www.cimbniaga.co.id production

Tarik Tunai Tanpa Kartu, Ketahui Manfaat dan Keuntungannya

 

 
 
 
 

Tarik Tunai Tanpa Kartu, Ketahui Manfaat dan Keuntungannya

 

Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa bank terus melakukan pembaruan pada layanannya. Semua itu dilakukan agar masyarakat semakin mudah menggunakan layanan perbankan sekaligus menjawab berbagai tantangan di tengah era yang bergerak serba cepat saat ini. Salah satu layanan perbankan terbaru yang telah dikenal secara luas saat ini adalah layanan tarik tunai tanpa kartu.

Metode tarik tunai tanpa kartu ini dikenal juga dengan istilah cardless. Layanan tarik tunai tanpa kartu menjadi salah satu layanan yang paling diminati oleh nasabah. Layanan ini dinilai lebih cepat, praktis, dan menghemat banyak waktu. Layanan tarik tunai tanpa kartu juga dirancang untuk kemudahan seorang nasabah ketika mengalami kondisi darurat tertentu untuk berbagai keperluan.

Tarik tunai tanpa kartu menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kondisi darurat seperti ketinggalan dompet, tidak membawa uang tunai, maupun kartu hilang atau tertelan di mesin ATM. Layanan tarik tunai tanpa kartu ini pun bisa diakses dengan cepat lewat smartphone Anda.

Kehadiran teknologi ini dalam layanan perbankan jelas sangat mempermudah nasabah maupun pihak bank. Layanan tarik tunai tanpa kartu ini umumnya hadir dalam aplikasi perbankan demi mendukung kemajuan bank di tengah kompetisi yang kian ketat. Itulah alasan mengapa bank saat ini dituntut lebih waspada saat menentukan aplikasi perbankan yang tepat guna mendukung kesuksesan bank itu sendiri. Salah satunya adalah kelengkapan fitur seperti tarik tunai tanpa kartu lewat aplikasi mobile banking mereka.

Namun, perlu diketahui, Anda tetap perlu pergi ke ATM ketika menggunakan layanan tarik tunai tanpa kartu meskipun Anda tak perlu memasukkan kartu debit di ATM. Anda hanya perlu menginput nomor ponsel dan pin sementara yang diberikan pihak bank. Sistem seperti ini pun bisa berbeda-beda pada beberapa bank.

Keuntungan Tarik Tunai Tanpa Kartu

Jika Anda belum pernah menggunakan layanan ini sebelumnya, mungkin Anda akan bertanya-tanya soal tetap harus ke ATM meski menggunakan layanan tarik tunai tanpa kartu. Akan tetapi, fitur layanan tarik tunai tanpa kartu ini bisa memberikan Anda beberapa keuntungan, di antaranya:

Kemudahan transaksi keuangan

Transaksi keuangan menggunakan layanan cardless atau tarik tunai tanpa kartu jauh lebih mudah untuk dilakukan. Anda bisa melakukannya hanya dari smartphone di genggaman Anda. Transaksi keuangan bisa dilakukan dengan cepat, aman, nyaman, dan praktis. Kemudahan ini bisa Anda dapatkan untuk berbagai keperluan.

Menghindari kerugian akibat kehilangan kartu ATM

Kehilangan kartu ATM tentu akan membuat Anda kerepotan. Sebab, ada banyak kemungkinan yang membuat semua orang khawatir ketika kehilangan kartu ATM-nya, misalnya digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Karena itu, layanan tarik tunai tanpa kartu bisa menjadi solusi terbaik dan menghindarkan Anda dari kemungkinan kehilangan kartu ATM. Sebab, aksesnya bisa dilakukan tanpa kartu ATM dan semua data akan tetap tersimpan di dalam smartphone Anda.

Terhindar dari aksi kejahatan di bilik ATM

Keuntungan yang Anda dapatkan ketika menggunakan fitur cardless atau tarik tunai tanpa kartu adalah bisa terhindar dari kemungkinan aksi kejahatan di bilik ATM. Kejahatan di bilik ATM yang paling sering terjadi dikenal sebagai ‘skimming’. Hal ini memang marak terjadi dalam transaksi keuangan di mesin ATM. Namun, penggunaan chip pada kartu telah diberlakukan sesuai rekomendasi OJK untuk menghindari kejahatan seperti ini di kemudian hari.

Keamanan tabungan lebih terjaga

Menggunakan layanan tarik tunai tanpa kartu atau cardless tentu akan menjaga dengan baik keamanan tabungan Anda. Data-data diri beserta status tabungan hanya akan diketahui oleh Anda sendiri. Data itu juga akan tersimpan baik di dalam smartphone Anda. Dengan begitu, risiko pembobolan tabungan bisa dihindari.

Transaksi lebih cepat

Mengantre di bilik ATM memang membosankan, tapi hal ini tentu bisa terjadi karena mesin ATM butuh waktu untuk memproses transaksi menggunakan kartu debit dan transaksi yang Anda perlukan. Jika Anda ingin transaksi lebih mudah, Anda bisa memanfaatkan keuntungan dari layanan tarik tunai tanpa kartu karena transaksi sudah diproses lebih dulu lewat smartphone Anda. Anda pun hanya perlu mengikuti instruksi sederhana dan menunggu uang tunai keluar dari ATM terdekat. Lebih mudah, cepat, dan aman.

Di balik itu, jika Anda yang tertarik menggunakan fitur tarik tunai tanpa kartu ini, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu, di antaranya:

  • Pastikan juga bahwa ATM di sekitar Anda menyediakan nominal yang sesuai sebelum Anda memilih nominal di aplikasi. Hal ini umumnya berlaku untuk uang dengan nominal Rp50.000. Jadi, jika Anda ingin mengambil uang dengan fitur tarik tunai tanpa kartu ini dengan kelipatan tersebut, pastikan bahwa ATM di sekitar Anda mendukung hal tersebut.
  • Perhatikan juga batas waktu ketika melakukan tarik tunai tanpa kartu. Ada batas waktu yang muncul setelah Anda mendaftarkan transaksi tarik tunai di mobile banking dengan penarik yang Anda lakukan di ATM terdekat. Biasanya, batas waktunya adalah 1-2 jam. Karena itu, sebaiknya perkirakan waktu pendaftaran transaksi Anda sesuai dengan kebutuhan.

Berbagai kemudahan dan kecepatan saat melakukan tarik tunai tanpa kartu dapat Anda rasakan sebagai nasabah CIMB Niaga. Anda bisa memaksimalkan fitur tarik tunai tanpa kartu ketika menggunakan OCTO Mobile. Kegiatan transaksi bisa dilakukan langsung dari smartphone di genggaman Anda, terutama untuk layanan tarik tunai tanpa kartu. 

Langkah-langkah melakukan tarik tunai tanpa kartu lewat OCTO Mobile:

  • Di aplikasi OCTO Mobile:

    1. Pilih menu Transaksi Tanpa Kartu
    2. Pilih Tarik Tunai
    3. Pilih sumber dana
    4. Pilih lokasi tarik tunai, yaitu ATM/CRM CIMB Niaga
    5. Tentukan jumlah dana yang akan ditarik tunai
    6. Verifikasi dengan PIN OCTO Mobile
    7. Kode untuk tarik tunai siap untuk digunakan
  • Saat tiba di ATM CIMB Niaga:

    1. Pilih transaksi tanpa kartu
    2. Pilih OCTO Mobile
    3. Pilih tarik tunai
    4. Masukkan kode tarik tunai, lalu OK
    5. Masukkan jumlah atau nominal
    6. Uang siap diambil

Anda juga bisa merasakan manfaat lain dari OCTO Mobile seperti transaksi perbankan ke dalam dan luar negeri, membayar tagihan, isi ulang pulsa, atau menyediakan laporan keuangan elektronik maupun e-statement ke alamat email hingga 6 bulan terakhir.

OCTO Mobile adalah one stop mobile financial solution untuk memenuhi kebutuhan finansial Anda dengan beragam fitur canggih dan segenap keunggulan produk. Anda bisa unduh aplikasi OCTO Mobile by CIMB Niaga di Google PlayStore, AppStore, atau HUAWEI AppGallery. Pilih menu “Daftar OCTO Mobile” untuk nasabah, dan pilih menu “Buka Rekening Tabungan Pertama CIMB Niaga” untuk non-nasabah CIMB Niaga. Selanjutnya cukup ikuti petunjuk yang diperlukan.

Selain itu, tersedia berbagai fitur dalam OCTO Mobile, mulai dari fitur tarik tunai tanpa kartu, cardless, transfer bank, bayar tagihan, buka rekening online, investasi, tabungan syariah, dan lain-lain. Tunggu apalagi, segera temukan info lengkapnya di sini.

Produk Terkait

OCTO Mobile: Banyak Bisanya, Bisa Semaunya!

OCTO Clicks

Tersedia fitur transaksi lengkap mulai dari transfer, bayar tagihan hingga pembukaan deposito dan reksa dana. 

OCTO Savers - Tabungan yang kasih 60x bebas biaya setiap bulannya!

OCTO Savers-iB - Tabungan Syariah yang memberikan 60x bebas biaya setiap bulan!