production

5 Investasi yang Menguntungkan dengan Popularitas Tinggi

 

 
 
 
 

5 Investasi yang Menguntungkan dengan Popularitas Tinggi

 

Dalam beberapa masa ke belakang, investasi jadi sebuah aktivitas finansial yang cukup menjanjikan hingga saat ini. Investasi yang menguntungkan merupakan daya tarik utama terhadap aktivitas tersebut. Secara mendasar, investasi dapat diartikan sebagai sebuah kegiatan dalam mengupayakan penanaman modal yang dapat menghasilkan keuntungan di masa depan. Oleh karena itu, investasi yang menguntungkan memang sudah jadi sebuah keharusan demi menjadi elemen penting yang dapat meningkatkan kondisi finansial Anda. Selain itu, Anda juga perlu memahami bahwa setiap investasi yang menguntungkan menggunakan skema berjangka, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Keduanya merujuk pada masa yang akan datang.

Kalimat “masa depan”, jadi acuan penting sebelum Anda memulai melakukan investasi yang menguntungkan. Alangkah baiknya jika Anda memulai berinvestasi sejak dini. Dengan berinvestasi sejak dini, Anda akan memiliki kesempatan yang lebih besar dalam menghasilkan keuntungan di luar ekspektasi dari investasi yang menguntungkan milik Anda. Perlu Anda pahami juga, bahwa investasi yang menguntungkan ini sifatnya tidak bisa ditebak, karena banyaknya jenis atau instrumen investasi yang tersedia.

Jenis investasi yang menguntungkan berdasarkan tingkat popularitas di masyarakat

Penting bagi Anda untuk memilih instrumen investasi yang sesuai dengan rencana dan kebutuhan Anda. Dalam memudahkan Anda untuk mengenal apa saja jenis investasi yang menguntungkan saat ini, berikut adalah penjelasan mengenai instrumen investasi yang cukup populer di Indonesia.

1. Saham

Popularitas saham sebagai salah satu instrumen investasi memang sudah bertahan sejak dulu. Bahkan hingga saat ini, saham masih sering jadi pilihan para investor dalam menghasilkan investasi yang menguntungkan. Keuntungan yang datang dari investasi saham ini memang dikenal memiliki persentase yang besar. Namun, jenis investasi yang menguntungkan satu ini juga punya profil risiko yang tinggi jika dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya, seperti obligasi atau reksadana. Jika Anda hendak memulai memilih saham sebagai investasi yang menguntungkan, alangkah baiknya jika Anda sudah memiliki pemahaman yang mendalam dan mantap terkait investasi secara umum serta elemen yang ada pada investasi saham demi mengurangi risiko besar yang hadir.

Perlu Anda ketahui bahwa saham sebagai investasi yang menguntungkan juga memiliki berbagai macam jenis. Jenis-jenis saham ini mengacu pada jenis saham dari sektor industri apa saja yang dijual atau terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Selain itu, saham sebagai investasi yang menguntungkan juga kembali dibagi menurut kinerja perdagangannya. Sebagai gambaran, jika Anda mulai ingin mendalami saham sebagai investasi yang menguntungkan, Anda akan menemukan istilah seperti blue chip stocks, income stocks, serta speculative stocks. Dalam memaksimalkan keuntungan, Anda bisa mulai memilih instrumen investasi alternatif sembari memperdalam ilmu mengenai investasi saham.

2. Obligasi

Obligasi juga merupakan salah satu jenis investasi yang menguntungkan dan cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia saat ini. Popularitas yang ditawarkan obligasi ini datang dari penawaran persentase keuntungan yang cukup stabil, sehingga orang tertarik untuk memilih obligasi sebagai salah satu sarana investasi yang menguntungkan bagi peningkatan finansial. Profil risiko yang ditawarkan oleh investasi yang menguntungkan ini juga terbilang terukur, sehingga memberikan rasa aman kepada para investor pemula. Obligasi sendiri merupakan salah satu instrumen investasi yang menguntungkan yang hadir dalam bentuk surat pernyataan utang. Surat pernyataan utang yang menjadi obligasi tersebut datang atau diterbitkan oleh pemerintah atau korporasi. Namun, surat pernyataan utang tersebut juga bisa diterbitkan oleh perseorangan. Salah satu tujuan fundamental adanya obligasi adalah demi meningkatkan potensi ekonomi dari pihak penerbit ke arah yang lebih baik.

Layaknya saham, obligasi sebagai investasi yang menguntungkan juga memiliki beberapa macam jenis yang perlu Anda ketahui. Salah satu pembagian jenis yang sering dibahas di dalam obligasi adalah jenis pembagian kupon atau keuntungan. Salah satu investasi yang menguntungkan ini memiliki jenis pembagian kupon seperti, Kupon merupakan istilah penting yang perlu Anda perhatikan saat memulai berinvestasi obligasi. Kupon merupakan tanda bukti kepemilikan investasi obligasi, sekaligus juga jadi bukti atas keuntungan yang Anda dapatkan dari investasi yang menguntungkan ini. Meskipun penting, nyatanya ada beberapa pihak yang tidak memberikan kupon sebagai bukti hasil keuntungannya.

3. Emas

Salah satu jenis atau instrumen investasi yang menguntungkan lainnya yang sudah cukup lama populer di kalangan masyarakat adalah emas. Investasi emas juga menawarkan beberapa opsi dalam aktivitasnya. Orang-orang bisa membeli emas murni atau perhiasan emas yang disimpan sebagai aset berharga. Selain itu, emas juga bisa jadi investasi yang menguntungkan dengan skema tabungan. Dengan skema yang fleksibel ini, emas tidak hanya jadi investasi yang menguntungkan secara potensi finansial, namun juga menghadirkan kenyamanan untuk dapat disesuaikan dengan kebutuhan investornya. Cara menabung emas sebagai investasi yang menguntungkan ini juga sudah bisa dilakukan secara online dengan biaya yang relatif terjangkau.

Kelebihan yang ditawarkan oleh salah satu instrumen investasi yang menguntungkan ini adalah nilai aset yang stabil dan memiliki minim risiko nilai jatuh terlampau jauh. Kestabilan nilai ini cukup menarik minat masyarakat untuk berinvestasi emas. Selain itu, emas juga dinilai sebagai investasi yang menguntungkan dengan tingkat likuiditas yang tinggi. Jadi, jika sewaktu-waktu dibutuhkan sebagai sumber dana darurat, emas bisa jadi pilihan utama untuk dicairkan dalam waktu yang relatif singkat.

4. Tanah dan properti

Dalam membahas investasi yang menguntungkan dengan tingkat popularitas tinggi di kalangan masyarakat Indonesia, Anda tidak bisa melewatkan kehadiran investasi tanah dan properti. Banyak yang beranggapan bahwa investasi yang menguntungkan ini memiliki risiko minim serta dapat dikelola dengan mudah. Selain itu, investasi tanah dan properti juga bisa dioptimalisasi ke dalam jenis usaha lainnya untuk meningkatkan potensi finansial Anda. Salah satu jenis usaha yang bisa Anda olah adalah dalam bentuk penyewaan tanah dan properti atau mengalih fungsikan properti yang Anda miliki sebagai tempat usaha rumahan. Investasi tanah dan properti juga dianggap memiliki nilai aset yang mampu terus beranjak naik, mengingat kebutuhan masyarakat dalam memiliki tempat tinggal dari waktu ke waktu.

5. Reksadana

Satu lagi yang hadir sebagai jenis investasi yang menguntungkan dan cukup populer di kalangan masyarakat adalah reksadana. Reksadana menawarkan kemudahan dan kenyamanan dalam berinvestasi berkat hadirnya peran manajer investasi. Manajer investasi membantu Anda dalam mengelola aset investasi reksadana dalam memenuhi kebutuhan dan tujuan Anda dalam berinvestasi. Sebagai investor, secara umum Anda hanya perlu memilih jenis reksadana apa yang Anda inginkan dan mengarahkan pembelian tersebut kepada manajer investasi pilihan Anda. Salah satu investasi yang menguntungkan ini juga memiliki beberapa jenis dan profil risiko yang beragam, di antaranya adalah reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana saham, dan reksadana campuran. Setiap jenis reksadana yang tersedia saat ini juga memiliki beberapa macam profil risiko sesuai dengan kebutuhan para investor, seperti defensive, conservative, serta balanced.

Hal menarik lainnya yang ditawarkan oleh reksadana sebagai investasi yang menguntungkan adalah modal awal yang relatif terjangkau serta dapat diakses melalui kanal online atau digital banking. Bagi Anda yang ingin mulai berinvestasi reksadana melalui digital banking, Anda bisa menggunakan OCTO Mobile dari CIMB Niaga. Pasalnya, CIMB Niaga juga menawarkan kenyamanan melakukan investasi dengan jangka waktu dan risiko yang dapat disesuaikan dengan profil risiko Anda. Bagi Anda yang ingin memulai berinvestasi, reksadana bisa jadi alternatif awal untuk Anda dalam mengenal kegiatan investasi lebih dalam demi meningkatkan kekuatan finansial sedari dini. Segera kelola investasi reksadana bersama CIMB Niaga dan nikmati keuntungannya di sini.

Produk Terkait

OCTO Mobile: Banyak Bisanya, Bisa Semaunya!

Obligasi

Cara tepat berinvestasi untuk pertumbuhan uang dan keuntungan yang maksimal

OCTO Clicks

Tersedia fitur transaksi lengkap mulai dari transfer, bayar tagihan hingga pembukaan deposito dan reksa dana. 

Tentang Reksa Dana

Sekarang bisa beli Reksa Dana di OCTO Mobile & OCTO Clicks mulai dari Rp 100 ribu!