production

Apa Itu Kartu Kredit? Seperti Apa Memanfaatkannya?

Apa Itu Kartu Kredit? Seperti Apa Memanfaatkannya?

Perkembangan zaman yang semakin bergerak cepat dan semakin tingginya kebutuhan hidup seseorang biasanya membuat seseorang membutuhkan atau menginginkan suatu barang atau produk tertentu. Namun biasanya produk yang diinginkan ternyata memiliki harga yang cukup mahal namun Anda membutuhkan barang tersebut. Untuk menyiasati hal tersebut, biasanya sebuah toko akan memberikan layanan untuk membayar barang berupa cicilan tiap bulan kepada customernya.

Oleh karena itu, seringkali seseorang menggunakan kartu kredit untuk membeli suatu barang atau produk yang diinginkan atau dibutuhkan. Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan kartu kredit, Anda terlebih dahulu harus mengetahui apa itu kartu kredit dan bagaimana sistemnya. Seperti apa itu kartu kredit yang ditawarkan setiap bank, karena setiap bank menawarkan sistem kartu kredit yang berbeda.

Apa itu kartu kredit? Dan seperti apa itu kartu kredit? Kartu kredit adalah alat pembayaran secara non tunai dengan menggunakan kartu yang diterbitkan oleh bank. Kartu kredit dapat membantu Anda untuk melakukan transaksi di awal dan dibayarkan oleh bank, namun pada akhirnya Anda harus membayar nominal yang sudah di tentukan oleh pihak bank setiap awal bulan ke bank bersangkutan. Dengan menggunakan kartu kredit, bank akan memfasilitasi Anda untuk mempunyai waktu fleksibel dalam transaksi karena dapat dilakukan secara online. Hal yang harus Anda ingat adalah menggunakan kartu kredit berarti Anda sudah menyetujui persyaratan yang telah diberikan oleh pihak bank. Seperti apa itu kartu kredit serta keuntungannya? Simak penjelasan lebih lengkap di bawah ini!

Menggunakan Kartu Kredit Secara Bijak

Terkadang ketika Anda memutuskan untuk menggunakan kartu kredit, Anda akan secara tidak sadar melakukan transaksi secara berlebihan. Untuk itu, sebelum Anda membuat kartu kredit ada baiknya Anda benar-benar memilih jenis kartu kredit apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1.  Batasi Jumlah Limit Kartu Kredit

    Seperti apa itu kartu kredit jika Anda tidak membatasi penggunaanya? Sebelum Anda membuat kartu kredit, ada baiknya Anda mengetahui seperti apa itu kartu kredit yang akan Anda gunakan dan menentukan limit kartu kredit tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda saja. Karena semakin tinggi limit yang diberikan, akan semakin tinggi pula cicilan yang harus Anda bayarkan setiap akhir atau awal bulan. Hal ini akan memberatkan Anda mengingat kebutuhan pokok yang harus Anda penuhi, namun ada cicilan dari kartu kredit.

  2. Minimalisir Dalam Melakukan Tarik Tunai

    Kebanyakan kartu kredit saat ini sudah bisa melakukan tarik tunai dan sering kali seseorang memanfaatkan fitur yang satu ini secara berlebihan. Hal yang harus Anda ingat adalah, ketika Anda melakukan transaksi tarik tunai dengan menggunakan kartu kredit akan dikenakan biaya bunga sebesar 3.5% - 4% di setiap transaksi tarik tunai. Setiap bank memiliki regulasi yang berbeda mengenai biaya bunga yang dikenakan ke nasabah setiap melakukan transaksi tarik tunai.

  3. Gunakan Kartu Kredit Jika Dibutuhkan

    Seperti apa itu kartu kredit di kehidupan sehari-hari ditentukan oleh Anda sendiri. Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan kartu kredit, gunakanlah secara bijak. Gunakan kartu kredit disaat mendesak dan saat benar-benar dibutuhkan saja. Hal ini dilakukan guna menghindari banyaknya cicilan yang harus Anda bayarkan setiap akhir atau bulannya kepada pihak bank.

Untuk menyiasati hal ini, ada baiknya Anda membuat list bulanan Anda secara terperinci sehingga Anda tahu kebutuhan pokok Anda. Sehingga jika ada hal yang sangat mendesak tetapi Anda membutuhkannya, Anda bisa menggunakan kartu kredit. Jangan lupa untuk membayar tagihan kartu kredit Anda tepat waktu agar tidak terjadi berlipatnya bunga. Maka dari itu, sangat penting untuk mencari tahu seperti apa itu kartu kredit serta persyaratannya di berbagai bank.

Keuntungan seperti apa itu kartu kredit bagi penggunanya? Keuntungan kartu kredit pada dasarnya berbeda beda setiap bank. Setiap bank menawarkan keuntungan yang beragam, namun secara umum seperti apa itu kartu kredit dari segi keuntungannya adalah, Anda akan mendapatkan potongan harga ketika Anda membeli produk tertentu dan mendapatkan poin. Jika Anda menggunakan kartu kredit dari CIMB Niaga, Anda akan mendapatkan keuntungan serta kemudahan dari fitur-fitur yang diberikan oleh CIMB Niaga. Seperti apa itu kartu kredit CIMB Niaga? Simak penjelasan fitur di bawah ini!

Fitur Kartu Kredit CIMB Niaga

  1. Gratis Iuran Tahunan

    Seperti apa itu kartu kredit Cimb Niaga dan keuntungannya? Biasanya ketika Anda mencari tahu apa itu kartu kredit lalu ingin mencoba mengajukan kartu kredit dan memutuskan untuk menggunakan kartu kredit, Anda akan dikenakan iuran tahunan yang merupakan biaya kartu kredit yang dibayarkan setiap tahunnya. Besar dari iuran ini tergantung pada jenis kartu yang Anda gunakan dan ketentuan bank tempat Anda memberikan pengajuan kartu kredit. Sedangkan jika Anda memberikan pengajuan kartu kredit dan menggunakan kartu kredit dari CIMB Niaga Anda akan dibebaskan dari iuran tahunan ini. Misalnya untuk kartu kredit CIMB Niaga Mastercard Platinum yang memberikan gratis iuran tahunan selamanya.

    Untuk kartu kredit tertentu seperti MasterCard Platinum, Gold, Classic dan Kartu Kredit Wave n Go baik Kartu Utama maupun Kartu Tambahan akan mendapatkan gratis iuran tahunan selama menjadi Pemegang Kartu, sedangkan untuk Kartu Kredit JCB Precious, Visa Platinum, dan Platinum leAccor akan mendapatkan gratis iuran pada tahun pertama untuk Kartu Utama dan gratis iuran tahunan selama menjadi pemegang kartu untuk Kartu Tambahan.

  2. Fasilitas Cicilan Tetap

    Fasilitas seperti apa itu kartu kredit CIMB Niaga berikan, jika Anda mencoba pengajuan kartu kredit di CIMB Niaga cicilan yang diberikan merupakan cicilan tetap dengan bunga ringan dalam jangka waktu angsuran 3, 6, dan 12 bulan. Tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

  3. Mendapatkan Poin Xtra

    Tidak hanya pada saat transaksi tunai, jika Anda memberikan pengajuan kartu kredit dan menggunakan kartu kredit dari CIMB Niaga Anda juga akan mendapatkan poin rewards atau Poin Xtra ketika Anda bertransaksi menggunakan kartu kredit. Nantinya poin ini bisa Anda kumpulkan kemudian tukarkan dengan voucher diskon, cashback, dan lainnya.

    Seperti apa itu kartu kredit CIMB Niaga dalam memberikan poin? Setiap transaksi ritel kelipatan Rp 5.000,- (lima ribu rupiah) akan mendapatkan 1 (satu) Poin Xtra, kecuali transaksi penarikan tunai (cash advance), transfer balance, cash plus, cashback, katalog, cicilan, pembayaran iuran keanggotaan/membership dan pembayaran angsuran.

    Khusus Kartu Kredit Premium, setiap transaksi ritel kelipatan Rp 5.000,- (lima ribu rupiah) akan mendapatkan:

    • 9 (sembilan) Poin Xtra berlaku untuk Kartu Kredit CIMB Niaga Ultimate
    • 2 (dua) Poin Xtra berlaku untuk Kartu Kredit CIMB Niaga World
    • 1 (satu) Poin Xtra berlaku untuk Kartu Kredit CIMB Niaga Infinite Preferred
  4. Quick Pay

    Seperti apa itu kartu kredit CIMB Niaga dalam memberikan kemudahan? Dalam hal ini, kemudahan yang bisa Anda dapatkan dengan memberikan pengajuan kartu kredit CIMB Niaga lainnya yaitu, pembayaran tagihan bulanan seperti listrik, telepon, handphone, TV kabel hingga internet dalam satu lembar tagihan kartu kredit. Anda cukup mengingat tanggal jatuh tempo tagihan kartu kredit tanpa perlu khawatir ada tagihan bulanan yang terlewat.

  5. Transaksi Tarik Tunai

    Fasilitas seperti apa itu kartu kredit di CIMB Niaga selanjutnya adalah, Anda bisa juga melakukan transaksi tarik tunai di mesin ATM dan bank-bank lain yang berlogo MasterCard/Cirrus/VISA/Plus/JCB di seluruh dunia. Fasilitas ini menjadi solusi yang tepat bagi Anda ketika tidak dapat melakukan penarikan tunai melalui rekening tabungan/rekening koran Anda.

  6. OTOPAY

    Seperti apa itu kartu kredit CIMB Niaga dengan fitur OTOPAY? Dengan memberikan pengajuan kartu kredit dan menggunakan kartu kredit dari CIMB Niaga, Anda juga akan diberikan kemudahan fasilitas pembayaran tagihan kartu kredit yang dilakukan secara otomatis melalui rekening tabungan/rekening koran Anda di CIMB Niaga dimana Anda diberikan keleluasaan untuk menentukan jumlah pembayaran kartu kredit setiap bulannya dengan pilihan pendebetan 10% untuk minimum payment atau 100% untuk full payment.

Jika anda berminat untuk memberikan pengajuan kartu kredit ke CIMB Niaga Anda harus pastikan terlebih dahulu kebutuhan Anda dalam menggunakan kartu kredit tersebut nantinya. Anda juga harus pahami seperti apa itu kartu kredit. Jangan sampai anda mengajukan kartu kredit dalam program yang kurang tepat untuk kebutuhan Anda. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program kartu kredit yang diberikan oleh CIMB Niaga dan seperti apa itu kartu kredit dari CIMB Niaga, Anda bisa kunjungi situs resmi kartu kredit CIMB Niaga. Lakukan pengajuan kartu kredit secara online dengan mudah hanya dengan CIMB Niaga. Baca selengkapnya di sini!