production

5 Tips Mudah Memulai Bisnis Minuman Kekinian

5 Tips Mudah Memulai Bisnis Minuman Kekinian

Bisnis kuliner masih menjadi pilihan favorit di masyarakat ketika memulai usahanya sendiri. Ini terlihat dari kian beragamnya jenis-jenis makanan atau minuman yang muncul di industri ini. Terus berkembang dan berinovasi. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya brand-brand baru di lini bisnis makanan atau bisnis minuman kekinian. Mulai dari tren makanan pedas, makanan olahan keju, makanan olahan ayam, hingga jajanan berjenis gorengan. Hal yang sama juga terjadi pada jenis minuman kekinian yang semakin bervariasi. Sebut saja es kopi, thai tea, boba, mango thai, hingga yang bergaya tradisional namun tetap dikemas ala bisnis minuman kekinian seperti cincau dan cendol. Harga yang ditawarkan oleh para pelaku di bisnis minuman kekinian ini juga berada di level murah ke menengah, yakni dari rentang Rp 5 ribu - Rp 50 ribuan.

Memulai bisnis minuman kekinian

Mengapa usaha kuliner seperti bisnis minuman kekinian masih menjadi pilihan para pelaku bisnis? Jawabannya karena kuliner itu sendiri. Kuliner baik itu makanan ataupun minuman merupakan kebutuhan pokok bagi manusia. Jadi pada dasarnya orang-orang memang butuh makan dan minum, ditambah dengan kegemaran masyarakat Indonesia pada umumnya yaitu mengkonsumsi jajanan. Ini tentunya menjadi peluang bisnis yang potensial.

Namun tak semuanya positif, sisi minus dari usaha kuliner adalah pesaing yang tidak sedikit. Karena itu, pelaku usaha kuliner harus berani membuat sesuatu yang berbeda apabila memutuskan terjun di bisnis kuliner. Antara lain membuat sajian kuliner yang berbeda dan disesuaikan dengan tren saat ini atau dengan lainnya mengemasnya menjadi bisnis minuman kekinian.

Karena itu bagi Anda yang tertarik memulai bisnis minuman kekinian, tidak ada salahnya untuk mencoba. Namun sebelum memulainya, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. Berikut adalah tips mudah dalam memulai bisnis minuman kekinian yang perlu Anda perhatikan.

  1. Gunakan bahan-bahan berkualitas

    Inovasi memang merupakan hal penting dalam memulai bisnis berkualitas. Namun jangan sampai lupa bahwa pemilihan bahan baku juga hal utama. Bahan baku yang baik akan berdampak pada kualitas produk minuman yang Anda hasilkan. Karena itu penting bagi Anda yang menjalankan bisnis minuman kekinian untuk melakukan riset terlebih dahulu. Semisal saat hendak memulai bisnis minuman kopi, perhatikan jenis-jenis kopi yang Anda pilih, pilih yang berkualitas dan sesuaikan dengan ketersediaan bujet yang Anda punya. Lalu cocokkan dengan kombinasinya seperti susu. Cek jenis susu apa yang paling sesuai sebagai bahan campuran kopi Anda. Begitu juga dengan teh. Pilih bahan dasar berkualitas untuk tambahan topping.

  2. Inovasi dan variasi

    Seperti yang sudah disinggung sebelumnya. Saat menjalankan bisnis minuman kekinian, Anda harus berani berinovasi dengan menyajikan variasi-variasi pilihan pada menu minuman Anda. Lihat apa yang menjadi keunggulan pada produk minuman kekinian Anda. Bisnis minuman kekinian memiliki pelaku usaha yang tidak sedikit. Karena itu akan sulit bagi Anda untuk bertahan bila tidak memiliki inovasi.

    Meski sama-sama terjun di jenis produk yang sama, seperti bubble tea, namun produk yang Anda jual sebaiknya ditambahkan kombinasi yang memang hasil resep Anda sendiri. Contohnya tambahan topping unik atau kombinasi buah dan lain-lain. Variasi ini akan membuat produk Anda berbeda dari pelaku bisnis minuman kekinian yang lain.

  3. Kemasan harus menarik

    Banyak produk bisnis minuman kekinian yang hadir di tengah-tengah masyarakat. Namun tidak semuanya bisa bertahan digemari masyarakat. Selain dari kualitas rasa, hal lain yang menarik minat konsumen adalah kemasan. Minuman yang dikemas secara rapi dan baik tentu akan lebih dipilih ketimbang minuman yang hanya dikemas seadanya. Bukan cuma itu saja, kemasan juga akan mempengaruhi nilai branding produk Anda di masyarakat.

    Karena itu siapkan dengan baik kemasan produk minuman kekinian Anda. Sebagai contoh, ketika Anda menjalankan bisnis minuman kekinian bubble tea, pilih kemasan yang pantas seperti cup atau gelas plastik yang berbahan kuat dan tidak mudah. Selain itu, untuk pembelian dibawa pulang atau take away, produk minuman Anda tidak hanya dibungkus plastik tapi bisa juga dibungkus dengan kotak karton yang dikemas dengan cantik. Hal ini bisa meningkatkan nilai bisnis minuman kekinian Anda di mata pembeli.

  4. Lokasi strategis

    Dalam memulai bisnis apapun itu, termasuk bisnis minuman kekinian lokasi menjadi faktor laku atau tidaknya bisnis tersebut. Lokasi yang strategis bisa menjadi nilai tambah agar usaha yang Anda jalankan disukai pembeli. Hal yang perlu diperhatikan sebelum menentukan lokasi adalah sesuaikan dengan target pasar Anda. Semisal Anda membuka bisnis minuman kekinian boba dengan harga murah, maka salah satu lokasi usaha yang cocok adalah di dekat sekolah-sekolah.

    Dalam perkembangan saat ini lokasi memang kerap dikesampingkan karena memakan bujet yang tidak sedikit. Selain itu, adanya metode penjualan online melalui aplikasi antar jemput membuat banyak pelaku bisnis kuliner yang tidak memiliki lokasi berjualan. Semua kembali kepada pilihan dan kesesuaian bujet yang Anda miliki. Jika memiliki bujet yang cukup, tidak ada salahnya untuk membuka gerai lokasi produk kuliner yang Anda jual. Ini membuat konsumen bisa langsung datang membeli dan memilih produk bisnis minuman kekinian yang Anda jual.

  5. Manfaatkan promosi online

    Di zaman serba online seperti saat ini, akan sangat merugikan bila Anda tidak memanfaatkannya sebagai media promosi bisnis Anda. Yang paling mudah sebagai media promosi bisnis minuman kekinian adalah media sosial seperti Instagram dan Facebook. Buat akun secara gratis di kedua media sosial tersebut dan lakukan promosi secara gencar untuk menarik minat pembeli. Tidak hanya melakukan penjualan, promosi produk Anda juga harus dilakukan secara tertata dan memiliki konsep. Mulai dari jenis postingan, foto produk, hingga caption yang ditulis. Semuanya bisa Anda lakukan sendiri dan gratis. Namun, Jika Anda memiliki budget lebih, tak ada salahnya untuk memberikan endorsement kepada influencer di media sosial seperti selebgram ataupun food blogger untuk mempromosikan bisnis minuman kekinian Anda.

  6. Sesuaikan dengan modal

    Modal seringkali dikeluhkan oleh pelaku bisnis ketika hendak memulai usahanya. Ketersediaan modal disebut menjadi hambatan terbesar. Padahal untuk menekan modal banyak upaya yang bisa dilakukan. Seperti disinggung sebelumnya, Anda bisa menyesuaikan target pasar yang Anda tuju dengan modal yang Anda miliki. Lalu untuk menekan biaya produksi, Anda bisa mencari supplier yang menawarkan dengan harga terjangkau. Selain itu, jika masih terkendala modal tidak salahnya untuk berjualan secara online terlebih dahulu. Anda dapat memasarkan bisnis minuman kekinian Anda secara online di media sosial dan memanfaatkan pemesanannya melalui aplikasi pesan antar.

Jadi tidak ada alasan lagi dengan modal. Apabila Anda merasa benar-benar tidak memiliki bujet sebagai modal awal, tidak perlu khawatir karena kini banyak bank yang menawarkan mekanisme Kredit Tanpa Agunan. Salah satunya adalah Kredit Tanpa Agunan (KTA) CIMB Niaga. Di KTA CIMB Niaga anda bisa memilih produk sesuai dengan kebutuhan yang Anda miliki. Salah satu produk yang ditawarkan oleh KTA CIMB Niaga adalah Xtra Dana.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang Anda dapatkan melalui CIMB Niaga Xtra Dana antara lain aksesnya yang mudah berupa layanan pengajuan aplikasi di semua cabang, call center atau website CIMB Niaga serta persyaratan dokumen dan proses pengajuan yang cepat. Tertarik untuk mencoba? Anda bisa langsung klik di sini Untuk informasi CIMB Niaga Xtra Dana selengkapnya. Tunggu apalagi!