production

Cara Membuat CV yang Menarik Agar Dilirik HRD

Cara Membuat CV yang Menarik Agar Dilirik HRD

 Curriculum Vitae atau CV merupakan faktor penting dalam mencari pekerjaan. CV yang menarik tak melulu berbicara dari segi isi tapi juga pengemasannya. Lalu bagaimana cara membuat CV yang menarik? Nah, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk membuat CV yang menarik agar dilihat oleh HRD.

Apa itu Curriculum Vitae?

Sebelum membuat CV, hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah apa itu CV. Curriculum Vitae secara singkat bisa diartikan sebagai daftar riwayat hidup. Daftar ini merupakan syarat penting untuk Anda yang tengah melamar pekerjaan.

Curriculum vitae atau yang lebih dikenal dengan sebutan daftar riwayat hidup merupakan informasi diri dari pencari kerja. Dalam hal ini, daftar riwayat hidup mencangkup banyak hal yang diantaranya adalah nama, tempat tanggal lahir, alamat dan lain sebagainya. Tanpa mengabaikan cara membuat curriculum vitae (CV) yang diterima perusahaan, tidak ketinggalan juga pengalaman bekerja. Mungkin bagi sebagian orang, CV hanya perlu mencantumkan identitas diri, pendidikan dan pengalaman pekerjaan atau organisasi. Memang benar, tapi apakah menarik minat HRD untuk melihatnya? Belum tentu.

HRD atau recruiter bisa menerima ratusan hingga ribuan CV. Kebayang, dong, repotnya menyeleksi. Nah, menurut riset, kebanyakan perekrut hanya perlu menghabiskan sekitar 6-10 detik untuk melihat sebuah CV. Karena itu first impressions sebuah CV itu hal yang amat penting. Jika dianggap menarik, maka recruiter akan lanjut membaca keseluruhan CV yang Anda buat. Namun apabila dianggap tidak menarik maka akan terlewat begitu saja.

Cara membuat CV menarik

Untuk mengetahui cara membuat CV yang menarik, Anda perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Desain yang kreatif

    Menghadapi saingan yang jumlahnya tidak sedikit, Anda harus menguasai cara-cara membuat CV menarik. Salah satunya adalah desain CV. Desain yang kreatif, akan menarik mata HRD untuk melihat. Namun, jangan juga membuat CV dengan desain yang terlalu lama. Ini berlaku untuk instansi atau perusahaan yang ingin Anda lamar. Apabila tempat atau posisi yang ingin Anda lamar adalah perusahaan yang bergerak di industri kreatif seperti agensi periklanan, film, maupun desain, maka CV bisa Anda buat dengan semenarik mungkin. Namun, apabila Anda melamar pekerjaan di perusahaan yang bergerak di bidang umum atau mungkin instansi pemerintah, Anda cukup membuat CV menjadi lebih menarik dengan komposisi warna dan tulisan yang pas.

    Tidak perlu jika merasa tidak menguasai atau mahir dalam mendesain. Saat ini, sudah banyak website-website yang menyediakan template desain secara gratis. Selain itu ada juga software yang memudahkan Anda dalam membuat CV. Untuk lebih mudahnya Anda bisa menemukan banyak tutorial di YouTube.

  2. Identitas seperlunya

    Hal mendasar dari sebuah CV adalah identitas diri. Identitas diri merupakan hal yang wajib tercantum dalam CV. Namun, banyak orang yang melakukan kesalahan dalam menuliskan identitas diri. Identitas yang perlu dicantumkan dalam CV sebaiknya adalah nama lengkap dan kontak yang bisa dihubungi seperti nomor handphone, email, ataupun sosial media.

    Kebanyakan orang mencantumkan identitas secara lengkap dan mendetail, seperti tanggal, bulan, dan tahun lahir. Kemudian alamat lengkap, golongan darah, agama, hingga hobi. Terkecuali memang diminta mencantumkan oleh recruiter, Anda tidak perlu mencantumkan informasi-informasi yang bersifat pribadi tersebut.

    Hal yang perlu diperhatikan lainnya sebagai bagian cara membuat CV yang menarik adalah penulisan nama. Nama merupakan informasi primer sehingga penting untuk dicantumkan di posisi atas atau header CV. Sebagai opsional, Anda bisa menambahkan foto diri apabila diminta oleh perusahaan atau instansi yang Anda lamar. Foto yang disertakan tergantung persyaratan perusahaan, bisa formal maupun casual.

    Lalu yang kedua selain nama dan kontak, yang penting untuk Anda cantumkan adalah pendidikan. Nah, banyak kesalahan yang dilakukan dalam mencantumkan informasi pendidikan. Jika Anda seorang tamatan Sarjana, Anda tidak perlu menulis riwayat pendidikan Anda sejak sekolah dasar. Cukup menyertakan pendidikan terakhir Anda yakni nama universitas dan program studi atau jurusannya. Sertakan juga pada tahun berapa Anda mulai berkuliah hingga tahun Anda lulus. Jangan lupa juga cantumkan IPK atau nilai akhir. Hal cukup membantu agar CV Anda dipertimbangkan oleh HRD.

  3. Cantumkan Pengalaman pekerjaan secara jelas

    Cara membuat CV menarik selanjutnya adalah mencantumkan pengalaman pekerjaan secara jelas. Perlu diketahui, pengalaman pekerjaan merupakan instrumen terpenting di dalam CV. Untuk membuat CV menjadi lebih menarik, pengalaman pekerjaan yang Anda miliki harus dicantumkan secara runtut dan jelas. Hindari untuk menulis pengalaman kerja dengan berapa lama waktu bekerja saja. Semisal: PT A (Juni 2019 - Desember 2019). 

    Agar HRD atau recruiter bisa mengetahui tingkat kompetensi Anda, sertakan juga tugas dan peran Anda selama menjalani pekerjaan tersebut terlebih bila pengalaman kerja Anda berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Selain itu, cantumkan pengalaman kerja terakhir Anda di urutan pertama terlebih dahulu, baru kemudian dicantumkan secara berurutan ke pengalaman kerja Anda yang paling awal.

    Untuk Anda yang berstatus fresh graduate tidak perlu khawatir. Cara membuat CV Anda menarik bisa dengan mencantumkan pengalaman magang yang Anda miliki selama masa perkuliahan. Jangan lupa juga sertakan tugas dan peran Anda selama menjalani masa magang tersebut.

    Sebagai tambahan, jangan ragu untuk menyertakan pengalaman organisasi bila Anda memang memilikinya. Sertakan juga jabatan dan tugas Anda selama tergabung dalam organisasi tersebut.

  4. Cantumkan skill dan kemampuan yang dimiliki

    Mencantumkan skill atau kemampuan yang Anda miliki merupakan poin penting dan salah satu cara membuat CV menjadi menarik. Meski begitu, tidak perlu mencantumkan seluruh skill yang Anda miliki. Cukup sertakan kemampuan yang berhubungan dengan pekerjaan yang Anda miliki.

    Hal lain yang perlu diperhatikan untuk membuat CV menarik adalah hindari mencantumkan kemampuan yang bersifat umum. Contoh seperti jujur, pekerja keras, ataupun bertanggung jawab. Poin-poin tersebut adalah sesuatu yang hanya bisa dinilai oleh orang lain. Sertakan saja skill dan kemampuan yang bisa diukur secara jelas seperti web desain, fotografi, UI/UX writer, accounting, dan sebagainya. Dengan mencantumkan secara jelas skill yang Anda miliki, membuat CV menarik.

  5. Sertakan pelatihan/kursus bila ada

    Sebagai tambahan, Anda bisa juga menyertakan pelatihan, kursus, maupun sertifikasi yang Anda miliki. Ini merupakan salah satu cara membuat CV menarik. Tambahan pelatihan ataupun skill akan makin memperkuat nilai skill yang Anda miliki. Informasi ini akan membuat Anda mendapat nilai tambah di mata HRD atau perekrut terlebih bila pelatihan atau kursus yang Anda miliki adalah sesuatu yang khusus yang tidak banyak dimiliki oleh orang lain.

Nah, kelima poin tadi merupakan cara membuat CV menarik. Mengapa CV menarik menjadi penting? Tentu saja karena Anda tidak sendirian dalam melamar pekerjaan. Ada ratusan hingga ribuan lain yang siap berkompetisi dengan Anda. CV yang menarik membuat peluang diterima kerja makin besar dan yang ujungnya akan berdampak pada karir yang Anda miliki.

Meski begitu, pekerjaan yang baik tentu harus diiringi dengan investasi yang baik juga. Dalam hal ini, memiliki tabungan merupakan investasi terbaik untuk masa depan. Tak perlu khawatir karena saat ini banyak perbankan yang menawarkan produk tabungan yang variatif. CIMB Niaga salah satunya.

Di CIMB Niaga, berbagai macam produk tabungan tersedia, seperti tabungan anak dan perencanaan, deposito, dan tabungan transaksi. Banyak kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan dalam produk-produk CIMB Niaga.

Untuk lebih jelasnya, klik di sini.