www.cimbniaga.co.id production

Pinjam Uang di Bank untuk Bisnis Dengan Mudah dan Cepat

 

 
 
 
 

Pinjam Uang di Bank untuk Bisnis Dengan Mudah dan Cepat

 

Sebagian orang bermimpi untuk memiliki bisnis sendiri. Namun, diperlukan modal yang cukup agar bisnis tersebut bisa berjalan dengan baik. Tetapi, bagaimana jika Anda merasa modal yang Anda miliki kurang atau masih belum cukup?

Tak perlu khawatir, karena Anda bisa menambahkan modal Anda dengan cara pinjam uang di bank. Seperti diketahui, pinjam uang di bank memang menjadi salah satu alternatif yang bisa dilakukan untuk menambahkan modal bagi bisnis Anda. Pinjam uang di bank sendiri adalah salah satu solusi karena Anda akan mendapatkan kemudahan dalam proses peminjaman. Anda pun bisa memilih perbankan nasional mana yang ingin Anda tuju sebelum pinjam uang di bank.

Bank seringkali dipilih masyarakat dengan alasan bunga yang kompetitif saat pinjam uang di bank. Tenor pinjaman uang tersebut bahkan bisa lebih lama dibanding lembaga keuangan lainnya. Tetapi, Anda perlu mengetahui juga seluk-beluk pinjam uang di bank agar cepat disetujui. Mulai dari sumber pinjaman dana hingga tips-tipsnya. Simak penjelasannya berikut ini.

Sumber Pinjaman Dana

Saat ini ada banyak lembaga non-bank yang bisa memberi pinjaman dana. Namun, setiap lembaga memiliki syarat dan ketentuan pinjaman dana yang berbeda. Hal yang perlu Anda lakukan adalah memperhatikan legalitas dan keamanannya. Inilah beberapa sumber pinjaman dana.

Koperasi

Koperasi simpan pinjam adalah jawaban jika Anda ingin memperoleh pinjaman dana secara tunai. Meski begitu, umumnya koperasi hanya memberikan pinjaman kepada anggotanya saja. Jika Anda sudah menjadi anggota sebuah koperasi, Anda bisa meminjam uang tunai ke koperasi yang biasanya terdapat di kantor-kantor atau instansi dan tingkat daerah seperti desa dan kelurahan.

Tempat Gadai

Tempat gadai adalah lembaga non keuangan yang cukup populer di masyarakat untuk dijadikan sumber pinjaman dana. Anda bisa memperoleh pinjaman uang dengan menggadaikan barang-barang berharga yang Anda miliki sebagai jaminan. Umumnya, barang-barang yang digadaikan adalah emas, kendaraan, ataupun alat-alat elektronik rumah tangga. Barang-barang tersebut kemudian dianalisis dan ditentukan berapa nilainya, sebelum memperoleh pinjaman dana.

Pinjaman Online

Sumber pinjaman dana selanjutnya adalah pinjaman online yang umumnya dimiliki oleh platform fintech atau financial technology. Jika Anda termasuk yang tertarik pada pinjaman online, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti suku bunga dan legalitas fintech tersebut. Pilih fintech yang benar-benar terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan memiliki reputasi yang bagus. Ini penting karena saat ini banyak fintech yang tidak terdaftar secara resmi di OJK.

Bank

Sumber pinjaman dana selanjutnya adalah bank yang menawarkan mekanisme pinjaman dana. Yang cukup populer adalah Kredit Tanpa Agunan (KTA) dengan persyaratan dan ketentuan yang berbeda-beda pada tiap bank. Umumnya, KTA ditujukan pada nasabah yang sudah memiliki rekening di bank yang bersangkutan. KTA sendiri merupakan produk bank yang cukup populer selain tabungan. Selain KTA, bank juga memiliki peminjaman dana yang menggunakan agunan.

Persyaratan Umum Pinjam Uang di Bank

Hampir semua perbankan mempunyai persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon peminjam. Persyaratan pinjam uang di bank ini bersifat wajib. Jika ada salah satu poin yang belum terpenuhi, maka proses pengajuan pinjam uang di bank tidak dapat diproses lebih lanjut. Berikut ini syarat umum yang harus disiapkan sebelum mengajukan pinjaman di bank, yaitu:

  • Fotokopi KTP/Kartu Keluarga, Akta Nikah bisa disertakan sebagai bukti identitas diri jika sudah berkeluarga
  • Fotokopi slip gaji
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi buku tabungan

Sebagai catatan, jika Anda pinjam uang di bank dengan jaminan, maka siapkan dokumen bukti kepemilikan benda yang akan dijadikan jaminan. Misalnya BPKB kendaraan bermotor atau sertifikat rumah dan tanah. Selanjutnya, silakan datang ke bank yang telah Anda pilih dan jangan lupa bawa semua dokumen pendukungnya.

Tips Pinjam Uang di Bank Agar Cepat Disetujui Pihak Bank

Ketika berkas-berkas persyaratan pinjam uang di bank telah disiapkan, perhatikan pula beberapa hal berikut ini agar pengajuan pinjam uang di bank cepat disetujui pihak bank. Beberapa tips di antaranya:

1. Skor kredit atau riwayat kredit bagus 

Lazimnya, pihak bank akan kroscek data calon debitur di BI Checking untuk mengetahui riwayat kredit atau skor kredit sebelum Anda resmi pinjam uang di bank. Skor kredit atau riwayat kredit akan menunjukkan apakah Anda pernah gagal atau berhasil bayar di pinjaman sebelumnya. Skor kredit adalah salah satu pertimbangan pihak bank untuk meminjamkan uang.

2. Pakai jaminan

Agar pengajuan pinjam uang di bank cepat disetujui maka sebaiknya Anda menggunakan jaminan. Pilihlah jaminan atau agunan yang mempunyai nilai jual tinggi, paling tidak barang jaminan bernilai sama dengan nominal angka yang akan dipinjam.

Pihak bank akan melakukan analisis dan seleksi untuk menentukan apakah barang jaminan tersebut layak dijaminkan atau tidak. Sebab, barang tersebut akan dilelang apabila debitur tidak sanggup menyelesaikan pembayaran. Proses penyeleksian ini cukup ketat. Umumnya, ada pula persyaratan khusus tentang barang jaminan ini. Seperti kendaraan bermotor yang dijaminkan harus produksi terbaru dan sebagainya.

3. Menentukan tenor pinjaman

Tenor pinjaman merupakan periode waktu pinjam uang di bank. Jika Anda memilih tenor pinjaman yang lebih lama, maka besar cicilan utang jauh lebih kecil tetapi bunga yang dibayarkan akan lebih besar. Sebaliknya, jika Anda memilih tenor singkat, maka biaya angsuran per bulan akan lebih berat. Tipsnya, hitung pendapatan per bulan sebelum menentukan tenor. Buatlah perencanaan pinjam uang di bank dengan cermat agar tidak memberatkan dan menyebabkan gagal bayar di kemudian hari.

4. Sesuaikan nominal pinjaman dengan kebutuhan dan kemampuan

Jadilah debitur yang bijak dalam menyesuaikan plafon pinjam uang di bank dengan kemampuan membayar. Ajukan pinjam uang di bank dengan besaran angsuran tidak melebihi 30% dari penghasilan Anda. Dengan begitu, bank akan menilai Anda masih sanggup membayar utang tersebut. Jika Anda memperhitungkan plafon pinjaman dengan seksama, besar kemungkinan pengajuan akan diloloskan oleh pihak bank.

5. Manfaatkan penawaran Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Beberapa bank memiliki layanan kredit tanpa agunan (KTA). Layanan ini hampir mirip dengan fintech, namun bunga yang ditawarkan relatif lebih rendah. Manfaatkan layanan ini jika Anda tidak memiliki jaminan.

Itulah beberapa hal tentang pinjam uang di bank yang mudah dan cepat untuk dilakukan sebagai tambahan modal untuk berbagai keperluan Anda. Setelah mengetahui sumber pinjaman uang, beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, serta tips-tips agar pinjam uang di bank bisa segera disetujui, Anda bisa langsung pinjam uang di bank, salah satunya CIMB Niaga.

Dapatkan kemudahan pinjam uang di bank lewat layanan Pinjaman dengan Agunan dari CIMB Niaga. Anda bisa mendapatkan keuntungan menarik, di antaranya pinjaman ini bisa digunakan untuk semua kebutuhan Anda, mulai dari dana emergency, renovasi rumah, atau kebutuhan lainnya.

Pinjaman dengan agunan juga memberikan kemudahan pengajuan dengan proses yang cepat tanpa melalui proses appraisal, suku bunganya kompetitif untuk segala solusi kebutuhan, serta agunan berupa tunai atau surat berharga. Dapatkan informasi lengkapnya di sini.

Produk Terkait

Pinjaman dengan Agunan

Deposito, Tabungan Berjangka, Market Linked Deposit dan Obligasi

XTRA Savers Non Individu

Menjadi seorang usahawan besar dan sukses harus memililiki mental sekuat baja, percaya diri serta memiliki visi dan misi yang besar

GOAL Savers

Sekarang bisa nabung HARIAN/MINGGUAN/BULANAN untuk raih GOAL impian

OCTO Card

Praktis, Menguntungkan, Tanpa Plastik