www.cimbniaga.co.id production

8 Kerangka Penting dalam Contoh Contoh Proposal Usaha

 

 
 
 
 

8 Kerangka Penting dalam Contoh Contoh Proposal Usaha

 

Sebagai pelaku usaha, mengembangkan bisnis merupakan sebuah hal yang perlu dilakukan. Hal tersebut bisa jadi sebuah bukti bahwa usaha yang Anda jalani saat ini terbilang sukses. Melakukan pengajuan pembiayaan modal merupakan salah satu cara dalam mengembangkan bisnis. Namun, menawarkan proposal usaha kepada investor juga jadi salah satu langkah yang dinilai bermanfaat dalam meningkatkan potensi peluang usaha. Contoh proposal usaha yang ditawarkan oleh para pelaku usaha kerap kali hanya dianggap sebagai sebuah dokumen untuk mencari pendanaan saja. Padahal, proposal usaha punya fungsi lebih dari itu.

Dalam contoh proposal usaha, penting bagi Anda untuk menjelaskan kondisi serta rencana bisnis yang Anda jalani kepada investor. Hal ini bertujuan untuk membuka aspek transparansi sehingga investor bisa merasa terlibat dalam sebuah kolaborasi dan tidak hanya dibutuhkan dari aspek materialnya saja. Contoh proposal usaha merupakan salah satu bentuk penawaran kerja sama yang akan Anda ajukan kepada investor untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Dalam contoh proposal usaha, alangkah baiknya jika Anda juga dapat memberikan gambaran atau pemaparan tentang jangka waktu yang dibutuhkan dalam proses pengembangan bisnis tersebut.

Kerangka proposal usaha

Dalam mencoba menulis proposal untuk kebutuhan usaha, salah satu hal yang bisa Anda ambil dari berbagai contoh proposal usaha adalah kerangka penulisannya. Secara umum, contoh proposal usaha punya kerangka dasar yang jelas sebagai acuan agar proses komunikasi berdasarkan tulisan maupun data yang tersaji bisa tersampaikan dengan baik kepada investor. Berikut adalah kerangka dasar yang bisa jadi acuan untuk contoh proposal usaha yang hendak Anda buat.

  1. Jelaskan tujuan dalam pendahuluan

    Di setiap contoh proposal usaha yang Anda gunakan sebagai acuan, pendahuluan bersifat sebagai pembuka tujuan Anda menarik minat investor untuk dapat menambahkan kontribusi yang bermanfaat bagi usaha Anda. Oleh karena itu, agar pihak investor merasa tertarik dengan penawaran yang Anda buat, Anda bisa menginformasikan tujuan dengan mencantumkan visi dan misi usaha, hingga target yang akan dicapai kedepannya yang selaras dengan latar belakang dari dibentuknya usaha yang sedang Anda jalani saat ini.

  2. Cantumkan profil perusahaan

    Dalam kerangka dasar yang Anda temukan di dalam contoh proposal usaha, profil perusahaan merupakan bagian lain yang penting untuk Anda cantumkan. Banyak metode atau cara yang bisa Anda gunakan dalam menuliskan profil perusahaan. Namun, satu hal yang pasti, profil perusahaan harus dicantumkan dengan bahasa yang jelas dan lugas sehingga investor juga memahami seberapa besar potensi bisnis Anda.

  3. Informasi struktur organisasi

    Kerangka contoh proposal usaha juga biasanya diisi dengan informasi struktur organisasi. Hal ini merupakan acuan informasi mengenai bagaimana alur organisasi bisnis Anda berjalan dalam memaksimalkan potensi bisnis yang ada. Informasi mengenai struktur organisasi bisa jadi bahan pertimbangan yang membantu investor untuk menilai seberapa optimal alur operasional bisnis Anda dari dalam.

  4. Tunjukan produk dan target pasar

    Sebagaimana dengan fungsinya, proposal usaha digunakan sebagai sebuah bentuk penawaran kepada investor untuk bisa ikut serta membantu Anda dalam mengembangkan bisnis yang sedang dijalani. Oleh karena itu, Anda juga perlu menambahkan informasi mengenai keunggulan dari produk yang Anda tawarkan. Pengenalan keunggulan produk ini juga biasa ditemukan dalam kerangka dasar dari contoh proposal usaha. Jelaskan produk Anda secara detail sehingga investor pun tertarik untuk bisa menanamkan modal dalam usaha Anda.

    Selain informasi mengenai keunggulan produk. Anda juga perlu menginformasikan tentang target dan juga posisi bisnis Anda di pasar maupun industri saat ini. Dalam contoh proposal usaha, informasi mengenai target dan posisi bisnis ini diperlukan oleh investor untuk melihat keseriusan Anda dalam berbisnis dan juga bagaimana cara Anda untuk mencapai tujuan di masa depan. 

  5. Analisis SWOT

    Hal selanjutnya yang perlu Anda tambahkan dalam contoh proposal usaha adalah hasil analisis SWOT. SWOT terdiri dari strength, weakness, opportunity, dan threat. Dalam analisis yang dicantumkan di dalam contoh proposal usaha tersebut Anda menjabarkan kekuatan dan kekurangan dari kondisi bisnis Anda saat ini. Selanjutnya, di bagian opportunity, hal tersebut bisa Anda isi dengan berbagai macam kesempatan yang bisa Anda raih di masa pengembangan bisnis

    Utamakan kesempatan dalam meraih keuntungan secara finansial dalam analisis tersebut, karena Anda juga perlu memperhitungkan ekspektasi investor yang juga mencari keuntungan dari kesuksesan bisnis yang tengah Anda siapkan perkembangannya. Untuk bagian threat, Anda perlu menjelaskan tentang ancaman atau risiko yang akan terjadi di masa depan. Meskipun Anda menulis soal risiko di dalam contoh proposal usaha, tambahkan juga strategi mitigasi atau minimalisasi risiko tersebut. Analisis SWOT dapat membantu calon investor untuk menilai keseriusan pengembangan bisnis Anda sebagai pelaku usaha yang memberikan kemungkinan untuk menyuntikan modal.

  6. Rencana dan strategi bisnis

    Dalam menyusun contoh proposal usaha yang akan diberikan kepada investor, Anda bisa mulai untuk menyusun rencana dan strategi dalam hal pengembangan bisnis. Hadirnya rencana dan strategi bisnis dalam sebuah proposal usaha dapat memberikan gambaran kepada investor bahwa Anda sudah memiliki tujuan yang jelas untuk mengembangkan bisnis Anda. Dengan kata lain, para calon investor bisa melihat keseriusan Anda sebagai pelaku bisnis yang juga akan memberikan keuntungan kepada investor. Bukan hanya fokus pada kebutuhan dana atau penambahan modal saja.

    Dalam rencana dan strategi di dalam contoh proposal usaha, Anda juga bisa menambahkan bagian dari promosi dan pemasaran. Sebagaimana yang Anda ketahui, bahwa pemasaran biasanya membutuhkan budget yang besar. Dengan menawarkan kerja sama dalam asas keterbukaan melalui contoh proposal usaha, para calon investor juga bisa menilai kebutuhan Anda dalam melakukan promosi untuk pengembangan bisnis dalam waktu yang dekat. 

    Selain itu, penting bagi Anda untuk bisa menginformasikan adanya perluasan dari target pasar yang Anda miliki. Dengan bisnis yang berkembang, diharapkan Anda akan mampu menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Dalam contoh proposal usaha, Anda juga bisa menambahkan inovasi produk apa yang ditawarkan dalam proses pengembangan bisnis yang akan Anda lakukan. Hal ini tentunya akan menunjukkan kesinambungan antara tujuan meraih audiens dan pelanggan dari kalangan yang lebih luas dalam contoh proposal usaha tersebut. Jelaskan informasi produk serinci mungkin mulai dari filosofi, tren, serta kebutuhan lainnya dalam memproduksi barang tersebut.

  7. Lampirkan laporan keuangan

    Laporan keuangan juga bagian dari aspek penting yang perlu Anda informasikan dalam penulisan contoh proposal usaha. Sebelum setuju untuk membantu Anda untuk pemberian modal, investor membutuhkan gambaran yang jelas terkait laporan keuangan. Laporan keuangan yang baik dan rapi tertata bisa meyakinkan calon investor untuk percaya atas pengelolaan keuangan yang Anda akan lakukan terhadap modal pengembangan bisnis yang diberikan. Selain menjelaskan tentang laporan keuangan terkini, Anda juga bisa membuat rancangan anggaran di dalam contoh proposal usaha yang akan digunakan untuk membantu pengembangan bisnis. 

    Hal ini diperlukan agar calon investor juga mengetahui dengan jelas apa saja yang Anda butuhkan untuk bisa mengembangkan bisnis ke jangkauan yang lebih besar. Selain itu, Anda juga bisa membuat skema perhitungan laba yang bisa diraih nantinya di dalam contoh proposal usaha yang Anda buat. Skema perhitungan laba ini nantinya bisa Anda terapkan sebagai target harian, bulanan, maupun tahunan dari pengembangan bisnis yang dilakukan. Tidak hanya itu, penting bagi Anda untuk mencantumkan sistem perhitungan bagi hasil kepada calon investor. Sistem perhitungan ini akan berperan sebagai gambaran yang dapat memikat calon investor untuk mengetahui berapa besar keuntungan yang akan mereka dapat.

  8. Buat penutup dan lampiran

    Bagian terakhir yang perlu Anda perhatikan dalam membuat proposal usaha adalah bagian penutup. Meskipun terkesan sederhana, bagian penutup dalam contoh proposal usaha biasanya bertujuan untuk memberi rangkuman dari tujuan dan juga nilai-nilai penting dari apa yang akan Anda tawarkan kepada investor nantinya. Anda juga bisa menambahkan lampiran terkait data pendukung di bagian penutup sebagai referensi atau penguat dari bisnis yang Anda jalani

Dalam menjalankan bisnis demi meraih keuntungan dan kesuksesan, Anda tentu membutuhkan sistem pengelolaan keuangan yang bisa diandalkan. Sebelum berbicara mengenai sistem, Anda sebagai pelaku usaha juga perlu memiliki kemampuan yang baik dalam pengelolaan keuangan dan juga perhitungan mengenai aspek ekonomi yang dibutuhkan dalam pengoperasian bisnis. 

Di luar urusan bisnis, sebagai pelaku usaha Anda juga bisa mengaplikasikan kemampuan pengelolaan keuangan tersebut ke urusan finansial personal Anda, agar proses pengembangan bisnis bisa berjalan sesuai rencana. Untuk Anda yang membutuhkan modal tambahan dalam melancarkan pengembangan bisnis, Anda bisa ajukan permohonan pinjaman modal dengan agunan di CIMB Niaga melalui produk Xtra Cash. Dengan Xtra Cash dari CIMB Niaga, Anda akan mendapatkan keuntungan berupa proses pengajuan yang mudah dan cepat, suku bunga yang kompetitif, serta persentase nilai pinjaman tinggi dari agunan yang Anda ajukan. Dapatkan juga akses mudah dengan layanan pengajuan aplikasi Xtra Cash di semua cabang CIMB Niaga Temukan info lengkapnya di sini.

Produk Terkait

Pinjaman dengan Agunan

Deposito, Tabungan Berjangka, Market Linked Deposit dan Obligasi

Deposito Berjangka Personal

Buka deposito berjangka udah ga perlu ribet datang ke bank lagi, karena hanya perlu beberapa klik saja pakai OCTO Clicks atau OCTO Mobile

Obligasi

Cara tepat berinvestasi untuk pertumbuhan uang dan keuntungan yang maksimal

Market Linked Deposit

Deposito aman yang disertai dengan keuntungan investasi