www.cimbniaga.co.id production

Peluang Usaha 2022, Mana yang Paling Cuan?

 

 
 
 
 

Peluang Usaha 2022, Mana yang Paling Cuan?

 

Peluang usaha 2022 amatlah banyak. Seiring dengan era digital yang semakin berkembang pesat, hal ini turut mempengaruhi tren bisnis di dunia. Bisnis justru lebih mudah untuk dijalani, karena bisa dilakukan secara online. Apalagi sejak pandemi Covid-19, ada beberapa sektor usaha yang dulu jarang dilirik, kini justru diburu masyarakat. 

Kamar Dagang dan Industri Indonesia sendiri mengatakan, sekiranya ada enam sektor bisnis yang diperkirakan bakal semakin menggeliat di sepanjang tahun. Apa sajakah peluang usaha 2022 itu? Simak artikel ini selengkapnya ya!

Geliat Bisnis Anak Muda

Hanya mengandalkan gaji sebagai karyawan di zaman sekarang, rasanya tak cukup. Menambah pendapatan melalui usahah, patut dicoba. Bukan hanya memberi keuntungan pribadi, tapi di sisi lain juga mendatangkan rezeki bagi orang yang membutuhkan lapangan pekerjaan.

Dewasa ini, peluang usaha 2022 bahkan dilakoni oleh banyak anak muda. Ketertarikan anak muda untuk membuka peluang usaha cukup besar, melansir dari Kompas.com, 72 persen generasi Z bercita-cita ingin memiliki bisnis sendiri. Survei yang melibatkan lebih dari 4 ribu orang dengan rentang usia 18 hingga 40 tahun, mereka sudah pernah memiliki dan mengelola bisnis mereka sendiri.

Kalau anak muda usia belasan tahun saja bisa sukses dengan berbisnis, pastinya tak sulit bagi Anda yang lebih berpengalaman untuk mengikuti jejak tersebut. Anda pasti juga bisa memanfaatkan peluang usaha 2022 ini!

Catat, Ini 7 Peluang Usaha 2022 Tercuan

Banyaknya pesaing bisnis, seringkali membuat kita sulit mendapatkan ide bisnis untuk dijadikan peluang usaha yang menjanjikan. Padahal jika melakukan riset tentang peluang usaha 2022, ada banyak ide bisnis yang bisa menghasilkan untung hingga menjadi mata pencaharian tetap di masa depan. 

Menghimpun dari berbagai sumber, berikut peluang usaha 2022 baik dari sektor produk ataupun jasa yang bisa Anda coba peruntungannya:

  1. Menjual stok foto

    Jika Anda memiliki keahlian dalam bidang fotografi, tentunya ini akan menjadi peluang usaha 2022 yang menjanjikan. Hobi memotret bisa jadi uang dengan menjual hasil jepretan Anda, di situs-situs stok foto berbayar seperti Shutterstock, Flickr, Unsplash, dan masih banyak lagi. Selain menghasilkan uang, hal ini juga bisa menjadi lampiran di portofolio pekerjaan nantinya.

  2. Investasi kesehatan digital

    Pandemi Covid-19 juga turut mengubah tren bisnis. Orang-orang jadi lebih aware terhadap kesehatan sehingga investasi kesehatan kini semakin dilirik karenanya. Melansir Katadata, seluruh rantai bisnis sektor kesehatan akan masuk ke dunia digital. Sektor tersebut meliputi, riset, telemedicine, ketersediaan obat-obatan, fasilitas kebugaran, farmasi, hingga layanan disabilitas.

  3. Otomotif

    Menurut ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), Arsjad Rasjid, otomotif termasuk pula dalam peluang usaha 2022 yang digandrungi. Bisnis otomotif diperkirakan tumbuh positif dengan diselenggarakannya pameran otomotif dan hadirnya mobil listrik. Mobil listrik digadang-gadang akan mendominasi pasar kendaraan roda empat, karena lebih ramah lingkungan serta tak perlu lagi bensin untuk menggerakkannya.

  4. Kuliner sehat

    Adanya pandemi Covid-19 pun membuat banyak orang lebih memperhatikan pola makan mereka. Tak sedikit yang kini memilih mengonsumsi makanan sehat, sehingga membuka usaha katering atau restoran makanan sehat boleh dibilang bisa menjadi peluang usaha 2022 yang mendatangkan keuntungan melimpah. Namun saat menjajal peluang usaha 2022 ini, Anda perlu memilih bahan makanan yang berkualitas. Selain itu, gizi dan kalori setiap makanan juga perlu benar-benar diperhitungkan.

  5. Properti

    Peluang usaha 2022 lainnya yang tak kalah menjanjikan, hadir dari sektor properti. Menurut ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), Arsjad Rasjid, pertumbuhan bisnis properti didorong oleh kebutuhan masyarakat akan tempat tinggal yang masih tinggi, baik melalui pembelian ataupun sewa properti. Dengan ini, Anda bisa mempersiapkan dana katakanlah untuk membeli apartemen yang nantinya dapat disewakan. 

  6. Internet marketing

    Memiliki kemampuan bidang marketing dan pemasaran secara digital, adalah modal utama menjalankan peluang usaha 2022 ini. Anda bisa membuka jasa internet marketing yang pastinya dibutuhkan oleh pebisnis lain. Banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan model usaha business to business (B2B) ini, seperti desain grafis untuk desain media sosial, copywriting, content creator atau pemasaran digital yang lain.

  7. Fashion

    Kebutuhan setiap orang akan pakaian, membuat fashion juga menjadi peluang usaha 2022 yang akan selalu dilirik. Fashion yang dibutuhkan ini bukan hanya dari kategori pakaian wanita saja, melainkan juga pria, anak-anak, hingga hijab. Bahkan, menjual barang atau baju bekas layak pakai (preloved) pun bisa menjadi peluang usaha 2022. Anda dapat menjualnya di media sosial, e-commerce, atau marketplace

Tips Sukses Berbisnis untuk Pemula

Memulai suatu bisnis dari peluang usaha 2022 di atas tidak selamanya berjalan lancar, diperlukan beberapa keahlian dan langkah yang harus dilakukan dengan benar. Lagipula, sukses tak datang secara instan, bukan?

Berikut ini adalah 6 tips untuk sukses memulai bisnis untuk pemula oleh Scott Gerber, yaitu seorang pengusaha muda, penulis, dan investor asal Amerika Serikat:

  • Fokus pada satu peluang usaha 2022. Dengan fokus pada satu peluang, maka seluruh ide dan pikiran kamu untuk mengembangkan bisnis akan lebih terarah.
  • Lakukan hal yang disukai. Jika menyukai apa yang dilakukan, maka kita akan melakukannya dengan sepenuh hati, termasuk dalam menjalankan peluang usaha 2022.
  • Kuasai bisnis Anda. Dalam memilih peluang usaha 2022 untuk dijalankan, pastikan jenis bisnis tersebut adalah sesuatu yang disukai sehingga Anda bisa menguasainya dengan baik.
  • Selalu mau belajar. Berkonsultasi dengan orang lain seperti mentor, teman, atau orang sukses lainnya, membuat Anda lebih mudah mengambil pelajaran dari apa yang sudah dilakukannya dalam berbisnis.
  • Hidup sederhana. Jangan terlanjur silau dengan gaya hidup borjuis. Tetaplah hidup sederhana sesuai dengan isi dompet, agar bisnis Anda tidak goyah karena terganggu oleh lifestyle tersebut. 
  • Pantang menyerah. Kegagalan sangat mungkin terjadi saat memulai suatu usaha. Namun, pebisnis handal adalah orang yang pantang menyerah. Saat gagal, belajarlah dari kesalahan dan memperbaikinya, lalu bangkit kembali.

XtraSavers Non Individu untuk Tabungan Usaha Anda

Mempersiapkan diri menjadi seorang pengusaha, selain mengetahui peluang usaha 2022, Anda juga perlu mempertimbangkan hal menyangkut transaksi bisnis. XTRA Savers Non Individu dari CIMB Niaga, bisa menjadi pilihan menabung yang sekaligus menguntungkan bagi usaha Anda kelak.

Tabungan bisnis pada dasarnya bisa menggunakan rekening apapun. Akan tetapi, XTRA Savers Non Individu memiliki beberapa keunggulan dibandingkan yang jenis tabungan lain. Ada beberapa keuntungan yang bisa didapat dari menggunakan XtraSavers Non Individu, antara lain:

  • Suku bunga/imbal hasil menarik

    Nikmati suku bunga/imbal hasil menarik dan kompetitif yang membuat dana tabungan Anda berkembang lebih optimal. 

  • Auto sweep

    Dana di rekening kamu bisa dipindahkan secara otomatis ke rekening CIMB Niaga lain pilihan kamu.

  • Pick up service

    Kami akan datang sesuai dengan waktu dan tempat yang telah disepakati bersama secara bebas biaya, jadi kamu tak perlu datang ke kantor cabang untuk setor tunai! 

Informasi lebih lanjut mengenai XtraSavers Non Individu dari CIMB Niaga, langsung saja cek di sini. Ada simulasi bunganya juga yang bisa Anda lakukan untuk menaksir seperti apa perhitungannya.

Produk Terkait

XTRA Savers Non Individu

Menjadi seorang usahawan besar dan sukses harus memililiki mental sekuat baja, percaya diri serta memiliki visi dan misi yang besar

BizChannel@CIMB

Internet banking untuk mempermudah transaksi nasabah perusahaan

Giro Usaha

Pembiayaan Modal Kerja

Fasilitas pembiayaan yang fleksibel untuk memenuhi kebutuhan modal kerja jangka pendek Anda.