production

Mengenal Tipe-Tipe Rumah yang ada di Indonesia

 

 
 
 
 

Mengenal Tipe-Tipe Rumah yang ada di Indonesia

 

Kepemilikan rumah merupakan salah satu keinginan yang kerap kali jadi target bagi setiap orang. Pasalnya, dengan memiliki rumah sendiri akan hadir rasa bangga serta kesan prestise yang menggambarkan Anda memang sangat memikirkan masa depan, mapan, dan orang dengan karakter yang terencana. Namun, sebelum Anda hendak membeli rumah, ada baiknya untuk mengenal dulu tipe-tipe rumah yang ada di Indonesia. Dengan mengenal tipe-tipe rumah, Anda pun akan lebih mudah menyesuaikan keinginan dengan kondisi finansial. Mengenal tipe-tipe rumah yang ada di pasaran merupakan salah satu upaya dalam menyesuaikan impian dengan keinginan Anda dalam memiliki rumah. Pasalnya, membeli rumah merupakan sebuah perihal yang tidak mudah.

Faktor mengenal tipe-tipe rumah

Tidak seperti membeli kebutuhan primer lainnya seperti sandang dan pangan yang dapat diukur melalui desain atau rasa dari barang tersebut, banyak faktor yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli rumah. Oleh karena itu, mengenal tipe-tipe rumah jadi siasat baik dalam memulai merencanakan kepemilikan rumah dalam waktu dekat. Selain mempersiapkan tabungan untuk memiliki rumah idaman, berikut adalah faktor-faktor yang perlu Anda perhatikan sebagai bagian dari perencanaan kepemilikan rumah.

1. Lokasi

Sebelum Anda mulai membeli rumah ada menentukan tipe-tipe rumah yang diinginkan, ada baiknya untuk melakukan survei terlebih dahulu. Di awal, Anda bisa melakukan survei berdasarkan lokasi rumah yang Anda inginkan. Dalam penentuan lokasi rumah impian, Anda perlu memerhatikan waktu dan jarak tempuh dari rumah Anda nantinya menuju ke tempat-tempat esensial seperti kantor Anda. Biasanya, lokasi rumah yang berdekatan dengan area perkantoran cenderung memiliki harga yang relatif mahal. Namun, jika dipikirkan lebih matang, Anda pun akan menghemat biaya transportasi lebih banyak daripada harus memilih lokasi yang relatif lebih jauh dari tempat Anda bekerja.

2. Lahan

Untuk lahan, biasanya soal harga, hal ini memiliki kesinambungan antara lokasi. Lahan baik besar dan kecil bisa jadi aset penting dalam memiliki rumah. Anda perlu menyadari, bahwa ketersediaan lahan di kawasan perkotaan semakin hari, semakin menipis. Meskipun ketersediaannya terbatas, nyatanya permintaan yang ada di pasaran semakin hari, semakin besar. Dalam penentuan lahan, sangat dianjurkan agar Anda mengambil keputusan secara cepat dan tepat untuk mendapatkan penawaran terbaik.

3. Lingkungan

Jika Anda memang memiliki rencana untuk punya rumah dalam jangka waktu yang lama. Bahkan hingga berkeluarga dan membesarkan Anak. Untuk hal tersebut, lingkungan juga jadi faktor penting dalam menentukan kepemilikan rumah. Dalam berkeluarga, baiknya Anda mencari rumah di lingkungan yang sebaya dengan umur Anda dan jadikan opsi terakhir lingkungan rumah dengan tetangga yang umurnya sudah jauh di atas Anda. Karena, saat membesarkan dan mendidik anak bersama keluarga, Anda membutuhkan lingkungan yang kooperatif dan kondusif agar anak Anda bisa tumbuh berkembang, bermain, dan belajar bersama teman-temannya.

Tipe-tipe rumah yang ada di Indonesia

Ketika Anda sudah melakukan pertimbangan secara matang dan menyeluruh, Anda bisa mulai mencari berdasarkan tipe-tipe rumah. Proses mencari berdasarkan tipe-tipe rumah ini akan semakin memberi gambaran yang jelas untuk Anda terhadap luas bangunan yang Anda butuhkan atau inginkan.

1. Tipe 21

Jika Anda berencana memiliki rumah tumbuh seusai menikah dan masih ingin merasakan hangatnya kehidupan pasangan muda berdua, rumah tipe 21 bisa jadi pilihan yang cukup memenuhi kebutuhan Anda. Dalam mengenal lebih dalam tentang tipe-tipe rumah, tipe rumah 21 memiliki luas bangunan 21 meter persegi.

Di dalam rumah tipe 21, biasanya sudah memiliki ruangan satu kamar tidur, satu ruang keluarga yang biasanya memiliki akses langsung menuju dapur, dan satu kamar mandi. Tidak jarang juga rumah tipe 21 memiliki lahan khusus untuk taman kecil baik di bagian depan atau belakang rumah. Selain itu, untuk area cluster biasanya tipe rumah ini sudah tersedia carport untuk kendaraan Anda. Secara kisaran harga, Anda bisa memiliki rumah tipe 21 mulai dari harga Rp 60 juta hingga Rp 300 juta. Variasi harga tersebut dipengaruhi oleh lokasi dan lingkungan dari rumah yang Anda miliki nantinya.

2. Tipe 36

Jika Anda sudah memiliki keluarga dengan anak dan ingin pindah ke rumah yang lebih besar namun tidak ada ruang yang terbuang sia-sia, rumah dengan tipe 36 bisa jadi alternatif yang bisa Anda masukan ke dalam rencana. Karakteristik dari tipe-tipe rumah 36 adalah bangunannya memiliki luas 36 meter persegi.

Secara spesifikasi, rumah tipe 36 ini tidak jauh beda dengan rumah tipe 21. Yang jadi pembeda adalah hadirnya dimensi ruang tamu atau ruang keluarga yang lebih luas. Untuk kamar tidur, secara umum rumah tipe ini memiliki dua buah kamar, yang cocok jika Anda memiliki keluarga dengan satu atau dua anak kecil. Namun, perlu diperhatikan, tidak semua rumah tipe 36 memiliki dua buah kamar, terkadang ada juga yang hanya memiliki satu kamar. Untuk kisaran harga, rata-rata rumah tipe ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 100 juta hingga Rp 400 juta.

3. Tipe 45

Secara popularitas, rumah dengan tipe 45 merupakan tipe rumah favorit yang diincar oleh kebanyakan orang di Indonesia. Pasalnya rumah tipe ini memiliki spesifikasi ideal untuk orang yang sudah berkeluarga. Jika Anda dan keluarga hendak memilih rumah tipe 45, Anda akan mendapatkan rumah dengan dua buah kamar tidur, satu ruang tamu, satu ruang keluarga, satu dapur, serta area teras dan taman yang lebih luas.

Sesuai dengan namanya, tipe-tipe rumah 45 ini identik memiliki bangunan seluas 45 meter persegi dengan tanah seluas 96 meter persegi. Perihal harga, kerap ditemui rumah tipe 45 memiliki angka di kisaran Rp 200 juta hingga Rp 500 juta per unitnya. Selain lokasi dan lingkungan, kualitas bangunan dan materialnya punya peranan jadi pembeda untuk harganya.

4. Tipe 54

Bagi Anda yang sudah berkeluarga dan memiliki anak lebih dari dua, mungkin sudah saatnya Anda pikirkan untuk pindah ke rumah yang lebih besar. Salah satu alternatif yang bisa Anda jadikan incaran untuk hal tersebut adalah rumah dengan tipe 54.

Rumah tipe 54 merupakan bangunan rumah yang memiliki luas 54 meter persegi. Di dalam bangunannya, Anda akan mendapatkan dua hingga tiga buah kamar tidur. Cocok jika salah satu anak Anda sudah mulai beranjak remaja dan membutuhkan privasi. Selain itu, biasanya rumah ini hadir dalam rumah dua lantai yang memiliki ruang keluarga, ruang tamu, dapur, serta halaman terbuka yang luas. Untuk memiliki rumah tipe 54, Anda perlu menyiapkan budget mulai dari Rp 300 juta hingga Rp 800 juta. Tergantung lokasi yang Anda pilih.

5. Tipe 60

Jika Anda dan keluarga sudah mulai merasa mapan dan cukup memiliki kebebasan finansial, memiliki rumah baru dengan ukuran yang lebih luas bisa meningkatkan prestise yang Anda miliki saat ini.

Rumah tipe 60 biasanya memang disasar untuk pasar kalangan menengah ke atas. Untuk kamar tidur sendiri, rumah ini memiliki 3 hingga 4 kamar tidur. Untuk konfigurasi kamarnya tergantung jenis rumahnya apakah satu lantai atau dua lantai. Selain itu, dimensi ruang seperti ruang tamu, ruang keluarga, dapur, dan teras juga hadir lebih luas. Selain carport, biasanya rumah tipe ini juga dibekali dengan garasi. Jadi Anda bisa menyimpan kendaraan lebih dari satu. Untuk harga, rumah tipe ini biasa ditemui memiliki kisaran Rp 400 juta hingga 900 juta.

6. Tipe 70

Dengan memiliki rumah dengan bangunan seluas 70 meter seperti rumah tipe 70, Anda bisa merancang rumah sesuai dengan konfigurasi yang Anda inginkan. Mulai dari berapa lantai yang diinginkan, berapa kamar, hingga luas taman, semuanya keputusan terkait desain ada di tangan Anda.

Namun, jika Anda membeli rumah yang sudah jadi di awal dan belum ada keinginan untuk mengubahnya, Anda akan mendapatkan empat hingga 5 buah kamar yang tersebar di dalam rumah. Dengan dimensi ruangan pendukung yang lebih luas dibandingkan tipe-tipe rumah lainnya. Untuk persiapan budget, sebetulnya Anda bisa memiliki rumah tipe 70 ini mulai dari Rp 500 juta hingga 1-2 milyar.

7. Tipe 120

Rumah dengan tipe 120 merupakan tipe rumah yang paling luas yang saat ini tersedia di pasar properti Indonesia. Dengan luas bangunan 120 meter, biasanya rumah ini dirancang untuk memenuhi impian pemiliknya. Anda sebagai pemilik bisa mengaplikasikan berbagai gaya arsitektur yang Anda gemari untuk tipe rumah ini. Anda pun bisa berkreasi menyediakan jumlah ruang, seperti kamar tidur, kamar mandi, ruang keluarga, ruang makan, dapur, hingga ruang kerja sesuai dengan kebutuhan Anda. Aplikasi desain tanpa batas sangat cocok untuk rumah dengan tipe 120 ini.

Kini, setelah mengenal tipe-tipe rumah yang ada di Indonesia, kira-kira apakan Anda sudah menemukan tipe rumah mana yang cocok untuk Anda? Dalam memiliki rumah atau hunian idaman, tentu biaya juga punya peranan penting dalam merealisasikannya. Namun, tidak perlu khawatir, CIMB Niaga memiliki ragam produk KPR untuk memenuhi keinginan Anda memiliki rumah idaman dan terbaik untuk Anda dan keluarga. Temukan info lengkap tentang produk KPR CIMB Niaga di sini.

Produk Terkait

KPR CIMB Niaga: Wujudkan hunian idaman Anda