Kebijakan Perlindungan Nasabah
CIMB Niaga terus berupaya dalam melindungi kepentingan nasabah dan memberikan yang terbaik pada pemenuhan POJK No. 1/POJK.07/2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan, POJK No. 18/POJK.07/2018 tentang Layanan Pengaduan Konsumen di Sektor Jasa Keuangan, serta SEOJK No. 17/SEOJK.07/2018 tentang Pedoman Pelaksanaan Layanan Pengaduan Konsumen di Sektor Jasa Keuangan.
CIMB Niaga selalu menempatkan nasabah sebagai prioritas utama yang tidak dapat terpisahkan dari kebijakan Perbankan sehingga peningkatan kinerja dilakukan untuk menciptakan Customer Experience yang baik. Hal ini diwujudkan dengan adanya peran aktif dari Customer Care yang bertanggung jawab menangani pengaduan nasabah atas produk dan jasa Bank. Customer Care secara konsisten melakukan peningkatan kualitas penyelesaian pengaduan nasabah dengan melakukan evaluasi berkala untuk tindakan perbaikan dan percepatan penyelesaian pengaduan nasabah. Kemudian, Bank juga memiliki Unit Customer Experience sebagai unit khusus yang mengelola pengalaman nasabah.
CIMB Niaga secara konsisten terus mempertahankan kualitas penyelesaian pengaduan nasabah. Hal ini tercermin oleh tingkat penyelesaian pengaduan nasabah sesuai Service Level Agreement (SLA) sebesar 99% di tahun 2020.
Selain itu, CIMB Niaga aktif berpartisipasi dalam Working Group Mediasi Perbankan yang bekerja sama dengan Bank Indonesia dan OJK serta bank-bank lainnya untuk menyelenggarakan program edukasi nasabah, baik dalam bentuk seminar perbankan maupun kegiatan lainnya.
Penanganan Pengaduan Tahun 2020
Sesuai Surat Edaran OJK (SEOJK) No. 17/SEOJK.07/2018 tentang Pedoman Pelaksanan Layanan Pengaduan Konsumen di Sektor Jasa Keuangan, Bank diminta untuk melakukan publikasi penanganan pengaduan yang diterima oleh Bank paling kurang setahun 1 (satu) kali, sebagaimana tabel di bawah ini
Jenis Transaksi Keuangan |
Selesai |
Dalam Proses |
Tidak Selesai |
Jumlah Pengaduan |
||||
Jumlah |
% |
Jumlah |
% |
Jumlah |
% |
|||
Bancassurance |
18 |
90.00% |
2 |
10.00% |
- |
0.00% |
20 |
|
Deposito |
119 |
95.97% |
5 |
4.03% |
- |
0.00% |
124 |
|
Direct Debit |
56 |
93.33% |
4 |
6.67% |
- |
0.00% |
60 |
|
Electronic Banking |
24,264 |
98.82% |
290 |
1.18% |
- |
0.00% |
24,554 |
|
Kartu ATM/Debit/Mesin ATM |
28,346 |
98.62% |
396 |
1.38% |
- |
0.00% |
28,742 |
|
Kartu Kredit |
1,050 |
98.41% |
17 |
1.59% |
- |
0.00% |
1,067 |
|
Kliring (Transfer)/Remittance |
33 |
84.62% |
6 |
15.38% |
- |
0.00% |
39 |
|
Kredit Tanpa Agunan |
166 |
96.51% |
6 |
3.49% |
- |
0.00% |
172 |
|
Kredit/Pembiayaan Kendaraan |
9 |
100.00% |
- |
0.00% |
- |
0.00% |
9 |
|
Kredit/Pembiayaan Modal Kerja |
- |
0.00% |
- |
0.00% |
- |
0.00% |
- |
|
Kredit/Pembiayaan Pemilikan |
105 |
84.00% |
20 |
16.00% |
- |
0.00% |
125 |
|
Penghimpunan Dana Lainnya |
117 |
95.90% |
5 |
4.10% |
- |
0.00% |
122 |
|
Tabungan |
1,213 |
97.35% |
33 |
2.65% |
- |
0.00% |
1,246 |
|
Trade Finance/Letter of Credit |
- |
0.00% |
- |
0.00% |
- |
0.00% |
- |
|
Reksadana |
6 |
35.29% |
11 |
64.71% |
- |
0.00% |
17 |
|
Wealth Management |
5 |
23.81% |
16 |
76.19% |
- |
0.00% |
21 |
|
Total |
55,507 |
98.56% |
811 |
1.44% |
- |
0.00% |
56,318 |
Kami Akan Hubungi Anda
Tinggalkan informasi anda untuk kami hubungi