production

Panduan Lengkap Menabung Saham untuk Investasi Jangka Panjang

 

 
 
 
 

Panduan Lengkap Menabung Saham untuk Investasi Jangka Panjang

 

Menabung saham menjadi salah satu jawaban tepat untuk Anda memulai berinvestasi dan sadar finansial, tapi belum banyak orang mengetahui bagaimana cara menabung saham.

Tidak sedikit yang berpikiran bahwa menabung saham hanya bisa dilakukan oleh para pengusaha kaya raya. Namun, anggapan tersebut ternyata salah karena saat ini banyak perusahaan-perusahaan sekuritas yang menawarkan kemudahan berinvestasi saham untuk siapa saja.

Menabung Saham untuk Keuntungan Jangka Panjang

Jika Anda seorang pemula, ada baiknya mengenali terlebih dahulu profil risiko dalam berinvestasi. Karena menabung saham untuk jangka pendek nilainya akan fluktuatif, namun untuk jangka panjang nilai saham berpotensi besar naik.

Secara umum, bila investasi jangka panjang melalui saham maka dana Anda dapat bertumbuh signifikan. Akan lebih cocok untuk Anda jika mempertimbangkan menabung saham untuk jangka panjang dan tidak melakukan trading.

Anda bisa menabung saham dengan cara rutin membeli stock setiap bulan dan return yang Anda dapatkan bisa lebih besar. 

Cara Menabung Saham

Kini semua kalangan bisa menabung saham, Anda pun bisa menjadi investor di perusahaan besar. Berikut ini cara menabung saham.

Membuka Rekening Efek

Sama seperti mekanisme menabung di bank-bank konvensional, Anda juga harus membuka rekening saham untuk bisa memulai transaksi. Untuk membuka rekening ini, Anda harus melalui perusahaan-perusahaan sekuritas atau broker.

Di Indonesia sudah banyak perusahaan sekuritas yang terpercaya dan bisa Anda jadikan pilihan untuk membuka rekening. Selain itu, bank-bank konvensional juga memiliki perusahaan sekuritas.

Salah satunya adalah CIMB Niaga melalui PT CGS-CIMB Sekuritas atau CIMB Sekuritas. Di tahun 2019, CIMB Sekuritas menjadi salah satu dari 10 perusahaan sekuritas Indoensia dengan frekuensi perdagangan tertinggi.

Ada dua cara untuk membuka rekening di CIMB Sekuritas, yaitu secara online dan offline. 

Buka rekening CGS CIMB sekuritas online

Masuk ke https://register.cgs-cimb.co.id/ dan masukan email dan kata sandi. Setelah itu cek email yang dikirim CGS CIMB, dan klik “link aktivasi.” Setelah itu Anda langsung diarahkan ke halaman login. Lakukan login dan mengisi formulir.

Isi formulir dan unggah foto dokumen-dokumen

Ada empat step pengisian formulir yang harus Anda lalui di form registrasi yang harus diisi dengan data-data valid. Unggah formulir berupa foto KTP, NPWP, dan tanda tangan basah.

Registrasi offline CIMB Sekuritas

Minta formulir pendaftaran dan isi

Datang ke kantor cabang CIMB Sekuritas terdekat, lalu mintalah formulir pendaftaran. Anda juga bisa menelpon customer service mereka di 02129961800. Formulir itu akan dikirimkan ke rumah Anda via pos.

Isi dokumen-dokumen tersebut dengan data terbaru. Jangan lupa untuk menyertakan dua lembar materai 6 ribu.

Siapkan dokumen-dokumen

Jangan lupa juga untuk menyiapkan dokumen-dokumen di bawah ini:

Fotokopi KTP

Fotokopi NPWP

Fotokopi halaman depan buku tabungan

ID card pegawai (jika karyawan)

Jika formulir pendaftaran sudah terisi serahkan ke petugas CIMB Sekuritas dan permohonan rekening Anda akan segera diproses.

Tunggu Permohonan Diproses

Jika berkas-berkas dan dokumen yang kamu serahkan sudah cukup, maka proses pembukaan rekening efek dan rekening dana nasabah (RDN) tidak akan memakan waktu lama. 

Setelah kamu menerima user ID dan password login ke aplikasi dari CIMB Sekuritas, segera masuk ke iTrade. Anda bisa memilih untuk masuk lewat web browser, desktop, atau ponsel. Deposit awal untuk trading online di CIMB Sekuritas adalah Rp 1 juta.

Top up Dana ke Rekening Saham

Setelah membuka rekening saham, cara menabung saham selanjutnya adalah melakukan pengisian dana ke rekening saham Anda untuk mendukung proses pembelian saham. Dana tersebut akan digunakan untuk membeli saham di bursa efek.

Setelah mengisi rekening dengan sejumlah dana, Anda akan diberikan ID sebagai akses ke aplikasi jual beli saham di perangkat pintarmu.

Unduh Aplikasi Pembelian Saham

Setelah mendapatkan akses, Anda harus mengunduh aplikasi yang dimiliki oleh perusahaan sekuritas tempat Anda membuka rekening. Biasanya aplikasi tersebut bisa dibuka melalui ponsel atau komputer.

Mulai Membeli Saham

Setelah memiliki aplikasi dan bisa masuk ke dalam akses Anda, langkah menabung saham selanjutnya adalah melakukan transaksi. Pastikan Anda sudah menetapkan saham yang ingin dibeli kemudian pilih beli atau 'buy' dan masukkan jumlah pembelian--minimal 1 lot atau 100 lembar.

Transaksi tidak bisa dilakukan setiap saat, pasar saham memiliki jadwal transaksi. Untuk Senin hingga Jumat, bursa saham dibuka mulai pukul 09:00 WIB sampai 12:00 WIB, kemudian 13:30 WIB hingga 16:15 WIB.

Keuntungan Menabung Saham

Mendapat Dividen

Menabung saham memiliki beberapa keuntungan bagi Anda. Di antaranya adalah dividen yaitu pembagian laba yang akan diberikan oleh perusahaan kepada para pemegang saham. Berapapun jumlah saham yang Anda miliki, Anda akan mendapatkan bagian keuntungan yang bersifat proporsional dengan besaran saham.

Ada dua macam dividen yaitu tunai dan dividen saham. Pemegang saham akan mendapat uang tunai yang dihitung berdasarkan jumlah satu lembar saham yang dimiliki jika mendapatkan dividen tunai.

Sementara untuk dividen saham, perusahaan akan membagikan keuntungan dalam bentuk saham sehingga jumlah saham yang dimiliki oleh para pemegang saham akan bertambah.

Capital Gain

Keuntungan lain dari menabung saham adalah capital gain. Pemegang saham juga berpotensi mendapatkan keuntungan dari naiknya nilai saham.

Sebagai contoh, jika Anda membeli saham A per lembarnya dengan harga RP 2.000 dan saham itu dijual dengan harga Rp 2.500, maka keuntungan capital gain yang didapatkan oleh pemegang saham adalah 500 rupiah per lembar.

Pilihan Investasi dengan Reksadana

Selain menabung saham, Anda juga memilih investasi jangka panjang melalui reksadana. Reksadana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat yang selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi.

Portofolio efek sendiri merupakan surat berharga seperti saham, obligasi, surat berharga, deposito dan lain-lain. Sementrara manajer investasi adalah pihak yang bertanggung jawab mengelola portofolio efek berdasarkan kebijakan investasi yang sudah disepakati dan bertanggung jawab atas kinerja reksadana.

Untuk pilihan reksadana, CIMB Niaga yang bertindak sebagai agen penjual efek reksa dana mendistribusikan 69 produk reksadana sebagai pilihan investasi jangka panjang yang lebih aman untuk Anda.

Jenis Reksadana

Reksa Dana Pasar Uang

Alokasi dana 100% pada instrumen pasar uang, seperti deposito, SBI (Sertifikat Bank Indonesia), atau Obligasi dengan masa jatuh tempo kurang dari 1 tahun.

Keunggulan:

Hasil yang relatif stabil dan cenderung tidak fluktuatif. Sesuai untuk Anda dengan tujuan investasi jangka pendek (≤ 1 tahun).

Likuid atau mudah dicairkan, pada umumnya T+2 (2 hari bursa setelah instruksi pencairan)

Tidak ada biaya pembelian dan penjualan

Risiko relatif lebih kecil dibandingkan reksa dana lainnya

Reksa Dana Pendapatan Tetap

Alokasi dana minimum 80% pada instrumen obligasi.

Keunggulan:

Sesuai untuk Anda dengan tujuan investasi jangka menengah (1-3 Tahun)

Terdapat pembagian keuntungan tunai atau tambahan unit penyertaan yang dibagikan berkala untuk beberapa reksa dana jenis ini.

Reksa Dana Terproteksi

Memberikan proteksi atas Nilai Investasi Awal dari pemegang Unit Penyertaan melalui mekanisme pengelolaan portofolionya dengan menginvestasikan dana pada Efek Bersifat Utang yang masuk kategori layak investasi (investment grade), sehingga nilai Efek Bersifat Utang pada saat jatuh tempo sekurang-kurangnya dapat menutupi jumlah nilai yang terproteksi

Keunggulan:

Imbal hasil yang lebih terukur dalam jangka waktu investasi tertentu

Reksa Dana Campuran

Alokasi dana maksimal 79% untuk masing-masing instrumen pasar uang, obligasi, atau saham.

Keunggulan:

Sesuai untuk Anda dengan tujuan investasi jangka menengah sampai panjang (3-5 Tahun)

Alokasi aset lebih fleksibel sehingga lebih adaptif dengan kondisi pasar.

Reksadana Index (RDI)

Alokasi dana minimum 80%. Aset harus diinvestasikan sesuai dengan aset-aset pada indeks acuan, yang disebut dengan pengelolaan pasif, yaitu untuk mendapatkan hasil investasi yang mirip dengan indeks acuan, baik indeks obligasi maupun indeks saham. Mirip dengan Reksa Dana Terbuka, dapat dibeli dan dijual sewaktu-waktu di setiap hari bursa.

Keunggulan:

Sesuai bagi Anda yang menginginkan transparansi investasi dan memilih pengelolaan secara pasif untuk hasil yang lebih maksimal.

Reksadana Saham

Alokasi dana minimum 80% pada instrumen saham. Potensi pertumbuhan relatif tinggi karena bersifat agresif.

Keunggulan:

Sesuai bagi Anda dengan tujuan investasi jangka panjang (di atas 5 tahun) dengan profil risiko agresif.

Jika Anda sudah mulai ingin memantapkan hati dan niat menabung saham, kini saatnya menentukan pilihan investasi untuk Anda. CIMB Niaga Reksadana bisa jadi solusi dari kebutuhan yang Anda cari untuk investasi jangka panjang.

Temukan info lengkap mengenai Reksadana CIMB Niaga untuk Anda di sini!

Produk Terkait

Tentang Reksa Dana

Sekarang bisa beli Reksa Dana di OCTO Mobile & OCTO Clicks mulai dari Rp 100 ribu!

Obligasi

Cara tepat berinvestasi untuk pertumbuhan uang dan keuntungan yang maksimal

Foreign Exchange

Pilihan untuk kebutuhan transaksi valas Anda

OCTO Clicks

Tersedia fitur transaksi lengkap mulai dari transfer, bayar tagihan hingga pembukaan deposito dan reksa dana.