production

Bayar PDAM Secara Online Jadi Mudah dan Hemat

 

 
 
 
 

Bayar PDAM Secara Online Jadi Mudah dan Hemat

 

Sedari dulu, membayar tagihan keperluan rumah, seperti PDAM merupakan hal yang cukup merepotkan. Pasalnya, sistem pembayaran online untuk bayar PDAM masih belum berfungsi optimal. Cara termudah bayar PDAM adalah dengan pergi ke ATM atau membayar melalui merchant di mini market. Di luar itu, Anda perlu datang ke kantor PDAM untuk membayar tagihan air Anda namun dengan risiko adanya antrian.

Keuntungan bayar PDAM online

Namun, untuk saat ini bayar PDAM sudah lebih mudah. Sistem pembayaran online untuk tagihan kebutuhan rumah sudah dapat bekerja optimal dan Anda pun sudah tidak perlu lagi beranjak keluar rumah untuk sekadar bayar PDAM. Tidak hanya itu, saat ini bayar PDAM secara online juga menawarkan berbagai macam keuntungan. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda rasakan dengan bayar PDAM secara online.

  1. Bisa dilakukan di mana saja

    Keunggulan utama dalam bayar PDAM secara online adalah Anda bisa melakukan pembayaran tersebut di mana saja. Anda bisa bayar PDAM secara nyaman baik sedang ada di rumah maupun sedang berada di dalam perjalanan. Kemudahan atau keuntungan ini membuat Anda terhindar dalam menghadapi risiko dalam melakukan bayar PDAM. Selain itu, meskipun Anda mengalami telat bayar PDAM, Anda pun tetap dapat melakukan pembayaran secara online. Hal ini terjadi, karena tagihan bayar PDAM Anda ini sudah terintegrasi sehingga jika ada denda sekalipun Anda hanya perlu membayar total tagihan yang ada tanpa harus mengurusnya ke kantor cabang demi bayar PDAM Anda secara lunas.

  2. Bisa menggunakan smartphone atau komputer

    Bayar PDAM dengan basis online, tentu saja Anda bisa menggunakan segala macam gadget yang Anda miliki. Mulai dari smartphone, tablet, komputer, maupun laptop bisa Anda gunakan untuk melakukan bayar PDAM dengan mudah. Mungkin jika Anda memiliki komputer, Anda hanya bisa melakukan pembayaran tagihan air di rumah saja. Namun, jika Anda punya smartphone, tablet, atau komputer, Anda bisa memaksimalkan fitur bayar PDAM online ini di mana pun dan kapan pun. Untuk mendapatkan kemudahan menyelesaikan bayar PDAM di komputer maupun laptop, Anda bisa menggunakan OCTO Clicks dari CIMB Niaga dan jika Anda sedang berada di luar rumah dan membutuhkan bayar PDAM dengan segera, CIMB Niaga juga memiliki aplikasi OCTO Mobile. Dengan kata lain, menjadi nasabah CIMB Niaga akan memberi kebebasan pada Anda untuk keperluan transaksi perbankan.

  3. Biaya admin kompetitif

    Mungkin Anda pernah melakukan bayar PDAM secara online melalui merchant seperti mini market atau aplikasi marketplace di smartphone Anda. Dalam tagihan tersebut biasanya Anda akan menemukan biaya tambahan. Biaya tersebut merupakan biaya layanan atau biaya admin yang dibebankan oleh Anda. Terkadang biaya layanan tersebut memiliki nominal yang cukup memberatkan Anda, karena Anda perlu membayar tagihan kebutuhan rumahan dengan harga yang lebih besar. Namun, jika Anda menggunakan OCTO Clicks maupun OCTO Mobile sebagai pilihan bayar PDAM, Anda akan mendapatkan biaya layanan dengan nominal yang kompetitif sehingga tidak terlalu memberatkan Anda saat bayar PDAM secara online. 

  4. Metode pembayaran aman

    Dengan melakukan bayar PDAM online, Anda juga akan merasa aman secara pribadi. Pasalnya, Anda tidak perlu lagi pergi ke kantor PDAM atau merchant di mini market dengan membawa uang dalam jumlah banyak untuk membayar tagihan kebutuhan rumahan Anda. Bayar PDAM secara online meminimalisasi risiko terjadinya hal yang tidak diinginkan kepada Anda secara pribadi. Selain itu, teknologi yang semakin berkembang juga menghadirkan sistem pembayaran online semakin aman, baik untuk aplikasi smartphone maupun berbasis internet banking. Meskipun tergolong aman, Anda pun tetap harus waspada. Kewaspadaan ini penting untuk ditingkatkan, mengingat setiap transaksi online Anda seperti bayar PDAM biasanya menggunakan kode verifikasi. Untuk itu, jangan sampai tersebar kode verifikasi tersebut agar tidak digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Cara menghemat tagihan bayar PDAM

Meskipun melakukan bayar PDAM secara online terhitung mudah dan menguntungkan, bukan berarti tagihan Anda akan terasa lebih hemat. Untuk mendapatkan tagihan bayar PDAM yang tidak membengkak, Ada beberapa hal yang bisa Anda coba untuk menghemat penggunaan air dalam kebutuhan sehari-hari. 

  1. Periksa kebocoran pipa

    Salah satu penyebab utama dalam bayar PDAM dengan tagihan yang membengkak adalah adanya kebocoran pipa. Hal ini sulit untuk diketahui, karena biasanya pipa terpasang dengan rapi dan tersembunyi di balik dinding. Berbeda dengan kebocoran keran yang dapat terlihat oleh mata. Agar Anda tidak merasa berat saat bayar PDAM, pastikan tidak ada pipa yang bocor. Hal yang bisa Anda lakukan dalam mengidentifikasi kebocoran pipa demi menghindari bayar PDAM dengan tagihan yang membengkak adalah dengan cara mendengar suara tekanan air yang berasal dari dinding. Pastikan Anda membuka keran utama PDAM secara penuh agar tekanan air kencang dan suaranya terasa. Jika Anda mendengar ada suara tekanan air di balik dinding segera perbaiki demi meminimalisasi risiko bayar PDAM dengan harga yang tidak diinginkan

  2. Gunakan shower

    Mungkin Anda pikir dengan menampung air di dalam bak akan mengurangi beban biaya besar dalam tagihan bayar PDAM Anda. Nyatanya hal tersebut kurang efektif. Baiknya Anda mulai beralih menggunakan shower untuk mandi. Pasalnya, shower hanya digunakan saat Anda memerlukan untuk membilas badan Anda. pastikan Anda untuk menutup keran shower saat sedang membersihkan diri dengan sabun dan shampo agar air tidak mengalir secara terus menerus dan membuat meteran air PDAM Anda tetap berjalan. 

  3. Matikan keran saat sikat gigi

    Mungkin Anda suka lupa untuk menutup atau mematikan keran saat menyikat gigi dan mencuci muka. Mungkin hal itu didasari dalam memudahkan Anda untuk berkumur dan membilas muka. Namun, ternyata kebiasaan tersebut menghadirkan dampak buruk terhadap tagihan bayar PDAM Anda setiap bulannya. Jika dilakukan terus menerus, bisa-bisa biaya tagihan Anda membengkak dan membuat Anda kurang nyaman. Untuk itu, ada baiknya untuk selalu menutup keran saat jeda dalam menyikat gigi atau mencuci muka.

Baik bayar PDAM secara online maupun melakukan kebutuhan pembayaran lainnya, banyak kemudahan dan keuntungan yang bisa Anda rasakan dengan melakukan transaksi digital banking. Sebagai salah satu transaksi berbasis layanan digital banking yang ada di Indonesia, OCTO Clicks dari CIMB Niaga menawarkan solusi untuk transaksi perbankan Anda secara daring yang mudah dan menguntungkan. Selain bisa digunakan untuk bayar PDAM, OCTO Clicks juga menawarkan fitur transaksi perbankan yang lengkap, seperti transfer secara real-time, bayar tagihan lainnya seperti PLN, pulsa, kartu kredit, KTA, dan masih banyak lainnya yang bisa Anda akses dan gunakan hanya dengan sentuhan jari. Temukan informasi dan keuntungan tentang OCTO Clicks CIMB Niaga di sini.

Produk Terkait

OCTO Clicks

Tersedia fitur transaksi lengkap mulai dari transfer, bayar tagihan hingga pembukaan deposito dan reksa dana. 

ATM Gallery

Pergi ke manapun tidak perlu khawatir lagi kehabisan uang, karena ATM CIMB NIAGA selalu setia menemani Anda di manapun Anda berada. Tarik tunai di ribuan gerai mesin ATM (Automatic Teller Machine/Anjungan Tunai Mandiri) CIMB NIAGA atau Mesin Tarik Setor Tunai yang tersebar luas khusus untuk Anda. Membawa uang tunai dan tidak sempat pergi ke bank untuk menyetorkannya? Jangan khawatir karena Anda bisa memanfaatkan mesin CDM (Cash Deposit Machine/Mesin Setor Tunai) atau Mesin Tarik Setor Tunai yang bisa Anda temui di ATM Gallery CIMB NIAGA.

OCTO Mobile: Banyak Bisanya, Bisa Semaunya!

One stop mobile financial solution untuk memenuhi kebutuhan finansial Anda dengan beragam fitur canggih dan keunggulan produk. Download OCTO Mobile :