production

Ini Ide Kreatif yang Bisa Dicoba di 2020

Ini Ide Kreatif yang Bisa Dicoba di 2020


Menjadi bagian dari generasi milenial memiliki tantangan tersendiri. Perkembangan informasi yang semakin cepat, membuat para millenials harus adaptif dengan kemajuan zaman. Tak terkecuali di bidang bisnis. Perlu adanya ide-ide usaha kreatif untuk bisa bertahan di tengah persaingan ketat.

Untuk menjalankan bisnis di era milenial, tentu Anda harus pandai dalam melihat peluang usaha. Selain itu, ide usaha yang kreatif dan inovatif mutlak diperlukan. Tapi tak perlu khawatir berlebih, saat ini jenis-jenis usaha kian hari kian variatif. Hal itu tidak lepas dari perkembangan bisnis yang kini serba digital.

Lalu jenis bisnis apa yang cocok bagi Anda generasi milenial? Pertama, harus diketahui terlebih dahulu bahwa milenial adalah generasi yang lahir di kurun waktu 1980-an hingga akhir 1990-an. Mengacu pada masa kelahiran tersebut, saat ini para millenials tengah berada di waktu usia produktif. Karena itu, karakter generasi milenial umumnya bersifat bebas, tidak suka rutinitas, dan lebih suka berkreasi.

Nah untuk itu, berikut adalah ide usaha kreatif yang bisa Anda coba di tahun 2020 ini, millennials! Apa saja?

  1. Fotografi

    Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, fotografi menjadi salah satu hobi yang digandrungi anak muda. Jika Anda penyuka fotografi, tidak ada salahnya hobi yang satu ini untuk diseriusi lebih jauh.

    Peluang berbisnis di bidang fotografi juga terbilang cukup besar. Dengan semakin populernya tren bermedia sosial, konten-konten yang disajikan tentunya juga membutuhkan visual yang apik.

    Modal awal yang diperlukan sebagai fotografer freelance juga terbilang tidak terlalu rumit dengan bermodalkan kamera dan komputer ataupun laptop untuk menyunting foto. Namun tentu saja, seiring berjalannya waktu, penting bagi Anda untuk memperbarui alat-alat penunjang di bisnis fotografi ini.

    Nah, jadi ide usaha kreatif yang satu ini tentu saja patut Anda coba.

  2. Desain grafis

    Anda suka mendesain, editing, ataupun berkreasi dengan gambar lainnya? Jika iya, maka ide usaha kreatif yang satu ini sangat cocok untuk Anda tekuni. Ya, desain grafis. Saat ini, hampir di setiap perusahaan baik industri kecil maupun besar membutuhkan jasa seorang desainer grafis. Kebutuhan itu, baik untuk desain logo, flyer, iklan, serta kebutuhan desain lainnya.

    Karena itu, di era digitalisasi seperti saat ini, peluang untuk berbisnis di bidang desain grafis amat terbuka. Apalagi, tak sedikit perusahaan yang berani membayar besar untuk jasa mendesain sebuah logo atau campaign advertising.

    Sebagai modal awal, Anda hanya perlu laptop atau komputer yang kompatibel dengan software-software editing dan desain. Selain itu, usaha ini juga bisa dijalankan dengan waktu yang fleksibel dan dapat dikerjakan dari mana saja.

    Ragu akan skill desain mu? Jangan khawatir. Banyak dari desainer grafis yang belajar secara otodidak. Anda bisa mempelajarinya secara mandiri melalui platform-platform digital seperti YouTube dan Instagram. Sebagai langkah awal, Anda bisa memulai bisnis ini melalui proyek-proyek pribadi seperti dari rekanan atau teman.

  3. Event organizer

    Resepsi pernikahan, pesta ulang tahun yang meriah, hingga acara reuni sekolah yang mengundang hampir seluruh angkatan. Kesuksesan acara tersebut tidak lepas dari jasa event organizer. Sekarang, berbisnis event organizer bisa menjadi ide usaha kreatif yang baru bagi Anda para millenials.

    Peluang usaha di bidang ini juga cukup terbuka. Saat ini, dengan mobilitas masyarakat yang semakin tinggi serta kesibukkan pekerjaan, mereka yang hendak mengadakan suatu acara mau tidak mau akan menggunakan jasa event organizer. Mulai dari instansi pemerintahan, swasta, artis, hingga masyarakat pada umumnya.

    Apa saja yang perlu diperhatikan dalam menjalankan bisnis event organizer? Yang pertama adalah kreativitas. Jasa ini dibutuhkan karena klien percaya bahwa Anda adalah orang yang bisa menggelar suatu acara dengan ide-ide yang kreatif. Tak hanya itu, Anda juga perlu memiliki konsep yang jelas dalam meng-handle suatu acara.

    Selanjutnya, adalah relasi. Bisnis ini tidak bisa berjalan sendirian tanpa adanya support dari beberapa pihak. Dalam suatu acara, event organizer juga mengatur seperti apa penataan suara, katering, atau penyewaan gedung. Kesemuanya bisa dijalani dengan tepat jika Anda bisa membangun relasi yang baik.

    Anda bisa memulai bisnis ini dari klien-klien terdekat dahulu, seperti pesta ulang tahun atau resepsi pernikahan teman atau sahabat.

  4. Kuliner dengan menu unik

    Hobi memfoto makanan adalah hal yang lumrah ditemui di kalangan anak muda saat ini. Selain itu, banyaknya food vlogger atau food reviewer membuat usaha kuliner dengan menu unik bisa jadi salah satu ide usaha kreatif yang tidak boleh dilewatkan.

    Hal yang bisa Anda lakukan antara lain membuat hidangan kuliner dengan menu yang unik dan disesuaikan dengan tren yang berkembang saat ini. Sebagai contoh, saat ini banyak muncul restoran atau kafe yang menyajikan minuman dan makanan seperti bubble tea, thai tea, geprek mozarella, hingga sate taichan.

    Untuk menekan modal awal, Anda bisa memulai bisnis ini secara online. Produk yang Anda buat bisa dipasarkan melalui media sosial seperti Instagram dan Facebook. Selain itu Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi pesan antar.

  5. Laundry

    Berbisnis binatu atau laundry menjadi salah satu ide usaha kreatif yang bisa Anda kembangkan. Di zaman sekarang, banyak orang yang disibukkan oleh aktivitas pekerjaan sehingga tidak menyempatkan waktu untuk mencuci pakaian.

    Melihat hal itu, tentunya usaha laundry memiliki peluang yang potensial. Selain itu, saat ini orang tidak hanya menggunakan jasa laundry untuk mencuci pakaian melainkan juga sepatu dan tas.

    Khusus sepatu, sudah banyak jasa-jasa pencucian sepatu atau sneakers yang ditemui di kota-kota besar. Hal ini tidak lepas dari tren sneakers yang terus berkembang setiap waktu. Tak jarang, bagi sebagian orang, mereka lebih mempercayakan untuk menggunakan jasa laundry karena sepatu-sepatu tertentu memiliki treatment khusus untuk mencegah kerusakan.

    Tentunya Anda bisa memanfaat peluang ini untuk memulai bisnis di bidang laundry. Jadi tunggu apalagi, yuk segera wujudkan ide usaha kreatif yang satu ini.

  6. Jasa Titip Belanja (Jastip)

    Hobi traveling sambil berbelanja? Jika iya, maka ide usaha kreatif yang satu ini jangan sampai Anda lewatkan. Di saat Anda berlibur dan berbelanja di suatu tempat, ternyata juga bisa menghasilkan pundi-pundi yang tidak sedikit.

    Bagaimana caranya? Melalui jasa titip belanja atau biasa disebut jastip. Saat ini, tidak sedikit orang-orang yang menawarkan jastip ketika berlibur ke luar negeri untuk barang-barang yang tidak dijual di Indonesia.

    Melalui jastip, Anda bisa menjadikan hobi Anda berlibur dan berbelanja sebagai bisnis yang menguntungkan. Pemasarannya juga terbilang sederhana, Anda bisa menawarkan jasa titip ini melalui promosi di akun-akun media sosial yang Anda miliki. Mudah, kan!

Nah, millennials, kini jangan ragu lagi untuk memulai bisnismu sendiri. Di usia yang masih produktif, sudah saatnya Anda berkreasi dengan ide usaha kreatif yang Anda miliki.

Masih khawatir tidak punya modal? Sudah bukan zamannya. Saat ini, sudah banyak layanan perbankan yang menawarkan kemudahan dalam pengajuan Kredit Tanpa Agunan atau KTA. Seperti yang dilakukan oleh CIMB Niaga. Lewat Program CIMB Niaga Xtra Dana, Anda bisa mendapat pinjaman dengan mudah dan tidak perlu ribet soal persyaratan.

Selain itu, di CIMB Niaga Xtra Dana, layanan pengajuan aplikasinya bisa dilakukan di semua cabang, call center, atau website CIMB Niaga. Juga ada bunga khusus dan penawaran pinjaman berdasarkan produk yang Anda miliki di CIMB Niaga. Prosesnya juga cepat dan mudah lho.

Jadi, tak perlu ragu lagi untuk memulai bisnis dengan ide usaha kreatif mu. Tunggu apalagi? Segera bergabung di CIMB Niaga Xtra Dana.