di rumah, Anda tidak perlu menyiapkan anggaran lebih untuk digunakan sebagai keperluan aktivitas sehari-hari. Hal ini tentu saja membuat Anda bisa lebih hemat lagi. Tidak hanya itu, dengan uang yang telah Anda anggarkan sebelumnya, kini Anda bisa alihkan dulu untuk sementara ke dalam tabungan dana darurat atau Anda bisa mengalokasikan dana tersebut untuk keperluan investasi.

  • Work-life balance

    Banyaknya tuntutan pekerjaan yang harus diselesaikan terkadang memaksa sebagian orang kehilangan keseimbangan antara dunia kerja dan kehidupan pribadi mereka. Dengan adanya bekerja dari rumah (work from home) , Anda bisa lebih mudah membagi peran.

    Ada kalanya Anda bisa fokus pada jam kerja kantor dan ada kalanya juga Anda bisa menjalankan kehidupan pribadi tanpa beban. Keuntungan bekerja dari rumah (work from home) lainnya yang bisa Anda rasakan ialah Anda jadi memiliki lebih banyak waktu luang, entah untuk diri sendiri atau untuk berkumpul bersama keluarga.

  • Meningkatkan keahlian berkomunikasi

    Dengan minimnya komunikasi tatap muka saat kerja dari rumah, maka Anda lambat laun akan menyesuaikan cara berkomunikasi dengan rekan kerja secara lebih baik di masa work from home ini. Dengan penyesuaian tersebut, secara tidak langsung Anda pun memiliki keahlian tambahan dalam berkomunikasi sehingga membuat Anda lebih luwes dan akan lebih peka untuk menggunakan cara komunikasi yang sesuai dengan waktu dan tempat ketika dunia kembali normal nantinya. Ini adalah salah satu keuntungan bekerja dari rumah (work from home) yang secara tidak sadar Anda bisa dapatkan.

  • Terhindar dari distraksi di tempat kerja

    Bekerja di kantor, memungkinkan adanya banyak distraksi yang mungkin bisa terjadi di tempat kerja. Misalnya, suara gaduh orang yang sedang mengobrol, suara rekan kerja yang sedang menelepon, meeting yang memakan waktu, AC yang tidak atau terlalu dingin, dan sebagainya.

    Lalu, apa lagi keuntungan bekerja dari rumah (work from home) selanjutnya? Ketika bekerja dari rumah (work from home) , Anda bisa menciptakan suasana bekerja yang lebih nyaman dan sesuai keinginan sehingga bisa lebih kondusif. Maka dari itu, dengan bekerja dari rumah (work from home) Anda akan lebih aman untuk terhindar dari distraksi yang kadang kala hadir di tempat kerja. Dengan distraksi yang minim, tentu Anda akan lebih mudah dalam menghadirkan hasil kerja yang maksimal yang juga bisa memangkas waktu kerja Anda agar Anda punya waktu istirahat yang lebih maksimal.

Agar Bekerja dari Rumah (Work From Home) Lebih Efektif

Meski dengan berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan melalui bekerja dari rumah (work from home) , Anda harus menyesuaikan lingkungan bekerja dari rumah (work from home) untuk membuat Anda tetap fokus ketika bekerja. Oleh karena itu, berikut tips bekerja dari rumah (work from home) yang efektif.

Batasi Waktu Kerja Anda

Walaupun Anda kerja dari rumah Anda tetap harus perjelas waktu kerja Anda seperti Anda pergi bekerja ke kantor. Letakkan jam kerja Anda di pintu kamar atau dinding diatas meja tempat Anda bekerja. Jika Anda diharuskan bekerja lembur Anda harus tetap membatasi jam kerja lembur Anda. Dengan begitu Anda akan tetap dapat beristirahat cukup di malam hari.

Jaga Komunikasi

Jangan menjadikan alasan kerja dari rumah dalam masa pandemi ini sebagai alasan Anda untuk tidak atau jarang berkomunikasi dengan atasan maupun kolega Anda di tempat kerja. Kunci dari efektifnya kerja dari rumah adalah dengan menjaga komunikasi Anda dengan atasan maupun kolega Anda. Dengan begitu atasan Anda tidak akan mengejar ngejar Anda karena Anda telah mengkomunikasikan pekerjaan maupun hasil pekerjaan Anda secara jelas. Kedepannya atasan Anda maupun Anda sendiri akan merasa aman dan jelas dalam pekerjaan yang sedang dikerjakan.

Komunikasi juga sangat penting dilakukan secara reguler untuk membuat Anda merasa ditemani dan tidak melakukan pekerjaan Anda secara sendirian saat kerja dari rumah. Karena terkadang kerja dari rumah dapat membuat Anda merasa tidak terstruktur seperti saat anda pergi bekerja ke kantor dan merasa terisolasi.

Nikmati Waktu Fleksibel Anda

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda bisa mengerjakan hal lain ketika anda bekerja dari rumah (work from home) seperti membersihkan rumah atau mencuci pakaian. Beda dengan bekerja di kantor seperti biasanya, dimana ketika pekerjaan Anda sudah selesai lebih cepat Anda tetap harus pulang kerumah sesuai dengan jam keluar kantor.

Berbeda dengan bekerja dari rumah (work from home) di mana Anda bisa dengan santai beristirahat atau melakukan aktivitas lain ketika Anda sudah selesai menyelesaikan pekerjaan Anda.

Dengan berbagai keuntungan bekerja dari rumah (work from home) seperti membuat Anda bisa lebih hemat, Anda bisa mengalokasikan dana yang Anda miliki dengan menyimpannya di tabungan. Hal ini bertujuan untuk dapat digunakan pada kondisi darurat atau dapat digunakan untuk keperluan Anda tersendiri.

Anda dapat menyimpan tabungan Anda di CIMB Niaga, karena CIMB Niaga menawarkan berbagai jenis tabungan yang dapat disesuaikan dengan yang Anda perlukan. CIMB Niaga juga memiliki produk tabungan dengan berbagai keuntungan seperti bebas biaya transfer, admin, dan tarik tunai, memiliki bunga yang kompetitif hingga bonus Poin Xtra untuk Anda.

Untuk menunjang kemudahan kegiatan perbankan di rumah, Anda juga bisa menggunakan fitur OTCO Mobile atau OCTO Clicks seperti membayar tagihan hingga melakukan transfer. Jika Anda ingin menabung secara rutin tiap bulannya, Anda bisa mendapatkan informasi lengkap seputar tabungan CIMB Niaga di sini.

Produk Terkait

Tabungan CIMB Niaga

Treasury CIMB Niaga

Dream Savers

Tabungan berjangka dengan jangka waktu singkat untuk mewujudkan rencana dalam bentuk mata uang Rupiah