www.cimbniaga.co.id production

Terapkan Tata Kelola sesuai Standar ASEAN, CIMB Niaga Raih Penghargaan ASEAN Corporate Governance Scorecard Award

11 Jun 2020

JAKARTA. PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terpilih sebagai salah satu perusahaan publik di Indonesia yang masuk Kategori Utama dalam penilaian ASEAN Corporate Governance Scorecard (ACGS). Tahun ini, CIMB Niaga kembali berhasil meraih penghargaan kategori Top 3 Indonesia Public Listed Companies dengan perolehan nilai tertinggi di Indonesia dan sekaligus masuk dalam kategori ASEAN Asset Class bersama dengan 9 (sembilan) Perusahaan Tercatat Indonesia lainnya. Perusahaan yang masuk dalam kategori ASEAN Asset Class adalah perusahaan dengan nilai ACGS minimum 97,5. Penghargaan yang diberikan oleh ASEAN Capital Markets Forum (ACMF) ini diumumkan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Selasa (9/6/2020).

Direktur Compliance, Corporate Affairs and Legal CIMB Niaga Fransiska Oei mengatakan, penghargaan ini merupakan apresiasi atas konsistensi CIMB Niaga dalam menerapkan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance/GCG) sesuai standar ASEAN.

“Kami menyampaikan apresiasi atas penghargaan yang menempatkan CIMB Niaga setara dengan perusahaan-perusahaan di ASEAN. Bagi kami, penerapan GCG bukan sekadar untuk memenuhi peraturan (compliance). Lebih dari itu, sebagai salah satu upaya dalam membangun pondasi yang kokoh untuk menjadikan CIMB Niaga sebagai perusahaan yang terus berkembang dan berdaya saing tinggi,” kata Fransiska di Jakarta, Kamis (11/6/2020).

Fransiska menjelaskan, CIMB Niaga berkomitmen untuk senantiasa menerapkan dan meningkatkan kualitas penerapan GCG di setiap proses yang dijalankan oleh Bank sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia, ASEAN maupun best practice internasional. Implementasi GCG dilakukan oleh seluruh jajaran mulai dari Dewan Komisaris, Direksi, hingga karyawan. CIMB Niaga meyakini dengan terus meningkatkan kualitas implementasi GCG, perusahaan dapat memberikan nilai tambah secara maksimal kepada para pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya.

Pada tahun 2019, CIMB Niaga melakukan berbagai upaya untuk terus meningkatkan kualitas penerapan GCG. Diantaranya, menyempurnakan implementasi GCG mengacu pada kriteria ACGS seperti menunjuk salah satu Komisaris Independen sebagai Komisaris Independen Senior, menggunakan jasa pihak ketiga (search firm) dalam proses pencarian kandidat Komisaris dan Direktur, serta menerbitkan Kebijakan Anti Korupsi. Selain itu, bank swasta nasional terbesar kedua ini juga melaksanakan program Compliance Culture and Awareness untuk membentuk dan meningkatkan kesadaran dan budaya kepatuhan.

Seperti diketahui, ASEAN Corporate Governance Scorecard Award merupakan penghargaan yang memberikan penilaian atas praktik GCG para emiten atau perusahaan publik di negara-negara Asia Tenggara. Penghargaan ini diinisiasi oleh ACMF dan didukung oleh Asian Development Bank (ADB) untuk membentuk kerangka kerja tata kelola bersama di seluruh kawasan dan untuk meningkatkan profil perusahaan publik ASEAN dalam komunitas investasi global.

“Semoga prestasi ini dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan-perusahaan lain di Indonesia untuk senantiasa meningkatkan penerapan tata kelola perusahaan yang baik sesuai standar nasional, regional maupun internasional. Dengan begitu, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dan menumbuhkan iklim investasi yang lebih kondusif bagi pasar modal Indonesia,” tutup Fransiska.

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap, baik konvensional maupun Syariah, melalui 451 jaringan kantor per 31 Maret 2020, yang terdiri dari jumlah kantor cabang sebanyak 390, 34 Digital Lounge dan kas mobil sebanyak 27 unit. CIMB Niaga memiliki 13.013 karyawan (konsolidasi) per 31 Maret 2020.

CIMB Group merupakan perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia sekaligus salah satu kelompok usaha perbankan universal terkemuka di ASEAN. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, perbankan investasi, perbankan Syariah, pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di seluruh negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar, Laos, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Sri Lanka, Amerika Serikat, Inggris, dan Korea. Saham CIMB Group tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad. Per 31 Maret 2020, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD8,3 miliar.

Untuk keterangan lebih lanjut, mohon hubungi:

Deddy T. Hasibuan
Media Relations Group Head
PT Bank CIMB Niaga Tbk
Tel: +6221 2700555
Website: www.cimbniaga.co.id