production

CIMB Niaga Laporkan Laba Bersih Konsolidasi Rp996 Miliar pada Kuartal I 2021

CIMB Niaga Laporkan Laba Bersih Konsolidasi Rp996 Miliar pada Kuartal I 2021

29 Apr 2021

JAKARTA. PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga atau “Bank”; IDX: BNGA), hari ini melaporkan perolehan laba bersih konsolidasi (unaudited) sebesar Rp996 miliar pada kuartal pertama tahun 2021 (“1Q21”), menghasilkan earnings per share Rp39,95.

Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M. Siahaan mengatakan, "CIMB Niaga mencatat pertumbuhan yang baik pada pendapatan operasional dan laba operasional sebelum pencadangan masing-masing sebesar 8,3% year-on-year (“Y-o-Y”) dan 16,1% Y-o-Y di kuartal pertama tahun 2021. Pencapaian ini menghasilkan tingkat profitabilitas kembali ke level sebelum COVID-19 dengan Return on Equity (“ROE”) sebesar 10,5%. Kinerja tersebut merupakan kontribusi dari margin yang lebih tinggi, peningkatan pada fee income, dan biaya operasional yang flat.

Sejalan dengan membaiknya indikator ekonomi, kami berkeyakinan bahwa tahun 2021 akan lebih baik. Di sisi lain, kami tetap berhati-hati di tengah pandemi COVID-19 yang kembali mewabah secara global baru-baru ini. Kami masih terus waspada dan fokus pada upaya mengembangkan bisnis Bank dengan memberikan layanan dan solusi perbankan terbaik kepada nasabah, yang didukung oleh transformasi digital, meningkatkan pelayanan untuk customer experience yang optimal, dan meningkatkan produktivitas.”

Capital Adequacy Ratio (“CAR”) dan Loan to Deposit Ratio (“LDR”) CIMB Niaga tercatat baik masing-masing sebesar 22,1% dan 85,3% per 31 Maret 2021.

Dengan total aset sebesar Rp272,6 triliun per 31 Maret 2021, CIMB Niaga mempertahankan posisinya sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia dari sisi aset.

Total penghimpunan dana pihak ketiga (“DPK”) tercatat sebesar Rp200,1 triliun dengan rasio CASA sebesar 63,3%, sejalan dengan komitmen Bank untuk mengembangkan layanan digital dan meningkatkan customer experience.

“Kami terus berupaya memberikan inovasi terbaik dalam ekosistem digital banking kami yang komprehensif untuk memperkuat posisi CIMB Niaga sebagai bank digital terdepan di Indonesia. OCTO Mobile merupakan salah satu contoh utama dari solusi digital inovatif kami, yang menyediakan fitur perbankan lengkap layaknya Super App. Melalui aplikasi tersebut, nasabah bisa melakukan beragam aktivitas perbankan, termasuk untuk tabungan, transaksi, investasi, dan pinjaman,” ujar Tigor.

Jumlah kredit yang disalurkan sebesar Rp173,4 triliun, yang utamanya dikontribusikan oleh bisnis Consumer Banking yang tumbuh 1,6% Y-o-Y. Kredit Pemilikan Rumah (“KPR”) tumbuh 5,2% Y-o-Y, sementara Kredit Pemilikan Mobil (“KPM”) meningkat sebesar 5,4% Y-o-Y.

“Pertumbuhan pada segmen KPR merupakan bukti dari upaya berkelanjutan yang kami lakukan dalam menghadirkan produk dan layanan yang dapat memenuhi kebutuhan nasabah, diimbangi dengan prinsip kehati-hatian dan pengawasan yang ketat dalam penyaluran kredit,” kata Tigor.

Di segmen perbankan Syariah, Unit Usaha Syariah (“UUS”) CIMB Niaga (“CIMB  Niaga Syariah”) berhasil mempertahankan posisinya sebagai UUS terbesar di Indonesia, dengan total pembiayaan mencapai Rp32,4 triliun dan DPK sebesar Rp29,6 triliun per 31 Maret 2021.

Jaringan

CIMB Niaga terus mengembangkan produk-produk berbasis digital untuk melengkapi layanan yang diberikan melalui kantor cabang. Pada 1Q21, 95% dari total transaksi nasabah telah dilakukan melalui layanan digital banking seperti OCTO Mobile, OCTO Clicks, BizChannel@CIMB, Automated Teller Machines (“ATM”), dan Rekening Ponsel.

Untuk mendukung pertumbuhan bisnisnya, CIMB Niaga terus berupaya meningkatkan customer experience dengan menawarkan berbagai produk dan layanan yang komprehensif melalui 427 jaringan kantor (termasuk 33 Mobile Branch dan 37 Digital Lounge). Per 31 Maret 2021, jaringan Bank secara nasional didukung oleh 3.827 ATM, 245.271 Electronic Data Capture (“EDC & QR”), dan 894 Cash Deposit dan Recycle Machines.

Gagas Forum Indonesia Bangkit CIMB Niaga

Sebagai bagian dari upaya Bank untuk terus membangun optimisme dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional, CIMB Niaga berinisiatif menyelenggarakan rangkaian program Forum Indonesia Bangkit sepanjang 2021. CIMB Niaga menyediakan ruang virtual bagi nasabah dan masyarakat untuk memperoleh informasi terbaru, perkembangan terkini, dan insight yang relevan dengan lintas sektor usaha.

“Kami percaya untuk dapat meredam dampak pandemi dan memulihkan ekonomi nasional sangat memerlukan kolaborasi lintas sektor. Forum Indonesia Bangkit diharapkan bisa menjadi wadah untuk memfasilitasi seluruh pihak dalam bekerja sama mempercepat pemulihan ekonomi,” ujar Tigor.

Pada 6 April 2021 lalu, CIMB Niaga telah melaksanakan Forum Indonesia Bangkit seri pertama dengan tema “Strategi Sektor Kesehatan untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional”. Acara dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin, Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin, serta nara sumber utama lainnya.

Penghargaan

Pada tiga bulan pertama yang berakhir 31 Maret 2021, CIMB Niaga menerima sejumlah penghargaan, diantaranya Indonesia Public Relations Award (IPRA) 2021 sebagai ‘The Best Public Relations in Company Strategy on Improving Digital Products Supporting Services’ dari Warta Ekonomi dan Indonesia WOW Brand 2021 Silver Champion untuk kategori Digital Lounge dari PT MarkPlus Indonesia. CIMB Niaga juga meraih penghargaan Infobank Satisfaction, Loyalty & Engagement (SLE) Award 2021 untuk kategori Best Overall SLE 2021; Loyalty Index 2021; Marketing Engagement Index 2021; Satisfaction Index 2021; dan Satisfaction Index 2021 untuk Kantor Cabang.

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap, baik konvensional maupun Syariah, melalui 427 jaringan kantor per 31 Maret 2021, yang terdiri dari jumlah kantor cabang sebanyak 357, 37 Digital Lounge dan Mobile Branch sebanyak 33 unit. CIMB Niaga memiliki 12.655 karyawan (konsolidasi) per 31 Maret 2021.

CIMB Group merupakan perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia sekaligus salah satu kelompok usaha perbankan universal terkemuka di ASEAN. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, perbankan investasi, perbankan Syariah, pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di seluruh negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar, Laos, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Sri Lanka, Amerika Serikat, Inggris, dan Korea. Saham CIMB Group tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad. Per 31 Maret 2021, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD10,4 miliar.

Untuk keterangan lebih lanjut, mohon hubungi:

Deddy T. Hasibuan
Media Relations and Reputation Group Head
PT Bank CIMB Niaga Tbk
Tel: +6221 2700555 
Website: www.cimbniaga.co.id