production

Lengkapi Syarat Membuat BPJS Kesehatan yang Mudah dan Simple

 

 
 
 
 

Lengkapi Syarat Membuat BPJS Kesehatan yang Mudah dan Simple

 

Inovasi terbaru dalam jaminan sosial kesehatan di tahun 2014 melalui resminya BPJS Kesehatan dapat dianggap sebagai hembusan napas baru yang membawa harapan sekaligus rasa aman bagi seluruh masyarakat Indonesia. Pasalnya, BPJS Kesehatan merupakan program pemerintah yang memang hadir untuk memberikan akses kesehatan secara merata bagi seluruh masyarakat Indonesia. Bersifat wajib untuk jadi peserta layanan tersebut, Anda harus paham tentang apa saja yang diperlukan dalam syarat membuat BPJS, sehingga Anda dapat merasakan manfaatnya dengan mudah dan nyaman.

Sebelum menjelaskan tentang apa saja syarat membuat BPJS, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu tentang BPJS Kesehatan secara lebih detail. Seperti yang telah Anda ketahui, Badan Pelayanan Jaminan Sosial Kesehatan atau BPJS kesehatan sebuah layanan penjaminan sosial yang dirancang oleh Pemerintah Indonesia demi memberikan akses terhadap layanan kesehatan yang mudah bagi rakyat Indonesia. Perlu dipahami bahwa layanan BPJS Kesehatan ini bersifat wajib bagi seluruh warga negara Indonesia untuk ikut serta. Tidak hanya eksklusif bagi WNI, warga negara asing yang telah menetap di Indonesia selama kurun waktu 6 bulan pun wajib ikut jadi peserta layanan BPJS Kesehatan. 

Dokumen syarat membuat BPJS Kesehatan

Bisa disimpulkan, dengan menjadi warga negara Indonesia yang sah, Anda telah melengkapi salah satu syarat membuat BPJS Kesehatan yang utama. Saat ini, seluruh pendaftaran BPJS Kesehatan mandiri diarahkan melalui aplikasi JKN Mobile. Berikut beberapa hal lainnya yang perlu Anda penuhi sebagai syarat membuat BPJS Kesehatan secara lengkap, seperti 

  • Kartu Keluarga (KK)
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • NPWP
  • Nomor handphone
  • Buku rekening
  • Pas foto ukuran 3 x 4 dengan ukuran digital maksimal 50KB
  • Alamat e-mail

Dengan menggunakan kartu keluarga sebagai salah satu syarat membuat BPJS Kesehatan yang penting, dapat dipastikan bahwa seluruh anggota keluarga Anda akan mendapatkan proteksi serta manfaat yang menyeluruh dari layanan kesehatan rancangan pemerintah ini. 

Setelah mempersiapkan syarat membuat BPJS Kesehatan, ada beberapa langkah yang masih perlu Anda lakukan untuk mendaftarkan diri Anda sekaligus keluarga untuk jadi peserta layanan kesehatan ini. Dalam memenuhi syarat membuat BPJS Kesehatan ada dua skema yang perlu Anda ketahui, yaitu skema offline dan juga online

Daftar BPJS Kesehatan secara offline

Skema mendaftarkan diri Anda untuk ikut jadi peserta BPJS Kesehatan secara offline ini mengharuskan Anda untuk datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan di tempat tinggal Anda. Sebelum berangkat menuju kantor cabang BPJS Kesehatan, pastikan Anda telah mempersiapkan dokumen yang telah disebutkan di atas sebagai bagian dari syarat membuat BPJS Kesehatan. 

Setelah seluruh syarat membuat BPJS Kesehatan telah siap, segera datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan untuk mengambil nomor antrean sekaligus juga mengisi formulir pendaftaran yang juga jadi syarat membuat BPJS Kesehatan. Isi formulir tersebut secara teliti sesuai dengan data dari dokumen syarat membuat BPJS Kesehatan yang telah Anda persiapkan. 

Setelah formulir sudah terisi dengan baik dan benar, segera lampirkan formulir serta dokumen pelengkap syarat membuat BPJS Kesehatan kepada petugas di kantor cabang BPJS Kesehatan. Jangan lupa untuk memilih lokasi fasilitas kesehatan serta kelas pelayanan yang Anda inginkan untuk menjaga keluarga. Setelah seluruh syarat membuat BPJS Kesehatan telah diterima dan diproses Anda akan diberikan sebuah nomor virtual account untuk melunasi iuran pertama dari layanan BPJS Kesehatan Anda. Iuran pertama tersebut mengacu pada biaya kelas pelayanan kesehatan yang telah Anda pilih sebelumnya. Berikut adalah iuran tarif bayar BPJS Kesehatan tersebut berlaku per Januari 2021 menurut Perpres Nomor 64 tahun 2020. 

  • Rp 150.000 per orang untuk layanan BPJS Kesehatan kelas I
  • Rp 100.000 per orang untuk layanan BPJS Kesehatan kelas II
  • Rp 42.000 per orang (Rp 35.000 dibayar secara mandiri dan Rp 7.000 disubsidi pemerintah) untuk layanan BPJS Kesehatan kelas III

Setelah Anda melunasi tagihan iuran pertama melalui bank atau melalui kanal digital banking, segera selesaikan proses syarat membuat BPJS Kesehatan Anda dengan melampirkan bukti bayar kepada pihak petugas BPJS Kesehatan. Lalu, Anda hanya tinggal menunggu kartu peserta Anda dan keluarga selesai dicetak.

Daftar BPJS Kesehatan secara online

Bagi Anda yang tidak memiliki waktu yang cukup untuk diluangkan dari aktivitas keseharian Anda, menyelesaikan proses syarat membuat BPJS Kesehatan secara online bisa jadi alternatif baik agar Anda dan keluarga segera mendapatkan proteksi layanan kesehatan yang terjamin oleh Pemerintah Indonesia. 

Dalam mendaftar secara online, Anda hanya perlu mengakses situs resmi BPJS  Kesehatan. Namun, jangan lupa untuk terlebih dahulu mempersiapkan seluruh dokumen syarat membuat BPJS Kesehatan yang telah tertera di atas. Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan nomor telepon dan email yang aktif sebagai tambahan syarat membuat BPJS Kesehatan. 

Setelah semua syarat membuat BPJS Kesehatan telah dipersiapkan, kembali akses situs resmi BPJS Kesehatan. Dalam situs tersebut, nantinya akan ada tampilan formulir yang perlu Anda isi dengan teliti dan benar. Pastikan untuk mengecek kembali data dari syarat membuat BPJS Kesehatan hingga nantinya tidak ada permasalahan di masa depan. Anda juga akan diarahkan untuk memilih lokasi fasilitas kesehatan dan kelas layanan BPJS Kesehatan.

Setelah semua syarat membuat BPJS Kesehatan telah terisi lengkap, lanjutkan dengan menyimpan data pribadi Anda dan keluarga ke dalam sistem. Periksa email pribadi Anda untuk untuk mendapatkan tautan verifikasi yang juga berisi lembar tagihan iuran pertama yang perlu Anda bayarkan. Dalam lembar tagihan tersebut tercantum nomor virtual account yang bisa Anda bayar dengan mendatangi bank yang telah dipilih dan bisa juga dengan menggunakan layanan digital banking sebagai finalisasi syarat membuat BPJS Kesehatan.

Setelah proses pembayaran iuran Anda selesai, maka kini Anda dan keluarga sudah terdaftar aktif sebagai peserta BPJS Kesehatan. Nantinya Anda akan mendapatkan email bukti sebuah kartu digital BPJS Kesehatan. Jika Anda menginginkan kartu BPJS Kesehatan secara fisik, Anda hanya perlu datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan yang dekat dengan tempat tinggal sekaligus melampirkan syarat membuat BPJS Kesehatan berupa dokumen data diri dan keluarga, bukti cetak pendaftaran secara online, sekaligus bukti pembayaran yang telah Anda lakukan. Selanjutnya, Anda hanya tinggal menunggu giliran kartu fisik BPJS Kesehatan Anda telah selesai dicetak.

Untuk tetap menjaga Anda dan keluarga selalu terjaga dan aktif sebagai peserta layanan BPJS Kesehatan. Pastikan Anda untuk selalu membayar iuran bulanan BPJS Kesehatan secara tepat waktu. Metode pembayaran iuran BPJS Kesehatan juga sudah bisa dilakukan dengan cukup mudah karena terintegrasi dengan pembayaran online, salah satunya dengan layanan digital banking. Salah satu digital banking yang menawarkan kemudahan bayar iuran BPJS Kesehatan adalah OCTO Mobile dari CIMB Niaga. Di luar kebutuhan dalam membayar iuran BPJS Kesehatan, OCTO Mobile dari CIMB Niaga juga bisa memberikan kemudahan dalam pembayaran tagihan utilitas setiap bulannya, seperti bayar tagihan PLN, telepon, kartu kredit, KTA, dan masih banyak lainnya. Selain itu, OCTO Mobile dari CIMB Niaga juga menawarkan fitur transaksi perbankan yang lengkap, seperti transfer secara real-time yang bisa Anda akses dan gunakan hanya dengan sentuhan jari. Temukan informasi dan keuntungan tentang OCTO Mobile CIMB Niaga di sini.

Produk Terkait

OCTO Mobile: Banyak Bisanya, Bisa Semaunya!

OCTO Clicks

Tersedia fitur transaksi lengkap mulai dari transfer, bayar tagihan hingga pembukaan deposito dan reksa dana. 

Asuransi Xtra Flexi

Merupakan produk asuransi jiwa persembahan PT Sun Life Financial Indonesia. Memberikan perlindungan lengkap untuk resiko kecelakaan, rawat inap, dan jiwa, dengan premi terjangkau, mulai dari Rp 66.000 (enam puluh enam ribu rupiah) per bulan.

Tabungan CIMB Niaga Xtra

Kini dengan XTRA PROTEKSI, Anda dapat mempersiapkan diri Anda dan keluarga dengan perlindungan menyeluruh untuk Asuransi Jiwa & Asuransi Kesehatan secara GRATIS melalui Tabungan CIMB Niaga.