production

Inilah 6 Keuntungan yang bisa Anda Rasakan Saat Kerja Dari Rumah

 

 
 
 
 

Inilah 6 Keuntungan yang bisa Anda Rasakan Saat Kerja Dari Rumah

 

Di zaman modern seperti saat ini, kerja dari rumah bukanlah hal yang asing lagi untuk dilakukan. Nyatanya, pada saat masa pandemi seperti sekarang ini, aktivitas kerja dari rumah masih tetap membantu jalannya ekonomi secara optimal untuk diri sendiri atau untuk negara secara baik dan terus meningkat setiap waktunya. 

Keuntungan kerja dari rumah

Tentu saja kerja dari rumah tidak bisa disamakan dengan melakukan aktivitas bekerja di kantor atau tempat usaha lainnya. Oleh karena itu, kerja dari rumah memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Meskipun begitu, di masa pandemi yang masih berjalan hingga kini, kerja dari rumah merupakan opsi terbaik untuk tetap menjaga kondisi finansial Anda secara stabil dan menjauhkan Anda dari risiko terserang penyakit dari virus yang masih berkembang. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan saat kerja dari rumah.

  1. Lebih hemat

    Ketika Anda bekerja di luar rumah seperti biasanya, tentu saja Anda membutuhkan biaya lebih untuk dianggarkan seperti ongkos yang mencakup untuk kendaraan umum atau pembelian bahan bakar kendaraan, serta biaya untuk makan siang Anda. Dengan kerja dari rumah, Anda tidak perlu menyiapkan anggaran lebih yang digunakan untuk keperluan aktivitas sehari-hari dan membuat Anda lebih hemat. Tidak hanya itu, dengan uang yang telah Anda anggarkan sebelumnya, kini Anda bisa alihkan dulu untuk sementara ke dalam tabungan dana darurat atau Anda bisa mengalokasikan dana tersebut untuk keperluan investasi guna membangun masa depan yang lebih baik bagi diri sendiri sembari menunggu kondisi lingkungan yang lebih baik di kemudian hari. 

  2. Waktu fleksibel dan efisien

    Keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan saat bekerja dari rumah adalah pengaturan waktu yang lebih efisien. Biasanya Anda yang memerlukan waktu selama 8 jam atau lebih di kantor, kini Anda bisa saja memangkasnya. Pemangkasan tersebut juga harus selaras dengan kinerja yang Anda berikan. Anda bisa saja menghabiskan kuota pekerjaan sehari dalam waktu yang lebih singkat dan menambah efisiensi dalam pengaturan waktu kerja Anda, sehingga Anda tidak perlu lagi merasakan lembur. Selain itu, dengan kerja dari rumah, Anda juga memangkas waktu perjalanan yang kadang kala memaksa Anda untuk pulang lebih larut serta berangkat kerja lebih dini yang cukup menambah beban pada fisik Anda secara berkala.

  3. Meningkatkan keahlian berkomunikasi

    Dengan minimnya komunikasi tatap muka saat kerja dari rumah, maka Anda lambat laun akan menyesuaikan cara berkomunikasi dengan rekan kerja secara lebih baik di masa work from home ini. Dengan penyesuaian tersebut, secara tidak langsung Anda pun memiliki keahlian tambahan dalam berkomunikasi sehingga membuat Anda lebih luwes dan akan lebih peka untuk menggunakan cara komunikasi yang sesuai dengan waktu dan tempat ketika dunia kembali normal nantinya.

  4. Punya banyak waktu untuk keluarga

    Selain dapat memengaruhi kondisi tubuh, waktu yang terbuang saat perjalanan menuju tempat kerja juga kerap kali membuat Anda harus merelakan waktu untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Mungkin akhir pekan jadi solusi di masa sebelumnya, namun dengan kerja dari rumah, kini Anda memiliki waktu yang lebih banyak untuk menghadirkan kualitas berkumpul yang lebih baik bersama keluarga. Dengan waktu yang lebih banyak selama kerja dari rumah, komunikasi antara Anda dan anggota keluarga juga akan terbangun lebih baik sehingga mampu menghadirkan nuansa yang lebih harmonis di dalam rumah. Suasana harmonis juga akan membuat Anda lebih rileks saat kerja dari rumah.

  5. Terhindar dari distraksi

    Berkomunikasi dengan bersama rekan kerja saat bekerja di kantor memang merupakan cara baik untuk menjaga kinerja tim agar tetap optimal. Namun jika dilakukan secara berlebihan, hal tersebut bisa jadi distraksi yang malah memiliki kemungkinan untuk memengaruhi kinerja Anda. Maka dari itu, dengan kerja dari rumah Anda akan lebih aman untuk terhindar dari distraksi yang kadang kala hadir di tempat kerja. Dengan distraksi yang minim, tentu Anda akan lebih mudah dalam menghadirkan hasil kerja yang maksimal yang juga bisa memangkas waktu kerja Anda agar Anda punya waktu istirahat yang lebih maksimal.

  6. Hidup yang lebih seimbang dan sehat

    Salah satu keuntungan berikutnya yang bisa Anda rasakan saat kerja dari rumah adalah memiliki pola hidup seimbang dan juga sehat. Dengan manajemen waktu yang baik, maka Anda pun akan lebih banyak memiliki waktu luang di luar bekerja. Anda bisa memaksimalkan waktu yang ada di luar kerja dengan mengalokasikannya untuk hobi yang sempat tidak tersentuh akibat kesibukan kerja di luar rumah. Selain itu, Anda juga bisa menyisihkan waktu yang tersisa untuk melakukan aktivitas olahraga ringan di rumah demi menjaga kondisi tubuh selalu fit dan menjaga berat badan lebih optimal selama kerja dari rumah yang biasanya memiliki minim pergerakan fisik.

Kekurangan saat kerja dari rumah

Meskipun memiliki keuntungan yang beragam untuk diri Anda dan keluarga, kerja dari rumah juga memiliki beberapa kekurangan. Namun, dengan memahami kekurangan tersebut Anda akan lebih mudah meminimalisasinya sehingga tidak mengganggu kinerja Anda selama melakukan aktivitas kerja dari rumah.

  1. Pengeluaran listrik yang cukup meningkat

    Meskipun Anda memahami bahwa dengan kerja dari rumah akan membawa ke arah kondisi finansial yang lebih hemat, nyatanya Anda tidak bisa terlalu lengah dalam mengatur pengeluaran Anda. Pasalnya, akan ada pengeluaran biaya listrik yang lebih besar dari biasanya, karena Anda menggunakan piranti elektronik lebih sering di rumah saat ini. Maka dari itu, Anda perlu mempersiapkan biaya lebih dari yang telah dialokasikan sebelumnya untuk pengeluaran biaya listrik. 

  2. Kurangnya motivasi

    Kekurangan lainnya dari kerja dari rumah adalah kekurangan motivasi saat bekerja. Hal ini terjadi karena Anda sudah terlalu lama bekerja dengan situasi atau suasana yang sama. Sedangkan jika di kantor tentu Anda akan merasa lebih nyaman, karena akan ada hal baru yang datang dari rekan kerja Anda. selain itu, dengan melihat teman-teman bekerja dengan baik, tentu akan menambah semangat dan motivasi Anda juga dalam menghadirkan kinerja yang maksimal dalam menyelesaikan pekerjaan Anda.

  3. Sulit melakukan diskusi atau brainstorming

    Meskipun ada fitur video conference atau video meeting, nyatanya hal tersebut tidak terlalu efektif untuk digunakan sebagai media diskusi. Apalagi untuk pekerjaan yang sifatnya mendadak. Maka dari itu, sulitnya melakukan diskusi dalam waktu yang singkat merupakan kekurangan yang Anda rasakan ketika kerja dari rumah. Cara optimal untuk mengatasi hal ini adalah, Anda harus terlebih dahulu memahami permasalahan yang akan diusung sebelum melakukan diskusi dan menawarkan ragam solusi untuk akhirnya bisa diaplikasikan ke dalam pekerjaan.

Kondisi finansial yang lebih hemat merupakan keuntungan yang tidak bisa Anda dapatkan di luar kerja dari rumah. Dengan kondisi finansial yang lebih baik dan teratur, maka Anda pun punya keleluasaan untuk mengalokasikan dana yang tersisa untuk keperluan investasi. Bagi Anda yang ingin memulai melakukan investasi, Anda bisa coba untuk pilih reksa dana sebagai investasi salah satu alternatif pilihan investasi untuk masa depan. 


Reksa dana adalah sebuah produk investasi dalam bentuk kumpulan dana yang dikelola sebagai modal investasi untuk dikonversikan ke dalam berbagai jenis produk, seperti saham, obligasi, serta produk keuangan dan investasi lainnya. Untuk lebih memudahkan proses investasi reksa dana Anda, CIMB Niaga berfungsi sebagai agen penjual reksa dana dan telah bekerja sama dengan 11 Manajer Investasi kompeten dan berpengalaman akan membantu Anda dalam mengelola reksa dana yang Anda akan miliki untuk dapat membawa keuntungan dalam hidup Anda. Demi menambah kemudahan berinvestasi, Anda bisa dengan mudah membeli dan mengelola reksa dana Anda melalui aplikasi OCTO Mobile dan OCTO Clicks. Kelola investasi reksa dana bersama CIMB Niaga dan nikmati keuntungannya di sini.

Produk Terkait

Reksadana CIMB Niaga