www.cimbniaga.co.id production

Memberi Kemudahan, Apa Perbedaan Paylater dan Kartu Kredit?

 

 
 
 
 

Memberi Kemudahan, Apa Perbedaan Paylater dan Kartu Kredit?

 

Paylater merupakan salah satu fitur transaksi digital yang belakangan sedang digemari masyarakat. Namun, banyak yang bertanya-tanya, apa yang dimaksud dengan paylater? 

Secara umum, paylater merupakan sistem pinjaman online tanpa menggunakan kartu kredit. Layanan ini cukup memudahkan konsumen untuk digunakan pada saat itu juga, yang kemudian konsumen tersebut akan membayar tagihannya di kemudian hari. Tenor cicilan tagihan paylater biasanya mulai dari 30 hari, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan. Sampai saat ini, layanan paylater hadir di beberapa e-commerce, e-wallet, dan aplikasi pembelian tiket. 

Apa Saja Perbedaan Paylater dengan Kartu Kredit?

Saat ini paylater telah diminati oleh sebagian orang karena dianggap lebih mudah dan cepat. Namun, pada kenyataannya kartu kredit bisa lebih unggul dalam beberapa aspek, salah satunya limit yang lebih besar. Lantas, apa saja perbedaan lain antara paylater dengan kartu kredit? 

1. Proses pengajuan

Proses pengajuan antara paylater dan kartu kredit ternyata cukup berbeda. Paylater memiliki proses yang cepat karena semua berbasis online. Dokumen yang dibutuhkan untuk sistem pembayaran ini pun hanya membutuhkan softcopy seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), NPWP, Kartu Keluarga (KK), hingga BPJS.

Sementara itu, pembuatan kartu kredit memerlukan dokumen yang lebih lengkap, seperti fotokopi KTP, NPWP, slip gaji, buku tabungan, hingga Surat Keterangan Perusahaan (SKP). Umumnya dokumen yang dibutuhkan memang lebih detail karena ada proses wawancara sehingga jauh lebih aman. Selain itu, kartu kredit juga penerimaannya lebih luas dengan limit yang lebih besar.

2. Tenor pinjaman

Baik kartu kredit maupun paylater memiliki tenor cicilan atau pinjaman yang bertujuan untuk meringankan pengguna saat membayarkan kreditnya. Paylater memiliki tenor yang cukup beragam dan tentunya sesuai dengan kebijakan masing-masing perusahaan. Namun, umumnya, tenor cicilan yang ditawarkan lebih pendek waktunya daripada kartu kredit yang mencapai 24 bulan, karena maksimal hanya 12 bulan. Itulah sebabnya, tenor pinjaman kartu kredit lebih unggul karena jangka waktu yang ditawarkan bisa lebih lama, misalnya sampai 24 bulan atau lebih. 

3. Biaya yang Dibayarkan

Perbedan paylater dan kartu kredit bisa dilihat dari biaya yang harus dibayarkan oleh penggunanya. Biasanya paylater tidak memiliki biaya tahunan, namun biasanya ada biaya tambahan dalam setiap transaksi pinjaman yang berlaku. Selain itu pengguna paylater juga harus membayar denda jika terjadi keterlambatan pembayaran. 

Sementara itu, biaya yang dibayarkan oleh kartu kredit pun cukup beragam, bahkan ada layanan kartu kredit yang memiliki fitur bebas annual fee atau bebas biaya tahunan, sehingga tidak memberatkan nasabahnya. Meskipun jauh berbeda dari sistem paylater, ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki kartu kredit, salah satunya kartu kredit CIMB Niaga. Beberapa keuntungan tersebut antara lain:

  • Transaksi VCN

    Virtual Card Number (VCN) merupakan kartu kredit tanpa fisik yang dapat digunakan oleh nasabah korporasi untuk pembelanjaan atau pembayaran ke supplier. Kartu kredit virtual ini terdiri dari 16 digit yang dikeluarkan secara acak. VCN dapat digunakan untuk satu atau banyak transaksi sesuai kebutuhan, sehingga penggunaan atau transaksi menjadi lebih aman dan terkendali.

    Selain itu, perusahaan juga dapat mengontrol penuh penggunaan VCN dengan mengatur penerbitannya sesuai alur persetujuan internal secara berjenjang serta menyesuaikan periode dan jumlah pemakaiannya. Dalam hal teknologi, penerbitan VCN berbasis web, batch, maupun Application Programming Interface (API) sesuai kebutuhan perusahaan.

  • Poin Xtra

    Setiap transaksi menggunakan Kartu Kredit CIMB Niaga ritel kelipatan Rp10.000 (sepuluh ribu rupiah), Anda akan mendapatkan Poin Xtra. Jumlah poin Xtra tersebut tergantung jenis kartu yang Anda miliki, karena masing-masing kartu memiliki perbedaan reward bagi nasabah. 

  • Ubah tagihan ke cicilan

    Ubah transaksi ritel minimum Rp 500.000 menjadi cicilan 0% untuk periode 3 bulan melalui aplikasi OCTO Mobile, website OCTO Clicks atau hubungi layanan CIMB Niaga 14041 sebelum tanggal cetak tagihan. Anda mungkin akan dikenakan biaya pemrosesan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Itulah beberapa penjelasan mengenai perbedaan paylater dan kartu kredit. Dari perbedaan tersebut, umumnya kartu kredit yang tersedia di bank cenderung lebih aman dan mudah bagi nasabah yang ingin membeli atau membaya sesuatu walaupun sedang tidak ada uang tunai. Salah satu kartu kredit yang memberikan keuntungan bagi nasabah adalah OCTO Card dari CIMB Niaga. OCTO Card merupakan kartu kredit digital yang praktis dan aman, karena semua transaksi bisa dilakukan di OCTO Mobile danjuga bisa digunakan dengan menggunakan QRIS. Selain praktis dan aman, Anda juga bisa mendapatkan berbagai keuntungan menggunakan OCTO Card mulai dari casback Rp1,2 juta per tahun (kecuali untuk hotel, airlines, tour & travel); mengubah cicilan 0 persen 3 bulan dengan melakukan transaksi minimal Rp500.000; lebih mudah karena bisa membayar pakai scan QRIS; dan bebas iuran tahunan (berlaku untuk Kartu Utama dan Kartu Tambahan).

Anda juga bisa semakin untung karena mendapat tambahan bonus Rp1.500.000 (dengan apply OCTO Card dan pilih salah satu Premium Cards); bonus Rp800.000 (dengan apply OCTO Card dan pilih salah satu Non Premium Cards); dan bonus Rp500.000 (dengan apply OCTO Card).

Apply OCTO Card pun tidak repot. Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah mudah berikut:

  1. Akses form aplikasi via online: isi data lengkap kartu kredit yang ingin Anda miliki dengan menyiapkan dokumen seperti KTP dan NPWP.
  2. Tentukan dan pilih kartu kredit yang ingin Anda miliki sesuai kebutuhan Anda.
  3. Pastikan data terisi dengan benar dan lengkap, tunggu hingga proses verifikasi selesai.
  4. Approval akan dilakukan di hari yang sama, terutama jika Anda mengajukannya sebelum puul 14.00 WIB.
  5. Tidak perlu bertemu agen untuk apply dan aktivasi. Proses apply, registrasi dan aktivasi OCTO Card semudah mendaftar akun media sosial.

Segera daftarkan diri untuk mendapatkan OCTO Card dengan sejumlah fitur dan manfaat sepeti:

  • Cashback 10% belanja online dan transaksi melalui OCTO Mobile

    Cashback 10% untuk transaksi belanja online (kecuali Hotel, Airlines, Tour & Travel) dan transaksi menggunakan OCTO Card melalui Aplikasi OCTO Mobile. Maksimum nilai cashback adalah Rp 50.000/transaksi. Maksimum nilai cashback adalah Rp 100.000/periode tagihan/kartu utama (Rp1.200.000/tahun/kartu utama).

  • Cicilan 0%

    Ubah transaksi ritel minimum Rp500.000 menjadi cicilan 0% untuk periode 3 bulan melalui aplikasi OCTO Mobile, website OCTO Clicks atau hubungi layanan CIMB Niaga 14041 sebelum tanggal cetak tagihan. Anda mungkin akan dikenakan biaya pemprosesan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

  • Bebas Iuran Tahunan<

    Berlaku untuk Kartu Utama dan Kartu Tambahan.

  • Bayar cukup dengan Scan QR

    Transaksi dengan scan QR aman, mudah dan terjamin.

  • Poin Xtra

    Setiap transaksi ritel kelipatan Rp10.000 akan mendapatkan 2 (dua) Poin Xtra, kecuali transaksi penarikan tunai (Cash Advance), Cash Plus, cash back, katalog, cicilan, pembayaran iuran keanggotaan/ membership dan pembayaran angsuran.


Temukan berbagai informasi mengenai OCTO Card di sini.

Produk Terkait

OCTO Mobile: Banyak Bisanya, Bisa Semaunya!

OCTO Card

Praktis, Menguntungkan, Tanpa Plastik

OCTO Clicks

Tersedia fitur transaksi lengkap mulai dari transfer, bayar tagihan hingga pembukaan deposito dan reksa dana. 

OCTO Savers - Tabungan yang kasih 60x bebas biaya setiap bulannya!