www.cimbniaga.co.id production
ID EN

FREQUENTLY ASKED QUESTIONS (FAQ) OCTO BIZ

OCTO Biz

Nikmati transformasi bisnis dengan layanan pengelolaan keuangan terkini, nikmati beragam fitur dan kemudahan melalui OCTO Biz yang dapat diakses melalui www.octobiz.co.id dan diunduh melalui Play Store dan App Store

Informasi Umum
1 Apakah itu OCTO Biz?

OCTO Biz (versi terbaru dari BizChannel@CIMB) merupakan layanan Internet Banking terbaru yang lebih handal, canggih, aman, dan User Interface yang lebih intuitif, dirancang khusus untuk nasabah perusahaan dalam melakukan pengelolaan keuangan dan day-to-day transactions.

OCTO Biz akan secara bertahap menggantikan BizChannel@CIMB

2 Apakah BizChannel@CIMB akan digantikan dengan OCTO Biz? Ya, OCTO Biz secara bertahap akan menggantikan BizChannel@CIMB
Siapakah pengguna OCTO Biz? Sama seperti BizChannel@CIMB, Nasabah OCTO Biz adalah perusahaan-perusahaan.
4 Lewat mana kita dapat mengakses OCTO Biz? Nasabah OCTO Biz dapat mengakses OCTO Biz melalui website www.octobiz.co.id dan via mobile app OCTO Biz yang dapat diunduh di Appstore/Playstore
5 Apakah ada layanan yang dapat dihubungi untuk bertanya perihal OCTO Biz? OCTO Biz memiliki contact center OCTO Biz Support yang bisa dihubungi di nomor 14042 (Lokal) atau +6221 80655111 (Luar Negeri). Email: octobiz.support@cimbniaga.co.id
6 Apa saja yang dapat dilakukan melalui OCTO Biz?

Untuk sekarang secara garis besar fitur yang dimiliki oleh OCTO Biz adalah sbb:

  1. Account Information
    Informasi rekening yang komprehensif beserta bukti cetak atas transaksi yang dilakukan melalui OCTO Biz.
  2. Payment Management
    Layanan transaksi pengiriman dan penerimaan uang dalam negeri dan luar negeri
  3. Bill Payment Management
    Layanan transaksi pembayaran tagihan.
  4. Modul Penerimaan Negara
    Layanan untuk transaksi pembayaran pajak atau penerimaan Negara lainnya
  5. Bulk Payment Management
    Layanan transaksi pembayaran/pendebetan secara massal (bulk).

Fitur lainnya akan segera hadir pada OCTO Biz versi terbaru

7 Apa kelebihan OCTO Biz?
  1. User Interface yang Intuitif: Platform baru kami dirancang agar mudah dinavigasi, memungkinkan Anda mengakses akun, melakukan transaksi, dan mengelola keuangan dengan mudah.
  2. Peningkatan Keamanan: Kami memahami pentingnya menjaga informasi keuangan Anda tetap aman dan terlindungi. Platform kami dilengkapi dengan fitur keamanan canggih untuk melindungi data Anda dan mencegah akses yang tidak sah.
  3. Mobile Banking yang lebih baik: Akses akun Anda dimanapun kapanpun, kini dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan untuk pengalaman perbankan yang lebih nyaman.
8 Apakah ada yang harus Nasabah BizChannel@CIMB lakukan terkait dengan migrasi?

Migrasi pada hari H diatur oleh system secara otomatis sehingga Nasabah BizChannel@CIMB tidak perlu melakukan apapun. Namun, terdapat langkah-langkah penting yang harus Nasabah lakukan maksimum 1 hari kerja bank sebelum Tanggal Efektif pengalihan ke layanan OCTO Biz:

  • Nasabah harus melakukan verifikasi dan memperbarui kredensial Nasabah saat ini di platform BizChannel@CIMB, khususnya alamat email dan nomor ponsel Nasabah dan atau kuasa Nasabah. Jika rincian ini memerlukan modifikasi, lihat petunjuk yang diberikan untuk panduan proses pengkinian data di sini.
  • Nasabah harus memastikan bahwa dalam 12 bulan terakhir, penggunaan Nasabah atas layanan BizChannel@CIMB tidak mencakup Forex Exchange Online, Multi Debit, Virtual Account, Payment Gateway, Trade dan Value Chain.
  • Nasabah harus mengotorisasi dan memproses semua transaksi dengan status ‘pending approval’ dalam layanan BizChannel@CIMB selambat-lambatnya pukul 18:00 pada hari kerja bank terakhir sebelum “Tanggal Efektif”. Sisa transaksi tertunda yang belum terotorisasi setelah batas waktu ini tidak akan ditransfer ke platform 'OCTO Biz'.
  • Untuk mengunduh aplikasi mobile OCTO Biz, Nasabah harus memastikan bahwa perangkat seluler Nasabah memenuhi ketentuan versi minimum yaitu: minimal iOS 15 untuk perangkat Apple atau minimal Android 10 untuk perangkat Android. Perangkat Huawei tidak didukung oleh aplikasi mobile OCTO Biz untuk saat ini.
9 Browser jenis apa yang dibutuhkan untuk mengakses OCTO Biz?

Kami menyarankan penggunaan browser dan versi berikut untuk mengakses OCTO Biz sbb:

Browser:
- Google Chrome, 3 versi terakhir
- Firefox, 3 versi terakhir
- Edge Chromium, 3 versi terakhir
- Safari, versi terbaru

Smartphone:
- iOs, Minimal iOS 15
- Android, Minimal Android 10

10 Apa saja jenis layanan yang tersedia pada OCTO Biz?

Terdapat 2 jenis layanan pada OCTO Biz:

  1. OCTO Biz Lite (Nama sebelumnya adalah BizChannel@CIMB for Business)
  2. OCTO Biz Basic (Nama sebelumnya adalah BizChannel@CIMB for Enterprise)
11 Berapakah limit transaksi OCTO Biz?

Limit transaksi OCTO Biz adalah sebagai berikut:

  1. OCTO Biz Lite: IDR 10M /hari
  2. OCTO Biz Basic: IDR 150M /hari

Khusus untuk fitur BI-FAST limit adalah IDR 2M /hari berlaku untuk OCTO Biz Lite & OCTO Biz Basic

12 One-Time Password (OTP) OCTO Biz dapat diterima di negara apa saja?

Negara penerima OTP OCTO Biz:

  1. Indonesia
  2. Australia
  3. Brunei Darussalam
  4. Canada/United States
  5. China
  6. Czech Republic
  7. France
  8. Germany
  9. Hongkong
  10. Ireland
  11. Isle of Man/United Kingdom/Guernsey/Jersey
  12. Italy
  13. Japan
  14. South Korea
  15. Macau S.A.R, China
  16. Malaysia
  17. Netherlands
  18. New Zealand
  19. Philippines
  20. Singapore
  21. Spain
  22. Sweden
  23. Switzerland
  24. Taiwan
  25. Thailand
  26. Turkey
  27. Vietnam
13 Bagaimana jika saya tidak menerima One-Time Password OTP?

Jika tidak menerima OTP, mohon dapat mengecek kembali apakah No. HP yang terdaftar di sistem sudah merupakan No. HP Nasabah yang paling update/terkini.

Jika No. HP pada sistem belum dilakukan pengkinian berikut adalah caranya:

  • Jika Nasabah bukan merupakan user SysAdmin / Admin User (User Maker, Approver, Single Access User, Releaser, atau Viewer) silakan meminta SysAdmin / Non-Admin Nasabah untuk mengupdate di sistem
  • Jika Nasabah merupakan user SysAdmin / Admin User silakan isi formulir pemeliharaan OCTO Biz untuk mengupdate data No. HP di sistem
     

 

OCTO Biz (Aplikasi Mobile)
1 Apakah itu OCTO Biz? OCTO Biz merupakan aplikasi Mobile Banking yang menawarkan kepada nasabah berbagai kebutuhan perbankan harian, yang dapat dilakukan kapan saja, di mana saja langsung dari smartphone.

Aplikasi mobile OCTO Biz dapat diunduh melalui Appstore (Minimal iOS 15) atau Playstore (Minimal Android 10).
2 Fitur apa saja yang ditawarkan pada OCTO Biz?

a. Login bebas repot dengan biometrik (sidik jari atau face ID)

b. Layanan transaksi pengiriman dan penerimaan uang dalam negeri dan luar negeri

c. Layanan pembayaran tagihan

d. Layanan pembayaran dan penerimaan Negara

d. Dapat melakukan Approve atau Reject tugas tertunda (Pending task) bagi User Approver

e. Cek informasi saldo secara real time dan mutasi rekening 3 bulan terakhir

f. Dapat memonitor status terkini transaksi yang dilakukan nasabah

g. Menampilkan ringkasan rekening yang dimiliki nasabah

Bagaimana cara login menggunakan OCTO Biz?

Berikut langkah-langkahnya: 


a) Install aplikasi OCTO Biz melalui App Store(iOS) atau Playstore (Android)
b) Buka aplikasi OCTO, masukkan Company ID, User ID, dan klik Next
c) Masukkan passwod dan klik Next
d) Pada halaman preferensi, atur akses biometrik (opsional) dan Klik "Agree & Continue"

Migrasi
1 Apa itu migrasi?

Migrasi adalah proses pemindahan seluruh data dan akses Nasabah BizChannel@CIMB dari platform BizChannel@CIMB ke OCTO Biz termasuk tapi tidak terbatas pada Company ID, password, recurring transaction. Transaksi dan status transaksi lama tidak akan dipindahkan ke OCTO Biz.

Migrasi Nasabah BizChannel@CIMB ke OCTO Biz dilakukan secara bertahap untuk memastikan bahwa proses perpindahan seluruh Nasabah BizChannel@CIMB ke OCTO Biz berjalan dengan lancar.

2 Kenapa migrasi dibutuhkan? Proses migrasi dibutuhkan karena BizChannel@CIMB & OCTO Biz berada pada platform yang berbeda. Nantinya seluruh Nasabah BizChannel@CIMB akan bertransaksi pada platform OCTO Biz.
3 Siapa yang akan dimigrasi? Nasabah BizChannel@CIMB terpilih.
4 Apa yang membedakan Nasabah BizChannel@CIMB yang dimigrasi sekarang dan nanti? Perbedaan terletak pada platform yang digunakan. Nasabah BizChannel@CIMB yang sudah dimigrasi dapat beraktivitas di OCTO Biz, dan Nasabah BizChannel@CIMB yang belum di migrasi masih beraktivitas di BizChannel@CIMB.
5 Apakah Nasabah BizChannel@CIMB yang sudah dimigrasi ke OCTO Biz dapat kembali bertransaksi dengan BizChannel@CIMB? Tidak. Nasabah BizChannel@CIMB yang telah di migrasi ke OCTO Biz dapat beraktivitas pada platform OCTO Biz saja
6 Apakah pendaftar baru nantinya akan melalui proses migrasi juga? Untuk sekarang migrasi hanya berlaku untuk Nasabah existing BizChannel@CIMB.
7 Bagaimana proses migrasi terjadi?

Nasabah BizChannel@CIMB yang terpilih akan diberikan notifikasi paling lambat 30 hari kerja sebelum tanggal migrasi. Bank juga akan memberikan notifikasi beberapa kali sebelum hari H migrasi sebagai pengingat

Pada hari H migrasi system akan secara otomatis memindahkan data Nasabah BizChannel@CIMB ke OCTO Biz, dan system akan mengirimkan informasi jika migrasi telah berhasil.

Setelah migrasi berhasil Nasabah bisa mulai melakukan aktivitas di platform OCTO Biz.

8 Apakah ada yang harus Nasabah BizChannel@CIMB lakukan terkait dengan migrasi?

Migrasi pada hari H diatur oleh system secara otomatis sehingga Nasabah BizChannel@CIMB tidak perlu melakukan apapun. Namun, terdapat langkah-langkah penting yang harus Nasabah lakukan maksimum 1 hari kerja bank sebelum Tanggal Efektif pengalihan ke layanan OCTO Biz:

  1. Nasabah harus melakukan verifikasi dan memperbarui kredensial Nasabah saat ini di platform BizChannel@CIMB, khususnya alamat email dan nomor ponsel Nasabah dan atau kuasa Nasabah. Jika rincian ini memerlukan modifikasi, lihat petunjuk yang diberikan untuk panduan proses pengkinian data di sini
  2. Nasabah harus memastikan bahwa dalam 12 bulan terakhir, penggunaan Nasabah atas layanan BizChannel@CIMB tidak mencakup Forex Exchange Online, Multi Debit, Virtual Account, Payment Gateway, Trade dan Value Chain.
  3. Nasabah harus mengotorisasi dan memproses semua transaksi dengan status ‘pending approval’ dalam layanan BizChannel@CIMB selambat-lambatnya pukul 18:00 pada hari kerja bank terakhir sebelum “Tanggal Efektif”. Sisa transaksi tertunda yang belum terotorisasi setelah batas waktu ini tidak akan ditransfer ke platform 'OCTO Biz'.
  4. Untuk mengunduh aplikasi mobile OCTO Biz, Nasabah harus memastikan bahwa perangkat seluler Nasabah memenuhi ketentuan versi minimum yaitu: minimal iOS 15 untuk perangkat Apple atau minimal Android 10 untuk perangkat Android. Perangkat Huawei tidak didukung oleh aplikasi mobile OCTO Biz untuk saat ini.
     
9 Bagaimana jika ada Nasabah BizChannel@CIMB yang melewatkan/tidak melakukan apa yang harusnya dilakukan sebelum migrasi? Jika keadaan Nasabah tidak sejalan dengan langkah-langkah yang diinfokan sebelumnya pada nomor 2, kami dengan hormat meminta Nasabah untuk menghubungi tim dukungan pelanggan khusus di octobiz.support@cimbniaga.co.id , menggunakan format subjek [ID CORP, PENGGUNAAN FITUR LAIN]. Tim OCTO Biz yang berdedikasi siap sedia untuk memberikan bantuan dan dukungan penuh selama proses berlangsung.
10 Kapan migrasi dilakukan? Migrasi sudah mulai dilakukan sejak tahun 2024 awal ini secara bertahap, dan nantinya akan berlanjut hingga tahun 2026
11 Apakah Nasabah BizChannel@CIMB akan diinfokan jika migrasi telah berhasil dilakukan? Ya. Nasabah BizChannel@CIMB akan menerima email dan Whatsapp mengenai status migrasi yang berhasil dan langkah-langkah yang harus dilakukan selanjutnya.
12 Apa saja channel yang PT. Bank CIMB Niaga Tbk. gunakan untuk informasi terkait migrasi?

Informasi satu arah dari CIMB Niaga terkait migrasi hanya akan dikirimkan melalui seluruh atau dua dari tiga media dibawah, yaitu:

  1. Surat resmi tertulis dari PT Bank CIMB Niaga Tbk
  2. Email resmi dari alamat email berikut: noreply@cimbniaga.co.id 
  3. Whatsapp resmi CIMB Niaga dengan nomor +6281197814041
13 Apakah langkah yang Nasabah BizChannel@CIMB harus lakukan setelah berhasil dimigrasi?

Nasabah perlu melakukan First Time Login. Secara garis besar, langkahnya meliputi:

 

A. Melalui OCTO Biz Website:


a) Membuka website OCTO Biz menggunakan web di computer.
b) Download OCTO Biz app melalui Play Store atau App Store
c) Pada halaman login, memasukkan company ID & user ID (company ID & user ID BizChannel@CIMB)
d) Memasukkan OTP yang dikirimkan melalui nomor ponsel yang terdaftar
e) Membuat secureword & password baru (untuk Nasabah dengan Token, lanjut ke poin f; untuk Nasabah yang tidak punya Token, langsung ke poin h)
f) [Bagi Nasabah yang mempunyai Mobile Token] Sistem akan memunculkan Secure Token Activation. Buka aplikasi OCTO Biz pada ponsel, login melalui "Secure Token" dan scan QR pada halaman Secure Token Activation di website OCTO Biz
g) Ikuti langkah-langkah yang ada, buat PIN dan kembali masukkan OTP yang dikirimkan kembali melalui ponsel yang terdaftar
h) Setelah berhasil, Nasabah bisa kembali login dan melanjutkan aktivitasnya seperti biasa melalui web atau app mobile OCTO Biz

 

B. Melalui OCTO Biz Aplikasi pada Ponsel:

 

a) Download OCTO Biz app di Play Store atau App Store
b) Buka OCTO Biz app yang sudah di download di ponsel, memasukan company ID & user ID (company ID & user ID BizChannel@CIMB)
c) Memasukkan OTP yang dikirimkan melalui nomor ponsel yang terdaftar
d) Membuat secureword & password baru (untuk Nasabah dengan Token, lanjut ke poin e; untuk Nasabah yang tidak punya Token, langsung ke poin f)
e) [Bagi Nasabah yang mempunyai Mobile Token] Sistem akan memunculkan Secure Token Activation dan meminta nasabah untuk membuat PIN
f) Setelah berhasil, Nasabah bisa kembali login dan melanjutkan aktivitasnya seperti biasa melalui web atau app mobile OCTO Biz

14 Jika ada masalah terkait migrasi atau setelah migrasi, harus menghubungi kemana? Business Call Center di 14042 (Lokal) atau +6221 80655111 (Luar Negeri) Senin hingga Jumat pukul 08.30 – 17.30 (tidak termasuk Hari Libur Nasional). Selain itu, Nasabah dapat menghubungi melalui email ke octobiz.support@cimbniaga.co.id
User ID
1 Apakah yang dimaksud dengan user Sysadmin1, Sysdmin2 dan Admin User?
  1. SysAdmin1 adalah user yang dapat mengatur setting pada akun OCTO Biz Inquiry dan OCTO Biz Basic (memiliki akses untuk atur perusahaan/manage company)
  2. SysAdmin2 adalah user untuk melakukan “approve” atas fungsi yang dilakukan oleh SysAdmin1 di akun OCTO Biz Inquiry dan OCTO Biz Basic
  3. Admin User adalah user yang dapat mengatur setting pada akun OCTO Biz Lite  (memiliki akses untuk atur perusahaan/manage company)
2   Apakah yang dimaksud dengan user Maker, Approver, Single Access User (SAU), Releaser, dan viewer? a. Maker adalah user yang membuat transaksi
b. Approver adalah user yang melakukan approve atas transaksi yang dibuat oleh maker
c. Single Access User adalah user yang dapat membuat dan melakukan approve terhadap transaksi.
d. Releaser adalah user yang berfungsi untuk memberikan keputusan yang sudah disetujui oleh Approver (Opsional)
e. Viewer adalah user yang berfungsi untuk melihat Laporan Keuangan saja (Tidak dapat melakukan Transaksi)

 

Reset Password & Unlock User
1 Bagaimana cara untuk mereset password user jika user lupa dengan password saat ini?

Berikut langkah-langkah untuk reset password user id:


1. Buka OCTO Biz di web browser
2. Klik tombol “Forgot Password/Unlock User"
3. Masukkan Company ID & User ID anda, klik "Submit"
4. Sistem akan mengirimkan OTP ke ponsel yang terhubung pada User ID, masukkan OTP ke Web, Masukan Kode OTP ke pop-up Box, lalu klik "Proceed"
5. Klik Tab "Reset Forgotten Password"
6. Masukkan kata sandi / password baru Anda, klik "Submit"
7. Reset kata sandi / password berhasil dilakukan

2 Bagaimana jika saya lupa password Sysadmin1, Sysadmin2 atau Admin User?

a) Sysadmin 1, Sysadmin 2 atau Admin User juga dapat melakukan reset password secara mandiri melalui fitur ‘forgot password’ di website OCTO Biz dengan mengikuti langkah-langkah yang tertera di point 1
b) Apabila ada perubahan data bersamaan dengan permintaan reset password, maka Sysadmin dapat menggunakan form reset password. Dimana form reset password tersebut apabila sudah dilengkapi agar diserahkan ke cabang/marketing untuk diverifikasi terlebih dahulu. Setelah verifikasi sesuai, maka permintaan reset password akan diproses dengan mengirimkan password baru ke alamat email Sysadmin dan SMS yang telah tercatat di sistem Bank
c) Silahkan ke bagian maintenance form untuk mengunduh form maintenance

3 Tipe user apa saja yang bisa menggunakan fitur forgot password? Semua tipe user (SysAdmin1, SysAdmin2, Admin User, Maker, Approver, Single Access User(SAU), Releaser, Viewer) bisa menggunakan fitur forgot password, selama memiliki nomor HP dan e-mail aktif yang terdaftar pada akun user OCTO Biz
4 Bagaimana apabila saya tidak menerima SMS OTP saat melakukan reset password melalui forgot password? Jika tidak menerima SMS OTP, agar dipastikan nomor HP terdaftar dan aktif, tidak ada pemblokiran SMS premium dan sinyal operator nomor HP yang Anda gunakan sudah baik dan stabil
5 Bagaimana jika Maker/Approver/Single Access User terkunci (locked)?

Jika User Anda terkunci dan Anda lupa password, silahkan coba untuk melakukan reset password dan melakukan langkah-langkah berikut ini:


1. Buka OCTO Biz di web browser/aplikasi pada ponsel
2. Klik tombol “Forgot Password/Unlock User"
3. Pastikan nomor ponsel terdaftar valid dan aktif
4. Masukkan Company ID & User ID anda, klik "Submit"
4. Sistem akan mengirimkan OTP ke nomor ponsel yang terhubung pada User ID, masukkan OTP ke Web
5. Klik tab "Reset Forgotten Password"
6. Masukkan kata sandi Anda yang terbaru dan masukkan konfirmasi password dan klik "Submit"
7. Reset Password telah berhasil dilakukan, klik "Done" untuk kembali ke Login Page
8. Login kembali dengan Company ID, User ID, & Password Anda yang telah diupdate

Untuk langkah yang lain, Anda dapat mencoba untuk melakukan unlock user dengan melakukan langkah-langkah berikut :

1. Buka OCTO Biz di web browser/aplikasi pada ponsel
2. Klik tombol “Forgot Password/Unlock User"
3. Pastikan nomor ponsel terdaftar valid dan aktif
4. Masukkan Company ID & User ID anda, klik "Submit"
4. Sistem akan mengirimkan OTP ke nomor ponsel yang terhubung pada User ID, masukkan OTP ke Web
5. Klik tab "Unlock User"
6. Masukkan kata sandi Anda yang sekarang dan klik "Submit"
7. Unlock User telah berhasil dilakukan, klik "Done" untuk kembali ke Login Page
8. Login kembali dengan Company ID, User ID, & Password Anda

Jika masih gagal, user dapat meminta user Sysadmin Maker untuk melakukan fitur unlock user pada sistem OCTO Biz dengan langkah berikut:


1. User Sysadmin Maker membuka OCTO Biz > Administration > User Status and Security Device
2. Klik "Search"
3. Klik pada User ID yang mau diaktivasi
4. Sistem akan mengarahkan ke halaman detail, klik "Activate" dan klik "Next"
5. Pilih "Submit", dan akan terdapat info bahwa task sudah ter-submit untuk selanjutnya di approve
6. Sysadmin Checker/Approver dapat mengecheck task pada task list, dan klik "Approve" untuk menyelesaikan task

6 Bagaimana jika user SysAdmin1, SysAdmin2, atau Admin User terkunci (locked)?

Sysadmin yang bersangkutan dapat menghubungi OCTO Biz Support di No 14042 (Dial 1 kemudian 3).

Waktu operasional staff OCTO Biz Support kami pada hari Senin sampai dengan Jumat, pukul 08:30 - 17.30 WIB 

7 Bagaimana jika sysadmin1, sysadmin2 dan/atau Admin User saya terkunci (locked) karena sudah tidak login selama lebih dari 365 hari berturut-turut?

Sysadmin 1, Sysadmin 2 dan/atau Admin User yang bersangkutan dapat menghubungi OCTO Biz Support di No 14042 (Dial 1 kemudian 3)

Waktu operasional staff OCTO Biz Support kami pada hari Senin sampai dengan Jumat, pukul 08:30 - 17.30 WIB 

8 Bagaimana jika user maker/approver/Single Access User terkunci (locked) karena sudah tidak login selama lebih dari 365 hari berturut-turut?

User biasa dapat meminta Sysadmin untuk melakukan fitur unlock user pada sistem OCTO Biz dengan langkah berikut:

  1. Sysadmin membuka OCTO Biz > Administration > User Status and Security Device
  2. Klik "Search"
  3. Klik pada User ID yang mau diaktivasi
  4. Sistem akan mengarahkan ke halaman detail, klik "Activate" dan klik "Next"
  5. Pilih "Submit", dan akan terdapat info bahwa task sudah ter-submit untuk selanjutnya di approve
  6. Approver dapat mengecheck task pada task list, dan klik "Approve" untuk menyelesaikan task
9 Saya sudah melakukan reset password user id melalui user Sysadmin, dimana saya mendapatkan password baru tersebut? Setelah password di reset oleh Sysadmin, User akan diminta untuk memasukkan password baru ketika login
10 Bagaimana jika saya salah memasukkan password sebanyak 3x? Jika salah memasukkan password sebanyak 3x, user akan terlock. User dapat melakukan unlock user dengan mengikuti langkah di poin 5 untuk Maker/Approver/single acess user, atau mengikuti langkah di poin 6 untuk sysadmin 1/ sysadmin 2/ admin user
11 Bagaimana jika maker/approver/Single Access User di Block oleh sysadmin atau admin User? Maker/Aprover/Single Access User dapat meminta untuk di unlock user kepada User Sysadmin Maker dengan melakukan langkah pada poin 5
12 Bagaimana jika sysadmin1, sysadmin2 dan/atau Admin User saya di Block oleh Bank?

Sysadmin 1, Sysadmin 2 dan/atau Admin User yang bersangkutan dapat menghubungi OCTO Biz Support di No 14042 (Dial 1 kemudian 3)

Waktu operasional staff OCTO Biz Support kami pada hari Senin sampai dengan Jumat, pukul 08:30 - 17.30 WIB 

Formulir Aplikasi OCTO Biz

Silakan klik di sini untuk mengunduh Formulir Aplikasi OCTO Biz
Silakan klik di sini untuk mengunduh Panduan Pengisian Formulir Aplikasi OCTO Biz

 

Formulir Pemeliharaan 

Silakan klik di sini untuk mengunduh Formulir Pemeliharaan OCTO Biz
Silakan klik di sini untuk mengunduh Panduan Pengisian Formulir Pemeliharaan OCTO Biz - OCTO Biz Inquiry
Silakan klik di sini untuk mengunduh Panduan Pengisian Formulir Pemeliharaan OCTO Biz - OCTO Biz Lite
Silakan klik di sini untuk mengunduh Panduan Pengisian Formulir Pemeliharaan OCTO Biz - OCTO Biz Basic

 

Formulir Kuasa Pihak Ketiga

Silakan klik di sini untuk mengunduh Formulir Kuasa Pihak Ketiga
Silakan klik di sini untuk mengunduh Panduan Pengisian Formulir Kuasa Pihak Ketiga

Hard Token
1 Apakah saya perlu request Hard Token baru untuk OCTO Biz?

Hard Token pada OCTO Biz adalah Hard Token yang sama pada BizChannel. Nasabah tidak perlu request hard token baru 

2 Apakah saya perlu mengaktivasi ulang Hard Token saya untuk OCTO Biz?

Jika sebelumnya Nasabah sudah pernah melakukan aktivasi Hard Token pada saat berada di BizChannel, Nasabah tidak perlu melakukan aktivasi ulang Hard Token.

Jika Nasabah sebelumnya belum pernah mengaktivasi Hard Token pada saat di BizChannel, maka Nasabah perlu melakukan aktivasi ulang Hard Token dengan cara sebagai berikut:


1) Ketika proses login pertama kali baik di website ataupun aplikasi smartphone, layar akan memunculkan request untuk aktivasi Hard Token
2) Klik tombol "Play" pada perangkat Hard Token
3) Perangkat Hard-Token akan memunculkan "Lock Pin Code"
4) Masukan kode yang muncul pada perangkat ke website/aplikasi smartphone
5) Klik "Generate Unlock Code"
6) Sistem akan memunculkan Unlock Code, Klik Tombol "Play" pada Perangkat Hard Token
7) Masukan Unlock Code yang muncul website/aplikasi smartphone ke perangkat Hard Token
8) Klik "Submit"
9) Buat Pin
10) Konfirmasi Pin

3 Bagaimana cara pakai Token Vasco?

a. Tekan tombol On/Off
b. Masukan PIN
c. Tekan angka “2” pada perangkat Hard Token
d. Masukan chalange No yang muncul pada Approver/Releaser Task
e. Masukan Response Code yang tertera pada layar token Vasco ke OCTO Biz pada kolom Response No

4 Bagaimana cara Mengganti PIN Token Vasco?

1) Masukan PIN Token yang lama sampai muncul “APPLI –“ pada Tooken Vasco
2) Tekan tombol ON/OFF selama 3 detik
3) Silahkan input PIN token yang baru
4) Token Vasco dengan PIN baru siap digunakan

5 Apa yang harus dilakukan jika token terkunci karena salah input PIN?

Token Vasco akan terkunci jika ada kesalahan input PIN lebih dari 3 kali Berikut langkah yang harus dilakukan :


1) Silahkan telpon ke 14042 OCTO Biz Support untuk verifikasi data
2) Tunggu email konfirmasi dari Bizchannel Support dengan Subject email “Unlock Token Information”
3) Nyalakan token dengan klik tombol ON/OFF tahan selama 3 detik
4) Masukan Response Unlock Code yang tertera pada email Unlock token Information
Buat PIN baru
5) Selesai, token siap digunakan

6 Bagaimana cara unlock token Vasco yang terkunci karena salah input Response Code? Selain karena kesalahan input PIN, penyebab lainnya adalah Token vasco akan terkunci jika ada kesalahan input Response Code lebih dari 3 kali. Untuk unlock Hard Token dapat dilakukan oleh Sysadmin, berikut langkah-langkah unlock token vasco :

a) Login sebagai sysadmin 1
b) Pilih "Administration" pada menu di kiri, klik "User Status and Security Device"
c) Pilih "Inquiry & Listing", sistem akan menampilkan seluruh user, klik "Search"
d) Pilih userID yang akan di unlock hard tokennya
e) Di bagian details, pilih "Unassign security device", klik "Next", klik "Submit"
f) Selanjutnya minta approver untuk melakukan approval pada Task List

Jika sudah berhasil, user bisa melakukan aktivasi hard token ulang seperti pada langkah nomor 2


 

Mobile Secure Token
1 Bagaimana cara meng aktivasi mobile secure token pada aplikasi iOs / Android saya

a. Membuka website OCTO Biz menggunakan web di computer
b. Lakukan normal login dengan memasukkan company & user ID
c. Layar aktivasi Token akan muncul di layar web. Buka aplikasi OCTO Biz pada ponsel, klik tombol "Secure Token" dan scan QR pada halaman Secure Token di website OCTO Biz
d. Kembali masukkan OTP
e. Setelah berhasil, Nasabah bisa kembali login dan melanjutkan aktivitasnya seperti biasa namun melalui web dan app mobile OCTO Biz

2 Apa yang harus dilakukan jika user SysAdmin1, Sysdmin2 dan Admin User saya salah menggunakan 6 digit pin sebanyak 3 kali berturut-turut ketika menggunakan Mobile Secure Token?

Sysadmin/Admin User yang bersangkutan dapat menghubungi OCTO Biz Support di No 14042 (Dial 1 kemudian 3) untuk 'deactivate Token'

Waktu operasional staff OCTO Biz Support kami pada hari Senin sampai dengan Jumat, pukul 08:30 - 17.30 WIB 

3 Apa yang harus dilakukan jika  user  Approver dan Single Access User (SAU) saya salah menggunakan 6 digit pin sebanyak 3 kali berturut-turut ketika menggunakan Mobile Secure Token?

1. User Approver & Single Access User dapat meminta Sysadmin untuk melakukan deactivate token user pada sistem OCTO Biz dengan langkah berikut:

a. Sysadmin membuka OCTO Biz > Administration > User Status and Security Device
b. Klik "Search"
c. Klik pada User ID yang mau di-unbind tokennya
d. Sistem akan mengarahkan ke halaman detail, klik "Deactivate Security Device" dan klik "Next"
e. Pilih "Submit", dan akan terdapat info bahwa task sudah ter-submit untuk selanjutnya di approve
f. Approver dapat mengecheck task pada task list, dan klik "Approve" untuk menyelesaikan task

2. Setelah berhasil melakukan 'Deactivate Token' oleh Sysadmin, silahkan untuk melakukan re-aktivasi/instalasi ulang Mobile secure token dengan langkah-langkah yang sudah dijelaskan pada poin 1

4 Jika saya menginstall ulang aplikasi OCTO Biz pada ponsel, apakah Mobile Secure Token secara otomatis akan langsung aktif?

Jika ingin menginstall ulang aplikasi OCTO Biz pada ponsel, sebelumnya Mobile Secure Token harus terlebih dahulu dilakukan "Deactivate Token”. Setelah berhasil "Deactivate token”, Nasabah dapat menginstall ulang aplikasi OCTO Biz dan melakukan aktivasi token dengan langkah-langkah yang sudah dijelaskan pada poin 1.

Langkah "Deactivate token”:
Untuk Use Approver & Single Access User dapat meminta Sysadmin untuk melakukan deactivate token user pada sistem OCTO Biz dengan langkah berikut:

a. Sysadmin membuka OCTO Biz > Administration > User Status and Security Device
b. Klik "Search"
c. Klik pada User ID yang mau di-deactivate tokennya
d. Sistem akan mengarahkan ke halaman detail, klik "Deactivate Security Token" dan klik "Next"
e. Pilih "Submit", dan akan terdapat info bahwa task sudah ter-submit untuk selanjutnya di approve
f. Approver dapat mengecheck task pada task list, dan klik "Approve" untuk menyelesaikan task

Untuk User Sysadmin 1/Sysadmin 2/Admin User apat menghubungi OCTO Biz Support di No 14042 (Dial 1 kemudian 3) untuk 'Deactivate Token'. Waktu operasional staff OCTO Biz Support kami pada hari Senin sampai dengan Jumat, pukul 08:30 - 17.30 WIB 

5 Jika saya tidak menerima notifikasi untuk approve transaksi pada perangkat HP ketika sedang melakukan transaksi melalui website, apa yang harus dilakukan?

Jika tidak mendapatkan notifikasi untuk approve transaksi pada perangkat HP, nasabah dapat melakukan approval dengan membuat OTP secara manual pada perangkat HP. Langkah-langkahnya:

  1. Pada website: Pada pop-up ketika sedang proses approval transaksi, di paling bawah ada tulisan "Jika belum menerima notifikasi Klik Di Sini". Klik link tersebut
  2. Buka aplikasi OCTO Biz pada perangkat HP, pada halaman pertama klik “Secure Token”
  3. Pilih token yang terasosiasi dengan transaksi yang ingin dilakukan
  4. Masukkan PIN token tersebut
  5. Perangkat HP akan menampilkan OTP (One-time Password)
  6. Kembali ke Website, masukkan OTP yang ada pada layar perangkat HP. Lalu klik "Submit"


 

 Informasi Umum 
1 Bagaimana cara melihat informasi rekening? Untuk dapat melihat informasi rekening, Login terlebih dahulu melalui website https://octobiz.co.id/ Berikut langkah untuk melihat informasi rekening :
Silahkan untuk memasukkan Company ID dan User ID ➔ Klik 'Next' ➔ Input Password ➔ Klik 'Proceed' ➔ Pilih menu 'Accounts' ➔ Pilih tab "Summary" . Menu ini akan menampilkan total saldo dari rekening pengguna.
2 Jika ingin melihat mutasi transaksi, menu apa yang dipergunakan? Untuk melihat mutasi rekening, silahkan pilih "Accounts" ➔ pilih tab "Current Account/Saving Account" ➔ pilih rekening pada drop list "Account" ➔ pilih tanggal untuk melihat mutasi
*Jika ingin simpan, silahkan klik ‘Download’.
3 Apakah mutasi rekening dapat dilihat sekaligus dalam 2 bulan kebelakang? Pengguna dapat melihat mutasi rekening secara sekaligus per 31 hari kebelakang dengan rentang periode maksimal 12 bulan terakhir.
4 Bagaimana cara melihat mutasi rekening yang sudah selesai didownload? Untuk dapat mengambil hasil download pada menu Transaction Inquiry, pengguna dapat menggunakan menu "Reporting" ➔ "Download Report" ➔ Pilih report type "Portfolio" , pilih report name dan opsi lain nya sesuai dengan kriteria ➔ Download file yang diinginkan
5 Bagaimana cara download rekening koran? Untuk download rekening koran, pengguna dapat menggunakan menu "Accounts" ➔ pilih tab "e-Statement" ➔ Pilih Rekening yang akan dilihat ➔ Klik download 
6 Berapa lama rentang waktu rekening koran dapat didownload melalui OCTO Biz? Rekening koran dapat didownload melalui OCTO Biz maksimal 24 bulan kebelakang.
7 Apakah Nasabah bisa menambahkan rekening secara mandiri di OCTO Biz (seperti yang dapat dilakukan Nasabah BizChannel for Business)? Untuk saat ini, jika Nasabah OCTO Biz yang ingin menambahkan rekening di akun OCTO Biz nya Nasabah perlu mengisi formulir maintenance untuk menambahkan rekening secara manual. Formulir OCTO Biz dapat di akses di cimb.id/tb/faqoctobiz

 

Advice Printing
1 Apa itu Payment Advice? Advice Printing merupakan bukti atas transaksi yang telah dilakukan melalui OCTO Biz. Jika pengguna dapat menginginkan untuk mengirimkan Advice Printing ini ke alamat email, pengguna dapat mengisi email yang dituju pada kolom yang tersedia.
2 Saya ingin membuat Payment Advice, menu apa yang harus digunakan?

Pembuatan advice printing bersamaan dengan pembuatan transaksi. Setiap sedang melakukan pembuatan transaksi, pada bagian bawah halaman terdapat bagian "other details" ➔ Klik "Simple Payment Advice" ➔ isi detail seperti email & no referensi.

Sebelum menyelesaikan pembuatan transaksi, pengguna dapat meng-klik "Preview Payment Advice" untuk melihat detail Payment Advice yang nantinya akan dikirimkan ke email ketika transaksi berhasil

Informasi Umum
1 Apakah fungsi Menu Bills Payment? Menu ini memudahkan sebuah perusahaan melakukan beragam pembayaran tagihan. Perusahaan tersebut dapat membuat daftar pembayaran tagihan yang sering dilakukan. Pembayaran tagihan dapat dilakukan sekaligus maksimal 10 tagihan melalui menu Pembayaran Tagihan Konsolidasi.
Informasi Umum
1 Apakah yang dimaksud Modul Penerimaan Negara? Modul Penerimaan Negara merupakan modul penerimaan pembayaran dari berbagai sumber, seperti pajak, bea cukai, dan Penerimaan Negara Bukan Pajak.
2 Bagaimana saya mendapatkan kode "Biling"? Untuk menerbitkan kode billing MPN, Anda perlu mengakses portal atau sistem yang disediakan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) atau Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Kode billing MPN digunakan untuk membayar berbagai jenis penerimaan negara, seperti pajak dan PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak)

 

Kanal Transaksi
1 Apakah saya dapat melakukan transaksi Modul Penerimaan Negara diluar hari kerja melalui OCTO Biz? Bisa
2 Status transaksi atas pajak saya executed with failure dan dana terdebet sehingga terjadi kelebihan bayar, apa yang harus saya lakukan? Agar dipastikan untuk selalu melakukan pengecekan atas setiap transaksi yang sudah dijalankan. Jika terjadi kelebihan pembayaran akan diperlukan koordinasi langsung antara WP dengan pihak KPP setempat atau sesuai arahan dari pihak Account Representative (AR) yang terkait untuk diajukan pengembalian atau kompensasi untuk Pembayaran pajak berikutnya. Sebagaimana diketahui bahwa pada modul Modul Penerimaan Negara ini dengan adanya sistem Biling, semua transaksi dana dan data sudah langsung terkoneksi dan terekam di Kantor Pajak.
3 Saya melakukan kesalahan pembayaran pajak, apakah bisa dilakukan reversal? Proses reversal sudah tidak ada lagi di Modul Penerimaan Negara, dan jika terjadi kesalahan maka nasabah dapat langsung melakukan proses penyelesaian ke Biller terkait.
4 Apakah yang dapat saya lakukan apabila dalam melakukan transaksi Modul Penerimaan Negara di OCTO Biz gagal dengan pesan execute with failure? Nasabah dapat melihat hasil transaksi di OCTO Biz apakah transaksi tersebut gagal atau berhasil. Nasabah juga dapat melalukan print ulang atas BPN sebagai bukti bayar. Jika terjadi transaksi error, dan nasabah melakukan input ulang atas Biling id yang sama di OCTO Biz dan transaksi tersebut sudah terbayar, maka akan muncul message “transaksi sudah terbayar”. Apabila transaksi tersebut gagal/ belum berhasil, maka transaksi tersebut akan memunculkan data pembayaran.
Atas transaksi “MPN Upload” yang gagal, nasabah dapat melakukan pengecekan error message dengan menggunakan menu “Transaction Status Inquiry”, unduh file dan kemudian cek pada kolom terakhir atas informasi error message tersebut.
5 Bagaimana cara mendapatkan BPN untuk transaksi sukses yang dilakukan pada Create Tax Billing ID & Payment atau Payment via Billing Id?

Cara mendapatkan BPN di OCTO Biz adalah sebagai berikut:

  1. Masuk melalui halaman login
  2. Pilih menu Riwayat > Lalu klik Transaction Status Inquiry
  3. Pilih Mode Pembayaran: Create Tax Billing ID & Payment or Payment via Billing ID > Klik search
  4. Listing menampilkan transaksi yang sudah sukses dijalankan, pilih salah satu transaksi > Klik hyperlink transaksi
  5. Klik tombol download yang ada di detail halaman transaksi
  6. BPN berhasil di download
  7. Pilih menu Laporan > Download Laporan > Pilih Tipe Laporan: Transaction > Nama Laporan: Bukti Penerimaan Negara
  8. Listing akan menampilkan seluruh BPN yang sudah di download
  9. Klik hyperlink BPN > BPN akan muncul
  10. Klik download untuk menggunduh Bukti Penerimaan Negara
6 Bagaimana Cut Off Time (COT) Modul Penerimaan Negara di OCTO Biz?

Cut off time pada MPN adalah sebagai berikut:

  • Untuk Create Tax Billing ID & Payment: 04.00 - 22.30
  • Untuk Payment via Billing ID: 04.00 - 22.00
7 Apakah Biling ID mempunyai jangka waktu (expiry date/time)? Masa berlaku ID Billing Pajak, PNBP dan Bea Cukai menyesuaikan dengan ketentuan Biller
8 Kenapa status transaksi pajak saya masih in progress offline? Status pajak in progress offline merupakan respon atas kondisi dimana transaksi pajak yang sudah dijalankan melalui OCTO Biz sedang dalam proses antrian ke DJP. Mohon ditunggu maksimal 30 menit atas kondisi ini.
9 Berapa banyak maksimal record yang bisa saya upload pada menu Modul Penerimaan Negara Upload? Maksimum total record untuk “Modul Penerimaan Negara Upload” adalah 200 Upload.
Informasi Umum
1 Apa perbedaan Payroll dengan Bulk Payment? Menu Payroll memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi Pembayaran Gaji dalam satu waktu dengan cara mengunggah file. Fungsi dari Pembayaran Gaji pada dasarnya sama dengan Bulk Payment, bagaimanapun juga menu Payroll mampu membatasi pengguna yang berwenang untuk melihat isi dari file yang diunggah.
2 Apakah bisa melakukan transaksi Payroll/Bulk payment ke tujuan rekening Bank lain?

Bisa, menu Payroll/Bulk payment memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi dengan tujuan rekening Bank lain.

Silakan pilih

  1. Group Transaksi: Payroll
  2. Format File (CSV/TXT dan Encrypted/Non-Encrypted)
    • SKN
    • RTGS
3 Apakah perbedaan antara Services SKN dan RTGS pada transaksi payroll yang akan saya jalankan?
  1. SKN
    • Dapat digunakan untuk transaksi antar bank dengan nilai kecil hingga menengah
    • Biaya Rp 2,900
    • Transaksi dapat diterima dalam proses beberapa jam atau maksimal 1 hari kerja
  2. RTGS
    • Dapat digunakan untuk transaksi antar bank dengan nilai besar (minimal Rp 100,000,001)

 

Kanal Transaksi
1 Bagaimana jika nasabah melakukan upload Payroll untuk tanggal eksekusi hari ini (today), future payment date atau recurring transfer

Nasabah harus memastikan tanggal eksesusi transaksi Payroll pada file upload sama dengan tanggal yang dipilih pada OCTO Biz

  1. Today

    Transaksi akan langsung dijalankan setelah di-release.

  2. Future Payment Date

    Transaksi dijalankan sesuai dengan tanggal pembayaran. Transaksi dengan “Instruction Mode Future Payment”, harus melakukan release terlebih dahulu paling lambat 7 hari setelah tanggal pembayaran (H+7). Dikarenakan apabila belum melakukan release dapat menyebabkan expired pada tanggal pembayaran.

  3. Recurring Transfer

    Transaksi akan langsung dijalankan secara berulang sesuai dengan tanggal pembayaran yang telah dipilih dan diterapkan, yaitu pembayaran secara harian, mingguan atau bulanan.

2 Pada saat melakukan pengecekan terhadap status file upload saya pada menu file upload inquiry, kenapa muncul keterangan “Invalid Transaction Date” ? Mohon dilakukan pengecekan kembali. Hal ini dikarenakan kolom tanggal pada file upload berbeda dengan tanggal yang diinput pada layar OCTO Biz. Silakan mengubah tanggal pada file upload agar disesuaikan dengan tanggal yang telah diinput pada layar OCTO Biz.
3 Saya menjalankan transaksi payroll dengan layanan SKN/RTGS dan sudah diapprove, namun belum melakukan release, apakah keesokan harinya saya masih dapat melakukan release? Pengguna masih dapat melakukan release, silakan di-release sebelum cut off time. Jika sudah melewati cut off time transaksi masih dapat di-release pada keesokan harinya.
4 Saya membuat transaksi payroll dengan metode future payment date, kapan maksimal transaksi tersebut dapat di-release? Transaksi dengan metode “Instruction Mode Future Payment”, harus di-release paling lambat 7 hari setelah tanggal pembayaran (H+7). Apabila belum di-release hingga melebihi rentang waktu tersebut, maka dapat menyebabkan expired pada tanggal pembayaran.
5 Berapa maksimum jumlah record pada transaksi payroll? Maksimum jumlah record pada transaksi payroll adalah 2000.
6 Pukul berapa cut off time transaksi Bulk Payment & Payroll?

Waktu efektif dalam melakukan Bulk Payment & Payroll:

  1. Bulk payment & Payroll SKN, cut off time pukul 15:00 WIB
  2. Bulk payment & Payroll RTGS, cut off time pukul 15:00 WIB
  3. Bulk payment & Payroll Inhouse, cut off time pukul 21:00 WIB
7 Apa yang harus saya siapkan jika ingin meng-upload Bulk Payment?

Yang harus pengguna siapkan untuk meng-upload Bulk Payment di OCTO Biz:

  1. Siapkan file Excel kosong
  2. Lengkapi data yang diperlukan untuk File Upload Bulk Payment 
  3. Simpan file tersebut dengan format CSV (Comma Delimited) 

*Untuk format lengkap file upload dapat mengacu ke link panduan pada halaman transaksi Bulk File Upload

Informasi Umum
1 Apakah yang dimaksud dengan Time Deposit OCTO Biz? Layanan perbankan Nasabah untuk penempatan dan pembukaan Deposito Berjangka secara online melalui OCTO Biz
2 Bagaimanakah ketentuan & manfaat/ keuntungan Time Deposit OCTO Biz?

Manfaat/Keuntungan:

  • Suku Bunga kompetitif & menarik
  • Pembukaan rekening deposito dengan mata uang IDR & USD
  • Dana pokok & bunga dapat dicairkan ke sumber dana atau rekening yang telah ditentukan secara otomatis pada tanggal jatuh tempo
  • Efisiensi waktu, pembukaan Time Deposit dapat dilakukan langsung melalui OCTO Biz
  • Proses rekonsiliasi yang mudah. Nasabah dapat melihat informasi Akun untuk Rekening Deposito Berjangka yg dibuka melalui Time Deposit OCTO Biz serta dapat juga mengunduh informasi tersebut.

Ketentuan:

  • Nasabah harus memiliki Rekening CIMB Niaga IDR/USD (Rekening Giro/ Rekening Tabungan) sebagai sumber dana penempatan Time Deposit
  • Periode: 1,3,6,12 bulan
  • Time Deposit sudah tersedia dalam mata uang Rupiah (IDR) & USD
  • Maksimum penempatan Time Deposit Online adalah sebesar Rp 9,999,999,999, - serta tersedia untuk ARO (Automatic Roll over) dan Non-- ARO (Automatic Roll over)
  • Nasabah dapat melakukan perubahan instruksi time deposit sebelum tanggal jatuh tempo/pencairan deposito melalui Daftar Rekening
3 Berapa suku bunga/rate yang bisa didapatkan dengan Time Deposit OCTO Biz? Untuk mengetahui berapa suku bunga yang didapatkan dapat melihat pada Menu Time Deposit - Rate Information (Informasi Suku Bunga Deposito).
4 Untuk melihat informasi Rekening Deposito Berjangka, Nasabah dapat mengakses melalui menu apa ? Nasabah dapat melihat informasi Rekening Deposito Berjangka melalui menu Daftar Rekening.
5 Apakah Time Deposit OCTO Biz bisa dijadikan jaminan kredit? Saat ini belum bisa
6 Apakah Time Deposit OCTO Biz bisa di Break sebelum jatuh tempo? Untuk melakukan break sebelum jatuh tempo tidak dapat melalui OCTO Biz.
Namun nasabah dapat melakukan perubahan instruksi ARO atau Non-ARO melalui Daftar Rekening - Deposito Berjangka atau Daftar Rekening - Deposito Berjangka Syariah tergantung dari tipe produk yang sebelumnya telah dibuka
Informasi Umum
1 Apakah ada ketentuan untuk nominal transaksi yang memerlukan dokumen underlying?
  1. Transaksi FX (dengan IDR) jika total kumulatif transaksi per bulan ekuivalen > USD 100,000
  2. Transaksi LLD (Remittance) ekuivalen > USD 100,000.

Ketentuan penggunaan dokumen underlying untuk ke dua jenis transaksi tersebut dapat mengikuti tabel berikut ini:

2 Contoh dokumen apa saja yang dapat dijadikan dokumen underlying? Beberapa contoh dokumen yang dapat digunakan:

3 Bisakah transaksi FX / LLD dengan beberapa dokumen underlying? Bisa, selama masih menggunakan tipe dokumen dan tujuan transaksi yang sama (contoh: 3 dokumen underlying tipe invoice dengan tujuan transaksi impor).
4 Berapa limit yang akan didapatkan? Limit akan sesuai dengan nominal dokumen underlying yang di-upload setelah direview oleh bank.
5 Apakah limit FX dan LLD terpisah? Ya, limit FX dan LLD terpisah, dan akan terpakai sesuai penggunaannya. Jika hanya bertransaksi FX, maka hanya limit FX yang akan terpakai, dan sebaliknya.
6 Bagaimana untuk transaksi valas jika nilai dibawah threshold? Nasabah hanya perlu centang Surat Pernyataan Transaksi Valas / Electronic Statement Forex Transaction pada saat transaksi yang menyatakan nasabah tidak akan bertransaksi pembelian valas melebihi USD 100,000 pada bulan tersebut, dan jika melebihi, nasabah harus menyerahkan dokumen underlying sesuai ketentuan
7 Apakah ada validasi saat User memilih tujuan transaksi Impor? Ya, sistem akan mevalidasi apabila memilih impor sehingga harus melengkapi informasi simodis mencakup nomor invoice(alokasi nominal invoice)
Informasi Umum
1 Ketika saya ingin mengedit di Manage Company, mengapa tombol “Edit” tidak muncul?

Tombol “Edit” bisa tidak muncul dikarenakan sebelumnya sudah ada aktivitas yang terekam di bagian manage company namun tidak dilanjutkan/tidak di submit. Hal ini dilakukan OCTO Biz untuk menghindari aktivitas edit yang terduplikasi.

Langkah yang dapat dilakukan adalah:

  1. Check ke menu “Task List”
  2. Pada list di task list, pilih “Manage Company”
  3. Check terkait aktivitas edit yang terjadi, jika tidak ada yang ingin diubah bisa di “Delete” saja. Jika memang sebelumnya ada aktivitas yang ingin di submit, silahkan klik “Submit”
  4. Silahkan kembali ke Manage Company, tombol edit sudah kembali muncul
2 Kenapa saya tidak bisa melihat mutasi & aktivitas transaksi? Untuk SysAdmin, dikarenakan fungsi utamanya adalah untuk setting akun terkait dengan hal administratif (contoh: User & Token) maka memang tidak memiliki fungsi transaksional. Sehingga tidak dapat melihat mutasi & aktivitas transaksi perusahaan.