www.cimbniaga.co.id production

Apa Itu KPR? Ini Keunggulannya Sebelum Miliki Rumah Sendiri

 

 
 
 
 

Apa Itu KPR? Ini Keunggulannya Sebelum Miliki Rumah Sendiri

 

Apa itu KPR? KPR adalah singkatan untuk kredit pemilikan rumah. Apa itu KPR dapat dijelaskan sebagai salah satu alternatif yang tepat bagi Anda yang ingin memiliki rumah namun belum memiliki uang tunai yang mencukupi. Penjelasan mengenai apa itu KPR memiliki hubungan kuat dengan harga properti, yang kini harganya kian melambung.

Mengenai apa itu KPR, fasilitas ini tentu akan memudahkan banyak orang ketika ingin memiliki rumah sendiri melalui jalur kredit. Lantas, apa itu KPR? Apa saja jenis-jenis KPR serta manfaat-manfaatnya?

Apa Itu KPR?

Kredit pemilikan rumah, atau disingkat KPR, adalah salah satu cara mencicil rumah dengan jangka waktu dan bunga tertentu. Agar lebih mudah memahami apa itu KPR, bisa dikatakan dengan KPR Anda tidak perlu mempersiapkan dana tunai untuk membeli rumah. Anda hanya perlu mempersiapkan uang down payment (DP) sebagai salah satu syarat untuk mengajukan KPR. Setelah proses itu, Anda bisa mengangsur sisanya dalam periode waktu tertentu.

Selanjutnya, ada beberapa persyaratan lain yang diajukan pihak bank kepada calon nasabah yang ingin mengajukan KPR, mulai dari lama tenornya, besaran bunganya, dan lain-lain. Jika Anda sedang memiliki rencana untuk memiliki rumah saat ini, Anda bisa mencoba mengajukan KPR kepada bank, sebab rumah adalah aset utama yang penting untuk dimiliki oleh semua orang.

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI) kuartal IV/2019, sekitar 72% pangsa pasar pembiayaan residensial yang menggunakan kredit pemilikan rumah (KPR). Angka ini jauh lebih besar daripada menggunakan cicilan bertahap ke pengembang, sebesar 20 persen, dan 8 persen menggunakan tunai. 

Di samping itu, KPR masih menjadi pilihan banyak orang lantaran pembiayaan dengan cicilan bertahap ke pengembang umumnya memiliki tenor yang pendek, maksimal hanya 5 tahun. Sementara itu, untuk pembayaran tunai orang cenderung enggan menggunakan cara pembayaran tunai demi menghindari risiko gagal bangun atau penundaan, apalagi pada masa pandemi seperti saat ini.

Itulah beberapa hal tentang apa itu KPR. Namun, sebelum Anda benar-benar mengajukan KPR, Anda sebaiknya memahami berbagai persyaratan apa itu KPR serta berkonsultasi dengan kerabat terdekat atau ahlinya. 

6 Fungsi KPR 

Sekarang Anda sudah punya gambaran mengenai apa itu KPR, bukan? Berikut adalah fungsi KPR yang dapat membantu memenuhi kebutuhan tempat tinggal Anda:

  • KPR untuk membeli rumah

    Anda dapat membeli sebuah hunian baru dengan mengajukan pinjaman atau KPR ke program KPR pembelian. Lewat program pinjaman ini, Anda bisa memiliki rumah baru dengan cara membelinya dan rumah tersebut nantinya akan menjadi jaminan.

  • KPR untuk renovasi rumah

    Baik bank swasta maupun BUMN di tanah air memiliki fasilitas KPR yang dapat digunakan untuk merenovasi rumah. Namun, masing-masing bank memiliki keunggulan tersendiri dan syaratnya pun berbeda-beda. 

    Beberapa jenis KPR yang bisa Anda ajukan seperti KPR Multiguna yang pada prosesnya, mengajukan kredit multiguna hanya perlu modal berupa agunan atau jaminan. Jika Anda ingin mengajukan KPR untuk melakukan perbaikan rumah, maka Anda bisa memberikan sertifikat tanah sebagai jaminan.

  • KPR untuk membeli tanah

    KPT atau Kredit Pembelian Tanah merupakan salah satu solusi yang bisa ditempuh apabila Anda ingin membeli sebidang tanah namun belum sanggup menyiapkan dana dalam jumlah besar. Fasilitas cicilan, pinjaman, maupun pembiayaan ini akan diberikan oleh bank kepada pemohon yang akan melakukan pembelian tanah atau kavling lahan. 

    Secara umum produk layanan ini hampir sama dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Yang membedakan hanya objek yang dibelinya saja. Objek untuk kredit tanah umumnya adalah lahan kosong yang belum didirikan bangunan.

  • KPR untuk kepemilikan ruko

    Anda juga bisa membeli properti lain seperti ruko atau rumah-toko dengan memanfaatkan program KPR Pembelian. Setelah pembelian berlangsung, nantinya ruko tersebut juga akan menjadi jaminannya.

  • KPR untuk membeli apartemen

    Tingginya permintaan apartemen membuat harganya semakin meningkat dan banyak orang kesulitan untuk membelinya. Anda tetap bisa mendapatkan unit apartemen murah meski memiliki gaji pas-pasan dengan mengajukan Kredit Pembelian Apartemen (KPA). 

    Kini, Anda dapat mengajukan KPA yang ditawarkan oleh bank-bank swasta atau BUMN dengan biaya cicilan yang ringan serta DP yang terjangkau. Biasanya KPA dapat memberi bantuan pembiayaan mulai dari 70-80 persen dari total harga apartemen yang ingin dibeli. Sedangkan, untuk tenor kreditnya sendiri berkisar 5-20 tahun. Nikmati keuntungan mengajukan KPA seperti ansuran yang ringan, suku bunga rendah, dan lain-lain.

  • KPR take over

    Pada dasarnya KPR take over adalah perpindahan dari bank awal pengajuan kredit ke bank lain yang dapat menguntungkan nasabah. Jenis KPR ini sangat cocok digunakan bagi Anda yang ingin mengubah jenis suku bunga supaya tidak keberatan dalam membayar angsuran.

Mengenal Manfaat KPR

Setelah mengetahui apa itu KPR beserta jenis-jenisnya, Anda juga perlu mengetahui beberapa manfaat membeli properti menggunakan KPR. Wujudkan rumah impian Anda dengan mengajukan KPR, sebab inilah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan:

1. Investasi jangka panjang

Di balik keinginan Anda untuk mempunyai rumah, membeli rumah dengan KPR juga bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang. Sebab, begitu sudah melunasi KPR, rumah tersebut dapat dijual kembali. 

Tentunya, harganya bisa lebih mahal dibandingkan dengan harga yang Anda beli sebelumnya. Apalagi, jika letak rumah yang Anda beli sangat strategis.

2. Uang DP tidak terlalu besar

KPR bermanfaat bagi Anda yang mungkin khawatir jika harus mengeluarkan uang down payment yang cukup besar. KPR justru menjawab tantangan ini dan memberikan manfaat berupa pembayaran down payment yang tidak terlalu besar dan tepat bagi Anda. Biaya pembayaran awal yang ditentukan bank secara umum adalah 30 persen dari harga rumah serta dalam bentuk uang tunai.

3. Legal

KPR telah menjamin legalitas rumah Anda dengan baik. Mulai dari keabsahan surat tanah hingga surat bangunannya. Jadi Anda tak perlu khawatir terkait legalitas rumah tersebut.

Setelah mengetahui seluk-beluk KPR lewat penjelasan di atas, Anda pun bisa segera memiliki hunian Anda sendiri baik rumah, apartemen, ruko, atau membeli tanah dengan mengajukan KPR salah satunya layanan KPR CIMB Niaga, solusi mewujudkan hunian idaman Anda dengan beragam pilihan sesuai kebutuhan. KPR CIMB Niaga merupakan solusi ideal yang ekstra untuk wujudkan hunian idaman.

Beberapa keuntungan mengambil KPR CIMB Niaga seperti pilihan suku bunga kompetitif yang variatif, tersedia beragam pilihan tujuan pinjaman, serta jangka waktu pinjaman hingga 25 tahun. Ada beberapa tujuan penggunaan seperti pembelian rumah, pembelian apartemen, pembelian ruko/rukan, pembelian tanah kavling, alih pinjaman, renovasi rumah, multiguna, dan top up. 


Persyaratan umumnya seperti Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili Indonesia; Perorangan (bukan Badan Usaha); Usia minimal 21 tahun; usia maksimal pada akhir masa kredit yaitu 58 tahun atau sesuai ketentuan pensiun perusahaan untuk karyawan dan 70 tahun untuk profesional/wiraswasta. Dapatkan informasi lengkapnya di sini.

Produk Terkait

KPR Xtra

Mau KPR dengan solusi XTRA?

KPR Xtra Manfaat

Mau KPR angsuran lebih ringan atau lunas lebih cepat?

KPR Xtra Fixed iB

Kepastian Angsuran Selama Jangka Waktu Pembiayaan 

KPR Xtra Flexi iB

Mau KPR iB yang kasih DP dan angsuran ringan?