production

Biaya Rontgen, Pengertian Rontgen dan Jenis-jenisnya

 

 
 
 
 

Biaya Rontgen, Pengertian Rontgen dan Jenis-jenisnya

 

Biaya rontgen atau pemeriksaan X-ray saat ini memiliki tarif yang beragam. Tarif yang dibebankan tergantung dari jenis dan rumah sakit yang dipilih. Biasanya biaya rontgen mulai dari Rp200.000 untuk satu jenis foto rontgen.

Rontgen sendiri digunakan untuk merekam paru-paru, sendi, perut, leher, tulang, hingga saluran pencernaan. Mari simak penjelasan di artikel ini mengenai pengertian, biaya rontgen, hingga jenis-jenis rontgen.

Baca Juga : Rekomendasi Kado untuk Pernikahan dan Tips Memilihnya

Pengertian Rontgen

Rontgen merupakan tindakan medis yang menggunakan radiasi gelombang elektromagnetik untuk mengambil gambar bagian dalam dari tubuh seseorang. Biasanya rontgen digunakan untuk mendiagnosa masalah kesehatan dan pemantauan kondisi kesehatan pada diri seseorang.

Cara kerja foto rontgen menggunakan X-ray dengan memindahkan radiasi frekuensi tinggi ke seluruh tubuh. Sinar ini kemudian ditangkap pada gambar, dengan bagian-bagian tubuh yang berbeda menjadi terlihat karena perbedaan warna pada gambar.

Perbedaan warna ini didasarkan pada kepadatan bagian tubuh seseorang, yaitu, X-ray menunjukkan tulang sebagai gambar putih dan menunjukkan paru-paru sebagai gambar yang lebih gelap.

Dalam beberapa jenis foto Rontgen, digunakan tambahan zat pewarna (kontras) yang diminum atau disuntikkan, misalnya iodine atau barium, untuk menghasilkan gambaran yang lebih detail.

Metode yang satu ini dianggap paling umum dilakukan untuk mengetahui kemungkinan adanya retak atau patah tulang karena kecelakaan atau terbentur benda keras.

Perkiraan Biaya Rontgen

Untuk biaya rontgen atau X-ray, nominalnya bisa berbeda-beda sesuai dengan bagian tubuh mana yang akan dipindai dan diperiksakan. Juga tergantung pada rumah sakit atau tempat di mana Anda melakukan rontgen.

Baca Juga : Ketahui 5 Tahapan Budidaya Ikan Nila untuk Memulai Bisnis Menguntungkan

Selain itu, biaya rontgen juga bergantung pada jenis pemeriksaan X-ray yang dilakukan oleh Anda. Misalnya Anda yang melakukan CT Scan akan mendapat biaya rontgen yang berbeda jika melakukan flouroskop, atau mammogram. Berikut ini kisaran biaya rontgen di rumah sakit berdasarkan jenis-jenis rontgen.

Biaya rontgen dada

  • Biaya rontgen di RS Ananda Babelan, Bekasi Rp145.000
  • Biaya rontgen di Rumah Sakit Tebet, Jakarta Rp180.000
  • Biaya rontgen di Siloam Sriwijaya Palembang Rp200.000
  • Biaya rontgen di Siloam Hospitals Bogor Rp220.000
  • Biaya rontgen di Siloam Hospitals Yogyakarta Rp300.000

Biaya rontgen perut

  • Biaya rontgen di Siloam Hospitals Semarang Rp254.410
  • Biaya rontgen di Siloam Hospitals Bogor Rp500.000
  • Biaya rontgen di Laboratorium Klinik Prodia Wonogiri Rp555.000
  • Biaya rontgen di Rumah Sakit Premier Jatinegara, Jakarta Rp930.000

Biaya rontgen gigi

  • Biaya rontgen di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Jakarta Rp120.000
  • Biaya rontgen di RSU Bunda Margonda, Depok Rp120.000
  • Biaya rontgen di Ciputra Mitra Hospital Banjarmasin Rp130.000
  • Biaya rontgen di RS Awal Bros Makassar, Rp330.000
  • Biaya rontgen di Primaya Hospital Bekasi Utara Rp330.000

Perlu dicatat bahwa biaya rontgen di atas hanya estimasi awal. Anda bisa mencari detail lengkap harga rontgen dengan berkonsultasi lebih dulu dengan pihak rumah sakit mengenai biaya rontgen.

Jenis-jenis rontgen (X-ray)

Terdapat berbagai jenis rontgen, masing-masing dengan kegunaan yang spesifik. Berikut ini diantaranya:

Rontgen dada (thoraks) 

Rontgen dada adalah suatu pemeriksaan pencitraan struktur dengan mengambil gambar dari jantung, paru, pembuluh darah, saluran pernafasan, dan kelenjar getah bening menggunakan X-ray. Pemindaian X-ray dada digunakan untuk mendiagnosis masalah kesehatan yang menimbulkan gejala di daerah dada seperti masalah paru dan pernafasan serta gangguan jantung.

Tujuan dari rontgen dada diantaranya:

  • Mengevaluasi kondisi paru-paru, jantung, dan dinding dada.
  • Menentukan penyebab sesak napas, batuk lama, demam, nyeri dada, atau cedera.
  • Mendiagnosis dan memantau efektivitas pengobatan dari beberapa penyakit, seperti emfisema paru dan kanker.
  • Karena rontgen dada (thoraks) tergolong cepat dan mudah dilakukan, prosedur ini seringkali diperlukan dalam diagnosis dan penanganan kegawatdaruratan medis.

Pada kebanyakan kasus, rontgen dada melibatkan dua gambar, yaitu gambar yang diambil dari belakang, dan satu lagi diambil dari samping.

Rontgen tulang belakang 

Pemeriksaan X-ray tulang belakang dan membantu dalam menemukan penyakit dan cedera yang mengenai tulang belakang, sendi, serta diskusnya (cakram atau bantalan antar tulang). Umumnya, rontgen tulang belakang digunakan untuk mendiagnosis masalah yang berhubungan dengan tulang belakang.

Terdapat beberapa subtipe rontgen tulang belakang tergantung pada bagian tertentu dari tulang belakang. Pasien mungkin memerlukan rontgen pada leher, toraks (dada), sakrum atau tulang ekor, atau lumbosakral.

Tujuan dari rontgen tulang belakang, yaitu:

  • Mengetahui patah di tulang belakang.
  • Melihat ada atau tidaknya dislokasi (pergeseran) pada area tulang belakang.
  • Mengetahui ada atau tidaknya masalah pada diskus.
  • Memeriksa infeksi.
  • Diagnosis kemungkinan adanya tumor.
  • Diagnosis skoliosis (kelainan bentuk tulang belakang) atau spina bifida (cacat tabung saraf.

Rontgen anggota gerak 

Foto rontgen ini fokus pada anggota gerak, seperti tangan, pergelangan tangan, kaki, lutut, tungkai, pergelangan kaki, dan pinggul. Rontgen anggota gerak ini biasanya diperlukan untuk menemukan dan memeriksa cedera serta penyakit seperti patah tulang dan pergeseran.

Baca Juga : 5 Contoh Hidup Sederhana Untuk Masa Depan Indah

Beberapa contoh kondisi yang mempengaruhi ekstremitas (anggota tubuh bagian bawah) dan mungkin memerlukan rontgen antara lain adalah tumor, osteoporosis (keropos tulang), dan radang sendi.

Pemindaian Rontgen (X-ray) dengan bantuan teknologi

Selain dari X-ray yang menghasilkan gambar dari bagian tubuh, ada X-ray yang lebih berkembang dan maju pada metode pencitraan, seperti:

  • Fluoroskopi: pemindaian X-ray yang menghasilkan gambar bergerak dari bagian tubuh.
  • Computed Tomography (CT scan): pemindaian yang sangat rinci ini hasil pengembangan teknologi yang memadukan X-ray dan perangkat komputer untuk mendapat hasil yang lebih baik di pemeriksaan X-ray atau rontgen biasa.
  • Magnetic Resonance Imaging (MRI): menggunakan medan magnet dan gelombang radio untuk mendapatkan tampilan rinci pada bagian dan organ-organ tubuh tertentu.
  • Positron Emission Tomography (PET scan): tindakan ini dapat dilakukan pada bagian tubuh dan organ-organ yang berbeda seperti otak, payudara, hati, dan paru-paru.

Persiapan sebelum menjalani foto rontgen

Untuk menjalani rontgen tidak sembarangan. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan siapkan sebelum melakukannya.

  • Memakai pakaian yang nyaman dan longgar agar mudah untuk membukanya, namun pada beberapa rumah sakit akan diberikan gaun untuk dipakai.
  • Mencopot perhiasan, jam atau alat-alat yang mengandung logam pada tubuh. Jika kamu memiliki implantasi metalik di dalam tubuh dari operasi sebelumnya, segera laporkan ke dokter karena implan akan memblokir X-Ray untuk menembus ke dalam tubuh.
  • Pada pemeriksaan organ abdomen (perut) kamu diharuskan berpuasa beberapa jam atau hanya makan makanan tertentu agar usus dapat tergambar dengan jelas tanpa adanya penutupan dari feses.
  • Sebelum pemeriksaan saluran kemih, kamu akan diminta untuk meminum banyak air atau dan menahan kencing agar dapat terlihat gambaran yang bagus pada buli-buli (kandung kemih).
  • Saat akan melakukan pemeriksaan dada dengan proyeksi posterior anterior (PA) kamu akan diminta untuk menahan nafas saat foto diambil.
  • Jika rontgen dilakukan pada daerah tengkorak, penjepit atau hiasan rambut, kacamata, dan gigi palsu harus dipindahkan.

Melakukan pemeriksaan bisa dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya adalah melakukan rontgen. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, biaya rontgen ternyata memakan biaya yang tidak sedikit.

Baca Juga : Sebelum Renovasi Rumah, Perhatikan 4 Hal Penting Ini

Untuk mempermudah Anda dalam melakukan pemeriksaan kesehatan dengan rontgen, Anda bisa mempersiapkan biayanya dengan menabung di CIMB Niaga. Kini tabungan CIMB Niaga telah dilengkapi dengan XTRA PROTEKSI sehingga Anda dapat mempersiapkan diri Anda dan keluarga dengan perlindungan menyeluruh untuk Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan secara gratis melalui Tabungan CIMB Niaga Xtra.


Terdapat berbagai jenis tabungan perorangan yang bisa Anda pilih di CIMB Niaga dan dapatkan berbagai keuntungan seperti bebas biaya administrasi bulanan, bebas biaya transfer dan tarik tunai hingga bonus Poin Xtra. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Tabungan CIMB Niaga, Anda bisa temukan di sini.

Produk Terkait

Tabungan CIMB Niaga Xtra

Kini dengan XTRA PROTEKSI, Anda dapat mempersiapkan diri Anda dan keluarga dengan perlindungan menyeluruh untuk Asuransi Jiwa & Asuransi Kesehatan secara GRATIS melalui Tabungan CIMB Niaga.

Fortuna Amanah Syariah

Keluarga Anda adalah amanah bagi Anda

Tabungan iB Xtra

Kemudahan menabung yang senantiasa penuh dengan ketenangan dan keuntungan ekstra yang dilengkapi berbagai fasilitas untuk kenyamanan transaksi dimanapun dan kapanpun