www.cimbniaga.co.id production

Ide Usaha Sampingan untuk Bantu Tingkatkan Jumlah Pendapatan

 

 
 
 
 

Ide Usaha Sampingan untuk Bantu Tingkatkan Jumlah Pendapatan

 

Usaha sampingan bisa dilakukan oleh siapa saja, entah Anda seorang mahasiswa, karyawan, ibu rumah tangga, atau siapa pun. Seperti namanya, usaha sampingan berarti pekerjaan yang dilakukan di sela-sela pekerjaan utama tanpa mengabaikan pekerjaan utama tersebut. Jika Anda seorang karyawan, Anda pun punya peluang besar untuk segera memiliki usaha sampingan di tengah jadwal yang padat. Anda masih bisa melakukan beberapa pekerjaan sampingan.

Usaha sampingan yang akan dijalani bisa apa saja yang menguntungkan. Waktu untuk bekerjanya juga lebih fleksibel mengingat ini adalah usaha sampingan, jadi bisa dikerjakan pada sore atau malam hari setelah aktivitas utama Anda selesai. Anda juga akan berhadapan dengan tantangan seperti mengorbankan sedikit waktu untuk keluarga atau untuk diri sendiri.

Tapi jika Anda bersungguh-sungguh, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat dan berbagai pengalaman baru dari usaha sampingan yang Anda geluti.

Manfaat Menjalani Usaha Sampingan

  1. Membangun keterampilan bisnis

    Bekerja sebagai karyawan tentu akan terbatas oleh usia. Itu berarti, Anda tidak bisa menjadi karyawan secara terus menerus. Karena itu, Anda harus membuat rencana baru demi mempersiapkan masa tua nanti, misalnya dengan mulai membangun usaha sampingan. Usaha sampingan akan membuat Anda membentuk keterampilan berbisnis Anda. Bahkan akan jauh lebih baik jika Anda bisa segera memutuskan untuk memulainya tersebut sejak awal.

  2. Prospek masa depan yang gemilang

    Keuntungan membangun usaha sampingan ketika masih berstatus karyawan adalah memiliki prospek yang lebih matang di masa mendatang. Sebab, usaha sampingan adalah aset paling berharga yang tentunya akan berdampak pada keberlangsungan hidup jangka panjang. 

    Jika usaha sampingan itu bisa berjalan stabil, Anda tidak perlu khawatir memikir penghasilan ketika nanti resign dari pekerjaan atau menjadi korban PHK. Prospek lain yang dapat bisa diperoleh adalah potensi untuk bisa mengembangkannya, sehingga Anda tak perlu lagi bekerja sebagai karyawan. Andalah bosnya.

  3. Menambah nilai pada portofolio atau resume

    Resume atau portofolio berperan penting dalam dunia pekerjaan, karena keduanya menggambarkan informasi secara detail tentang kepribadian Anda. Jika ingin menggunakan resume atau portofolio untuk mendaftar suatu pekerjaan nanti, informasi yang termuat di dalamnya harus sesuatu yang positif serta memiliki nilai lebih. Adalah nilai plus jika Anda dapat menyertakan riwayat bisnis Anda di resume atau portofolio. Hal itu membuka kemungkinan perusahaan untuk mempertimbangkan Anda.

  4. Mencegah potensi keuangan lesu

    Kestabilan kondisi keuangan di masa depan adalah impian banyak orang. Tetapi, itu bukan impian lagi jika Anda bisa segera memulai usaha sampingan. Anda dapat memperkecil kemungkinan ketidakstabilan finansial Anda dengan terus mengembangkan keterampilan Anda untuk berbisnis dan mencoba berbagai kemungkinan. Anda juga tak perlu lebih jauh menggantungkan hidup dari status sebagai karyawan karena Anda punya sumber penghasilan kedua dari usaha yang Anda geluti.

  5. Potensi jadi pengusaha besar

    Sekecil apa pun bisnis sampingan yang Anda miliki selama menjadi karyawan, paling tidak itu menjadi modal awal yang baik sebelum berusaha mengembangkannya menjadi bisnis besar. Membangun usaha sampingan berarti juga meningkatkan kapasitas diri dalam memahami bidang ekonomi dan keuangan. Anda akan mendapat banyak hal sebagai pelajaran untuk dapat memahami potensi serta strategi menjadi pengusaha besar.

Ide Usaha Sampingan yang Potensial

  1. Usaha rental mobil

    Rental mobil sudah banyak ditemui. Namun, usaha sampingan ini kerap kurang dilirik karena modal awal yang dibutuhkan tidak sedikit bahkan risikonya juga cukup besar. Kebanyakan usaha rental mobil dilakukan secara offline. Padahal usaha rental mobil bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan bila melakukan pendekatan yang kreatif pula. Misalnya membuka layanan secara online atau memasarkannya lewat media sosial. Anda juga bisa menambahkan layanan lain seperti antar-jemput atau layanan sopir.

  2. Wedding Organizer

    Usaha sampingan selanjutnya yang bisa coba Anda adalah menggeluti wedding organizer. Bidang ini bisa menjadi usaha sampingan yang menjanjikan karena setiap pasangan calon pengantin ingin momen spesialnya berlangsung sempurna. Seorang wedding organizer selalu dibutuhkan untuk mengatur rangkaian acara. Prospek bisnis ini masih cukup tinggi mengingat nilai industrinya sangat tinggi. Anda pun bisa memulai bahkan dengan tanpa modal dan memanfaatkan kapital dari media sosial.

  3. Bisnis katering makanan sehat

    Usaha sampingan yang cukup menjanjikan selanjutnya adalah menggeluti bisnis katering makanan sehat. Bisnis ini cocok sekali untuk digeluti jika Anda tinggal di kota besar, apalagi ide bisnis ini bisa terus berkembang seiring tingginya minat masyarakat terhadap makanan sehat. Anda bisa membuat beberapa pilihan menu masakan sehat yang praktis untuk makanan di kantor atau sekolah. Kreasikan pula jenis makanan dan pasarkan lewat media sosial.

  4. Bisnis menjahit pakaian

    Bisnis menjahit pakaian juga termasuk usaha sampingan yang menjanjikan yang bisa Anda geluti. Bisnis fashion di Indonesia pun sedang mengalami tren positif dengan nilai ekspor bisnis yang sangat tinggi. Anda bisa menjalani bisnis ini berbekal keahlian menjahit dan kejelian memilih bahan terbaik. Anda bisa membuat beragam produk fashion yang dibutuhkan masyarakat, misalnya bisnis busana muslim. Anda juga bisa menerapkan sistem pre-order untuk sebuah produk.

  5. Beautypreneur 

    Kebutuhan alat rias dan informasi seputar kecantikan semakin meningkat. Tentu saja peluang ini dimanfaatkan dengan sigap oleh mereka yang bergerak di bidang kecantikan untuk semakin mendalami bidang ini. Bisnis di bidang kecantikan ini bahkan sudah banyak melahirkan produk-produk make up dan perawatan lokal yang sudah memiliki pasarnya sendiri. Anda bisa mulai terjun di bisnis ini dengan menjual berbagai peralatan make up.

  6. Petshop

    Membuka bisnis petshop bisa jadi peluang usaha yang menggiurkan. Apalagi jika Anda adalah pencinta hewan. Omzet hingga ratusan juta rupiah menanti Anda dengan modal yang tak begitu besar. Modal yang Anda miliki dapat digunakan untuk membeli berbagai barang kebutuhan hewan peliharaan seperti makanan hingga aksesori. Usaha sampingan ini juga semakin lengkap jika Anda bisa menawarkan jasa grooming atau perawatan hewan peliharaan. Bisnis ini memiliki peluang besar karena kesadaran masyarakat akan perawatan kesehatan hewan peliharaan meningkat.

  7. Sewa perlengkapan bayi

    Kini, banyak orang tua yang lebih memilih untuk menyewa perlengkapan bayi mengingat masa pakai perlengkapan tersebut sangat singkat. Usaha sampingan untuk sewa perlengkapan bayi pun bisa jadi pilihan tepat yang menjanjikan. Usaha ini bisa dimulai dengan modal awal yang tak begitu besar. Namun, jika memiliki modal yang lebih besar, Anda bisa menambahkan jumlah koleksi perlengkapan bayi yang bisa disewakan. Salah satu perlengkapan yang sangat dibutuhkan adalah stroller. Bisnis ini juga bisa dimulai di rumah dan tak perlu menyewa tempat untuk perlengkapan bayi tersebut.

Itulah beberapa contoh usaha sampingan yang bisa Anda pilih dan jalankan. Nah, Anda pun bisa menambahkan modal lewat layanan Pinjaman dengan Agunan CIMB Niaga. Nikmati dana instan hingga 100% untuk berbagai kebutuhan dengan pilihan agunan tabungan, deposito, Market Linked Deposit (MLD) dan obligasi. Beberapa keuntungan yang Anda dapatkan seperti tenor hingga lima tahun, suku bunga kompetitif, proses mudah dan cepat serta bisa diajukan di semua cabang CIMB Niaga. Temukan informasi selengkapnya di sini.

Produk Terkait

Pinjaman dengan Agunan

Deposito, Tabungan Berjangka, Market Linked Deposit dan Obligasi

Deposito Berjangka Personal

Buka deposito berjangka udah ga perlu ribet datang ke bank lagi, karena hanya perlu beberapa klik saja pakai OCTO Clicks atau OCTO Mobile

Obligasi

Cara tepat berinvestasi untuk pertumbuhan uang dan keuntungan yang maksimal

Market Linked Deposit

Deposito aman yang disertai dengan keuntungan investasi