production

Ide dan Peluang Usaha yang Ramai di Tahun 2020 untuk Ditiru!

Ide dan Peluang Usaha yang Ramai di Tahun 2020 untuk Ditiru!

Seperti yang kita ketahui, virus corona (Covid-19) sedang mewabah di Indonesia. Tidak hanya di Indonesia, bahkan telah menjadi pandemi di seluruh dunia. Kondisi pandemi ini memaksa kita semua untuk mengisolasi diri di rumah dan tidak boleh keluar rumah supaya tidak terpapar virus corona ini. Di beberapa daerah juga menerapkan sistem PSSB (Pembatasan Sosial Berkala Besar) sehingga aktivitas semakin terhambat. Pekerjaan dan bisnis terpaksa harus dilakukan secara WFH (Work From Home), mahasiswa dan siswa sekolah pun harus belajar melalui daring yang disebut pembelajaran jarak jauh. Di sisi lain, kondisi ini juga membuat sebagian orang mencari-cari ide dan peluang usaha yang dapat dilakukan selama di rumah saja. Apakah Anda termasuk salah satu orang yang mencari ide dan peluang usaha? Jika iya, maka simak penjelasan di bawah ini.

Ide dan Peluang Usaha pada Saat Pandemi

Tidak dapat menutup kemungkinan, situasi pandemi ini sangat berdampak pada kondisi ekonomi setiap orang. Apalagi ada beberapa pekerjaan dan bisnis yang tidak bisa dilakukan secara Work From Home. Tak sedikit pula pekerja yang terkena PHK. Hal ini memaksa membuat setiap orang harus menjadi kreatif dan memutar otak untuk mencari ide dan peluang usaha yang bisa dilakukan secara Work From Home. Mungkin menurut Anda sulit untuk mencari ide dan peluang usaha pada saat situasi seperti ini, tetapi jika Anda tetap berusaha untuk mencari ide dan peluang usaha dengan sabar maka semua akan berhasil. Berikut merupakan beberapa ide dan peluang usaha yang bisa Anda lakukan pada saat pandemi.

  1. Usaha Pembuatan Masker Kain

    Selama pandemi ini, masker adalah salah satu barang yang harus digunakan dan banyak dicari oleh semua orang. Ketika masker satu kali pakai sudah sulit dicari, orang berbondong-bondong mencari masker kain sebagai pengganti. Ide dan peluang usaha pembuatan masker kain ini juga merupakan usaha jangka panjang karena akan digunakan terus menerus walaupun pandemi ini telah selesai.

  2. Usaha Online Shop

    Sebelum pandemi, usaha online shop memang sudah dilakukan oleh banyak orang. Namun, sekarang ini online shop semakin marak digunakan oleh khalayak ramai untuk membeli barang. Tidak hanya barang yang diperlukan saja, bahkan kebutuhan sehari-hari, seperti obat, frozen food, dan sayur, sudah dibeli secara online. Dengan hanya memanfaatkan handphone dan bertransaksi menggunakan mobile banking, membuat orang banyak beralih ke belanja online. Untuk ide dan peluang usaha online shop ini, Anda bisa menjual barang yang sekiranya sering dicari oleh banyak orang. Produk yang sering dicari di pasaran adalah baju, tas, sepatu, dan case handphone. Daftarkan juga usaha Anda ke berbagai platform online supaya online shop Anda banyak dikunjungi oleh khalayak ramai.

  3. Usaha Kue Pastri

    Pada saat ini, makanan kue pastry seperti brownies banyak diminati oleh masyarakat. Apalagi camilan ini telah dimodifikasi menjadi bentuk yang kecil dan lebih murah yang dikenal dengan dessert box. Adanya topping yang beragam membuat permintaan brownies kotakan ini semakin melonjak terus menerus sehingga ide dan peluang usaha kue pastry ini cocok buat Anda yang hobi bikin kue.

  4. Usaha Makanan Beku (Frozen Food)

    Masa mengisolasi diri membuat semua aktivitas terbatas sehingga kegiatan membeli bahan makanan pun menjadi sulit. Banyak keluarga harus belanja banyak bahan makanan dan menyimpannya untuk jangka panjang supaya tidak keluar rumah secara terus-menerus. Tetapi, tidak semua bahan makanan dapat bertahan lama dan akan berakhir busuk jika tidak digunakan. Oleh karena itu, ide dan peluang usaha makanan beku ini sangat bermanfaat dan banyak dicari oleh masyarakat karena memudahkan mereka. Jenis-jenis makanan beku yang banyak dicari adalah rendang, aneka masakan ayam, sambal, risoles, dan lainnya.

  5. Usaha Virtual Photoshoot

    Buat Anda yang suka dalam bidang fotografi, ini merupakan ide dan peluang usaha yang bagus buat Anda. Virtual photoshoot sedang trend pada masa pandemi ini. Selama mengisolasi diri di rumah, orang-orang tidak bisa melakukan photoshoot di studio secara langsung sehingga Anda bisa memanfaatkan ide dan peluang usaha virtual photoshoot ini dengan baik. Hanya bermodalkan kamera, handphone, laptop, jaringan internet, dan berbagai properti kecil seperti gelas, bunga, dan kaca Anda sudah bisa membangun bisnis ini.

  6. Desain Grafis

    Selama pandemi, semakin banyak usaha-usaha baru yang merintis, semakin banyak juga jasa desain grafis dibutuhkan. Jasa desain grafis biasanya dicari untuk mendesain logo, mendesain kemasan hingga mendesain konten di platform online. Apabila Anda pandai dalam dunia desain atau bahkan Anda hobi dalam desain, Anda bisa memanfaatkan ide dan peluang usaha desain grafis ini. Anda bisa menampilkan portofolio Anda untuk menarik orang supaya tertarik untuk menggunakan jasa desain Anda.

  7. Menjadi Reseller

    Anda pasti sudah tidak asing dengan kata reseller jika Anda sering berbelanja melalui online. Reseller adalah orang yang menjual kembali produk yang dibeli dari supplier ke konsumen. Apabila Anda ingin menjadi reseller, Anda harus mendaftar pada pihak supplier. Untuk ide dan peluang usaha menjadi reseller ini, Anda harus menyiapkan modal terlebih dahulu karena Anda harus membeli produk pada pihak supplier. Pihak supplier juga akan memberimu harga yang lebih murah sehingga Anda bisa menentukan keuntungan sesuai dengan keinginan Anda.

  8. Menjadi Dropshipper

    Dropshipper juga sering digunakan dalam dunia transaksi online. Berbeda dengan reseller yang harus membeli barang dari supplier terlebih dulu, dropshipper tidak perlu membeli barang dari supplier. Sistem dari dropshipper yaitu Anda mempromosikan produk tersebut. Kemudian, jika ada konsumen yang membeli, Anda memesan pada pihak supplier. Lalu, pihak supplier yang akan mengirim langsung kepada konsumen dengan atas nama Anda. Dalam ide dan peluang usaha dropshipper ini, Anda hanya perlu maksimal dalam mempromosikan barang yang Anda jual. Ide dan peluang usaha menjadi dropshipper sangat cocok buat Anda yang ingin punya usaha tapi tidak ingin mengeluarkan modal terlebih dahulu.

Persiapan yang Perlu Diperhatikan Saat Merintis Usaha

Sebelum merintis usaha, Anda harus memperhatikan berbagai persiapan yang harus Anda lakukan karena menjalankan usaha memiliki banyak resiko. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkannya dengan matang supaya usaha Anda dapat berjalan dengan lancar. Pertama-tama Anda harus mencari ide dan peluang usaha yang sedang marak dicari oleh khalayak ramai. Hal ini bertujuan supaya usaha Anda banyak dilirik.

Untuk mengeksekusi ide dan peluang usaha yang sudah Anda miliki, Anda memerlukan bahan-bahan atau barang-barang yang digunakan untuk membuat produk yang akan dijual. Carilah mitra brand yang berhubungan dengan bahan-bahan yang digunakan untuk produk Anda. Kemudian, ajaklah untuk bekerja sama. Hal ini dapat mengurangi jumlah modal Anda. Oleh karena itu modal tersebut dapat Anda alihkan untuk membeli bahan lainnya.

Hal yang paling penting untuk diperhatikan juga adalah mencatat anggaran yang akan dikeluarkan untuk merintis usaha Anda. Hal ini berguna untuk mengetahui dan menentukan jumlah modal yang digunakan. Selain itu, pisahkanlah pengelolaan keuangan pribadi dengan pengelolaan keuangan bisnis supaya tidak merepotkan ketika pembukuan. Oleh karena itu, Anda memerlukan dua tabungan yang berbeda untuk pribadi dan bisnis.

Anda bisa membuka tabungan di CIMB Niaga. Tidak perlu takut syarat yang diberikan sulit atau prosesnya lama karena di Kredit Tanpa Agunan CIMB Niaga memberikan syarat yang mudah dan proses yang cepat sehingga Anda tidak perlu menunggu lama. Keuangan pribadi dan bisnis pun menjadi lebih mudah diatur berkat fasilitas digital banking, OCTO Mobile. Info syarat dan ketentuan yang lebih lanjut, bisa klik di sini.