production

Tips Memilih dan Keuntungan Bisnis Franchise Makanan

 

 
 
 
 

Tips Memilih dan Keuntungan Bisnis Franchise Makanan

 

Franchise makanan menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang berminat untuk terjun ke dunia wirausaha. Bisnis franchise atau waralaba sendiri menjadi salah satu skema usaha yang semakin populer di Indonesia.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), waralaba atau bisnis franchise memiliki arti kerja sama dalam bidang usaha dengan bagi hasil sesuai kesepakatan yang mencakup dengan hak kelola serta hak pemasaran.

Banyak bisnis franchise makanan yang berkembang di pasaran dan memiliki banyak peminat. Dengan banyaknya pilihan ini, tak sedikit yang kebingungan memilih bisnis franchise yang mana. Ketika sudah memantapkan diri untuk terjun mengelola franchise makanan, Anda bisa memilih franchisor yang terbaik dengan beberapa tips berikut ini.

Tips Memilih Franchise Makanan

Bisnis yang Memiliki Izin

Bisnis produk untuk konsumsi tubuh seperti makanan dan minuman haruslah memiliki standar keamanan yang jelas dan terpercaya agar terhindar dari potensi yang mengganggu kesehatan dan merugikan konsumen. Jika produk franchise makanan atau minuman yang ingin Anda miliki tidak memiliki izin keamanan resmi dari BPOM, Depkes, atau MUI maka bisa saja dikemudian hari Anda menerima tuntutan secara hukum atas produk yang kurang layak untuk dikonsumsi.

Untuk menghindari hal tersebut, pastikan bahwa bisnis franchise yang ingin Anda jalankan telah memiliki izin dari dinas yang berwenang. Dengan adanya izin resmi, konsumen juga akan lebih percaya terhadap keamanan produk makanan maupun minuman yang Anda tawarkan.

Pilih Franchise Makanan yang Terkenal

Ada baiknya saat memilih sebuah produk franchise makanan, Anda memperhatikan nama atau brand yang sudah terkenal atau banyak dikenal oleh masyarakat. Dengan memilih brand terkenal, akan ada banyak masyarakat yang tertarik untuk membeli produk makanan atau minuman tersebut karena merasa sudah sangat familiar. Dengan banyaknya masyarakat yang tertarik, Anda bisa dengan mudah mendapatkan potensi keuntungan yang besar. Sehingga kesuksesan pun ada di depan mata.

Franchise Makanan yang Kredibel

Faktor terpenting dalam memilih bisnis franchise adalah mengenai kredibilitas produk dan perusahaan. Pastikan Anda memilih bekerja sama dengan produk yang sudah jelas terbukti kualitasnya dan memiliki kredibilitas yang baik. Kredibilitas yang baik bisa dilihat dari laporan keuangan perusahaan tersebut.

Perusahaan yang akan bekerja sama dengan baik biasanya transparan dalam hal keuangan karena bisnis tersebut benar-benar berjalan dengan baik. Selain melihat dari laporan keuangan perusahaan yang baik, Anda juga bisa mencari berbagai informasi dari berbagai sumber, internet contohnya.

Jangan tergiur kerja sama dengan harga yang murah, karena belum tentu memiliki kualitas yang baik. Perusahaan yang baik akan terbuka jika Anda menanyakan beberapa pertanyaan penting terkait dengan bisnis tersebut.

Keuntungan Bisnis Franchise Makanan

Seperti bentuk atau jenis bisnis pada umumnya, bisnis franchise makanan menawarkan keuntungan bagi setiap pihak yang menjalankannya baik sebagai pemilik, atau pembeli hak bisnis franchise makanan sendiri.

Perkembangan Bisnis Franchise Makanan Relatif Cepat

Di Indonesia sendiri, bisnis franchise makanan merupakan salah satu investasi yang baik untuk dilaksanakan jika Anda memiliki keinginan untuk berkarier sebagai seorang pengusaha. Dengan memilih bisnis franchise makanan sebagai usaha awal, Anda tidak perlu memusingkan hal-hal seperti strategi bisnis. Pasalnya, dari segi perencanaan, sistem operasi serta strategi bisnis waralaba telah lebih dulu ditentukan oleh pemilik bisnis atau franchisor. Sehingga, Anda hanya perlu menjalankan sistem operasional dan prosedur yang telah diinformasikan oleh Anda ketika menyetujui kerja sama bisnis franchise makanan tersebut. 

Maka dari itu, besar kemungkinan bahwa bisnis Anda akan berkembang dalam waktu yang relatif cepat. Keuntungan lainnya adalah, Anda tidak perlu repot-repot menyiapkan produk untuk membantu meningkatkan valuasi bisnis franchise makanan Anda. Pihak pemilik bisnis waralaba biasanya akan memenuhi kebutuhan berjalannya usaha. Kerap kali Anda hanya diminta untuk menyediakan tempat untuk menjalankan bisnis franchise makanan yang telah disepakati.

Minim Branding

Keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan sebagai pemilik franchise makanan adalah melakukan branding atau promosi secara minimal. Biasanya, bisnis waralaba telah lebih dulu memiliki branding yang kuat di masyarakat, sehingga mudah dikenal dan kerap kali jadi pilihan favorit bagi para konsumen. Dengan minimnya kebutuhan promosi berkat brand awareness yang kuat, Anda akan mendapatkan keuntungan untuk menjalankan bisnis waralaba lebih mudah dan relatif cepat dalam mengembangkannya.

Memiliki Rekan Bisnis Profesional

Ketika Anda membeli hak pengelolaan bisnis franchise makanan, secara otomatis pemilik bisnis waralaba tersebut akan menjadi rekan bisnis Anda. Memiliki rekan bisnis yang berpengalaman dan profesional merupakan salah satu keuntungan yang bisa Anda raih saat menjalankan bisnis franchise makanan.

Bersama franchisor sebagai rekan kerja, kebutuhan fasilitas atau sistem operasi dalam pengembangan bisnis Anda biasanya telah disediakan lebih dahulu. Maka, Anda hanya perlu fokus dalam menjalankan bisnis waralaba demi meraih keuntungan serta pengembangan bisnis yang stabil dan kuat. Selama menjalankan bisnis waralaba, Anda pun bisa mulai memperhatikan aspek-aspek pengetahuan terhadap menjalankan bisnis untuk pengembangan diri Anda sebagai seorang pengusaha di kemudian hari.

Pembelajaran Bisnis

Anda dapat menjadikan bisnis waralaba sebagai tempat pembelajaran bisnis untuk menambah pengetahuan serta keahlian yang dibutuhkan sebagai seorang pengusaha di kemudian hari. Dengan menjalankan bisnis waralaba sebagai usaha awal, Anda bisa mempelajari berbagai aspek bisnis seperti promosi, marketing, pembentukan sistem operasi, pengelolaan uang, dan masih banyak lainnya. Ilmu-ilmu yang telah Anda dapatkan selama menjalankan bisnis waralaba nantinya bisa Anda adopsi dan modifikasi demi kebutuhan pengembangan bisnis lanjutan yang Anda buat sendiri di kemudian hari. 

Bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan bisnis franchise makanan, CIMB Niaga menawarkan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan modal dalam rencana pengembangan bisnis yang Anda butuhkan, melalui produk Pembiayaan Modal Kerja.

Pembiayaan Modal Kerja dari CIMB Niaga merupakan sebuah fasilitas pembiayaan yang fleksibel untuk memenuhi kebutuhan modal kerja jangka pendek, membantu untuk mengatur arus kas yang lebih baik, sekaligus mempermudah Anda dalam menata usahakan transaksi rutin.

Proses Pembiayaan Modal Kerja dari CIMB Niaga menawarkan tingkat suku bunga yang kompetitif dengan tenor selama 12 bulan dan dapat diperpanjang sesuai kebutuhan. Prosesnya juga dilakukan dengan cepat dan mudah serta ditangani oleh relationship manager yang berkompeten di bidangnya. Tunggu apalagi, segera kembangkan bisnis Anda dan ajukan modal tambahan melalui Pembiayaan Modal Kerja dari CIMB Niaga. Info lengkapnya di sini.

Produk Terkait

BizChannel@CIMB

Internet banking untuk mempermudah transaksi nasabah perusahaan