www.cimbniaga.co.id production

Catat, Ini Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan yang Benar

 

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan memang penting untuk diketahui. Terutama jika Anda memiliki keanggotan BPJS Ketenagakerjaan yang aktif bekerja dan ingin mencari tahu bagaimana cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan tersebut. Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan pun cukup mudah untuk dilakukan, kapan saja dan di mana saja.

Sebelum lebih jauh mengetahui cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu BPJS Ketenagakerjaan? BPJS Ketenagakerjaan adalah sebuah badan hukum publik yang bertujuan untuk memberi perlindungan kepada seluruh tenaga kerja Indonesia dari risiko sosial ekonomi. Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan adalah bagian dari fitur BPJS Ketenagakerjaan yang juga merupakan sebuah program jaminan sosial yang diselenggarakan oleh negara berdasarkan funded social security.

Salah satu program BPJS Ketenagakerjaan adalah Jaminan Hari Tua atau JHT. Program Jaminan Hari Tua (JHT) pada BPJS Ketenagakerjaan bertujuan memberikan manfaat berupa uang tunai yang besarannya merupakan akumulasi iuran ditambah dengan hasil pengembangannya sebagai jaminan hidup di hari tua.

Selain itu, kini setiap karyawan wajib terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Meski biasanya akan lebih dicairkan pada masa tua, Anda tak perlu penasaran lagi tentang seperti apa cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Selain untuk mengetahui saldo juga bisa jadi perkiraan bentuk tabungan di masa depan.

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan menyediakan layanan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan secara online. Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan ini bisa dilakukan melalui ponsel yang terhubung di internet melalui aplikasi dan browser.

BPJS, sebagaimana tertulis dalam pasal 14 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2021, menjadi penyelenggara jaminan sosial dan memiliki kewajiban untuk memberi jaminan sosial pada masyarakat Indonesia. Masyarakat bisa mendapatkan jaminan sosial dari BPJS Ketenagakerjaan yang memberi jaminan kerja.

Nah, untuk mengetahui cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, di antaranya lewat aplikasi JMO, website resmi, layanan SMS, maupun datang langsung ke kantor BPJS.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat Aplikasi

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat aplikasi yang bisa diterapkan adalah dengan mengunduh aplikasi JMO atau Jamsostek Mobile untuk ponsel Android dan ponsel iOS. Berikut ini adalah cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat aplikasi ponsel, baik Android maupun iOS:

  • Unduh aplikasi JMO (Jamsostek Mobile) di PlayStore atau AppStore. 
  • Klik “Buat Akun” jika Anda belum memiliki akun. 
  • Pilih Kewarganegaraan. 
  • Pilih jenis kepesertaan, (Penerima Upah, Bukan Penerima Upah, atau Pekerja Migran Indonesia). 
  • Selanjutnya, masukkan data diri berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor kartu peserta BPJamsostek, nama lengkap dan tanggal lahir. Namun jika sebelumnya sudah punya akun, Anda bisa langsung login menggunakan email dan password yang telah digunakan. 
  • Klik menu “Jaminan Hari Tua” Lalu klik “Cek Saldo”. 
  • Sistem akan menampilkan jumlah saldo BPJS Ketenagakerjaan. Anda juga bisa cek rincian dan riwayat iuran.

Salah satu keunggulan untuk mengunduh aplikasi JMO ini adalah ketika Anda kehilangan kartu peserta, semua data Anda akan aman dan dapat langsung diakses dari smartphone Anda. Ketika berhasil unduh dan registrasi, Anda juga akan memiliki kartu digital yang ada di aplikasi sehingga memudahkan cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Sebelum bernama JMO, aplikasi ini bernama BPJSTKU yang merupakan aplikasi BPJS Ketenagakerjaan di smartphone. Perubahan ini telah disampaikan dalam kanal YouTube BPJS Ketenagakerjaan. Diketahui, BPJSTKU merupakan salah satu aplikasi yang dapat dipergunakan oleh peserta untuk mengakses beberapa layanan BPJS Ketenagakerjaan, seperti cek saldo, simulasi Jaminan Hari Tua (JHT) dan masih banyak lagi.

JMO merupakan aplikasi mobile BPJS Ketenagakerjaan yang memiliki fitur lebih lengkap dari aplikasi sebelumnya. Pada aplikasi ini tersedia informasi program dan beragam fitur lain seperti co-marketing, jaringan mitra layanan dan kantor cabang, pelaporan kecelakaan kerja dan sebagainya.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat Website

Sementara itu, ada satu lagi cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yaitu lewat website resmi yaitu sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat website ini juga sering dipilih banyak orang karena kemudahannya. Simak caranya berikut ini:

  • Masuk ke website sso.bpjsketenagakerjaan.go.id 
  • Login jika sudah memiliki akun. 
  • Jika belum memiliki akun, silakan buat akun terlebih dahulu dengan klik “Buat Akun” lalu ikuti instruksi selanjutnya. 
  • Setelah login, klik menu “Lihat Saldo JHT”. 
  • Selanjutnya, layar akan menampilkan informasi saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan di Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Walaupun terkesan tradisional, cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan via kantor BPJS Ketenagakerjaan ini masih jadi andalan banyak orang.

  • Anda cukup mencari kantor BPJSTK dan mendatanginya dengan membawa kartu BPJS Ketenagakerjaan.
  • Di sana, Anda bisa temui langsung petugas BPJS Ketenagakerjaan dan minta untuk melakukan pengecekan saldo dengan menunjukkan kartu BPJS Anda.
  • Petugas nantinya bakal membantu cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan dalam akun Anda.
  • Jika Anda belum tahu di mana kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat, bisa cek pada halaman kontak di website BPJS Ketenagakerjaan.

Jika Anda sudah mengetahui beberapa cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan, Anda pun bisa merencanakan keuangan jangka panjang Anda dengan membuka Deposito Berjangka CIMB Niaga. Nikmati berbagai kemudahan dan keuntungan yang didapat dari layanan ini untuk membantu menjamin keuangan di masa depan yang lebih baik.

Deposito Berjangka merupakan salah satu investasi yang mudah dan hanya butuh semenitan. Untuk membuka deposito berjangka, Anda tak perlu datang ke bank lagi, karena hanya perlu beberapa klik saja pakai OCTO Mobile atau OCTO Clicks. Beberapa keunggulannya seperti minimum penempatan Rp5 juta dan tersedia dalam mata uang Rupiah maupun delapan valuta asing. Beberapa di antaranya seperti USD atau Dollar Amerika Serikat, GBP atau British Pound, SGP atau Singapore Dollar, AUD atau Australian Dollar, HKD atau Hong Kong Dollar, CAD atau Canadian Dollar, NZD atau New Zealand Dollar, maupun JPY atau Japan Yen.

Anda juga bisa menentukan sendiri jangka deposito dengan pilihan mulai dari 1-12 bulan. Bahkan dalam situasi keuangan yang mendesak sekalipun, deposito juga dapat dicairkan sebelum jatuh tempo. Perpanjang deposito saat jatuh tempo juga tak membuat Anda jadi repot, sebab deposito akan diperpanjang secara otomatis lewat fasilitas Automatic Roll Over (ARO) untuk jangka waktu yang sama.

Dapatkan juga dana instan hingga 95% dengan menjadikan deposito sebagai jaminan untuk dana darurat yang diperlukan seperti untuk renovasi rumah, liburan, maupun kebutuhan lainnya. Selain itu, imbal hasil juga jadi lebih optimal dengan bunga atau hasil menarik untuk sembilan mata uang. Sebab, imbal hasilnya lebih tinggi daripada bunga atau nisbah (porsi bagi hasil) tabungan. Dapatkan informasi lengkapnya di sini.

Produk Terkait

Deposito Berjangka Personal

Buka deposito berjangka udah ga perlu ribet datang ke bank lagi, karena hanya perlu beberapa klik saja pakai OCTO Clicks atau OCTO Mobile

OCTO Mobile: Banyak Bisanya, Bisa Semaunya!

Obligasi CIMB Niaga: Investasi Aman dan Menguntungkan

Cara tepat berinvestasi untuk pertumbuhan uang dan keuntungan yang maksimal

OCTO Clicks

Tersedia fitur transaksi lengkap mulai dari transfer, bayar tagihan hingga pembukaan deposito dan reksa dana.