www.cimbniaga.co.id production

Pahami Keuntungan dan Kekurangan Membuka Tabungan Emas Sebagai Produk Investasi

 

 
 
 
 

Pahami Keuntungan dan Kekurangan Membuka Tabungan Emas Sebagai Produk Investasi

 

Selain saham atau reksadana, emas juga dianggap sebagai salah satu bentuk investasi yang dapat membawa keuntungan menarik untuk Anda. Anda bisa saja menganggap investasi emas sama dengan menabung. Namun, salah satu keuntungan terbaik dari memiliki tabungan emas adalah nilai asetnya yang tidak tergerus inflasi secara signifikan. Nilai asetnya yang jarang mengalami perubahan secara drastis membuat tabungan emas jadi pilihan investasi dengan tingkat risiko yang cenderung mudah untuk diatur. 

Memiliki tabungan emas di masa ini sudah terbilang cukup mudah. Kini Anda bisa mulai membuka tabungan emas layaknya membuka tabungan finansial di bank. Anda hanya perlu mengunjungi tempat pelayanan pembelian dan penjualan emas secara offline maupun online yang juga bisa ditemukan di bank, toko emas, ataupun marketplace. Anda hanya perlu mempersiapkan dokumen data diri sebagai syarat utama membuka tabungan emas. Selanjutnya, modal yang Anda butuhkan dalam membuka tabungan emas terbilang cukup terjangkau. Anda sudah bisa melakukan investasi dengan membeli emas mulai dari besaran 0.01 gram saja. 

Keuntungan dalam memiliki tabungan emas sebagai investasi

Nilai aset yang jarang mengalami perubahan, pembelian dan penjualan yang bisa dilakukan di mana saja, serta modal yang relatif terjangkau merupakan hanya sebagian kemudahan yang bisa Anda rasakan ketika memiliki tabungan emas. Terutama untuk Anda yang baru ingin memulai investasi emas. Kemudahan tersebut dapat dianggap sebagai sebuah kemudahan dari investasi emas. Berikut adalah informasi rinci mengenai keuntungan yang bisa Anda dapatkan dalam berinvestasi emas.

  1. Nilai aset yang cenderung stabil

    Sebagaimana yang diketahui sebelumnya, keuntungan dari memiliki tabungan emas adalah nilai aset emas yang Anda miliki memiliki kecenderungan untuk tetap stabil dari waktu ke waktu. Salah satu faktor harga emas yang cenderung tetap stabil di dalam tabungan emas Anda salah satunya karena adanya permintaan dan penawaran pada pasar yang jelas. Emas sebagai komoditas tidak hanya berperan sebagai instrumen investasi, namun juga untuk melengkapi gaya hidup seseorang. Maka, ketika transaksi emas masih terus berjalan dengan kuat, risiko harga aset emas turun dapat terbilang cukup minim.

  2. Mudah dicairkan dalam bentuk uang tunai

    Keuntungan lain yang bisa Anda rasakan dalam memiliki tabungan emas adalah mencairkan atau mengonversikan emas ke dalam bentuk uang tunai secara mudah. Sifat investasi yang menyerupai tabungan konvensional, membuat Anda dengan mudah bisa mencairkan aset yang ada di dalam tabungan emas Anda menjadi uang tunai. Baik Anda memiliki emas dalam bentuk fisik ataupun digital, keberadaan emas sebagai salah satu jenis logam mulia saat ini masih diakui keabsahannya di hampir seluruh dunia. Hal tersebut juga membantu proses pencairan aset emas menjadi lebih mudah di mana saja.

  3. Bebas bunga

    Jika Anda telah melakukan investasi lain di luar emas, Anda tentu menyadari saat Anda ingin melakukan likuidasi aset, nilai yang Anda terima cenderung memiliki selisih yang cukup signifikan dari nilai aset yang dimiliki berkat adanya bunga. Namun tidak dengan emas. Transaksi dalam tabungan emas cenderung mengikuti hukum syariah. Dengan mengikuti hukum syariah, Anda pun terbebas dari bunga yang termasuk ke dalam nilai investasi. Sehingga, jika Anda melakukan transaksi dalam penjualan, nilai emas yang Anda cairkan akan setara dengan apa yang Anda miliki di dalam tabungan. 

  4. Bersifat seperti dana darurat

    Sama halnya dengan menabung secara konvensional, Anda bisa menganggap tabungan emas Anda sebagai sumber dana darurat. Dengan rutin menabung emas sebagai salah satu bentuk investasi, semakin besar juga kemungkinan dalam memperkuat finansial Anda. Dengan nilai aset yang cenderung stabil dan kemudahan dalam mengonversikan emas ke dalam bentuk uang tunai, Anda bisa membuat tabungan emas yang Anda miliki sebagai salah satu sumber darurat atau mungkin persiapan dana pensiun.

Kekurangan memiliki tabungan emas dalam berinvestasi

Dalam setiap kemudahan atau keuntungan berinvestasi, tidak jarang Anda juga akan menemukan sisi kekurangan atau kerugiannya. Begitu pula dengan melakukan investasi emas. Jika Anda baru tertarik untuk memulai investasi dengan cara membuka tabungan emas, Anda perlu perhatikan sisi kekurangannya agar Anda mengerti tentang risiko dari investasi yang akan Anda lakukan.

  1. Berperan sebagai investasi jangka panjang

    Memiliki sifat yang cenderung identik dengan tabungan konvensional, kenaikan nilai aset emas yang Anda miliki akan berpengaruh dengan cara Anda bertransaksi di dalam tabungan emas. Jika Anda sering menambah jumlah nilai untuk emas yang Anda miliki di dalam tabungan emas, maka besar juga kemungkinan nilai aset yang Anda miliki dalam investasi emas. Namun sebaliknya, jika Anda terhitung pasif, maka keuntungan investasi emas yang Anda prediksi akan sulit untuk terlaksana dalam waktu dekat. Maka dari itu, memiliki tabungan emas lebih sering dilihat menguntungkan sebagai bentuk investasi jangka panjang, seperti dana pensiun atau dana darurat misalnya. 

  2. Ada biaya administrasi dan penitipan

    Bagi Anda yang hendak membuka tabungan emas, perlu diperhatikan pada saat melakukan transaksi pertama kali Anda akan dikenakan biaya penitipan emas. Biaya penitipan emas ini biasanya memiliki batas waktu tertentu. Jika masa berlakunya telah habis, maka biaya penitipan tersebut akan otomatis diperpanjang dengan cara memotong saldo pada tabungan emas Anda. Selain itu, setiap pembelian emas, Anda juga akan dikenakan biaya administrasi dari layanan penyedia jasa jual beli emas terkait.

Mengenal Investasi Obligasi

Selain memiliki tabungan emas sebagai investasi, Anda perlu mengetahui jenis investasi yang menguntungkan lainnya. Salah satunya adalah investasi obligasi. Berbeda dengan membuka tabungan emas yang hanya melakukan transaksi konversi dari uang tunai ke emas, obligasi merupakan sebuah produk investasi yang mengacu pada aktivitas jual beli surat utang jangka menengah dan jangka panjang. 

Anda sebagai seorang investor obligasi biasanya akan mendapatkan kupon atau bunga sebagai tanda kepemilikan investasi. Jika Anda memilih obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah atau korporasi, biasanya Anda akan menerima kupon yang akan diberikan secara berkala. Kupon ini merupakan bukti atau tanda atas keuntungan yang Anda miliki saat berinvestasi obligasi. Keuntungan untuk mendapatkan pendapatan tetap menjadikan obligasi jadi salah satu produk investasi terbaik yang bisa Anda miliki. Meskipun begitu, investasi obligasi juga memiliki kekurangan, di antaranya adalah tidak dapat dicairkan setiap saat. Hal tersebut tentu berbeda dengan investasi emas yang menawarkan kemudahan untuk dicairkan kembali setiap saat.

Sebagai nasabah CIMB Niaga, Anda pun memiliki kesempatan untuk dapat menjalankan rencana investasi terbaik Anda dalam bentuk obligasi. CIMB Niaga menawarkan keuntungan dalam berinvestasi obligasi berupa pendapatan kupon secara berkala, potensi kenaikan pada modal awal Anda, serta data Anda sebagai investor terdaftar pada bank kustodian guna memberi keamanan pada Anda. Keuntungan lainnya yang bisa Anda rasakan dengan berinvestasi bersama CIMB Niaga adalah transaksi yang bisa dilakukan di mana saja. Pasalnya Anda pun bisa membeli obligasi dengan mudah melalui aplikasi OCTO Mobile maupun OCTO Clicks. Tunggu apalagi? Segera temukan info lengkapnya dan mulai berinvestasi di sini.

Produk Terkait

Obligasi

Cara tepat berinvestasi untuk pertumbuhan uang dan keuntungan yang maksimal

Tentang Reksa Dana

Sekarang bisa beli Reksa Dana di OCTO Mobile & OCTO Clicks mulai dari Rp 100 ribu!

Foreign Exchange

Pilihan untuk kebutuhan transaksi valas Anda

OCTO Clicks

Tersedia fitur transaksi lengkap mulai dari transfer, bayar tagihan hingga pembukaan deposito dan reksa dana.