production

Keuntungan Membuka Tabungan Haji dari CIMB Niaga

Keuntungan Membuka Tabungan Haji dari CIMB Niaga

Ibadah Haji adalah rukun islam yang ke lima. Ibadah haji wajib dilakukan oleh umat islam yang mampu menunaikannya baik secara fisik, mental dan finansial. Biaya yang diperlukan untuk menunaikan rukun islam yang kelima ini memang cukup besar. Tapi jangan khawatir, di Indonesia sudah banyak perbankan yang menyediakan tabungan haji untuk nasabahnya, salah satunya CIMB Niaga. Tujuan utama tabungan haji tidak lain untuk mempermudah Anda yang hendak menunaikan ibadah haji mengumpulkan uang untuk berhaji.

Mengapa Harus Membuka Tabungan Haji?

Banyak orang beranggapan tabungan haji dan mengumpulkan uang sendiri untuk menunaikan ibadah haji adalah dua hal yang sama. Namun, ada banyak keuntungan yang didapat jika Anda membuka tabungan haji secara khusus.

  • Uang untuk ibadah haji tersimpan lebih aman
  • Anda dapat meminta pihak bank untuk memotong langsung dana untuk tabungan haji dari gaji bulanan atau stor secara tunai ke bank.
  • Ketika dana haji sudah mencapai batas minimum tabungan (misalnya 25juta) maka pihak bank akan memberitahu Anda untuk segera mendaftar ke departemen Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi antrian haji dari Indonesia yang semakin hari semakin banyak.
  • Setelah melakukan pendaftaran calon haji, tabungan haji akan dilanjutkan sampai mencapai dana yang cukup untuk melakukan ibadah haji.
  • Jika dalam jangka waktu satu tahun tabungan haji belum mencukupi untuk berangkat haji maka Anda akan disarankan terus menabung oleh pihak bank sampai dana mencukupi. Namun jika dana tetap tidak mencukupi, Anda tetap bisa berangkat haji dengan biaya pribadi sedangkan dana dari tabungan haji dialokasikan sebagai uang saku haji Anda.
  • Mempermudah Anda mendapatkan porsi keberangkatan karena bank biasanya bekerja sama dengan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) yang ada di provinsi domisili Anda.
  • Bebas biaya bulanan rekening tabungan haji
  • Bebas biaya penutupan rekening tabungan haji.

Membuka tabungan haji akan terasa lebih banyak memiliki manfaat yang diberikan daripada menabung secara mandiri. Dengan tabungan haji, Anda akan lebih disiplin dalam menyimpan dana haji dan menyisihkan sebagian penghasilan untuk menunaikan ibadah haji.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuka Tabungan Haji

Anda bebas memilih bank tempat Anda akan membuka tabungan haji. Pada dasarnya semua bank hampir memiliki aturan yang mirip untuk nasabah tabungan haji biasanya yang membedakan hanya setoran awalnya saja. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuka tabungan haji.

Prinsip Tabungan Haji yang Sesungguhnya

JIka Anda hendak membuka tabungan haji di bank syariah ada dua hal jenis akad tabungan haji yaitu:

  • Akad Wadiah yaitu dana tabungan haji Anda dititipkan ke pihak bank tanpa ada imbalan bagi hasil. Disini pihak bank harus siap mengembalikan dana nasabah kapanpun dibutuhkan.
  • Akad Mudharabah Muthlaqah yaitu tabungan haji yang disetorkan ke bank akan dikelola sepenuhnya oleh pihak bank untuk membiayai usaha-usaha yang tidak bertentangan dengan prinsip keagamaan. DIsini Anda sebagai nasabah akan mendapat keuntungan bagi hasil.

Setoran Awal Tabungan Haji dan Setoran Berikutnya

Setoran awal tabungan haji bervariasi, tapi rata-rata adalah Rp.100.000,- namun ada juga bank yang menetapkan lebih rendah bahkan tanpa minimum setoran awal. Setoran berikutnya beberapa bank menetapkan jumlah dengan autodebet namun ada juga yang menetapkan setoran sesuai kemampuan Anda. Untuk tahap awal membuka rekening haji, Anda harus mempersiapkan kartu identitas dan NPWP. Setelah itu pihak bank akan membantu Anda membuka rekening haji.

Pendaftaran Porsi Haji

Setiap bank akan bekerjasama dengan KEMENAG untuk mendapatkan kuota haji nasabahnya. Setelah tabungan Anda mencapai 25 juta maka bank akan menyarankan Anda mendaftar kuota haji.

Disiplin Dalam Menabung

Siapa saja akan melaksanakan ibadah haji harus mulai memikirkan dari mana sumber dana yang dibutuhkan untuk mendaftar porsi haji dan melunasi pembiayaan BPIH. Bagi Anda yang memang mampu untuk melaksanakan ibadah haji karena sudah memiliki aset atau tabungan yang cukup maka langkah untuk beribadah haji dengan langsung mendaftar porsi haji.

Sementara Anda yang harus menabung untuk menunaikan ibadah haji, kunci sukses dalam menjalankan tabungan gaji adalah disiplin dalam menabung. Akan sia-sia jika Anda hanya membuka tabungan haji lalu tidak pernah menabung dengan serius. JIka Anda tidak menabung dengan serius, ditengah perjalanan pasti akan tergoda untuk menggunakan tabungan haji untuk hal lain. Berikut beberapa tips disiplin menabung tabungan haji yang bermanfaat untuk Anda.

Manfaatkan Autodebet

Fitur autodebet yang ditawarkan bank dengan pendebetan secara otomatis dari rekening Anda akan memaksa Anda untuk menabung. Hal ini sangat membantu sikap disiplin dalam melancarkan tabungan haji.

Contohnya, setiap bulan bank akan menarik Rp 100.000,- dari rekening anda setiap tanggal tertentu. Dengan begitu tabungan haji tidak akan terasa memberatkan.

Menabung dengan Persentase Penghasilan

Jika Anda merasa tidak cocok dengan autodebet, Anda bisa menargetkan persentase tabungan haji dari penghasilan. Misalnya sisihkan 5% dari keseluruhan penghasilan untuk tabungan haji setiap bulannya.

Selain itu Anda juga dapat menyisihkan berapa persen dari pemasukan diluar penghasilan yang didapat. Pilihan ini memang sulit dilakukan jika Anda tidak disiplin dalam menyisihkan tabungan. Tapi terbukti efektif untuk orang yang memiliki niat yang kuat untuk menunaikan ibadah haji.

Menabung Uang Receh

Jangan meremehkan uang recehan yang biasa Anda dapatkan. Kumpulkan dalam celengan lalu setelah penuh segera tabungkan ke tabungan haji.

Menabung Emas untuk Pelunasan

Yang terakhir tak kalah penting adalah menabung untuk pelunasan biaya haji. Menabung untuk pelunasan biaya haji Anda bisa memilih tabungan emas atau logam mulia. Mengapa logam mulia? Karena investasi model ini tidak akan tergerus oleh arus inflasi dibanding investasi lain. Selain itu, emas atau logam mulia juga menjaga nilai uang Anda saat digunakan untuk pelunasan.

Cara Mudah Membuka Tabungan Haji CIMB Niaga

Tabungan iB Rencana Haji dengan akad Mudharabah Muthlaqah adalah tabungan untuk mewujudkan rencana haji Anda dengan sistem setoran rutin bulanan. Keuntungan yang didapatkan dari Tabungan Haji CIMB Niaga yaitu:

  • Anda bebas menentukan jangka waktu tabungan dan jumlah setoran rutin setiap bulannya. Setoran rutin disesuaikan dengan tahun keberangkatan Ibadah Haji.
  • Pilihan mata uang USD. Untuk memenuhi kebutuhan Biaya Perjalanan Ibadah Haji atau BPIH, Anda bisa memilih tabungan dengan mata uang USD.
  • Bagi Hasil yang menarik untuk nasabah.
  • Setoran rutin bulanan dan pencairan dana pada saat jatuh tempo dapat dilakukan secara otomatis dari dan ke rekening yang menjadi sumber dana
  • Mudah dan Nyaman. Laporan mutasi tabungan dikirimkan setiap tiga bulan sekali atau dapat diperoleh melalui layanan phone banking.

Ada banyak kemudahan yang ditawarkan oleh CIMB Niaga untuk Anda yang hendak menunaikan ibadah haji, untuk info lebih lanjut mengenai tabungan haji CIMB Niaga dan tabungan lain Anda dapat melihatnya disini. Tabungan iB Rencana Haji dengan akad Mudharabah Muthlaqah adalah tabungan berjangka untuk mewujudkan impian naik haji.